4/20/2020

Mengenal Pohon Serba Guna. Kelapa

 Apero Fublic.- Mengenal tanaman pangan pohon kelapa. Pohon kelapa memiliki nama ilmia cocos nucifera. Nama lain pohon kelapa adalah niyur dan nio dalam bahasa Melayu Sematera Selatan. Kelapa termasuk tumbuhan berakar serabut. Kelapa diperkirakan berasal dari tepian pantai Samudera Hindia atau pesisir pantai Asia. Pohon yang berkembang bia dengan buah. Tentu tidak sulit menyebar ke kawasan yang lebih luas melalui perantara air. Sedangkan di pedalaman penyebaran melalui perantara tangan manusia.

Saat buah kelapa yang sudah masak (tua/kering) akan jatuh dengan sendirinya. Kemudian hanyut terbawa air laut atau air sungai. Begitu pun saat air laut pasang akan terdesak ke daratan. Sehingga pohon kelapa tersebar di dunia. Kelapa sekarang diidentifikasi banyak jenis-jenisnya. Ada kelapa hias, kelapa kecil, kelapa besar, kelapa herbisidah. Ada buah mudah berwana hijau dan ada kuning. Saat buah kelapa tua sakan berwarna kecoklatan.

Semua mengenal pohon kelapa dan mengetahui bagaimana lezatnya air kelapa muda. Bulan puasa adalah bulan yang sangat banyak penjualan kelapa muda. Air kelapa muda sangat nikmat dan segar ketika diminum saat berbuka puasa. Bagi anak-anak zaman sekarang, mungkin hanya mengenal dua manfaat dari pohon kelapa ini. Pertama pemanfaatan santan kelapa untuk masakan dan minum air kelapa muda.

Tahuka kamu kalau pohon kelapa dinamakan pohon serba guna. Pohon yang terhitung memiliki manfaat-manfaat. Dari buah muda atau mumbang dapat dijadikan rujak dengan asam. Saat mumbang ini kelapa rentan di makan tupai. Ketika memasuki masa degan dapat dikonsumsi sebagai minuman dan makanan.

Saat buah kelapa masak (tua) di olah menjadi santan, menjadi bumbu masakan, bumbu kue, bubur, dan ampasnya dijadikan pakan ternak. Sabut digunakan untuk membersihkan tubuh atau alat-alat rumah tangga. Sabut juga dijadikan tali, tas, pembersi kaki. Pada zaman kesultanan diabad-abad 15 Masehi. Sabut kelapa juga digunakan untuk memadatkan mesiu senjata tradisional, kecepek. Kecepek sampai sekarang masih digunakan. Sebab masyarakat pedalaman Pulau Sumatera, Pulau kalimantan menggunakannya untuk menjaga ladang mereka dari hama babi.

Sabut dapat dijadikan pembersih gigi dan kuku. Sedangkan tempurung dapat dijadikan bahan bakar. Atau dijadikan wadah makanan, permainan, dan kerajinan. Daun kelapa dapat dijadiak atap pondok dan pakan ternak, sapi, kambing. Lidinya dijadikan untuk sapu dan tusui gigi, tusuk sate, dan lainnya.

Pada pangkal daun terdapat daun muda yang dijadikan masyarakat untuk membuat ketupat. Dan di dalam pangkal daun juga apabila di tebang pohonnya dapat diambil bagian lunak. Masyarakat Melayu sumatera selatan menamakannya umbut. Batang pohon kelapa dijadikan tiang rumah, pembatas erosi tanah, dan tiang jembatan. Zaman sekarang batang pohon kelapa dapat dijadikan papan dan sebagainya.

Dalam bidang makanan olahkan kelapa. Seperti munculnya santan kemasan, dan penyedap makanan. Berbagai minuman penyegar lainnya. Di zaman dahulu buah kelapa tua diolah menjadi minyak sayur dan minyak rambut. Minyak kelapa yang sudah terbentuk kemudian dipadukan dengan tanaman wangi seperti pandan atau bunga-bunga. Sehingga menjadi harum dan dapat digunakan sebagai minyak perawatan rambut. Zaman sekarang, tentu olahan kosmetik berbahan kelapa juga lebih canggi lagi.

Penduduk pedesaan menanam pohon kelapa di halam rumah mereka. Buah kelapa dapat bertahan lama ketika di simpan di dalam bilik pangan. Saat hajatan, kebutuhan kelapa sangat besar. Ratusan biji buah kelapa digunakan.

Pohon kelapa seperti teman hidup bagi masyarakat Indonesia. Banyak kebutuhan hidup yang terpenuhi ketika ada sebanag pohon kelapa berbuah di sisi rumahnya. Apabila memiliki lahan cukup di sekitar rumah. Tanamlah beberapa pohon kelapa dan beberapa rumpun pisang. Untuk menguatkan ketahanan pangan secara mandiri dan ketahanan pangan bangsa secara umum.

Di Indonesia, kelapa menjadi produk unggulan sekaligus Indonesia negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Diantara wilayah yang memiliki lahan perkebunan kelapa, Riau, di Pulau Jawa. Sedangkan sentra penghasil kopra terbesar ada di Sulawesi. Kelapa adalah tanaman pangan dan sumber bisnis. Sehingga pengembangan perkebunan kelapa akan menciptakan penghasilan tersendiri bagi Anda. Terutama pembudidayaan kelapa degan.

Oleh. Rama Saputra
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 21 April 2020.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment