3/22/2020

Mengenal Kerajinan Gerabah Masyarakat Kayu Agung. Sumatera Selatan

Apero Fublic.- Kayu Agung adalah ibu kota dari Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten ini luas 19.023,47 kilometer persegi. Di diami oleh etnis Melayu dan beragama Islam.

Kayu Agung adalah kawasan yang banyak berinteraksi dengan kawasan di Sumatera Selatan. Sejak dahulu masyarakat Ogan Komering Ilir (OKI) telah aktif berbudaya. Jalur masuk pengaruh budaya melalui Sungai Komering. Menjadikan masyarakat Kayu Agung erat dengan perahu kajang mereka.

Salah satu keunikan kebudayaan masyarakat Kayu Agung adalah membuat kerajinan gerabah. Sebuah kerajinan yang sudah ada sejak masa Kerajaan Sriwijaya. Atau mungkin sudah ada jauh sebelumnya. Sebab pembuatan gerabah sangat erat dengan kebutuhan rumah tangga. Kebutuhan rumah tangga adalah kebutuhan primer yang selalu diutamakan dalam pemenuhannya.

Bagi anda yang menyukai produk-produk gerabah. Kemudian tertarik juga untuk berbisnis gerabah. Atau ingin melakukan studi penelitian, wisata kreatif, dan menambah wawasan tentang dunia gerabah. Dapat menungunjungi, Kelurahan Kedaton, Kecamatan Kayu Agung, Ogan Komering Ilir (OKI).

Di sini masih terdapat kurang lebih enam puluhan orang yang membuat kerajinan gerabah. Rata-rata usaha kerajinan gerabah adalah usaha warisan dari orang-orang tua mereka. Hal tersebut menandakan kalau kerajinan gerabah masyarakat Kayu Agung sudah berlangsung lama.

Hasil-hasil dari produksi kerajinan gerbah di Kelurahan Kedaton, seperti kendi, tabung uang, gentong, tuyu, kran atau tungku, singkup atau kekap, dan sebagainya. Untuk proses pembuatan kerajinan gerabah. Penduduk mengambil bahan tanah liat berwarna keabu-abuan dari dasar lebak. Kemudian diolah, lalu dicampur dengan pasir dan dibentuk menjadi benda gerabah. Setelah selesai gerabah di anginkan, kemudian proses penjemuran, pembakaran dan pendinginan.

Setelah selesai semua langkah-langkah tersebut maka hasil produksi gerabah siap untuk di pasarkan.

Bagaimana?? kamu tertarik dengan gerabah masyarakat Kayu Agung. Semoga kerajian gerabah masyarakat kayu agung diperhatikan pemerintah. Kemudian para pengrajin diberi pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan mutu dan jenis-jenis produksi gerabah mereka.
Tungku pembakaran kerajinan gerabah. Tampak api menyalah. Di dalam dapur terdapat hasil berbagai jenis kerajinan gerabah.

Oleh. Totong Mahipal
Editor. Selita, S. Sos.
Palembang, 22 Maret 2020.

Sumber:
Lutfianti. Eksistensi Kerajinan Gerabah di Kelurahan Kedaton, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora, 2020.

Catatan:
Bagi anda ingin mengenalkan produk dan usaha anda. Dapat menghubungi kami Apero Fublic. Kami menyediakan jasa pengembangan karir, mempopulerkan suatu produk, jasa, industri, provesi, serta menerima pemasangan iklan disemua jenis kategori. Kontak. 081367739872. Email redaksi. fublicapero@gmail.com.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment