7/17/2019

Sedang Gangguan. Wireless Fidelity

Apero Fublic.- Pernah kalian mendengar kata, sedang gangguan. Istilah ini selalu menjadi jawaban ampuh untuk pertanyaan tentang jaringan signal internet. Misalnya jaringan oprasional perbankan. Atau layanan internet bangking. Aku pernah mau mendaftar internet banking tapi tidak bisa karena masalah jaringan. Lalu Customer service bilang, sedang gangguan pak. Atau teman kita beralasan kalau dia lambat membalas pesan kita, dia bilang, sedang gangguan.

Begitupun dengan jariang wifi di tempat-tempat umum. Kalau kesulitan dalam mengakses internet maka kita atau karyawan setempat berkata, sedang gangguan. Kata sedang menerangkan waktu yang sekarang terjadi. Gangguang dalam pengertian disini adalah suatu hal yang terjadi atau menyebabakan ketidaknormalan pada objek sehingga objek tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Aku sangat menyukai membaca, katakanlah kutu buku. Walau aku tidak pernah menjadi gudang ilmu. Sehingga perpustakaan bagiku adalah rumah ketigaku di dunia ini. Selain rumah tinggal dan masjid. Aku menjadi anggota Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Sumatera Selatan sejak smester pertama sewaktu kulia di UIN Raden Fatah Palembang, sampai sekarang (2019).

Perpustakaan yang paling sering aku kunjungi adalah Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Perpustakaan Umum Provinsi Sumatera Selatan terletak di Jalan Demang Lebar Daun, No. 47, Lorok Pakjo, Ilir Barat I, Kota Palembang Sumatera Selatan, kode post 30137. Perpustakaan ini menjadi tempat aktivitas akademisi, terutama para mahasiswa-mahasiswa di Kota Palembang.

Terletak di pinggir jalan poros tersebut, membuat perpustakaan mudah di akses. Sehingga semua jenis transportasi, baik umum atau pribadi mudah menjangkau. Saat masuk komplek perpustakaan, gedung pertama yang dijumpai adalah gedung Perpustakaan Anak-Anak. Perpustakaan anak khusus untuk anak-anak, sehingga orang dewasa tidak pernah masuk gedung kecil ini.

Hanya para orang tua biasanya mengantar dan menunggu di depan gedung. Aku yang sudah dewasa dan masih bujangan tentu saja tidak pernah masuk dan membaca di ruang tersebut. Di halam gedung banyak ditanam bunga-bungaan. Sebelah kiri gedung terdapat kantin, dan ada musolla di belakang gedung Perpustakaan Anak-Anak.

Masuk ke perpustakaan melalui lobby depan, melewati pintu geser otomatis. Saat masuk, tepat di depan kita ada tangga menuju lantai dua. Di lantai dua ada banyak ruangan Pegawai Perpustakaan, dan satu ruangan koleksi literasi. Ruangan koleksi lantai dua sangat ketat. Tidak boleh dipinjam. Tidak boleh dibawa keluar ruangan. Tidak boleh di foto copy ataupun foto kamera. Koleksi terdiri dari karya ilmia yang lebih baru, koran lama, buku terbitan terbatas, buku langkah.

Terbitan-terbitan Pemerintahan Provinsi atau Pemerintahan Kabupaten di seluruh Sumatera Selatan. Sedangkan ruangan di sebelah kiri kita masuk tadi, terdapat ruangan baca dengan koleksi buku. Dari kode pustaka 000 sampai 500. Di ruang tersebut tersediah buku dengan berbagai disiplin ilmu. Di samping ruangan ini, dihubungkan dengan lorong dan tangga ada ruangan referensi. Koleksi literasi di ruangan referensi tidak boleh dipinjam atau di bawa keluar ruangan itu.

Koleksi berupa karya ilmia, seperti skripsi, tesis, disertasi. Kemudian berbagai kamus baik bahasa Indonesia atau asing. Biografi atau ensiklopedia, peta-peta, koran, majalah, katalog, dan lainnya. Di sebelah kanan masuk. Terdapat ruangan baca juga dengan koleksi buku dari kode 501 sampai 1000. Disini juga menyediakan buku-buku dengan berbagai jenis disiplin ilmu.

Perpustakaan juga menyediakan wifi gratis untuk pengunjung. Apa itu wifi?. Wifi adalah singkatan dari wireless Fidelity, bermakna dengan sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area networks-WLAN). Secara awam wifi dipahami sebagai jaringan internet lokal saja. Memang hampir semua perpustakaan sekarang ada wifinya. Begitupun di Perpustakaan Umum Sumatera Selatan. Di setiap ruangan perpustakaan kita dapat mengakses internet melalui jaringan wifi milik Perpustakaan.

Ada dua hotspot tersedia untuk pengunjung perpustakaan, yaitu pusdalobby dan asiangame. Nama asiangame diambil terkait atas penyelenggaraan asiangame beberapa waktu lalu di Sumatera Selatan. Hotspot adalah nama sambungan dimana pengakses dapat menghubungkan dengan jaringan internet lokal tadi atau wireless fidelity.

Ada dua syarat yang harus dimiliki pengunjung agar dapat mengakses wifi. Pertama harus menjadi anggota perpustakaan. Kedua, kita harus mendaftarkan perangkat internet kita. Seperti laptop atau notebook. Login deng kode nomor ID member yang dapat dilihat waktu scanning card. Agar tidak repot, maka disarankan menghapalkan nomor kartu keanggotaan kita.

Kualitas wifi di Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan cukup baik. Brosing internet lancar, di setiap ruangan di dalam perpustakaan. Begitupun penggunaan di laur, sekitaran gedung.  Hotspot tersedia selama jam oprasional perpustakaan. Pengases internet juga digunakan untuk pencarian ban pustaka. Sehingga memudahkan pengunjung mencari jenis buku yang mereka cari.

Namun kadang-kadang ada jam-jam dimana keadaan wifi terganggu. Misalnya hilang konektivitas untuk beberapa menit atau beberapa jam. Kadang juga seharian gangguan dengan loading lambat. Walau masih dapat di akses tetapi tidak beroperasi dengan baik. Jaringan wifi lambat meluncur dengan loading yang membosankan. Biasanya yang sering lambat adalah mendanload video film. Satu film dengan durasi satu jam setengah sampai dua jam. Namun kadang hanya lima menit selesai.

Apabila sedang gangguan pencarian pustaka dengan komputer brosing milik perpustakaan juga sangat lambat. Kemudian apabila ada anggota yang mau mendaftar juga  tidak dapat di proses. Untuk setiap ruangan kualitas kecepatan jaringan ada yang berbeda. Seperti di ruangan referensi dengan ruangan baca kualitasnya berbeda. Di ruangan referensi jaringannya tidak sebagus kualitas di ruangan baca.

Kami sebagai pengunjung, dan begitupun karyawan tidak dapat menjelaskan, mengapa sering gangguan. Karena memang pengunjung dan karyawan bukan ahli dalam urusan IT (Information Technology). Kami berpikir mungkin itu karena cuaca atau karena terlalu banyak pemakai.

Atau menara tower pemancar signal sedang rusak, entahlah. Sehingga kami pasrah dan menunggu jaringan waifi baik kembali. Setelah baik kami baru mengakses kembali internet seperti biasa. Walau begitu kami semua bersyukur dan sangat terbantu. Walau kadang-kadang jaringan gangguan.

Sedang gangguan, dimanapun adalah jawaban ampuh untuk jaringan internet yang lambat. Atau tidak berjalan seperti biasanya. Nah, kalau kekasih anda bilang jaringan sedang gangguan. Sehingga pesan tidak masuk atau lambat dibalas. Anda harus waspada kemungkinan bukan cuma jaringan internet yang gangguan.

Oleh: Joni Apero
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 12 April 2019.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment