6/19/2020

Mengenal Tanaman Buah Rambutan.

Apero Fublic.- Mengenal buah-buahan rambutan sebagai salah satu tanaman pangan yang bermanfaat dan bergizi. Dengan mengenal secara baik berati kita menjadi manusia yang berpikir. Kemungkinan mengapa buah ini dinamakan buah rambutan. Karena kulit buahnya memiliki bentuk rambut halus dan tegak. Bahasa melayu rendah menyebutnya dengan, buah mutan.

Rambutan memiliki nama ilmiah Nephelim Lappaceum yang masih kerabat dengan tanaman buah-buahan pedare (kelengkeng), leci, matoa, dan lainnya. Rambutan termasuk tumbuhan dikotil atau tumbuhan berkeping dua, berakar tunggang. Dinamakan berkeping dua karena saat bijih buah tumbuh terbuka dua daun pada tunas tumbuhnya. Sistem berkembang biak dengan biji dan juga sistem cangkok.

Rambutan tumbuh baik di kawasan tropis yang mendapat air cukup. Dapat hidup di dataran renda atau dataran tinggi. Sebaran tumbuhan rambutan mulai dari kawasan Asia Tenggara, Afrika, Karibia, Amerika Tengah, dan India. Tumbuhan buah rambutan memiliki banyak sekali varietas asli. Pembedaan dari jenis dan bentuk buah. Mulai dari jenis buah kecil sebesar ibu jari (mutan sapulut), sampai sebesar telur itik.

Varietas alami, daging buahnya terdiri tiga jenis, yaitu jenis tidak ngelotok, ngelotok basah, dan ngelotok kering. Ngelotok istilah penyebutan untuk daging buah yang mudah dipisahkan dari biji atau tidak bisah dipisah dari biji. Ngelotok basa adalah pertengahan antara ngelotok dan tidak ngelotok.

Jenis varietas asli atau alami mungkin terdapat puluhan jenis dan beragam ukuran besaran buah. Varietas asli di tanam penduduk secara tradisional di kebun buah-buahan yang tumpang sari. Penduduk menamakan dengan istilah Talang Buah.

Rambutan varietas hibrida yang sekarang banyak dibudidayakan. Karena jenis ini memiliki daging buah tebal, muda terkelupas (ngelotok), dan manis. Selain itu, varietas hibrida atau bibit unggul waktu berbuah lebih cepat. Usia tiga tahun sudah berbuah dengan baik.

Berbeda, dengan jenis alami yang memiliki bermacam-macam jenis. Masa produksi atau berbuah lebih lama. Namun kelebihan varietas alami adalah terletak pada ketahanan hidup. Dimana batang pohon lebih tinggi, besar, dan tidak memerlukan perawatan seperti rambutan hibrida. Dapat bertahan hidup puluhan sampai ratusan tahun.

Sebagaimana buah lainnya, rambutan mengandung vitamin C, serat, dan rendah kalori. Selain itu, buah rambutan juga mengadun vitamin B3 atau niacin. Sedikit kandungan protein, mineral. Belum ada informasi tentang pengolahan rambutan menjadi makanan industri dan produk kecantikan. Rambutan dapat diolah menjadi jus atau es buah.

Oleh. Ahmad Reni Efita.
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Sekayu, 20 Juni 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment