7/01/2019

Tongsis dan Ngacis. Tongkrongan Mahasiswi Hebat

Apero Fublic.- Perguruan Tinggi adalah suatu lembaga yang dikhususkan untuk mengembangkan kepribadian akademisi dan intelektual generasi pemimpin. Menciptakan manusia-manusia yang unggul dan berpikiran maju. Untuk itu, setiap kampus Perguruan Tinggi selalu ada organisasi kemahasiswaan, untuk mengembangkan kemampuan dan bakat mereka.

Menanamkan jiwa sosisal tinggi, dan kesetiaan sosial yang kuat. Organisasi kemahasiswaan tersebut ada yang diistilahkan intra dan ekstra. Seperti, Organisasi Lembaga Dakwa Kampus atau disingkat LDK. LDK Refah  merupakan salah satu UKMK (Unit Kegiatan Mahasiswa Kampus), di Universitas Isam Negeri Raden Fatah Palembang yang dibina oleh Ibu Choirunniswa, M.Ag.

LDK Refah atau singkatan dari Lembaga Dakwah Kampus Raden Fatah, mempunyai tujuan dalam mengembangkan kepribadian kampus, yaitu   membentuk generasi Rabbani, untuk mewujudkan kampus islami. Pada agenda Lembaga Dakwah Kampus Refah mempunyai kegiatan-kegiatan yang luar biasa. Dari kegiatan harian, kegiatan mingguan hingga kegiatan tahuanan.

Pada tanggal 19 Februari 2019 lalu, LDK Raden Fatah Palembang baru saja melakukan Sertijab (Serah terima jabatan), bentuk rotasi kepemimpinan. Sehingga saat ini, LDK  UIN Raden Fatah Palembang dipimpin oleh, Kakanda Rahmat Kurniawan.  Meskipun LDK Refah baru saja melakukan Sertijab, Aktivitas sudah aktif dalam melakukan kegiatan seperti biasanya.

Salah satu kegiatan rutinitas mingguannya, yaitu TONGSIS atau tongkrongan eksis. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Kamis, setelah shalat zuhur. Dalam mengisi acara, biasanya adalah kalangan akademisi, terutama para dosen di UIN Raden Fatah Palembang. Peserta yang mengikuti kegiatan Tongsis, hadir dari berbagai kalangan, umum atau mahasiswa, dan terutama para dari Kader LDK sendiri.

Tongsis ini cukup menarik perhatian dari berbagai kalangan, baik mahasiswa atau umum. Alasan dari dilaksanakan setelah shalat zuhur agar dapat menarik perhatian mahasiswa dan mahasiswi yang datang untuk shalat.

Sehingga, dengan melihat adanya kegiatan dari, tongkrongan eksis ini banyak mahasiswa, mahasiswi, mapupun dari pihak umum yang mengikuti. Banyak juga yang memang sengaja datang untuk menghadiri agenda rutin LDK Refah tersebut. Agenda rutin Tongsis biasanya bertempat di Masjid Kampus UIN Raden Fatah Palembang.

Hari demi hari semakin berkembang. Baik jumlah peserta atau kegiatan di dalamnya. Sekarang, ada yang unik di Tongsis. Mulai hari ini, Kamis 14 Februari 2019, hingga seterusnya, agenda Tongsis ini  dilakukan bersamaan dengan Ngacis (ngaji eksis). Ngacis adalah suatu kegiatan yang menampilkan kemampuan mahasiswa, baik kader LDK Refah atau lainnya.

Ngacis dilaksanakan sebelum dilaksanakan tausyiah singkat yang akan disampaikan oleh pemateri. Kemarin, pada kegiatan Ngacis (ngaji eksis)  setiap peserta  yang hadir sebelum mendengarkan kuliah dari pemateri, bersama-sama membaca Al –quran. Pembacaan Al-Quran dipimpin oleh salah satu kader LDK Refah, yaitu M. Riki Mardiansyah. Kemudian, barulah para peserta mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Muhamad Habib.

Saudara dan saudariku semuanya, terkhusus mahasiswa dan mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang. Manfaatkanlah waktu sebaik baik mungkin, jangan pernah sia-siakan kesempatan dan waktu yang telah Rabb-mu berikan. Karena hakikatnya waktu tidak akan bisa terulang kembali.

Bahkan satu menit saja tidak bisa kita ulangngi. Oleh sebab itu,  saudara dan saudariku marilah ikuti kegiatan yang bermanfaat. Seperti kegiatan rutin “Tongsis” dari LDK REFAH, yang insyaallah akan memberikan banyak manfaat untuk kita semua. Yang dilakukan setiap hari kamis sesudah zuhur. Saya juga berharap, dalam kegiatan Ngacis kegiatannya berkembang, seperti penampilan kreasi dari peserta Tongsis atau kader LDK Refah.

Misalnya ada yang berminat latihan tausiyah, penampilan puisi religi, pantun nasihat dan sebagainya. Sehingga kegiatan tidak monoton, sekaligus bentuk pengembangan diri, dan latihan berbicara di depan umum. Kegiatan Ngacis tidak harus sebelum atau sesudah kuliah dari pemateri, atur sesuai waktu diperlukan. Selain itu, ada undangan baik ofline atau online, sekaligus sosialisasi kegiatan agar dikenal dan diketahui oleh warga kampus.

Carilah tempat yang bisa mendekatkanmu pada Tuhanmu, dan tinggalkanlah tempat yang akan membawamu jauh dari Rabb mu, karena sejatinya hidup ini hanya sementara dan akhiratlah selama-lamanya

Ayo Ikutilah TONGSIS NGACIS !!!
Setiap hari Kamis, sesudah shalat zuhur di Masjid Kampus UIN Raden Fatah Palembang. Manfaatkan waktumu sebaik-baik mungkin. Salam Tongsis.

Oleh. Aprinisa.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 14 Maret 2019.
Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang.
Sumber foto. Aprinisa. Lokasi Masjid UIN Raden Fatah Palembang.
Foto sunset. Nur Aisyah.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment