7/13/2020

Mengenal Jambu Bol

Apero Fublic.- Jambu Bol adalah jenis buah-buahan dengan rasa asam manis. Jambu Bol tidak memiliki banyak jenis turunan buah. Hanya memiliki satu macam jenis buah, dengan warna putih saat muda dan merah menyalah saat masak. Jambu Bol memiliki biji yang besar dan bulat. Daging buah bulat memanjang. Buah menggantung pada tangkai, biasanya satu atau beberapa buah.

Jambu Bol memiliki nama ilmiah syzygium malaccense. Malac diambil dari kata malacca yang mengisyaratkan pertama dikenali oleh orang Barat. Dari genus syzygium dan dari keluarga myrtaceae. Nama jambu bol diambil dari istilah muncul. Bol dalam bahasa Melayu lama adalah muncul tiba-tiba.

Biasanya saat makan buah jambu akan menemukan bijinya yang bulat besar. Kadang biji yang besar langsung jatuh bersamaan buahnya terbelah. Sehingga nenek moyang orang Melayu menamakannya dengan Jambu Bol.

Jambu Bol adalah tanaman berasal dari Asia Tenggara. Buah-buahan ini sudah ditanam sejak lama di Semenanjung Malaya, di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Seiring waktu, jambu bol kemudian dibawa ke wilayah tropis lainnya di dunia. Seperti ke Karibia, Jamaika, Trinidad dan Tobago.

Jambu Bol biasa dimakan langsung sebagai, dirujak, atau dijadikan asam sambal. Jamu bol yang sudah masak dapat juga dijadikan jus buah, dan dapat juga dijadikan manisan buah. Daun muda jambu bol juga sering dirujak oleh penduduk.

Jambu bol mengandung banyak vitamin C. Baik untuk mengobati dan mencegah sariawan. Dapat juga melindungi rongga mulut dari infeksi. Jambu bol menurut orang-orang dapat membantu menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, mengatasi disentri dan mencegah diabetes.

Oleh. Ramadhani. S.Hum
Editor. Selita. S.Hum
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang. 13 Juli 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment