Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

3/12/2021

Mengenal Ulam: Kuliner Tradisional Indonesia

Apero Fublic.- Indonesia yang kaya dengan kebudayaan memiliki bermacam-mmacam jenis kuliner tradisional. Salah satunya, kuliner tradisional yang terkenal dan disukai oleh seluruh orang indonesia adalah ulam. Ulam adalah makanan pelengkap saat memakan nasi yang dipadukan saat mengunya.

Ulam terdiri dari ulam mentah dan ulam masak. Sesungguhnya berbagai macam tumbuhan yang dijadikan ulam oleh masyarakat Indonesia. Tapi yang umum diketahui oleh masyarakat sebagai berikut.

1.Petai

Petai jenis ulam yang memiliki rasa pedas dan angit. Memiliki nama latin parkia speciosa. Dijadikan ulam makan adalah biji buahnya. Rasanya angit tajam dan meninggalkan bau di mulut. Petai, dapat juga dijadikan lalapan masak, dengan cara direbus atau digoreng berserta kulitnya. Apabila Anda ingin memakan petai dan ingin mengurangi rasa angit. Dapat mengkonsumsi petai bersamaan biji dan kulitnya bersamaan.

2.Jereng Atau Jengkol

Jengkol atau jering juga jenis ulam mentah. Jengkol memiliki nama latin archidendron pauciflorum. Jengkol atau jering yang dijadikan lalapan adalah daging buahnya. Jering memiliki rasa angit tajam yang juga meninggalkan bau di mulut saat mengkonsumsinya.

3.Kabau

Kabau masih dalam keluarga jengkol dan petai. Memiliki rasa angit yang sangat menusuk. Kabau memiliki nama latin archidendron microcarpum. Dijadikan ulam mentah dan dikonsumsi setelah bijih buah kabau masak di pohonnya. Kulit biji kabau berubah menjadi hitam. Maka saat itulah, kabau dijadikan lalapan makan nasi.

4.Adas

Adas adalah jenis sayuran yang tumbuh subur di kawasan tropis seperti di Indonesia. Sayuran ini tergolong jenis sayuran liar tapi ada juga masyarakat yang menanam atau membudidayakan adas. Adas dapat berkecambah seperti tumbuhan liar pada tempat dimana pernah tumbuh dan berbuah. Menjadikan pucuk daun adas ulam, cukup dipetik bagian pucuknya. Kemudian dicuci bersih dan siap dijadikan ulam makan nasi.

5.Ara

Pohon buah ara juga dapat dijadikan ulam mentah. Pohon ara memiliki nama latin, Ficus. Tapi tidak semua buah pohon ara yang dapat dijadikan ulam. Karena pohon ara memiliki banyak jenis-jenisnya. Biasanya perbedaan buah ara hanya pada warna buah saja. Jenis warna buah arah, merah, hijau, kuning, perpaduan dari warna-warna tersebut.

Namun, yang beredar di tengah masyarakat untuk membedakan buah ara yang tidak beracun. Dilihat dari getah buah, buah yang tidak beracun getah buah berwarna putih. Namun hal ini, belum dilakukan penelitian secara ilmiah.

 

6.Bekum

Bekum jenis adalah tumbuhan liar, masih keluarga pohon ara. Tapi bekum memiliki tekstur kulit yang lebih lembut dan rapu dari buah ara. Bauh bekum lebih besar dari buah arah, dengan rasa tawar dan pahit. Sehingga sangat enak dijadikan ulam. Bekum biasanya hanya dijadikan ulam mentah oleh masyarakat. Buah dan daun pohon bekum sering dijadikan umpan untuk menangkap keong di sungai oleh masyarakat.

7.Kacang Panjang
Kacang panjang memiliki nama latin vigna cylindrica, yang sering dijadikan ulam mentah oleh masyarakat saat makan nasi. Kacang termasuk jenis sayuran yang sudah lama tersebar di tengah masyarakat Indonesia. Berbagai macam jenis-jenis kacang yang dapat dijadikan ulam.


Kacang Panjang dijadikan ulam masak juga tidak kalah enaknya. Setelah direbus kacang panjang memiliki rasa manis berair. Sehingga menimbulkan rasa guri di lidah saat makan berulam. Siapkan sambal pedas lalu dicolek dan dikunya.

8.Kacang Botor

Kacang botor adalah jenis kacang-kacangan yang dapat disayur atau dijadikan ulam makan nasi. Kacang botor memiliki nama latin psophocarpus tetragnolobus. Kacang botor muda yang renya dan memiliki rasa manis tawar dijadikan ulam makan nasi.

9.Putat

Daun putat yang memiliki banyak manfaat adalah salah satu ulam tradisional. Tumbuhan yang hidup diperairan, seperti di sisi sungai dan rawa-rawa, benca dan bencani. Pucuk daun putat cukup dipetik dan dicuci bersih lalu siap dihidangkan.

10.Pucuk Daun Jambu Mete

Jambu mete memiliki nama latin anacardium occidentale daun mudanya atau pucuk daun dapat dijadikan ulam makan nasi. Daun yang memiliki rasa kelat dan sedikit rasa asam. Enak dijadikan ulam makan nasi.

11.Timun

Timun adalah tanaman sayur yang berbentuk buah. Memiliki rasa tawar dan sedikit manis, memiliki nama latin cucumis sativus. Sudah sangat dikenal kalau timun adalah ulam makan yang populer di tengah masyarakat Indonesia.

12.Kubis

Kubis dengan nama latin brassica oleracea juga dijadikan lalapan mentah dan lalapan masak. Lalapan mentah dengan cara diris atau dikupas dari bulatan daun kubis. Kemudian dicuci, kadang tidak dicuci lagi langsung disantap. Untuk ulan masak kubis direbus terlebih dahulu. Baru disantap bersamaan dengan nasi.

13.Jantung Pisang

Jantung buah pisang juga dapat dijadikan ulam. Caranya cukup dibelah-belah dan disajikan langsung. Tapi ulam mentah hanya sedikit bagian yang dapat dimakan. Biasanya jantung lebih sering dijadikan ulam masak. Dengan cara direbus dan langsung dihidangkan. Sangat cocok dengan colekan sambal pedas atau asam pedas.

14.Rebung

Rebung adalah tunas bambu yang masih muda. Rebung dengan nama latin dendrocalamus asper dapat dijadikan ulam masak. Rebung di kupas lalu diiris dan direbus dengan diberi sedikit gula pasir. Setelah masak rebung dapat disajikan sebagai ulam makan nasi.

15.Umbut Rotan

Nama latin tumbuhan jenis rotan adalah calamus axillaris. Rotan termasuk golongan tumbuhan merambat, yang juga beragam jenis-jenisnya. Jenis batang rotan kecil, besar dan sedang. Ada jenis rotan yang tumbuh di rawa-rawa dan tebing-tebing sungai. Masyarakat menamakannya rotan getah, rotan udang dan ada beberapa jenis lagi. Pada bagian pucuk rotan dapat diambil bagian muda pucuk. Untuk mengambil pucuk rotan dengan cara membersihkan kulit dan durinya.

16.Pucuk Daun Ubi Kayu (Singkong)

Pucuk daun ubi kayu adalah jenis ulam makan tradisional. Penduduk memetik pucuk-pucuk muda ubi kayu kemudian direbus. Tumbuhan yang memiliki nama latin Manihot esculenta itu. Memiliki rasa khas yang enak dijadikan ulam masak. Di warung-warung makan pucuk ubi kayu yang direbus dijadikan ulam makan.

17.Bunga dan Pucuk Kunyit

Kunyit memiliki nama latin

18. Labu

Tanaman jenis labu memiliki nama latin cucurbita. Yang memiliki banyak jenis dan bentuk. Cucurbita nama latin untuk semua tanaman jenis labu-labu. Seperti labu parang, labu ligug, kisik, piye, semangka yang masih muda, tule, labu sayur dan sejenisnya. Dapat dijadikan ulam masak, dengan cara direbus atau dikukus.

19.Terung

Terung memiliki nama latin solanum melongena. Hampir semua jenis terung dapat dijadikan ulam makan nasi. Baik itu ulam mentah atau ulam masak. Ulam masak biasanya penduduk memasak dengan cara direbus atau dikukus. Ulam terung rebus sangat cocok dengan sambal cabai pedas. Terung memiliki banyak jenis, seperti terung bentuk bundar, bundar besar, panjang dan kecil. Warna kulit buah juga beberapa macam warna, salah satunya warna ungu.

20.Patanang

Patanang adalah nama sejenis pohon yang tumbuh di dataran renah terutama di sisi sungai-sungai. Buah dari pohon patanang ini berbentuk bulat dan menyerupai kelopak daun. Buah patanang akan jatuh dengan sendirinya kemudian tumbuh. Berbuah sekali dalam setahun dan buahnya mengapung di air. Kemudian hanyut dan tumbuh di suatu tempat.

21. Terung Pipit
Terung pipit adalah jenis terung yang ukurannya paling kecil dalam keluarga terung-terungan. Terung pipit jenis sayur, yang dapat dijadikan ulam mentah, ulam masak dan sayur. Dinamakan terung pipit karena bentuknya kecil-kecil. Diumpamakan burung pipit yang kecil diantara jenis-jenis burung. Sebagaimana terung pipit terung terkecil diantara jenis buah terung lainnya.

*****

Ulam masak sangat cocok apabila disajikan dengan sambal. Biasnya ulam dicolekkan ke sambal dengan rasa pedas atau asam. Untuk ulam menta sangat baik untuk kesehatan dan mendapatkan vitamin. Karena ulam mentah kandungan mineralnya belum terkikis sebagaimana makanan yang masak. Ulam mentah sebaiknya dicuci dengan baik dan sampai bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri.

Mengkonsumsi ulam mentah juga jangan terlalu banyak, secukupnya saja. Sebab, ulam mentah apabila terlalu banyak akan menyebabkan nafas bau. Karena ulam mentah akan memusuk didalamperut kita terlebih dahulu. Terutama jenis lalapan daun mentah akan terasa sekali dampaknya pada nafas kita. Sesungguhnya, hampir semua jenis sayuran dapat dijadikan ulam.

Oleh. Tim Apero Fublic
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Sumber foto. Dari berbagai sumber.

Sy. Apero Fublic

Kuliner Segar: Es Pisang Hijau Asli Makasar

Apero Fublic.- Banyuasin. Berbicara tentang minuman segar atau es, tentu tidak asing lagi bagi kita semua. Bermacam-macam jenis minuman segar es. Berikut ini, ada jenis minuman segar yang lezat, yaitu es pisang hijau, berikut infonya.

Bapak Abdul Hafis adalah seorang pendatang di Sumatera Selatan. Pada tahun 1974 dia pergi merantau ke Sumatera Selatan dari Sulawesi Selatan. Dia berjuang hidup dan menetap menjadi warga Provinsi Sumatera Selatan. Beberapa tahun lalu dia pulang kampung, di Sulawesi. Saat pulang kampung dia belajar meracik es pisang hijau asli Makasar. Setelah kembali dari Sulawesi dia membuka usaha Es Pisang Hijau.

Es pisang hijau, terdiri dari es dan pisang. Pisang yang dijadikan es adalah jenis pisang lilin atau pisang raja. Proses pembuatan, pisang lilin yang sudah masak kemudian direbus cukup lunak, jangan sampai menjadi lembek. Kemudian dibaluti dengan adonan tepung yang dimasak melebar dengan bumbu warna hijau. Lalu adonan tepung yang sudah dimasak dialutkan pada pisang lilin yang sudah direbus.

Saat penyajian, satu porsi satu pisang yang dipotong-potong. Lalu dicampurkan batu es, susu encer dan sirup manis. Kemudian diaduk sampai rata, es pisang hijau pun siap. Rasa es ini cukup menggoda selera lidah. Apalagi dibulan puasa, sangat cocok untuk menu buka puasa.

Menurut Bapak Abdul Hafis sebelum datang virus covid-19 dia memiliki usaha penjualan es pisang lilin dua gerobak. Tapi sejak datang covid-19 dia hanya dapat menjual satu gerobak saja. Saat bulan Ramadham omset penjualannya naik sepuluh kali lipat. Namun semua itu seperti tinggal kenangan saja ungkapnya, sejak dilanda pandemi virus covid-19 ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi segarnya es pisang hijau, dapat menjumpai di sisi jalan lintas Palembang-Jambi, di Kelurahan Sumbawa, Kecamatan Sumabawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Tepatnya di depan Sekolah Pendidikan Pertanian (SPP) di Sumbawa.

Oleh. Asdi Merka, S.Hum.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra
Banyuasin, 12 Maret 2021.

Sy. Apero Fublic

Peringati Isra Mikraj 1442 Hijriyah: Peresmian Masjid Al-Furqon

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Isra Mikraj adalah suatu perjalanan Rasulullah SAW yang dilaksanakan dalam waktu satu malam saja. Peristiwa isra mikraj (al-isra’wal mi’raj) adalah peristiwa penting bagi umat Islam. Dimana dalam peristiwa ini mendapat perintah shalat lima waktu dalam sehari semalam. Terjadi pada hari ke 27 di bulan Rajab kalender Hijriyah. Untuk itu, umat Islam di seluruh dunia memperingati Isra Mikraj setiap tahun.

Bersamaan dengan itu, masyarakat Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Melaksanakan peringatan isra mikraj kemarin malam (11/03/2020). Bertempat di Masjid Al-Furqon di Desa Gajah Mati. Acara diselenggarakan oleh pengurus atau panitia pembangunan Masjid Al-Furqon. Acara berlangsung setelah shalat isyah berjamaah.

Dihadiri oleh Camat Kecamatan Sungai Keruh Edi Heryanto SH, Camat Kecamatan Jirak Jaya Bapak Yudi Suhendra, SE, MSi. Kepala Desa Gajah Mati, Bapak Arianto. Dihadiri oleh seluruh Pengurus atau Panitia Pembangunan masjid, jajaran Pemerintah Desa Gajah Mati, Tokoh Masyarakat Desa Gajah Mati, dan masyarakat banyak. Kegiatan mengikuti standar Protokol Kesehatan, seperti memakai masker. Isra Mikraj bersamaan dengan peresmian masjid baru, Masjid Al-Furqon.

Dalam pidato sambutan, Bapak Edi Heryanto, SH., menyambut baik atas telah dibangunnya masjid baru di Desa Gajah Mati, Masjid Al-Furqon. Beliau berharap masjid yang baru dapat menjadi sarana pendidikan, dakwah dan ibadah. Seperti adanya Taman Pendidikan Al-Quran (TPA). Sehingga tercipta generasi yang berbudi baik dan beriman. Dia juga mengucapkan selamat memperingati isra mikraj tahun ke 1442. Lalu menyatakan bahwa masjid baru Al-Furqon diresmikan.

Sementara Bapak Kepala Desa, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisivasi masyarakat Desa Gajah Mati yang telah membantu membangun masjid. Baik secara tenaga, dengan materi dan doa. Dia juga mengucapkan terima kasih pada para donatur yang telah banyak menginfaqkan hartanya demi tegaknya masjid baru Al-Furqon ini.

Sedangkan untuk kata sambutan dari perwakilan Panitia Pembangunan Masjid mengusulkan untuk membentuk Pengurus Masjid. Karena memang Panitia Pembangunan dan Pengurus Masjid berbeda pada tugas dan fungsinya. Hari ini, Jumat 12 Maret 2021 adalah shalat Jumat perdana atau pertama di Masjid Al-Furqon.

Oleh. Rama Saputra
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra
Sungai Keruh, 12 Maret 2021.

Sy. Apero Fublic

3/09/2021

Cegah Karhutla: Bupati Muba Koordinasi Hingga Perbatasan Provinsi

Cegah Karhutla, Bupati Dodi Reza Lakukan Koordinasi Hingga Perbatasan Provinsi.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Meski kebakaran hutan, kebun, dan lahan (karhutla) berhasil dicegah dan diminamialisir dengan baik oleh Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA bersama jajaran Forkopimda Muba, namun memasuki tahun 2021 ini Muba tetap maksimal melakukan upaya-upaya pencegahan potensi terjadinya karhutla.

Tidak hanya menyiagakan Tim dan Satgas Pencegahan dan Penanganan Karhutla, tetapi Bupati Musi Banyuasin Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA bersama Wakil Bupati Beni Hernedi SIP  telah melakukan koordinasi dan terus bersinergi hingga ke daerah perbatasan termasuk perbatasan Provinsi yakni  Pemerintahan Prov Jambi.

"Soal potensi karhutla dan pencegahannya terus kita lakukan, termasuk kita sudah memaksimalkan sinergi dengan daerah perbatasan di Muaro Jambi," ungkap Dodi Reza yang juga Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) Indonesia saat menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan karhutla di Kebun Raya Sriwijaya Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (9/3/2021).

Dikatakan Dodi, saat ini Pemkab Muba melalui BPBD bersama Forkopimda terus melakukan monitoring ke daerah-daerah yang rawan karhutla. "Sejauh ini tim di lapangan tidak menemukan potensi karhutla," ungkapnya.

Lanjutnya, berdasarkan data rekapitulasi di bulan Maret hingga saat ini Muba masih zero hotspot. "Tidak ada potensi titik api di bulan Maret, semoga pencegahan yang dilakukan maksimal di Muba dapat terus meminimalisir potensi karhutla," harap Kepala Daerah Inovatif itu.

Kepala BPBD Muba, Joni Martohonan AP MSi mencatat, pada Februari 2021 sempat terpantau ada 2 hotspot yakni di Kecamatan Keluang dan Bayung Lencir. "Nah, di bulan Maret hingga saat ini masih zero hotspot, tim di lapangan pun terus melakukan monitoring," ungkap Joni.

Joni mengaku, pihak BPBD dengan intens selalu berkoordinasi dengan jajaran TNI dan Polisi serta Manggala Agni dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla di Muba. "Semoga di tahun 2021 ini Muba zero karhutla," pungkasnya. (HS)

Sy. Apero Fublic

MUBA: Mengantar Sumatera Selatan Raih Juara I Lomba U2PK Nasional

Berkat Gambo Muba, TP PKK Muba Berhasil Raih Juara Satu di Tingkat Nasional 

Apero Fublic.- Sekayu. Isu kesetaraan gender di Musi Banyuasin dimaknai dengan capaian prestasi yang luar biasa. Tepat pada perayaan Hari Perempuan Internasional atau International Womens Day 8 Maret 2021, TP PKK Muba berhasil meraih capaian prestasi di level Nasional berkat tangan dingin Ketua TP PKK Muba Thia Yufada yang menginisiasi dan mengembangkan Gambo Muba

Dibawah nahkoda Thia Yufada Dodi Reza, TP PKK berhasil menyabet juara satu tingkat Nasional dalam lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dengan mengangkat pemberdayaan perempuan melalui usaha Gambo Muba. Prestasi TP PKK Muba ini membuat Provinsi Sumatera Selatan untuk pertama kalinya meraih Juara 1 Nasional dalam Lomba PKK se-Indonesia.

"Alhmdulillah dengan kerja keras Tim PKK Muba, masyarakat dan dinas terkait yg selalu mendukung usaha UP2K di Muba, kita bisa mencapai target, sehingga menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Semoga kedepannya, prestasi ini terus menjadi pemicu semangat kita untuk meraih hasil yang lebih baik,"ungkap Thia Yufada yang juga peraih penghargaan Wanita Inspiratif Sumsel.

Ketua Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (Perwosi) Sumsel ini menyebutkan, Gambo Muba salah satu program yang menjawab kesetaraan gender di Muba, terbukti melalui kerajinan inovasi Gambo Muba kalangan ibu-ibu di pedesaan mampu menunjukkan eksistensinya dalam berkarya dan berinovasi.

"Hasilnya, saat ini Gambo Muba yang merupakan kain jumputan berbahan pewarna limbah getah gambir tersebut bisa mendunia dan menjadi produk eco fashion yang menjadi trend fashion di kancah Nasional maupun International," bebernya.

Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian dalam sambutannya mengucapkan selamat dan kagum terhadap karya dan Inovasi yang lahir dari kabupaten Muba yang berhasil berkibar di dunia fashion.

Dirinya juga berharap kepada seluruh Ketua Tim Penggerak PKK di Indonesia untuk terus membina kegiatan-kegiatan di tiap kelompok UP2K, sehingga kelompok-kelompok yang ada dapat hidup dan aktif memproduksi produk dan kerajinan daerah.

"Luar biasa, masyarakat Muba patut bangga dengan produk Gambo Muba ini. Semoga dengan telah diselenggarakan lomba ini dapat meningkatkan tekad para peserta untuk lebih giat lagi kedepannya demi tercapainya kesejahteraan keluarga dan kemajuan daerahnya masing-masing," ucap Tri Suswati Tito Karnavian Lewat zoom, Senin (8/3/2021).

Sementara Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Muba atas Keberhasilan dalam lomba UP2K tersebut.

"Saya mengucapakan selamat kepada TP PKK Muba yang berhasil raih juara satu tingkat Nasional. Dan saya juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya

dalam menjamin keberlangsungan dan eksistensi suatu produk yang kita cintai. Semoga produk kebanggaan kita ini juga menjadi yang terbaik juga di tingkat Internasional," ungkap Kepala Daerah Inovatif 2020 itu.

Dodi mengaku takjub, pasalnya selama ini capaian prestasi di level Nasional kebanyakan diraih oleh Provinsi di Jawa dan Bali. Terima kasih atas kerja keras jajaran TP PKK se-Muba atas upaya pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Terus semangat, pertahankan dan tingkatkan prestasi. Pemkab Muba akan selalu memberikan dukungan, pungkasnya. (HS)

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra
Musi Banyuasi, 9 Maret 2021

Sy. Apero Fublic

3/07/2021

Tebas Bayang: 6,2 Kilometer Sisi Jalan Bersih

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Kawasan tropis yang banyak curah hujan, tapi memiliki sinar matahari yang cukup. Membuat tanah-tanah subur, apabila lahan terbuka akan mudah ditumbuhi tumbuhan liar, menutupi permukaan tanah. Apabila tertutup menjadi lembab. Air tergenang menjadi lumpur.

Tanah terbuka, seperti di sekitar pekarangan rumah, di ladang atau perkebunan. Selalu ditumbuhi tumbuhan liar dengan cepat. Begitu juga di sepanjang kedua sisi jalan-jalan raya atau jalan setapak penduduk. Gulma dan berbagaimacam tetumbuhan tumbuh dan perlahan mempersempit badan jalan.

Oleh karena itulah, Pemerintahan Desa, Desa Tanjung Bali, Kecamatan Batanghari Leko, Musi Banyuasin dan masyarakat melaksanakan program Pembersihan sisi jalan raya atau tebas bayang. Tebas bayang sisi jalan meliputi jalan sepanjang 6,2 kilometer. Alokasi dana diambil dari Anggaran Desa tahun 2020.

Menurut bapak Kepala Desa Tanjung Bali, Indra Kesuma. Tujuan membersihkan tetumbuhan di sepanjang kedua sisi jalan. Pertama untuk menjaga jalan agar tetap kering dan hangat sehingga keadaan jalan menjadi awet. Karena musim penghujan sedang berjalan. Kedua, pembersihan kedua sisi jalan atau “tebas bayang” agar tidak terjadi penyempitan badan jalan yang terus ditumbuhi tetumuhan liar. Ketiga, memberikan rasa aman dan nyaman saat masyarakat berlalu. Keempat, tidak diganggu oleh hewan liar, seperti babi hutan, ular berbisa, tawon dan lainnya.

Mengingat jalan ini sangat penting bagi masyarakat Desa Tanjung Bali. Selain itu, jalan yang belum diperkeras sangat mudah rusak, menjadi berlumpur apabila tergenang air atau teduh kurang sinar matahari. Lebih baik merawat daripada memperbaiki. Apabila rusak, maka kita semua akan kesulitan. Ujung-ujungnya masyarakat menyalahkan Perintah. Program ini, masyarakat menyambut dengan positif. (HS)

Dokumentasi Pemerintahan Desa Tanjung Bali.

Editor. Selita, S.Pd
Tatafoto. Dadang Saputra
Sekayu, November 2020.
 
Sy. Apero Fublic