Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

10/26/2019

Buat Gadis: Jangan Tertipu Hanya Karena Berseragam

Apero Fublic.- Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Polisi Republik Indonesia (POLRI), adalah dua lembaga negara yang sangat penting untuk batang tubuh berdirinya negara ini. TNI dengan semboyan dari rakyat untuk rakyat membuat masyarakat merasa satu dengan TNI. TNI menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Masyarakat sangat bahagia kalau mendengar berita tentang kehebatan TNI. Sangat antusias kalau mendengar TNI memiliki alutsista yang baru dan canggi. Apalagi kehebatan teknologi senjata sejajar dengan teknologi Rusia dan Amerika Serikat. Saat melihat parade HUT TNI masayrakat sangat bangga. Terasa aman dan terlindungi oleh TNI.

Sehingga saat mereka berhadapan dengan sosok seorang prajurit TNI sangat menghormati. Prajurit TNI yang dipercaya serta pasti satria yang baik. Pokoknya segalanya bagi rakyat Indonesia. Menjadi TNI adalah cita-cita pertama anak laki-laki di Indonesia, walau cita-cita kadang tidak kesampaian.

Kemudian POLRI, memang masyarakat kadang jengkel dengan oknum individu POLRI yang nakal. Namun POLRI kedudukannya tetap sama dengan TNI. Masyarakat juga merasa percaya, bangga dan segan. Masyarakat tahu POLRI melindungi rakyat. POLRI bekerja mengamankan masyarakat dan memburu penjahat. POLRI bagian dari kedamaian di tengah masyarakat. Sehingga masyarakat sangat segan dan menghormati POLRI sebagai prajurit yang baik, jujur, dan pelindung masyarakat. Masyaakat bangga dengan seorang prajurit Bhayangkara tersebut.

Dalam pembahasan ini akan menyoroti tentang penipuan oleh orang sipil yang menjadi TNI atau POLRI gadungan (Palsu). Banyak orang menipu dengan berbekal seragam TNI dan POLRI. Mengapa orang-orang tersebut berani menipu dengan menjadi prajurit TNI atau POLRI.

Karena mereka tahu kalau Prajurit TNI dan POLRI sangat dihormati dan dihargai oleh masyarakat. Masyarakat yakin tidak akan ditipu oleh seorang prajurit. Maka akar permasalahannya bukan hanya dari pemikiran masyarakat tersebut. Tapi dengan mudahnya mereka mendapatkan seragam TNI dan POLRI di pasaran dan entah dari mana.

Sehingga ada baiknya, seragam TNI dan Polri dilakukan penataan dengan baik. Dari produksi, penyaluran dan pemusnahan seragan bekas. Untuk meminimalisir dan mengakhiri kejahatan bermodal memakai seragam TNI atau POLRI. Kejadian demikian sangat sering terjadi sekarang. Pemerinta ada baiknya juga membuat layanan pengecekan data tentang TNI dan Polri yang aktif. Agar masyarakat dapat mengetahui kalau ada orang yang mengaku-ngaku TNI atau POLRI. Ini juga sangat berbahaya diwilayah komplik.

Produksi, Distribusi seragam TNI dan POLRI seharusnya diserahkan pada satu pihak, misalnya koperasi atau badan usaha yang terpercaya. Seragam TNI dan Polri tidak lagi dijual bebas di pasar. Terutama pakaian seragam dan sepatunya. Jangan disalurkan oleh masyarakat sipil secara bebas. Jangan sampai seperti seragam anak sekolah saja.

Atau paling tidak seragam TNI dan POLRI jangan sampai dimiliki oleh orang sipil. Seandainya orang sipil memerlukan misalnya untuk suatu kegiatan 17 Agustus dapat melalui pendataan. Mereka juga ada baiknya memberikan jaminan kalau seragam jangan sampai jatuh ketangan orang yang tidak bertanggung jawab. Atau pemerintah membuat Undang-Undang melarang masyarakat sipil menyimpan atau memiliki seragam TNI atau POLRI.

Menurut hemat saya, masyarakat harus berhati-hati ketika dekat atau menjalin relasi dengan seorang yang mengaku TNI atau POLRI. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengecek. Tanyakan dia dari kesatuan mana dan tugas di mana. Setelah dia menjawab maka lakukan kalrifikasi ke tempat tersebut.

Misalnya dimengaku dari kesatuan A dan bertugas di KODIM B (POLRESTA), misalnya. Diam-diam foto orangnya dengan HP anda. Setelah melakukan pengecekan maka akan tahu yang sebenarnya. Begitupun apabila dia berseragam Polisi. Jangan langsung percaya. Kalau anda seorang gadis, misalnya dia mengajak pacaran atau mau melamar.

Masyarakat juga berpikir dua kali, sebelum Meminjamkan uang atau kendaraan dan sebagainya. Karena belum tentu dia anggota TNI atau POLRI sesungguhnya. Mungkin saja dia seorang TNI atau POLRI gadungan (palsu) yang sedang mencari korban. Jangan tertipu lantaran berseragam, jadilah masyarakat cerdas.


Hal yang paling buruk adalah ketika seorang wanita berkenalan dengan orang berseragam gadungan tersebut. Hanya karena oknum memajang foto berseragam di media sosialnya. Atau bertemu sekali dua kali dan berseragam. Sehingga korban begitu percaya, ditambah dengan bualan-bualan penipuan.

Korban langsung percaya tanpa klarifikasi. Lalu berpacaran, kemudian dizinahi, di hotel atau dimana saja. Kadang korban gadis yang sudah berpendidikan tinggi. Sungguh ironiskan kalau masih tertipu dengan hal sederhana seperti itu. Dimana seorang yang sudah berpendidikan tinggi seharusnya memiliki pikiran kritis. Kecuali memang memiliki sifat materialisme membabi buta.



Menipu Untuk Pacaran
Mengaku-Ngaku Aparat


Mencari Pacar
Menipu Mahasiwi, Perawat
dan Polwan


Menipu PNS
Menggadaikan Kendaraan Korban


Memperkosa
 Tipuan dan Mencabuli

Rangkuma tersebut hanyalah sebagian kecil. Tipuan yang paling banyak adalah untuk mendapatkan cinta. Kemudian korban terbanyak juga dari wanita, yaitu diperkosa dan dicabuli. Bahkan banyak yang suka relah memberikan harga dirinya lantara memakai seragam TNI atau POLRI. Mengapa para gadis yang menjadi korban terbanyak. Karena para gadis tidak kritis. Ada juga karena suka dengan penampilan gagah.

Lumra saja, karena dari melihat seragam. Orang akan mudah percaya. Kemudian sikap mudah percaya dan baik hati para gadis. Sehingga mudah tertipu karena mereka berhati lembut. Sebab itulah mereka menjadi makanan empuk lelaki penipu. Masihkah kalian tidak mau mengambil pelajaran para wanita yang sudah menjadi KORBAN.

Buat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tidak ada penertiban seragam TNI dan POLRI. Hal ini baru bermodus cinta atau materi. Bagaimana kalau sebuah kegiatan terorganisir. Aksi masa atau operasi intelijen asing. Musuh negara seperti separatisme yang ingin mencari dalih HAM. Entah apa yang akan terjadi hanya karena seragam!!!.

Oleh. Joni Apero.
Palembang, 25 Oktober 2019.
Scrincut: Media-media terpercaya Indonesia.

Sy. Apero Fublic

10/24/2019

Cerita Tentang Ayah


Apero Fublic.- Kalau bumi tampa langit, maka apakah bintang-bintang terlihat indah. Lalu dimanakah matahari dan bulan bernaung. Begitulah kirahnya kalau hidup tanpa ayah. Namun kadang ayah jauh dari kita. Karena ayah cara mengungkapkan kasih sayangnya berbeda.

Tiada kemanjaan seperti ibu yang begitu dekat dengan anak-anaknya. Ayah cukup berbincang dengan kopi disaat dia lelah. Atau dia tidur beralas apa adanya. Lantai pembaringan menjadi teman lelahnya. Kadang kita kurang perhatian padanya. Sebab dia lebih banyak diam dan menerawang. Tenang seperti air tak beriak.

Padahal ada gelombang dan ombak di dalam jiwanya. Adakah yang sesabar dirinya, dalam gelap malam. Dia mengobati sendiri luka-lukanya. Keras dan pembangkangan anak-anaknya dia tetap sabar. Dia anggap kalau anak-anak masih belum dewasa.

Masih kecil seperti dulu, sewaktu sering dia gendong saat terjatuh. Masih nakal seperti dulu sewaktu dia pertama masuk sekolah dasar. Dia percaya kelak suatu hari nanti anaknya akan mengerti. Sang Ayah percaya anaknya akan membanggakannya suatu hari nanti.

Cerita Tentang Ayah

Cerita tentang ayah
Lelaki tua yang semakin renta, benar.
Namun selalu menjauh dari kehidupan
Kehidupan kita dan kehidupan dunia yang indah
Hanya senyum kecut yang dia punya.
Tidak sabar menunggu mentari pagi datang,
Sebab dia ingin segerah bekerja

Cerita tentang ayah.
Pernah kau menyapa hujan, kawan
Atau setidaknya kau berbisik pada rintik-rintiknya.
Bukankah kita akan mendengar,
Gemericik air yang jatu dari teratak atap.
Menjadi lonceng hidup menyapa bumi.
Hujan menumbuhkan tetumbuhan.

Cerita tentang ayah
Ayah memang tidak melahirkan kita
Tapi ayah menjadi wakil tangan tuhan
Memberikan kehidupan pada anak-anaknya.
Menghantar kita hingga dewasa

Cerita tentang ayah
Ayah kau begitu kesepian
Kesepian dalam ramai, dunia
Kau tidak tahu hiruk pikuk dunia
Karena kau dalam kegersangan nasip
Kau dibelenggu tanggung jawab.
Yang menimpah pundakmu, teramat berat.

Cerita tentang ayah
Ayah, kau sembunyikan keluh kesahmu
Di balik angin dan hujan.
Lalu kau hembuskan semuah penderitaanmu
Kau usap wajahmu yang meluai keriput
Dengan tanganmu yang menghitam
Punggung yang membungkuk, tapi kau tegapkan.

Cerita tentang ayah
Ayah tidak pernah berhenti
Ayah tidak pernah menyerah
Demi kita yang dicintai
Demi kita yang dia banggakan.
Ayah, semoga yang kau harapkan
Akan segerah terwujdukan
Jerih payahmu adalah berkah, dan ibadah.

Cerita tentang ayah
Apakah masih mau berbuat semena-mena
Merokok, narkoba, dan berbuat dosa.
Membangkang, melawan.
Sadarlah sebelum kau menyesal nanti.

Cerita tentang ayah
Wahai gadis yang cantik
Wahai wanita yang mulia
Masihkah kau tega menarik ayahmu keneraka
Tidak mau berhijab di dunia

Cerita tentang ayah
Kadang dia relah menipu, merendah
Kadang dia mengalah pada dunia
Mengorbankan harga dirinya sebagai laki-laki
Menjilat dan menghina diri
Agar tak dipecat, sekedar bertahan bekerja
Adakah dia bercerita pada kita, tidak
Dia tahu itu salah dan dosa
Di dalam hatinya dia berkata
Dosa-dosanya aku yang menanggung
Asalkan anak istrinya makan

Cerita tentang ayah
Ayah tiada materi yang kau inginkan.
Hanya sebatas anak yang kau banggakan.
Maafkan bilah sering membuatmu kecewa.

Cerita tentang ayah
Tiada akan habisnya
Ayah, cinta pertama dari putrinya.

Cerita tentang ayah.
Lelaki pembohong yang perkasa.

Suatu hari nanti kita akan menyadari, kalau kita tidak pernah dewasa bagi orang tua kita. Kita akan selalu mereka anggap anak kecil yang baru bisa berjalan. Semua harus dia jaga, dia ingin pastikan agar kita baik-baik saja. Terimah kasih aku ucapkan untuk ayah.

Oleh. Arini Putri.
Editor. Selita. S.Pd.
Gajah Mati, 24 Oktober 2019.

Sy. Apero Fublic