3/25/2020

Tips Mengatasi Rasa Bosan di Rumah Karena Libur Corona

Apero Fublic.- Corona virus atau virus Covid-19 menyebabkan pemerintah membuat himbauan pada masyarakat untuk mengisolasi diri sendiri dengan cara berdiam di rumah saja. Untuk memutus mata rantai penularan virus.

Namun berdiam diri dirumah bukan perkara mudah. Terutama bagi anak muda atau orang-orang aktif. Mereka akan selalu gelisa dan terasa sumpek di rumah berlama-lama. Berikut ini, tips-tips untuk Anda menghilangkan kebosanan di rumah.

Anda yang memiliki henpon android agar selalu memastikan henpon anda batrenya selalu full. Begitupun power bank anda juga di cas full. Apa bila sudah terpakai langsung cas kembali. Kemudian, belilah kuota internet yang jaringannya kuat di sekitar lingkungan Anda, kuota Unlimited. Mislanya XL, Tri, Smartfren, Telkomsel dan lainnya. Tontonlah film dan bermedia sosiallah. Tapi tonton yang baik-baik saja. Misalnya ceramah Ustad Adi Hidayat, ikuti perkembangan berita dan lainnya.

Buatlah group bersama teman-teman di whatsApp atau messenger dan berbincang-bincanglah bersama-sama teman-teman. Jangan gosip biar tidak nambah dosa. Group bisa dibuat program khataman Al-Quran bersama-sama. Setiap orang harus membaca ayat-ayat Al-Quran yang direkam tombol invoice atau live melalu Video Call.

Chetinglah selalu dengan orang-orang spesial bagi Anda. Apa bila tidak ada alias jomblo, setidaknya Anda dapat berkenalan dengan teman-teman facebook melalui mesenger atau kolom komentar. Jangan gombal jangan cari pacar, tapi cari istri. Kalau sudah menikah baiknya jangan. Nanti henpon ya peca di banting. Chetinglah Dengan maksud bertukar informasi terutama menangkal hoax di media sosial. Bagi anda yang hobi Tik-Tok dapat berkreasi dengan Tik-Tok yang bertema di rumah saja.

Pastikan semua akun media sosial anda aktif semua. Mulai dari facebook, twitter, line, messenger, linkedin, tumbler, instagram, tik-tokpinteres dan youtube. Maka anda akan melompat-lompat di dunia ini. Mengetahui apa saja yang terjadi. Atau anda suka game cacing. atau game-game lainya. Lalukan dengan semangat dan jangan lupa sholat, cuci tangan dan tentunya mandi.

Berhubung sebulan lagi bulan puasa. Bagi anda yang banyak hutang puasa. Baiklah bayar bolong puasa dari sekarang mumpung lagi libur bersama-sama. Ajaklah keluarga Anda beribah dan melakukan kegiatan positif lainnya. Seperti membaca Al-Quran bersama-sama keluarga tercinta. Solat berjamaah, apalagi kalau anda belum pandai menjadi imam. Baiklah belajar menjadi imam shalat dirumah. Atau melatih anak-anak Anda menjadi imam shlat, menjadi muazin, dan sebagainya. Dengan demikian wudhu juga terjaga dan selalu mencucui tangan, bersih.

Berolah raga ringan di sekitar rumah di pagi hari dan sore hari. Atau buat alat olah raga sendiri. Membersihkan pekarangan rumah. Atau anda memiliki program mengecat rumah dan memperbaiki bagian lainnya. Membersihkan kolong rumah, membersihkan koleksi buku-buku dan mengganti suasana rumah. Seperti memindahkan tata letak lemari, kursi dan sebagainya.

Bagi Anda seorang mahasiswa dapat menghabiskan waktu untuk tugas dan membuat skripsi, proposal penelitian. Sebab banyak waktu membaca di internet atau menjelajah e-book, artikel ilmia, jurnal-jurnal. Untuk adik-adik pelajar dapat belajar dengan santai. Kalau semua sudah selesai waktu senggang habiskan dengan membaca. Kemudian belajar menulis.

Seperti membuat puisi, mengarang cerpen, melukis. Ikuti lomba-lomba menulis yang diadakan oleh komunitas tertentu. Semoga pemerintah melalui kementrian pendidikan membuka lomba-lomba menulis untuk mengisi waktu senggang mahasiswa dan pelajar. Sebab diusia mereka dimana sangat produktif. Kita sering melihat kelompok merekalah yang paling banyak nongkrong dan kluar-kluar.

Kegiatan dirumah dapat anda gunakan membuat kerajinan tangan. Misalnya dari kertas, anyaman. Kalau tidak ada bahan kerajinan. Membuat kuliner khas daerah dan memasak bersama-sama keluarga. Anda dapat memberikan edukasi pada anak-anak Anda dan keluarga tentang kuliner budaya kalian atau kuliner asing.

Karena kuliner asli biasanya untuk generasi sekarang sudah jarang tahu. Dengan memanfaat libur corona Anda telah menjaga budaya dan memberikan edukasi budaya Anda. Sekaligus menjaga kedekatan emosional keluarga. Kita selama ini sangat jarang berkumpul bersama keluarga. Lebih banyak waktu di luar rumah.

Malas-malasan saja. Bagi Anda yang sekian lama capek kerja, kuliah, sekolah, dan lainnya. Ini kesempatan untuk hidup bermalas-malasan. Calon mertua atau mertua, orang tua tidak akan rewel saat anda rebahan sepanjang hari. Bangun tidur agak siang, tapi jangan lupa subuh. Tidur agak malam tapi jangan lupa isyah. Berbaring, rebahan, dan maen henpon. Hari demi hari.

Atau kalau seorang kutu buku. Tentu dapat membaca buku-buku kesayangan dengan santai. Sambil ditemani secangkir kopi. Anda akan tampak berwibawa dan menjadi manusia yang berilmu, sukses.

Semoga listrik tetap selalu menyalah dan kita happy-happy saja. Sekian, mungkin Anda punya cara-cara tersendiri dalam mengisolasi diri untuk sementara ini. Semoga kita bersama-sama dapat melewati cobaan ini, wabah ini. Aamminnn.

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 26 Maret 2020.
Sumber foto internet. Ilustrasi seorang anak yang bermain di halaman rumahnya saja.


Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment