Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

2/15/2020

MaskerTradisional Herbal di Produksi Dari Arang Bambu, Kaktus dan Lumpur Jeju

Apero Fublic.- Kami perkenalkan produk masker wajah sedang populer di Indonesia. Masker yang terbuat dari bahan-bahan alami ini sangat cocok dalam perawatan wajah untuk semua jenis kulit. Masker praktis ini tidak perlu menunggu lama perawatannya. Cukup membutuhkan waktu sepuluh sampai lima belas menit saja sudah memberikan hasil yang sangat luar biasa.

Lacoco "Amazonian Charcoal Glow Mask" adalah produk ini dipormulasikan dengan arang bambu, kaktus, dan juga lumpur pulau jeju. Masker ini membantu membersihkan kulit dan pori-pori dengan efektif dan menyerap minyak berlebih tanpa membuat kulit jadi kering. Dilengkapi dengan butiran scrub aprikot yang dapat mengangkat sel kulit matiserta mencegah penyumbatan pori, sehingga kulit terlihat lebih cerah. Dapatkan sensasi kulit yang lembut dan halus setelah pemakaian. Cocok untuk kulit normal dan berminyak.

Manfaat, membantu membersihkan kulit dan pori-pori. Membantu menyerap minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering. Membantu mencegah penyumbatan pori sehinngga kulit terlihat cerah. Memberikan sensasi lembut dan halus pada kulit.

Kandungan-kandungan alaminya seperti arang bambu aktif dapat menyerap bakteri, kotoran, dan minyak berlebih pada kulit wajah. Untuk lumpur Jeju dapat mengangkat sebum dan sel kulit mati, melembutkan serta menyegarkan kulit wajah. Apricot Scrub mencegah penyumbatan pori dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan teh hijau sebagai anti oksidan dan juga dapat melembabkan kulit wajah. Kegunaan buah kaktus sebagai suplemen vitamin C yang berfungsi melembabkan dan mencerahkan wajah.

Cara pemakaian, cukup aplikasikan pada kulit wajah dan leher yang bersih dan kering. Hindari daerah dekat mata. Setelah itu tunggu 10 sampai 15 menit hingga masker mengering dan warna berubah menjadi lebih terang. Kemudian bilas wajah anda dengan air hingga bersih.

Netto. 50 ml.
Badan POM NA 18180200427.
Tertarik dengan produk unggulan ini. Hp/Wa: 089607544565.

Oleh. Ramadhani. S.Hum.
Editor. Desti. S.Sos
Palembang, 16 Februari 2020.
Sumber. Katalog produk PT. Natural Nusantara.

Sy. Apero Fublic

Muslimah. Selamatkanlah Peradaban dan Umat Ini.

Apero Fublic.- Membela Islam bukan berarti radikal atau anti Pancasila. Muslim membela Islam berarti kita membela moral, memperjuangkan kebaikan di tengah masyarakat. Kita memperjuangkan kehidupan yang islamis untuk membantu manusia hidup dalam kebahagiaan. Kaum muslimin harus kuat dan tetap berjuang menegakkan ajaran Islam.

Jangan pernah goyang hanyak karena cercaan radikal, ejekan kadrun, atau lainnya oleh kelompok tertentu atau aliran paham tertentu. Hal pertama untuk menjaga kebaikan moral dan akhlak ditengah kalangan umat Islam adalah perbaikan dan penjagaan akhlak muslimah-muslimah. Muslimah harus kuat dalam mengikuti tuntunan ajaran Islam. Terutama dalam hal menutup aurat dan menjaga kehormatan diri.

Rusaknya kaum wanita di Indonesia. Pertama, disebabkan pacaran yang tidak lagi memakai norma-norma. Kalau sebelumnya pacaran ditolelir karena hanya sebatas berteman saja. Tapi ketika pacaran sudah melampaui batas maka pacaran harus ditinggalkan. Kedua, pengaruh materi gaya hidup yang ingin dilihat gaul, keren dan moderen. Ketiga, sebab pengaruh kesusastraan. Seperti film forno, novel forno, forno grafi dan sebagainya.

Masa awal pacaran hanyalah suatu interaksi persahabatan biasa antara laki-laki (bujang) dan perempuan (gadis). Namun seiring waktu, sistem pacaran yang sebatas saling mengenal tadi, berubah. Dari hanya persahabatan biasa menjadi perzinahan. Pemikiran orang pacaran saat ini.

Para gadis menjadi milik pacar seakan seperti suami istri. Melayani nafsu sang pacar. Mereka memang merasa hal itu harus dilakukan keduanya sebagai tanda pacaran atau bukti cinta. Dari itulah, sekarang pacaran identik dengan perzinahan dan mesum. Namun sedikit bersyukur, wanita di daerah-daerah masih menjaga kehormatan mereka.

Sesungguhnya pacaran disertai zinah dan mesum tidak ada pada budaya asli Indonesia. Sistem pacaran seperti itu meniru dari kebudayaan Barat. Sebab orang barat atau non muslim tidak memiliki sistem kehormatan pada wanita mereka. Mereka tidak mempunyai malu dalam hal urusan perempuan. Kebudayaan destructif ini masuk kedalam kesusastraan Indonesia. Dibawa oleh kelompok mereka dengan kepentingan bisnis. Celaka, yang ditiru kemudian oleh orang Indonesia kebanyakan tidak terkecuali oleh orang muslim adalah hal buruknya.

Kaum muslimah segerahlah kembali ke Islam. Selamatkan umat dan selamatkan kami kaum laki-laki dari fitnah akhir zaman ini. Peradaban sesungguhnya bukan berpusat pada laki-laki, tapi berpusat pada kaum wanita. Oleh karena itu, bersegerahlah kalian memperbaiki diri. Didik anak-anak kalian dengan akhlak agama. Jangan sampai rusak umat kita, Islam. Jangalah pulah kaum muslimah mengikuti kehendak kelompok jahat. Tetaplah terus berhijab dan beristiqomah dalam akidah Islam. Jihadlah dengan memakai hijab dengan istiqomah.

Hal pertama, yang merusak kaum muslimah adalah pacaran. Usahakan agar tidak lagi membudayakan pacaran. Banyak muslimah menjadi menderita sebab pacaran, hamil di luar nikah. Kadang ada yang dibunuh pacar karena tidak mau bertanggung jawab karena hamil. Gadis muslimah hilang kehormatannya. Kaum muslimah mari, kita bangun dunia Islam. Biarlah dunia mereka yang memuja kebebasan, memuja materi dan memuja maksiat tetap mereka anut. Jangan sampai kita kaum muslim mengikuti.

Hendaklah kita sebagai kaum muslim tetap berada di dalam lingkar Islam. Sedangkan dunia mereka biarlah tetap dunia mereka. Mereka mau berzinah, mereka mau maksiat atau mereka berbuat makar pada Allah, biarkan saja urusan mereka. Kita buktikan saja, dunia mana yang lebih baik. Satu pesan lagi, kaum muslimah kembalilah pada Islam dan adat istiadat bangsa kita yang menjunjung tinggi norma-norma susilah. Jangan kalian mengikuti seseorang. Tapi ikuti Al-Quran dan sunah Rasulullah SAW. Musuh Islam sangat banyak, bahkan sesama orang Islam saja kadang saling memusuhi.

Jangan sampai kehancuran terjadi. Saat kalian menjaga diri kalian berarti kalian menjaga semuanya. Menjaga pancasila, menjaga keluarga, mejaga masyarakat, menjaga laki-laki, mejaga orang tua, menjaga suami-suami kalian dari perzinahan, menjaga bangsa ini, menjaga agama ini, menjaga akidah manusia, menjaga iman para pemuda dan yang paling utama adalah menjaga kaum kalian sendiri. Semuanya tergantung pada kalian, muslimah.

Apabila orang berkata alasan pacaran supaya rumah tangga dapat bertahan lama adalah bohong. Lihat saja berita dari iNews.id di atas. Angka perceraian itu, dalam beberapa waktu saja di satu kota, belum kota-kota lainnya. Sepanjang tahun 2018 ada setengah juta pasangan bercerai di Indonesia. Benarkah sistem pencarian jodoh dengan pacaran membuat keluarga bertahan lama?.

Pertentangan dunia adat dalam pernikahan di Indonesia pada masa lalu; yang dijodohkan atau lamaran. Ketika munculnya novel Siti Nurbaya. Sastra itu, lahir di zaman Belanda. Dan Belanda berkepentingan merusak norma-norma susilah di Indonesia. Belanda ingin kebiasaan atau budaya orang Barat (Belanda) juga diikuti oleh orang Indonesia.

Misalnya berzinah hal biasa saja, sama seperti budaya mereka. Dengan maksud agar norma adat dan budaya asli orang Indonesia rusak. Tapi yang paling diserang adalah Islam, agar rusak. Kita semua tahu, bagaimana perzianahan, kumpul kebo, dan bersentuhan laki-laki dan wanita bukan mahrom tidak mengapa bagi dunia Barat.

Bertahannya rumah tangga bukan diukur pacaran atau tidaknya saat mereka menikah. Tapi diukur dari kedewasaan berpikir dan akhlak masing-masing pasangan.

Praktek aborsi yang baru beberapa bulan dibuka. Para pembunuh anak sudah antri sebanyak 1632 wanita. Mengapa mereka mau membunuh anak di dalam rahim mereka. Karena anak tidak berdasarkan ikatan sah, hasil berzinah yang dari unsur pacaran dan pelacuran.

Kalau seorang wanita hamil secara baik-baik tidak akan mungkin dia mau membunuh anaknya. Kecuali aborsi yang berdasarkan ketentuan hukum, misalnya untuk menyelamatkan si wanita. Terkadang wanita baik dia lebih baik mati daripada mengorbankan kandungan mereka.

Tapi ada wanita yang mau membunuh anak di dalam rahim mereka. Buruknya kaum wanita sebab diri berdosa. Sekejam itu mereka membunuh anak mereka. Kalau sudah demikian, kaum wanita sudah lebih buas dari harimau. Harimau memakan manusia, tapi tidak membunuh anak-anak mereka.

Namun bagi orang jahat (pembenci Islam) hal demikian bukan menjadi kritik bagi mereka. Tapi mereka merasa gembira sebab mereka ingin Islam hancur. Mereka ingin dunia menjadi seperti kemauan mereka, liar seperti hewan-hewan. Tanpa aturan dan norma-norma. Muslimahlah, harapan umat satu-satunya.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S. Sos.
Palembang, 16 Januari 2020.
Sumber dan sumber foto. Kompas TV. dan Inews.id.

By. Apero Fublic

2/14/2020

Latar Belakang Pendirian Israel Oleh Zionis dan Sekutu

Apero Fublic.- Mungkin kita merasa bingung dengan keadaan dunia sekarang. Dimana Amerika Serikat yang mengaku polisi dunia?. Begitupun dengan masyarakat Inggris secara tidak resmi mendukung separatis Papua (KKB). Lalu diikuti masyarakat Australia dan Belanda. Mereka berteriak HAM dan mendukung kelompok separatis tersebut. Padahal mereka tahu dengan akal sehat kalau Indonesia adalah pewaris Pemerintahan Kolonial Belanda yang sudah diakui mereka berabad-abad lamanya. Tapi mereka bersemangat mendukung.

Tapi ketika diarahkan ke Palestina mereka acu tak acu. Pura-pura tuli dan pura-pura buta. Tidak ada tuntutan sidang HAM di Belanda untuk orang Yahudi-Israel. Mereka seakan tidak tahu dan seolah buta terhadap HAM dan pelanggaran HAM di Palestina. Berbeda kalau itu terjadi di Indonesia. Suara mereka sangat keras dan lantang. Teriakan mereka pada Muslim Xinjiang begitu digembar gemborkan mereka. Sebab mereka berkepentingan untuk menjatuhkan Cina.

Mungkin diantara kita bertanya-tanya. Mengapa di Ameriak Serikat selalu ada Presidennya yang keras untuk mendukung Yahudi-Israel?. Padahal sangat jelas kalau orang Yahudi itu datang dari luar Palestina. Mengapa mereka tidak pernah berbuat banyak pada Palestina. Amerika Serikat dan Sekutu diam-diam saja, mendukung. Padahal di Palestina pembunuhan dan perampasan tanah secara biadap terjadi tapi mereka diam saja. Tidak ada sangsi-sangsi dan tekanan pada Israel. Berikut ulasannya.

Tahun 1896 Dr. Theodor Herzl penduduk asli Budapest dan koresponden Paris untuk Neue Freie Presse di Wina memberikan pembukaan politik bagi Zionisme. Dia menulis “karakter bangsa kami dalam sejarah sangat terkenal, dan meskipun ada penurunan. Penurunan itu terlalu halus untuk menginginkan pelenyapannya. Nasionlitas Yahudi yang sangat jelas, tidak mau, dan tidak boleh dihancurkan.” Pada tahun 1897 Herzl menerbitkan majalah mingguan Die Welt sebagai sarana resmi bagi polemik Yahudi-Zionisme. Tahun 1904 Herzl meninggal dunia, namun idenya terus berkembang.

Tahun pembukaan Konferensi Perdamaian di Paris, delegasi Zionis yang kuat hadir, baik dari Inggris maupun dari Amerika Serikat. Mereka berhasil menarik perhatian delegasi lainnya. Pada 25 April 1920 Dewan Tertinggi  Sekutu memberikan mandat atas Palestina kepada Inggris. Pada 22 Juli 1922 Inggris secara formal dinyatakan sebagai penguasa mandat yang disahkan oleh LBB (Liga Bangsa-Bangsa).

Mandat itu dengan tugas menyediakan bagi bangsa Yahudi tempat tinggal nasionalnya di Palestina, yang memasukkan ke dalam teksnya (Deklarasi Balfour). Pemerintahan mandat ini bertanggung jawab atas atas pengembangan kelembagaan pemerintahan sendiri. Ada pengakuan suatu Agen Yahudi dan bekerjasama dengan pemerintahan mandat.


Sir Herbert Samuel, tokoh terkemuka Inggris-Yahudi, bukan Zionis diangkat sebagai komisaris tinggi pertama bagi Palestina. Politik kamuplase sekutu yang sangat jitu dalam mendukung Zionis-Yahudi dalam pendirian Israel sekarang. Saat itu orang Yahudi hanya berjumlah 55.000 orang saja (1920).

Zionis Yahudi menggunakan tameng sekutu untuk masuk ke Palestina. Kemudian berlindung di belakang Pemerintahan Mandat Inggris di Palestina. Selama Inggris berkuasa di Palestina. Inggris menjadi perisai orang-orang Yahudi untuk menguasai Palestina. Semasa Yahudi belum kuat di Palestina. Inggris selalu menjadi penengah dan berpura-pura netral. Sehingga orang-orang Yahudi terus terlindungi sampai mereka memiliki kekuatan penuh.

Orang-orang Palestina tidak menyadari manuver Ingris yang menyokong Yahudi. Mengapa di katakan demikian. Karena pemerintahan Inggris dan LBB tahu dan merestui pendirian negara Nasional Yahudi di Palestina. Inggris menjalankan politik menentramkan untuk mencegah pemberontakan Arab. Karena waktu itu masyrakat Arab masih sangat terbelakang. Sehingga mereka menjadi bulan-bulanan politik moderen Inggris. Bahkan sampai sekarang (2020) masyarakat di Timur Tengah menjadi bulan-bulanan politik sekutu.

Menjelang pecahnya perang Dunia II. Melalui Dr. Weizmann, dengan alasan untuk siap berdampingan dengan demokrasi dan Inggris. Mereka menuntuk agar diciptakan militer Yahudi merdeka bagian dari tentara sekutu. Tapi Inggris masih mengumumkan secara umum, menerima dari kalangan Yahudi dan Arab.


Baru pada tahun 1944 inggris menyetujui pembentukan brigade Yahudi. Pasukan sukarela, dan pasukan yang dibentuk Inggris inilah kemudian akan menjadi cikal bakal tentara Yahudi. Politik ini dilakukan Yahudi untuk mendukung kemenangan sekutu terhadap Nazi-Jerman. Karena orang Yahudi masih memerlukan tenaga dan manfaat bersama Inggris dan Sekutu.

Pada 11 Mei 1942 Organisasi Zionis Amerika yang dilakukan oleh Zinonis Amerika bersidang di New York dan menghasilkan Program Biltmore yang diajukan oleh David Ben Gurion, ketua Komisi Eksekutif Agen Yahudi. Program Biltmore yang diajukan berisi tiga poin.
1. Pendirian negara Yahudi yang mencakup seluruh Palestina.

2. Pembentukan militer Yahudi.

3. Penolakan naskah putih 1939 dan diteruskannya imigrasi tak terbatas ke Palestina yang tidak hanya diawasi oleh Inggris tapi juga diawasi oleh Agen Yahudi.


Pada bulan Oktober 1946 Presiden Truman menegaskan kembali menghimbaunya bagi izin 100.000 Yahudi terlantar. Organisasi Yahudi Dunia yang menyokong politik “keras kepala” terhadap Inggris. Para pemimpin Zionis Amerika Serikat didukung kaum revisionis, dalam Kongres Zionis Dunia di Basel (Desember 1946) mengecam politik “menentramkan” dan menganggap kekuasaan Inggris di Palestina ilegal. Zionis Amerika Serikat tetap bersikeras untuk mendirikan negara Yahudi di seluruh wilayah Palestina.

Kalau kita perhatikan dizaman sekarang. Ketika pembantaian warga Palestina oleh orang-orang Yahudi-Israel tetapi dunia tidak dapat berbuat apa-apa. Dunia cenderung membiarkan Israel merampas tanah-tanah orang Palestina. Tapi dunia barat terutama Amerika Serikat seakan tidak peduli. Tanah Palestina semakain kecil dan kecil diambil paksa dijadikan pemukiman Yahudi-Israel. Karena memang pada awalnya kemunculan Yahudi di Palestina di dukung oleh dunia Barat.

Apabila kita menyaksikan Presiden Amerika Serikat sekarang, Donald Trum dengan sesuka hatinya memutuskan apa-apa mengenai Yerusalem dan Palestina secara umum. Apabila kita mengetahui betapa berambisinya Zionis Yahudi di Amerika Serikat sejak dahulu sampai sekarang adalah hal yang wajar.


Patut diakui kehebatan Zionis Yahudi, mereka mampu menggunakan tenaga-tenaga kuat negara-negara barat. Pertama kekuatan Inggris, kemudian kekuatan Amerika Serikat sampai sekarang. Masyarakat dunia tidak mempermasalahakan orang Yahudi. Tapi mempermasalahkan dan mengecam Amerika Serikat dan Inggris.

Dunia selalu menyerukan pembentukan dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Namun selalu ditolak oleh Israel yang berhaluan keras. Andai Naskah Putih diajukan Inggris, dijalankan. Maka di tanah Palestina sekarang telah tumbuh sebuah negara demokrasi yang didiami tiga pemeluk agama dengan rukun; Islam, Kristen dan Yahudi.

Menjawab pertanyaan diatas adalah, karena memang semua yang terjadi di Palestina memang program mereka jangka panjang. Bukan orang barat kalau tidak berbuat sesuka hatinya. Coba kalau kita bandingkan dengan kasus Timor-Timur atau Timur Leste. Belum sampai dua tahun sudah lepas dari Indonesia akibat tekanan mereka (Sekutu).


Bahkan tentara Australia yang bertugas sebagai pasukan perdamaian. Sangat berani dan kurang ajar menembak prajurit TNI yang sedang beristirahat dan saat sedang mengambil kayu untuk membuat tenda pengungsi. Luka ini tidak akan pernah terlupakan oleh rakyat Indonesia.

Tim. Apero Fublic.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 14 Februari 2020.

Sumber. George Lenczowski. Timur Tengah Di Tengah Kancah Dunia. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1993.

Sy. Apero Fublic

2/13/2020

Masker Herbal Pelindung dan Perawatan Wajah

Apero Fublic.- Lacoco "water melon glow mask" adalah masker dengan ekstrak semangka dan pisang untuk membantu merawat wajah saat tidur. Kandungan vitamin A dan kadar air yang tinggi dari semangka memberikan kelembaban di pagi hari sekaligus mencegah penuaan dini pada wajah. Potasium pada pisang akan memberikan efek cerah alami pada wajah. Dapatkan kulit cerah bercahaya setiap pagi. cocok untuk semua jenis kulit.

Manfaat: Membantu perawatan wajah saat tidur. Memberikan kelembaban pada wajah. Membantu peremajaan kulit dan penuaan dini pada wajah. Memberikan efek cerah alami pada wajah. Mengencangkan kulit serta mengurangi warna kemerahan pada kulit. Membantu menyeimbangkan pH pada kulit wajah. Cara pakai sangat praktis sekali. Gunakan masker setelah rangkaian perawatan wajah dan biarkan semalaman. Pagi hari baru dibilas dengan air bersih.

Netto: 50 ml
Badan POM NA 18180200239.
Kontak. Hp/Wa: 089607544565.

Oleh. Alvin A.T. S.Hum.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 13 Februari 2020.
Sumber. Katalog produk PT. Natural Nusantara.

Sy. Apero Fublic

Rencong. Senjata Tradisional Masyarakat Aceh

Apero Fublic.- Rencong sebagai benda pusaka yang bernilai dalam masyarakat Aceh. Rencong senjata tradisional yang dipergunakan oleh seluruh masyarakat Aceh. Baik yang tinggal di daerah Aceh atau yang sudah merantau. Rencong adalah sahabat masyarakat Aceh. Ada tiga fungsi rencong dalam kehidupan masyarakat Aceh. Pertama, rencong sebagai senjata.

Baik untuk senjata mempertahankan diri atau senjata perang. Kedua, senjata rencong sebagai senjata adat atau senjata perhiasan dan perlengkapan budaya. Seperti saat menari (saudati dan ratoh) dan kegiatan kebudayaan lainnya. Ketiga, rencong sebagai alat perkakas pengganti pelobang suatu benda. Misalnya kalau zaman rumah orang aceh berdinding pelepah daun rumbia. Maka rencong digunakan untuk melobangi bagian tertentu.

Senjata tradisional rencong dianggap senjata yang khusus bagi masyarakat Aceh. Rencong tidak digunakan untuk alat memotong sesuatu layaknya seperti pisau atau benda tajam lainnya. Rencong baru digunakan apabila sudah sangat diperlukan. Pada dasarnya setiap orang Aceh memiliki sebilah rencong sebagai senjata pendamping hidup.

Sejak mereka berumur delapan belas tahun memiliki rencong. Walau rencong tidak dibawa bepergian kemana-kemana seperti zaman dahulu. Rencong menjadi simbol perlawanan masyarakat Aceh saat masa penjajahan. Rencong juga dianggap sebagai senjata sakti. Karena kentalnya budaya rencong  membuat Aceh dijuluki tanah rencong.

Pada awalnya rencong hanyalah senjata sederhana dengan bentuk sederhana. Kemudian masuk agama Islam sekitar abad ke delapan Masehi. Memberikan pengaruh terhadap perkembangan senjata tradisonal rencong. Masa perkembangan Islam rencong berevolusi menjadi senjata yang sempurnah, semasa Kesultanan Pasai. Rencong menjadi populer ketika digunakan sebagai senjata perang oleh Sultan Ali Mugayat Syah (1514-1528).

Pengaruh Islam yang sudah sangat kuat pada masyarakat Aceh. Membuat pengaruh khas pada rencong. Rencongpun kemudian didesain sesuai dengan kebudayaan Islam. Filosofis rencong diambil dari kalimat basmallah. Gagang rencong membentuk setengah hurup Ba. Bujuran gagang tempat genggaman peniruan hurup sin.

Bentuk lancip yang menurun kebawah pada pangkal besi dekat gagang merupakan bentuk hurup Mim. Lajur-lajur yang runcing dari pangkal gagang hingga dekat ujungnya merupakan aksara Lam. Ujung-ujung yang runcing dengan datar sebelah atas mendatar dan bahagian bawah yang sedikit melekuk keatas merupakan aksara Ha. Rangkaian dari aksara Arab, Ba-Mim-Lam-dan Ha adalah wujud dari kata Basmallah.

Senjata tradisional rencong dikenal lima jenis. Rencong pertama adalah jenis rencong secara umum. Jenis rencong kedua Rencong Meupucok, Rencong Meocugek, Rencong meukuree, Rencong Pudoi. Pada masa lampau pembuatan rencong sangat indah. Ada rencong yang berhulu dan bergagang berlapis emas, berukir kalimat dua kalimat syahadat
Foto Rencong Meupucok koleksi Museum Negeri Aceh. 1981.
Foto Rencong Pudoi. Koleksi Museum Negeri Aceh. 1981.
Foto Rencong Meucugek. Koleksi Museum Negeri Aceh. 1981.


Pada gambar paling atas sepasang pengantin dengan busana tradisional Aceh. Saat itu pengantin laki-laki menyelipkan rencong di pinggangnya sebagai simbol adat dan penggunaan fungsi dari rencong.

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Sos
Palembang, 13 Februari 2020.
Sumber. T. Syamsudin dan M. Nur Abbas. Seri Penerbitan Museum Negeri Aceh. Reuncong. Banda Aceh, 1981.


Sy. Apero Fublic

Sejarah Kepuyangan dan Pemerintahan Marga di Provinsi Sumatera Selatan

Apero Fublic.- Provinsi Sumatera Selatan, suatu kawasan masyarakat Melayu yang sangat fenomenal. Sejarah masyarakat yang berantai tersambung. Kehidupan manusia di Provinsi Sumatera Selatan sudah terlacak dari kehidupan manusia gua. Sebagaiamana ditemukan oleh pihak Balai Arkeologi Sumatera Selatan.

Begitupun kehidupan masa zaman megalitikum, masuknya pengaruh agama Hindhu dan Budha. Sampai kemudian terbentuknya Kedatuan Sriwijaya atau Kerajaan Sriwijaya yang menganut agama Budha. Menurut penelitian J.W. Van Royen dalam buku De Palembangsche Marga (1927). Mengungkapkan bahwa penduduk di pedalaman (uluan) Sumatera Selatan.

Bermula atau bersumber dari tiga pusat pegunungan. Yaitu disekitar Danau Ranau, dari Dataran Tinggi Pasemah dan daerah Rejang. Tiga pegunungan tersebut kita kenal sekarang, yaitu Pegunungan Seminung, Gunung Dempo dan Gunung Kaba. Bukti kehidupan kuno adalah tersebar dan terdapat tinggalan arkeologi berupa, batu berukir, menhir, lesung batu, kubur batu dan sebagainya.

Dari Pegunungan Suminung atau Danau Ranau, Jelma Daya, masyakat Melayu kala itu turun menyusuri sungai komering sampai Gunung Batu. Sedangkan orang Melayu dari Gunung Dempo dan sekitarnya, orang-orang Pasemah (serawai) mereka menyebar menempati pinggiran Sungai Lematang, Sungai Enim, Kikim, Lingsing. Ada juga yang mendiami pinggiran Sungai Musi bagian tengah, dan Sungai Ogan.

Sedangkan orang Melayu yang mendiami di sekitar Gunung Kaba, masyarakat menyebar menyusuri Sungai Musi ke bagian hulu dan masuk ke Sungai Rawas. Kemudian ada juga yang masuk wilayah Sungai Lematang bagian hilir. Mereka melalui Sungai Keruh di Kabupaten Musi Banyuasin Sekarang. Lalu masuk ke daerah Panukal di Kabupaten PALI sekarang.

Penyebaran dari tiga kelompok orang Melayu inilah yang menjadi sumber-sumber kepuyangan masyarakat di Sumatera Selatan. Anak cucu mereka kemudian terus menyebar dan berkembang sepanjang waktu. Setelah mereka membangun pemukiman. Mereka menamakan tempat tinggal mereka mengikut nama sungai atau nama tempat mereka.

Sehingga anak cucu mereka kemudian dikenal dengan identitas wilayah, misal suku komering, suku Musi, suku Rawas dan laiinya. Sesungguhnya masyarakat Sumatera Selatan hanya satu suku bangsa, Yaitu Melayu. Sedangkan nama-nama identitas sekarang hanyalah nama tempat secara tradisional.

Apabila ditinjau dari sisi kebudayaan. Kebudayaan masyarakat Sumatera Selatan sama, dari sistem sosial, dari adat-istiadat, sistem bangunan tempat tinggal rumah panggung, dan tentunya bahasa. Bahasa-bahasa daerah di Sumatera Selatan sama, hanya sedikit-sedikit berbeda. Misal dari kosa kata atau dialeq.

Masyarakat Melayu Sumatera Selatan yang sudah menyebar tersebut. Kemudian melahirkan sub-sub kepuyangan baru mengikut kekerabatan mereka atau geneologis. Talang lama kemudian membesar dan lapangan perekonomian hutan menyempit. Kemudian anak cucu mereka mereka membangun talang-talang baru.

Maka terciptalah suatu kawasan cukup luas yang terdiri dari beberapa Talang. Mislanya sepuluh Talang atau lebih. Mereka semua masih masuk dalam kepuyangan atau satu keturunan. Dari sinilah kemudian terciptalah sistem pemerintahan marga. Kata Marga diserap dari kata dalam bahasa Sanskerta.[1]

Pemerintahan marga adalah bentuk pemerintahan asli masyarakat Melayu di Sumatera Selatan. Sistem pemerintahan Marga atau Margo di Sumatera Selatan diketahui oleh budayawan dan sejarawan di Sumatera Selatan melalui peninggalan Piagam-Piagam peninggalan Kesultanan Palembang (Ratu Sinuhun dan Sunan Candi Walang).

Kesultanan Palembang adalah kerajaan kota yang berkuasa di Palembang saja. Kemudian perlahan memperluas pengaruh ke pedalaman Sumatera Selatan. Penyebaran pengaruh penguasa di Palembang melalui musyawarah, angkat keluarga (angkan-dangkan).

Dari sini, muncul gelar pangeran-pangeran atau ratu yang diberikan Sultan. Konsesi ekonomi, dan pengukuhan kedudukan sebagai pemimpin Marga (Depati). Sedangkan pemimpin di Palembang mendapatkan pengakuan dan dukungan sebagai penguasa tertinggi. Bentuk saling tunjang dan saling ketergantungan.

Pemberian piagam-piagam oleh para penguasa di Palembang masa itu. Bukan piagam pembentukan Marga. Tapi bentuk pengakuan kedaulatan pemerintahan Marga dalam lingkup wilayah tertentu (raja kecil). Dengan demikian bentuk Pemerintahan Marga sudah ada sejak sebelum adanya kesultanan Palembang.

Seiring waktu ada juga marga-marga yang dibentuk semasa Kesultanan Palembang dan saat Penjajahan Belanda. Seperti Marga Singa Desa di Kabupaten Musi Banyuasin. Marga Singa Desa didirikan oleh Depati Samsudin atau Udin. Setelah melalui serangkaian perang-perang antar dusun atau talang disekitar Talang Rengas Gemuruh tempat kediaman beliau. Depati Udin dapat mempersatukan wilayah-wilayah didaerahnya.

Kemudian barulah mendirikan Marga Singa Desa. Untuk mengambil legalitas dan pengukuhan. Depati Udin pergi ke Palembang dan dikukuhkan sebagai Depati Marga Singa Desa oleh Sultan Mahmud Badaruddin I. Pada zaman kolonial Belanda mengetahui sejarah kepahlawanan Depati Udin yang hebat seperti seekor singa di tengah penduduk.

Belanda khawatir dengan cerita-cerita yang sudah melegenda tersebut. Untuk menghapus sejarah kepahlawanan Depati Samsudin yang melegenda. Agar tidak menjadi inspirasi penduduk untuk berperang dan memberontak. Maka nama Marga Singa Desa dirubah menjadi Marga Sanga Desa. Kata sanga diambil dari kata dalam bahasa Jawa, songo yang berarti sembilan (alasan Belanda).

362. Kemudian ada pula perubahan
Yang Terjadi jaman Belanda
Prabumuli masuk Lakitan
Jud dimasukkan ke Singa Desa

363.Dusun Penggage bertukar pula
Bertukar dengan dusun Sereka
Penggage masuk ke Singa Desa
Sereka masuk ke Punjung Marga.

364.Sehingga Marga SINGA DESA
Mempunyai sembilan buah desa
Sehingga nama Singa Desa
Beobah nama SANGA DESA.[2]

Pemimpin marga pada awalnya bergelar puyang atau depati. Gelar depati bukan hanya digunakan untuk pemimpin marga, tapi juga digunakan oleh pemimpin dusun atau Talang (Marseden, 1983). Selain depati pemimpin marga ada juga digelari Pasirah. Gelar pasirah sepertinya dikukuhkan Belanda.

Sifat kepemimpinan marga berbentuk monarki atau turun temurun seperti sistem pemerintahan kerajaan. Di zaman Penjajahan Belanda kepemimpinan Marga yang turun temurun diganti dengan sistem pemilihan langsung atau demokrasi. 

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 13 Februari 2020.
Latar foto Gunung Dempo, Pagaralam.

Sumber:
M. Arlan Ismail. Marga di Bumi Sriwijaya. Palembang: Unanti Press, 2004.
Yusman Haris. Sanga Desa dari Dahulu Sampai Sekarang. Palembang, 2010.
Mohd. Oedji Anang. Sejarah Marga Sanga Desa. Bandung, 1985.
Edwin M. Loeb. Sumatera Sejarah dan Masyarakatnya. Yogyakarta: Ombak, 2013.
K.H.O. Gadjahnata dan Sri Edi Swasono. Masuk dan Berkembangnya Islam di Sumatera Selatan. Jakarta: UI-Press, 1986.

[1]Edwin M. Loeb, Sumatera Sejarah dan Masyarakatnya, Yogyakarta: Ombak, 2013, h. 21.
[2]Yusman Haris, Sanga Desa dari Dahulu Sampai Sekarang, Palembang, 2010. Ttp.

Sy. Apero Fublic

2/12/2020

Israel dan Politik Masa Depan Dunia Islam

Apero Fublic.- Perang tahun 1917 antara Pasukan Turki Usmani dan Inggris perlahan mengubah Palestina. Inggris dan orang-orang Arab berkerja sama mengalahkan pasukan Turki Usmani. Kemudian wilayah Palestina di serahkan oleh Pemerintahan Mandat Inggris (LBB) ke tangan Zionis Yahudi. Perlahan tapi pasti Zionis Yahudi berhasil menguasai tanah Palestina.

Hal pertama dilakukan dengan migrasi besar-besaran orang Yahudi. Pada awalnya orang Yahudi di Palestina hanya 55.000 jiwa.[1] Selanjutnya orang Yahudi terus berdatangan ke Palestina dari waktu ke waktu. Seiring waktu mereka terus merampas tanah orang Palestina. Sampai sekarang Israel terus berupaya menghapus Palestina dari peta dunia.

Baru-baru ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengajukan proposal damai untuk Israel dan Palestina. Namun banyak isu yang menyebut proposal damai tersebut tidak memuaskan pihak Palestina dan dunia Islam lainnya. Yang perlu diambil dari akibat ketidak puasan tersebut adalah terciptanya api dalam sekam. Atau seperti magma di dalam perut gunung berapi. Sehingga dalam keputusan tersebut haruslah memperhatikan tata keadilan yang sesuai. Agar tidak ada lagi alasan untuk bertengkar.

Israel menantang dunia Islam dengan percaya diri. Dengan berusaha menghapus Palestina dan menguasai Masjidil Aqsha. Paling tidak  Israel ingin membuat Palestina sekecil-kecilnya. Israel merasa begitu kuat untuk menantang umat Islam dunia saat ini. Sebab mereka tahu kalau kaum muslimin dalam keadaan lemah. Lemah persatuan, lemah ekonomi dan lemah secara militer. Ditambah konflik terus-menerus di kawasan Timur Tengah.

Kepercayaan diri yang sangat tinggi. Berbekal teknologi senjata dan dukungan ekonomi besar, militer dan agen intelijen yang hebat, Mosad. Dari pengusaha-pengusaha Yahudi serta dukungan dari negara-negara sekutu lainnya, terutama Amerika Serikat. Tentu saja Israel memiliki senjata nuklir dan senjata propaganda lainnya, media massa kelas dunia.

Terdapat lima puluh negara Muslim di dunia ini. Selain itu Islam terus berkembang disetiap penjuru dunia. Islam berkembang dengan pesat disetiap negara-negara minoritas muslim, seperti di India, Inggris. Namun Israel tetap tidak membaca atau mereka memang meremehkan hal tersebut.

Peta kekuatan politik dunia terus berubah. Kejadian apapun dapat terjadi, semisal serangan virus corona di Cina. Belum sampai satu abad hegemoni barat. Negara-negara dunia ketiga terus bertumbuh dan berkembang mengejar semua ketertinggalan dari negara maju. 

Israel terus menerus bersikeras untuk menghapus Palestina. Mereka tidak memikirkan akibat jangka panjang dari perbuatan mereka. Israel terus ingin berada dibalik tembok-tembok isolasinya. Kelompok Islam moderat sudah memaklumi apabila dibentuk dua negara, Israel dan Palestina.

Sedangkan kelompok Islam garis keras bersikeras juga untuk menghapus Israel. Namun mereka juga tidak dapat berbuat banyak apabila kelompok lain tidak mendukung. Islam moderat akan bersedia menerima Israel di muka bumi ini. Seandainya mereka mau berlaku dewasa membentuk negara Palestina. Bagi muslim penyelamatan masjidil Aqsha adalah hal utama. Keingin itu akan terus menyalah sepanjang zaman.

Aksi Israel yang terus berupaya menghapus Palestina. Akan terus ditentang umat Islam dunia yang terus bertambah. Dunia akan menjadi lautan Islam. Sedangkan Israel akan tetap berada diposisi kecil yang tidak begitu berkembang. Sebab agama Yahudi hanya berkembang dari kelahiran dari kalangan mereka sendiri. Bukan sifat nasionalisme bangsa.

Sedangkan Islam berkembang dari kelahiran semua umat dan gelombang mualaf. Waktu demi waktu dunia terus mengecil oleh Islam. Tentu ini adalah bom waktu untuk Israel. Untuk saat ini yang dihadapi Israel hanyalah Iran. Beruntung Iran menganut mazhab Syiah. Sehingga sedikit dukungan untuk mereka dalam berperang dengan Israel.

Belum muncul kekuatan Islam dunia atau kekuatan Islam dalam satu kawasan. Sekarang negara-negara Islam terus berbenah diri. Terus bergerak maju dalam berbagai bidang. Termasuk dalam membuat senjata-senjata perang seperti yang dimiki Israel.

Muslim tidak akan memaafkan Israel tentang Palestina. Muslim akan terus mengingat Palestina di dalam ingatan. Walau Palestina dihapus oleg google dari peta atau dihapus oleh Israel. Palestina akan tetap ada di dalam ingatan umat Islam. Palestina akan terus menjadi pemantik atau sumbu konflik Islam dan Israel.

Israel yang terus menumpahkan energi untuk menguasai Palestina. Dari energi SDM, juga menumpahkan materi yang sudah tidak terhitung. Begitupun dengan Amerika Serikat yang terus menyokong Israel. Disebabkan minyak bumi masih berguna untuk Amerika Serikat dan Blok Sekutu. Maka dukungan untuk Israel masih ada.

Tapi, apabila minyak bumi kawasan itu mulai menipis atau energi posil itu berganti dengan energi terbarukan. Maka dengan sendirinya dukungan Barat untuk Israel akan mengendor atau mungkin akan dihentikan. Apabila benar Eropa beralih ke dunia Islam nantinya. Tentu kepentingan untuk Yerusalem dan pangkalan mereka di Timur Tengah juga tidak menjadi penting. Dengan begitu suatu saat Israel akan sendirian.

Sudah saatnya Israel menata dunia baru mereka. Sudah saatnya Israel bersahabat dengan bangsa-bangsa muslim. Solusi dua negara adalah solusi yang efektif untuk diterimanya Yahudi oleh umat Islam secara umum. Energi dan biayah yang dimiliki lebih baik digunakan menimbun laut untuk mengganti luas tanah yang menjadi negara Palestina.

Sedangkan dengan permasalahan Tembok Ratapan dan masjidil Aqsha dapat dimusyawarahkan. Sebab Islam diwajibkan oleh Al-Quran untuk tidak menggangu keyakinan manusia di luar Islam. Israel haruslah keluar dari politik masa lampau. Hanya sekedar untuk mempropaganda mempertahankan keberadaan Israel.

Israel ibarat seorang yang terus menumpuk-numpuk jerami kering dan bensin di dalam rumah mereka. Sedangkan disekeliling rumah api terus menyalah dan terus melebar disekeliling rumah. Mungkin saat ini tembok rumah masih dapat membatasi nyalah api. Baru asap yang memedihkan mata pemilik rumah.

Hawa panas terus membuat gerah penghuni rumah. Ingin keluar tapi di luar bara api menyalah-nyalah. Seiring waktu akan ada angin yang berhembus dan membuat api menyalah tinggi. Lalu menyulut jerami dan bensin yang telah ditumpuk-tumpuk. Kemudian api menyambar dan membakar rumah beserta pemiliknya.

Kebakaran itu, akan mengakhiri segalanya dan menyisakan kesedihan. Masih banyak waktu untuk Israel membuang jerami kering dan mengganti bensin dengan air. Agar bumi ini memasuki masa damai dan kita (manusia) akan bersama-sama hidup berdampingan serta menghadapi semua permasalahan di bumi ini. Seperti kekeringan, kelaparan, virus, hancurnya alam, dan semua bencana kemanusiaan lainnya.

Pada dasarnya kebesaran sebuah negara bukan diukur dari luasnya wilayah. Tapi kebesaran sebuah negara diukur dari kemajuan ilmu pengetahuan, kesejahteraan masyarakatnya dan nilai-nilai kemanusiaan yang dimiliki bangsa tersebut. Semoga Israel mulai terbuka dan dewasa dalam politik dunia moderen. Hal yang perlu dunia tahu, Islam telah menghancurkan semua kekuatan besar di muka bumi ini sejak kehadirannya. Bahkan bangsa bar-bar Mongol pun akhirnya menjadi dunia Islam sampai sekarang. 

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S. Pd.
Palembang, 12 Februari 2020.

Sumber. George Lenczowski, Timur Tengah di Tengah Kancah Dunia, Bandung: Algensindo, 1992.


[1]George Lenczowski, Timur Tengah di Tengah Kancah Dunia, Bandung: Algensindo, 1992, h. 237.

Sy. Apero Fublic

2/11/2020

Ayam Geprek Mak Asep. Citarasa Global Dalam Resep Tradisional

Apero Fublic.- Ayam Gaprek Mak Asep adalah nama brand kuliner yang saat ini sudah beroperasi kurang lebih satu tahun juga merupakan home industri yang tidak hanya menyiapkan makanan siap saji. Tapi juga suatu usaha yang selalu menjamin kualitas dan kehigenisan serta rasa dari resep tradisional rahasia keluarga.

Munculnya berbagai mereka makanan berbasis industri telah membuat perubahan konsep sosial kaum milenial Indonesoa. Dari itu, Ayam Gaprek Mak Asep hadir memberikan layanan makanan sehat yang siap antar dan terjamin rasa dan kualitasnya.

Ayam geprek Maks Asep sendiri merupakan menu makanan yang tidak hanya digemari oleh generasi milenial tetapi juga akrad dengan lidah seluruh umur. Ayam geprek sudah menjadi fenomena popular seiring dengan banyaknya gerai yang menyajikan makanan ini di Indonesia pada tahun 2017. Ayam geprek sendiri umumnya hanya disajikan dengan  sambal, nasi putih serta lalapan. Paduan crispy dari ayam yang digeprek selagi hangat dipadu dengan sambal yang gurih menjadi keunggulan dari menu ayam geprek.

Ayam geprek bisa dibilang makanan cepat saji dengan cita rasa nusantara. Awalnya masyarakat Indonesia lebih dahulu mengenal ayam penyet. Daging ayam penyet terlebih dahulu diungkep dengan bumbu kuning dengan api kecil agar tekstur dari ayamnya sendiri lebih lembut, setelah itu barulah ayam digoreng sampai matang dan di sajikan dengan sambal di atasnya.


Berbeda dengan ayam penyet, ayam geprek sendiri merupakan ayam tepung yang terkenal dari Amerika serikan yang kemudian diulek sampai lepas dari tulangnya dan bercampur rata dengan sambal.


Untuk sambalnya sendiri tidak ada aturan antara ayam geprek ataupun ayam penyet. Semua sambal khas Nusantara mulai dari sambal bawang, sambal cabai hijau, sambal mentah, sambel korek, dan sambal terasi semuanya cocok untuk menu ini.


Untuk pemesanan geprek mak asep bisa melalui via WhatsApp: 08984652349 atau melalui ig:@geprekmakasep, dan untuk yang padat dengan jam kerja sekarang geprek mak asep juga bisa dipesan melalui go-food dan grab-food dengan nama gerai warung mak asep, tersedia juga dengan menu-menu lainnya.

#Tak Apero, Tak Populer!!!.

Laporan. Arip Muhtiar

Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 12 Februari 2020.


Catatan: Apero Fublic melayani jasa promosi usaha, produk, provesi, bisnis dan semua usaha. Melayani jasa pemasangan iklan dalam bentuk artikel, banner, reportase, investigasi. Tersebar disemua jaringan internet milik Apero Fublic. www.aperofublic.com. www.jurnalaperofublic.com. www.aperofublicnews.com. www.buletinaperofublic.com. Hubungi HP/WA. 089607544565. Email. fublicapero@gmail.com.

Sy. Apero Fublic