Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

6/13/2022

Mengenal Penyakit Sosial: Matariam

APERO FUBLIC.- Kita akan mengulas penyakit sosial yang diistilahkan dengan matariam. Kata matariam terdiri dari dua kata, mata dan riam. Mata berfungsi untuk melihat, dari melihat orang akan memikirkan juga termasuk menilai, merasa dan mengetahui. Riam dalam bahasa Sungai Keruh berarti sesuatu yang salah lihat dan salah duga hanya karena melihat sepintas lalu. Sehingga ada istilah melihat dengan matariam. Ada juga kata yang lebih kasar, mata ikan asin.

Penyakit sosial matariam bercirikan orang yang menaikkan kelas dirinya dengan mengukur makanan atau apa yang dia makan. Biasanya dia menilai suatu makanan baik dan bagus hanya dari kemasan dan produksi pabrik. Kemudian kalau makan di tempat umum dan banyak dilihat orang. Dia makan tidak bersih dan menyisahkan sedikit makanannya. Agar dinilai orang dia bukan orang rakus dan dianggap kalau makan hal demikian sudah biasa baginya justru dia sudah tidak suka lagi.

Orang-orang yang mengidap penyakit sosial matariam ini bukan orang berprestasi. Biasanya dia orang miskin yang secara kebetulan kehidupannya sedikit berubah. Orang di desa yang pindah ke kota, atau orang kota sok kekotaan. Dimana dia membedakan makanan-makanan orang kota dan orang desa. Padahal makanan dimanapun tempatnya sama, yaitu untuk memenuhi asupan kalori dan vitamin untuk tubuh.

Tidak ada makanan kuno atau makanan modern. Yang ada hanyalah kemasan dan pengolahan yang baru. Beras dan gandum sudah dikonsumsi sejak prasejarah. Jenis umbi-umbian juga sudah dibudidaya sejak masa lampau. Misalnya kentang yang diolah menjadi keripik. Zaman dahulu sudah ada keripik kentang, hanya saja belum ada kemasan dari pabrik seperti sekarang.

Mi instan juga demikian bentuk olahan gandum dan bumbu-bumbu. Bumbu-bumbu juga diolah dari cabai, kecap, garam yang juga olahan bahan makanan sejak lama. Maka, penilaian makanan itu, terletak pada manfaatnya bagi tubuh, dan efeknya bagi tubuh. Untuk apa makanan terlihat enak, tapi tidak memberikan manfaat baik untuk tubuh dan memberikan efek buruk bagi tubuh, misalnya obesitas, kanker dan sakit maq. (Red).

Oleh. Joni Apeo.
Editor. Rama Saputra.
Palembang, 14 Juni 2022.

Sy. Apero Fublic

Mengenal Manfaat Sayur Daun Ubi Kayu

APERO FUBLIC.- Kita semua sudah mengenal sayuran satu ini, sayur daun singkong atau daun ubi kayu. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan Cassava leaves, dan singkong dalam bahasa latin adalah Manihot Esculenta.

Sayuran yang sangat lezat apabilah ditumis dan dicampur bumbu ikan teri. Olahan tumisan pucuk daun singkong begitu menggoda lidah. Memasak mulai dari menumis, merebus, kukus dan gulai santan. Sementara cara menumis banyak dijumpai pada masyarakat di Kecamatan Sungai Keruh, Musi Banyuasin.

Bagi sebagian orang ada yang menganggap duan singkong sebagai sayuran rendah atau murahan. Ada juga sebagaian orang yang mengidap penyakit matariam merasa malu kalau mengkonsumsi sayuran daun singkong. Penyakit matariam sejenis penyakit sosial dimana orang tersebut ingin meninggikan derajadnya dengan memilih-milih makanan. Dia merasa tidak pantas makan-makan sesuatu karena merasa dirinya sudah tinggi derajadnya.

Tahukah kalian kalau sayur daun singkong ternyata memiliki kasiat mengcegah penyakit kanker usus besar yang disebut polip. Polip kemudian berkembang menjadi kanker usus besar. Penderita biasanya merasakan gejalah perubahan silus buang air besar. Biasanya diawali sembelit, kemudian berubah menjadi diare, dan pada kotoran terdapat darah. Lama kelamaan bobot tubuh penderita menurun.

Apa yang menyebabkan daun singkong ampuh membunuh sel kanker kolon. Menurut Fatma Zahrotun Nisa, STP MTP, kemampuan daun singkong menghambat sel kanker kolon berkat kandungan senyawa aktif berupa betakaroten, vitamin c, serat dan linamaria. Linamaria adalah senyawa antineoplastis atau penghambat terbentuknya jaringan baru yang keluar ketika terjadi proses hidrolisis asam sianida (HCN). Ketika HCN dilepaskan, sel-sel kanker akan merasakan efek mematikan dari sianida tersebut.[1]

Setelah mengetahui kalau sayur daun singkong kaya manfaat. Jangan juga terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Karena ada pendapat masyarakat kalau daun singkong vitaminnya setara daging, dimana akan memicu naiknya tekanan darah, menyebabkan pusing dan darah tinggi.

Disusun. Tim Apero Fublic.
Editor. Totong Mahipal.
Palembang, 14 Juni 2022.
Tatafoto. Dadang Saputra

Sy. Apero Fublic



[1]Majalah Trubus, Desember 2015, 553. hal. 116.