2/07/2022

WASIAT LAIKA: DOA SI NENI (Syarce)

APERO FUBLIC.- Berikut adalah sebuah puisi karya Herdoni Syafriansah yang dipublikasikan menjadi syarce menceritakan tentang keadaan sosial masyarakat di era sekarang. Masa dimana kehidupan sosial yang lepas kendali. Hal demikian masyarakat hidup mengambang sebab tidak adanya pegangan kuat dan kemantapan pegangan hidup.

Pola pikir masyarakat yang liar, cenderung semaunya. Tidak ada nilai-nilai kesetiakawanan sosial sebab lebih mementingkan materi. Akal, kebenaran dan hati nurani kalah oleh emas dan uang. Seakan-akan manusia tidak berpikir lagi, tidak memiliki jiwa kemanusiaan lagi.

Rusak lingkungan alam sebab rakusnya manusia. Rusak lingkungan sosial sebab buruknya nafsu manusia. Hancur tatanan masyarakat sebab kezaliman dan tamaknya para pemimpin. Orang bodoh yang hanya mengandalkan sedikit uang dan pandai berkata bohong menjadi pemimpin. Penjilat lebih disukai daripa orang yang jujur dan berprestasi.  Begitulah kehidupan akhir zaman sebagaimana gambaran puisi berikut ini.

DOA SI NENI

Tuhan.
Tolong ajarkan kami berpikir.
Telah lama kami tiada berpikir.
Tuhan ajari pula kami merasai.
Telah lama perasa kami tak fungsi.
 
Tolong ya Tuhan, pecutlah agar kami berdiri.
Begitu lama merangkak menyiksa diri sendiri.
 
Tuhan yang pengasih.
Jauhkanlah kami dari keserakahan.
Tuntunlah dalam kedermawanan.
Berilah kami sifat peduli.
Menangis bila menyakiti.
Memilih mati tinimbang mendzalimi.
 
Tuhanku yang pemurah,
Kami melihat hanya gelap.
Kami mendengar hanya bising.
Hidung kami mampat, lidah kelu.
tangan, kaki, pikiran dan hati.
semua sedang sakit.
 
Kami memang tiada bakti.
Namun izinkan kami memohon.
Bersimpuh kemurahanMu.
Berilah kami kesempatan.
PadaMulah Cahaya di atas cahaya.
Sungguh kami tak putus asa.
KemilauMulah semesta raya.


Begitulah kiranya keadaannya, dimana dirinya merasa lemah dan tidak mampu berbuat apa-apa untuk merubah keadaan. Maka yang hanya dapat dilakukannya sekarang hanyalah berdoa. Bukankah doa dapat mengubah segalahnya. Sebaikanya kita juga ikut berdoa dan kita menjadi manusia yang baik.

Oleh: Herdoni Syafriansah
Editor. Rama Saputra.
Sekayu, Januari 2014.
Buat sahabat semua, kirimkan karya puisi kamu atau karya tulis lainnya ke Apero Fublic. Buktikan kalau kamu bisa dan jadilah inspirasi untuk semua. Saran kunjungan tentang pembahasan kesastraan klik link berikut: www.bimakai.xyz

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment