3/25/2020

Corono Menggila. Sekarang Sudah 189 Negara Terjangkit

Apero Fublic. Jakarta.- Wabah virus corona benar-benar sudah menggila di dunia. Terakhir dikutif dari pidato Presiden Republik Indonesi Bapak Ir. H. Joko Widodo. Menyatakan; bahwa laporan-laporan dari KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) dan Kementrian Luar Negeri (KEMENLU) melaporkan virus corona telah menjangkiti 189 negara. Laporan terakhir dengan kasus terbaru di Suriah, Granada dan Mozambik (26/3/2020).

Bapak Presiden memberikan arahan kepada 34 gubernur terkait masalah penangganan wabah corona (istana negara). Beliau meminta semua gubernur mengambil kebijakan yang baik dan cermat. Termasuk memperhitungkan semua akibat dari kebijakan dalam pencegahan penyebaran dan penularan di daerah-daerah yang mereka pimpin. Bapak presiden juga mengingatkan dan mencontohkan. Seperti memperhatikan stok pangan. Meliburkan sekolah-sekolah dan meminta masyarakat menunda dahulu mengadakan atau mengunjungi tempat keramaian.

Begitupun dengan para pedagang yang terdampak langsung akibat kebijakan tersebut. Seperti ada berapa orang tidak bekerja. Misalnya pedagang asongan, tukang beca, sopir angkot dan lainnya. Agar semua diperhatikan oleh Pemerintah Daerah. Semua itu, didukung dengan APBD dan sekaligus Pemerintah Daerah menunda semua pengeluaran yang bersifat tidak mendesak. Serta tetap mempertahankan daya beli masyarakat, tetapi mengikuti protokol.

Beliau juga mengemukakan mengapa Indonesia tidak melakukan lockdown secara total seperti negara-negara lain. Karena menyadari sosial budaya setiap negara-negara berbeda. Misalnya dari kedisiplinan masyarakatnya dan sosial ekonomi. Maka menurut beliau untuk saat ini. Kebijakan yang sesuai dengan kondisi sosial budaya di Indoensia adalah social distance atau menjaga jarak aman.

Dari itu, mengingat keadaan genting wabah corona ini. Mari kita bekerja sama dengan pemerintah. Mengikuti himbawan dan taati aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah. Baik Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah. Yakin dan optimis kita akan dapat memenangkan pertarungan dengan virus ini. Tundalah dulu berkumpul ditempat-tempat nongkrong dan pusat keramaian yang tidak perlu. Istirahat dan berdiam dirilah dirumah kita masing-masing. Jaga kesehatan dan kurangi keras kepala kita. Allah bersama orang-orang yang sabar.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S. Sos.
Palembang, 26 Maret 2020.
Sumber foto internet. foto Ilustrasi.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment