6/19/2020

KKN Relawan: Bukti Nyata Pengabdian Mahasiswa Di Tengah Masyarakat.

Apero Fublic.- Tahun yang sulit (2020), itulah yang saat ini kita ketahui. Dunia terasa sempit dan terbelenggu entah kapan akan usai kembali. Berbagi sedikit cerita tentang KKN (Kulia Kerja Nyata) kami pada masa pendemi virus corona ini. KKN yang seadanya sebab keadaan yang tidak memungkinkan.

Sebelumnya, kami pulang untuk libur sementara. Karena mengikuti anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (social distancing). Kampus meliburkan dan kami pulang semua ke daerah masing-masing.

Tidak menyangka kalau keadaan libur begitu panjang. Sehingga banyak diantara kami tidak membawa pulang almater. Tidak menyangka kulia melalui daring, dan pengurusan administrasi KKN juga melalui internet. Semua apa-apa dilakukan melalui internet.

Sampailah masa KKN untuk kami yang smester tujuh. Beberapa protokol kesehatan pelaksanaan KKN, seperti teman kelompok sesama daerah, memakai masker, jaga jarak, menjaga kebersihan terutama kebersihan tangan dan membantu masyarakat dalam menanggani penyebaran virus korona. Kami tidak memakai almater kampus karena tertinggal di kontrakan di Kota Palembang.

Kemarin, Rabu 17 Juni 2020, kami bertugas di sebuah posko kesehatan pemantauan pandemi virus corona yang terletak di Jalur 23, Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Saya, Kiki Dian Fatmala Devi, Ima Matul Qudsiyah, Ulfa Nurhidayati, bertugas di posko.  Begitu pun teman kami Dzorotut Taqiyah dan Delta.

Kegiatan di posko korona dimulai dari pukul 09:00 sampai 12:30 WIB. Setelah istirahat, shalat dan makan. Kembali bertugas kembali pada pukul 13:30 sampai pukul 16:00 WIB. Adapun tugas kami, seperti pengecekan suhu tubuh dan berbagi informasi, mengingatkan hidup bersih, memakai masker, cuci tangan dan lainnya.

Semoga, KKN ini menjadi berkah dan menjadi hikmah untuk kita semua. Semoga bencana virus corona cepat berlalu dan kita hidup normal lagi. Mari, kita berdoa dan teman-teman KKN lainnya dalam lindungan Allah SWT. Sehat selalu dan semoga kita dapat wisudah bersama-sama. Sekian untuk informasinya, tunggu informasi selanjutnya dari team kami.

Oleh. Kiki Dian Fatmala Devi.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Pulau Rimau, 19 Juni 2020.
Sumber foto utama. Kiki Dian Fatmala Devi mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang. KKN angkatan 73 tahun 2020.
Buat teman-teman mahasiswa yang ingin mempublikasikan kegiatan seputar kampus, laman info kampus. Dapat mengirim artikel ke Apero Fublic melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau melalui whatsApp 081367739872.

Setiap isi artikel dan kebenaran data adalah tanggung jawab dari pengirim. Pihak Apero Fublic tidak bertanggung jawab apabila ada penyalagunaan dan unsur pelanggaran undang-undang Negara Republic Indonesia.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment