6/26/2020

Sepenggal Harapan Dari OKU Selatan.

Apero Fublic.- OKU Selatan. Aku menulis kabar ini bukan untuk membuktikan kalau saya orang yang berpikir idealis. Namun tulisan ini aku kirim sebagai bentuk pengabdianku pada daerahku dan negara ini.

Bersama sahabat-sahabat Karang Taruna di tiga kecamtan, Kisam Tinggi, Kisam Ilie dan Muaradua Kisam saya menjelajah keindahan wisata Juring Mutung. Kegitan yang sangat menggembirakan. Kagum akan daerahku yang indah.

Saya rasa eksplorasi demikian seharus lebih sering digalakkan oleh para anak muda di daerah untuk memajukan perkembangan dunia pariwisata lokal. Edukasi dan pendidikan diperlukan untuk masyarakat dalam upaya menghidupkan dunia pariwisata Sumatera Selatan, terkhusus di OKU Selatan.

Yang sangat disayangkan adalah dimana anak-anak muda daerah tidak memiliki banyak kepedulian terhadap daerah sendiri. Kita lihat saja misalnya para mahasiswa-mahasiswi dimana mereka relah menghabiskan uang jutaan untuk jalan-jalan berkedok PPL atau KKL ke daerah lain. Tapi mengabaikan wisata lokal di provinsi sendiri. Sehingga pariwisata lokal menjadi lumpuh dan tidak berkembang.

Buruknya pola-pikir masyarakat terhadap pembangunan daerah. Tercermin dari buruknya pihak-pihak pendidik yang tidak memberikan dukung atas perkembangan daerah. Bagaimana tidak, mereka lebih menganjurkan mahasiswa untuk jalan-jalan dari pada berlajar yang sesungguhnya di daerah. Membangun daerah demi pemerataan kesejahteraan dan ekonomi.

Sehingga dunia pariwisata daerah tertinggal sekali. Para mahasiswa lebih mengenal air terjun di Pulau Jawa dan lebih suka candi-candi di Jawa daripada mengembangkan pariwisata daerah. Sungguh ironi, sehingga perkembangan wisata hanya di Pulau Jawa dan Bali.

Bukan bermaksud membuat opini namun hanya mengungkapkan kepedihan hati. Beruntung sewaktu kuliah dulu, aku dan teman-teman memilih PPL di daerah. Dengan demikian pemikiranku terbuka untuk membangun daerah. Pembangun bukan pada bangunan pasilitas seperti jalan dan gedung.

Tapi pembangunan adalah dukungan yang bersifat kesetikawanan sosial berbangsa dan bernegara. Semoga pihak dosen, gubernur, bupati, mewajibkan para mahasiswa untuk ikut berperan dalam memajukan pariwisata lokal. Mengingat ada puluhan ribu dalam setahun mahasiswa PPL, KKL keluar daerah.

Semoga mahasiswa terbuka pikirannya dan mau bersama-sama membangun pariwisata daerah. Yaitu, dengan mengunjungi tempat wisata lokal bersama-sama. Begitu juga ASN, Swasta, masyarakat luas agar perduli wisata daerah. Mari semua, kami mengundang semuanya untuk berkunjung ke air terjun atau curup Juring Mutung, OKU Selatan.

Oleh. Zulkipli Adi Putra. S.Hum.
Editor. Selita. S.Pd.
OKU Selatan. 26 Juni 2020.
Buat sahabat-sahabat yang ingin mempublikasikan tulisan atau berita dari wilayah kalian. Dapat mengirimkan artikel atau berita ke Apero Fublic pada segmen Jurnalisme Kita dimana masyarakat dapat berpartisipasi menjadi seorang jurnalis. Ingat jangan melanggar UU IT Republik Indonesia.

PT. Media Apero Fublic tidak bertanggung jawab atas kebenaran data dan informasi. Kami hanya mempublikasikan sebagai media informasi. Kirim informasi Anda melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau whatsApp 081367739872.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment