Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

1/16/2021

Mengenal Durian si Raja Buah

Apero Fublic.- Durian adalah jenis buah-buahan yang memiliki rasa manis yang khas. Sehingga sangat lezat dan harum semerbak. Nama durian diambil dari kulit buahnya yang penuh dengan duri. Untuk penambahan akhiran an yang menjelaskan sesutau yang banyak, Duri-an.

Durian memiliki nama ilmiah Durio Zibethinus. Durian adalah tumbuhan yang berasal dari daerah tropis di Kawasan Asia Tenggara. Di beberapa tempat nama lain durian, seperti dian, taruntung dan lainnya.

Durian dibagi ke dalam tiga jenis sekarang, dengan puluhan varian buah. Pertama durian asli atau durian masyarakat. Durian ini tumbuh subur dan lingkar batang sebesar drum minyak pertamina. Dengan tinggi mancapai tiga puluh meter diatas permukaan tanah.

Durian ini, banyak terdapat di pedesaan di pedalaman Sumatera dan Kalimantan. Durian asli apabila di tanam baru berbuah apabila umur sepuluh sampai limabelas tahun. Batang pohon durian terus tumbuh dan membesar. Umur durian akan lebih panjang apabila disekitar tumbuh ada sungai atau sumer air. Buah durian ini juga besar-besar.

Jenis kedua adalah jenis durian yang tumbuh di dalam hutan. Masyarakat menyebutnya durian rimba. Bentuk durinya panjang-panjang dan buah berbentuk bulat bola. Biji kecil dan daging buah agak tipis. Cara membuka durian rimbah dengan memotong dua pada bagian tengah buah.

Rasa daging buah manis dan harum sama seperti durian pada umumnya. Batang dan daun durian rimba hampir sama seperti durian biasa. Hanya saja durian ini mampu tumbuh di hutan layakanya seperti pepohonan liar pada umumnya. Oleh sebab itulah, masyarakat menamakannya durian rimba.

Jenis ke tiga adalah durian budidaya atau jenis durian unggul. Pada umumnya ciri-ciri durian budidaya sama halnya dengan durian biasa. Hanya masa berbuah yang berbeda, lebih cepat. Durian unggul juga memiliki buah yang banyak. Namun, apakah umur akan sama dan batang pohonnya sama tinggi dan besar dengan durian asli, belum diketahui penulis.

Durian termasuk buah-buahan tahunan. Berkembang biak dengan biji mungkin bisa dengan vegetatif. Daging buah selain dimakan langsung, dapat juga di oleh menjadi berbagai minuman segar, makanan ringan dan selai. Di pedalaman penduduk desa mengolah buah durian menjadi lempuk. Makanan tradisional yang di asap sampai kering.

Selain itu, buah durian juga diolah menjadi jenis asaman, dikenal dengan tempoyak atau jeruk dalam bahasa Melayu Sekayu. Jeruk dijadikan bumbu gulai, pais atau pepes, dan sambal. Buah durian yang masih muda juga sering di masak dengan cara di gulai. Hama buah durian adalah tupai, jenis ulat penggerek buah, dan busuk buah yang disebabkan phytophthora palmivora. Ada juga sejenis jamur yang menyerang buah.

Buah durian mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin c, kalium. Buah durian tergolong panas dan dapat menyebabkan sendawa seperti minum air bersoda. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi durian karena dapat menyebabkan pusing. Batang pohon durian dapat diolah menjadi bahan bangunan atau perabotan rumah tangga.

Biji dari buah durian biasanya dimanfaatkan penduduk untuk pembibitan. Kemudian biji dapat diolah menjadi makanan ringan. Pada zaman dahulu nenek moyang kita mengawetkan biji durian dengan cara di salai. Biji durian yang disalai atau sudah kering suatu saat dapat dimasak dan dimakan (direbus). Biji durian salai dijadikan pengutan pangan masyarakat zaman dahulu. Sebab biji durian hampir sama dengan umbi-umbian. Biji durian juga dapat langsung direbus dan dimakan.

Pengertiak kata salai adalah, pengeringan dengan cara diletakkan diatas nyalah api atau diatas tungku api di dapur. Karena zaman dulu setiap rumah penduduk ada sebuah tempat peletakan sesuatu di atas tungku api yang terbuat dari bambu. Nama tempat yang dimaksud adalah papi. Kata pa dalam bahasa melayu menjelaskan tempat. Papi tempat diatas api. Untuk sesuatu yang kering diatas papi dinamakan, salai.

Oleh. Pais Paliadi, S.Pd.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
OKI, 16 Januari 2021.

Sy. Apero Fublic.

Legenda: Nama Desa Montong Betok

Apero Fublic.- Sudah biasa, di setiap tempat selalu ada cerita asal-usul di Indonesia atau Aisa Tenggara. Seperti cerita asal-usul nama Desa Montong Betok berikut. Desa Motong Betok terletak di Pulau Lombok yang didiami masyarakat Melayu Sasak. Desa Montong Betok terletak di Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menurut cerita orang-orang tua di sana. Nama Montong Betok diberikan warga setelah terjadi suatu kisah pada zaman dahulu. Pada zaman dahulu tanah di sekitar Desa Montong Betok sangat subur. Aliran Sungai Gading mengalir, yang berasal dari Gunung Rinjani. Banyak ikan-ikan yang hidup di dalam aliran sungai, seperti ikan badar,  ikan mujair, ikan lele, ikan tuna, belut, dan bermacam lainnya. Di pinggiran Sungai Gading masih banyak tempat yang belum dihuni penduduk.

Diceritakan, hampir setiap hari selalu ada warga yang menangkap ikan di Sungai Gading. Datang ke tepian Sungai Gading yang belum ada penduduknya. Seperti warga, dari Desa Suranadi, Paoq Motong, Masbagik. Pada suatu hari banyak warga dari Masbagik datang mengail di Sungai Gading. Karena jauh dari desa mereka dan pulang agak telat, maka mereka semua membawa bekal makan, tidak ada lauknya.

Saat mengail rombongan warga dari Masbagik banyak mendapat ikan. Seperti ikan lele, tuna, belut dan lainnya. Ikan yang paling banyak mereka dapatkan adalah jenis ikan badar. Saat hari sudah siang, perut mereka mulai lapar. Salah satu diantara mereka diminta untuk membakar ikan badar. Untuk lauk makan siang mereka. Orang itu, kemudian mencari kayu bakar dan menyalakan api untuk memasak ikan badar.

Dia membersihkan ikan badar yang akan dimasak. Setelah itu, ikan dijepit pada panggangan yang terbuat dari kayu yang dibelah. Bara api dibuat, beberapa panggangan dia letakkan di atas bara api. Beberapa saat kemudian ikan mulai masak. Karena ikan akan segera masak, maka si pemanggang ikan pergi memberi tahu teman-temannya. Dia meninggalkan panggangan masih di atas bara api. Dengan maksud apabilah dia kembali bersama-sama teman-temannya nanti. Ikan panggang sudah masak dengan merata. Pemanggang pergi ke tepian sungai, mulai memanggil teman-temannya.

”Hoyyy, marilah kita makan. Ikan panggang sudah mulai masak.” Pagilnya. Kemudian semua temannya mendengar dan sepakat untuk makan terlebih dahulu. Mereka berjalan beriringan menuju tempat istirahat dimana terdapat tempat memanggang ikan badar. Tapi, entah mengapa saat mereka tiba. Ikan di panggangan telah terbakar dan menjadi arang kehitaman.

“Motong Betok senoq.” Teriak si pemanggang berkali-kali dan disertai rasa menyesal, saat dia melihat ikan panggangannya terbakar dan telah berwana hitam arang. Teman-temannya yang mengiringi datang juga melihat beberapa panggangan telah hangus. Bau angit tercium di sekitar. Berkali-kali pemanggang dan teman-temannya menyebut motong betok senoq, yang berarti ikan badar di panggangan telah terbakar dan jadi arang.

Teman-temannya berpendapat mungkin saat ditinggal pergi ada angin meniup api. Sehingga api menjadi menyalah. Lalu membakar panggangan ikan badar itu, sehingga jadi hangus. Mereka terpaksa membuat panggangan ikan lagi. Sambil bercerita dan beristirahat disekitar itu.

Perut yang sudah sangat lapar dan mereka menahan air liur saja. Kejadian itu, mereka ceritakan pada semua warga dan selalu memberi identipikasi tempat mencari ikan dengan nama tempat, dimana ikan badar panggang terbakar, motong betok. Perlahan, nama tempat itu menjadi Montong betok.

Waktu berlalu, penduduk bertambah banyak dan ingin mencari daerah baru. Lalu warga pindah dan mendirikan pemukiman di sisi Sungai Gading di tempat terbakarnya ikan panggang, atau motong betok senoq. Lama-kelamaan pemukiman itu menjadi desa, dan nama motong betok berubah menjadi nama desa, yaitu Desa Montong Betok.

Rewrite. Tim Apero Fublic.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 16 Januari 2020.
Sumber: Shale Saidi, dkk. Sastra Lisan Sasak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1987.
 
Sy. Apero Fublic.

Mengenal Kata Datu dan Datun: Gelar Raja dan Ratu Asli Nusantara Yang Terlupakan

Apero Fublic.- Sejarah Kebudayaan. Gelar Datu adalah gelar asli dari peradaban bangsa Indonesia dan Asia Tenggara. Datu sama halnya dengan raja, sultan, kaisar, king, presiden. Sebelum masuknya pengaruh asing dalam kebudayaan Nusantara. Masyarakat Nusantara telah memiliki peradaban sendiri yang kita kenal dengan peradaban megalitikum.

Peninggalan peradaban megalitikum memang tidak meninggalkan catatan tertulis. Tapi masih dapat dilacak dari tinggalan arkeologis, berupa tempayan kubur, manik-manik, kapak batu, batu berukir, stupa, sisa makanan seperti kulit kerang, keong dan siput. Selain itu, bahasa dan kesastraan juga menjadi bahan untuk meneliti kebudayaan asli Indonesia.

Dalam penggunaan gelar untuk pemimpin mereka, nenek moyang kita di Nusantara menggunakan istilah Datu. Kata-kata datu dapat terlacak di dalam sastra lisan masyarakat dan sastra lama yang tertulis sebelum masuknya pengaruh Indiah. Seperti pada masyarakat Sasak di Lombok yang memiliki sastra lisan tentang Datu.

Kata datu berarti pemimpin atau raja. Seperti dalam cerita lisan Datu Untal (Raja Untal), cerita Datu Aca dait dan Datun Began yang berarti Raja Untal dan Ratu Tikus. Di sini istilah ratu istri raja atau pemimpin wanita di istilahkan dengan Datun. Ada penambahan hurup n untuk membedakan raja dan ratu.[1]

Sastra lisan dari masyarakat Melayu Makasar di Sulawesi Selatan yang berjudul Meompalo Karelae. Dalam cerita lisan tersebut juga memakai kata Datu untuk gelar atau panggilan untuk seorang pemimpin. Berikut cuplikan dari sastra lisan meompalo Karelae:

Datunna Sangiang Seeri. (Datu sang Hiang Sri).
Tennapajaga mattanro. (Tak henti-hentinya memaki).
Puakku punna bole e. (Majikanku yang punya rumah).
Nasitujuang peggangngi. (Bertepatan sekali). (h. 3).

Datunna tiuseng ede. (Datu Tiuseng).
Bata ede barellede. (Sorgum dan jagung).
Sinning betteng maega e
. (Semua sekoi yang banyak). (h. 6).[2]

Pada sastra lisan meompalo karelea memuat kata Datunna yang berarti Datu. Sastra lisan ini telah terpengaruh oleh kebudayaan India. Tapi masa munculnya kemungkinan pada masa peralihan kebudayaan. Yaitu dari kebudayaan asli Nusantara ke kebudayaan pengaruh India.

Selain itu, di masyarakat Melayu Batak juga terdapat kata Datu. Datu dalam pengertian mereka adalah orang yang memiliki kekuatan supranatural. Datu adalah tokoh keagamaan asli dari masyarakat Melayu Batak. Kisah Datu juga terdapat dalam sastra lisan masyarakat, berjudul Tongkat Bagas Marhusor. Sebuah kisah seorang pemuda Batak pada masa lalu. Dimana masyarakat Batak masih hidup dengan kebudayaan asli mereka.

Dokumen tertulis yang memuat kata Datu untuk penyebutan raja, terdapat pada prasasti peninggalan Sriwijaya yaitu, Prasasti Kota Kapur yang ditemukan di Pulau Bangka, beraksara Pallawa berbahasa Melayu Kuno dan berbentuk tugu. Pada baris kedua dengan jelas tertulis Datu Sriwijaya atau Raja Sriwijaya. Kedatuan Sriwijaya sama halnya dengan Kekaisaran Sriwijaya atau Kerajaan Sriwijaya.

Dikutif dari wikipedia, kata Datu juga ditemukan di Pilifina Selatan. Tepatnya di Mindanau dan Bisaya. Datu digunakan untuk penyebutan para pemimpin atau raja yang berdaulat. Di Kalimantan Selatan para ulama yang telah lama wafat. Penduduk menyebutnya dengan tambahan kata Datu. Seperti Datu Kalampaian, Datu Landak, Datu Sanggul, Datu Nuraya, Datu Ingsat dan lainnya.

Di Banjar dan Brunai Darussalam nenek moyang di sebut nini datu orang Banjar, dan datu nini orang Brunai. Untuk Kalimantan Timur, Datu digunakan untuk gelar atau sebutan untuk raja. Raja Tidung dan Raja Bulungan mereka memaki gelar Datu.

Yang menjadi pertanyaan apakah gelar datu adalah bentuk kata penyebutan pemimpin budaya asli Nusantara?. Apakah Datu adalah bentuk jejak pengaruh dari kebudayaan maritim Kedatuan Sriwijaya?. Awalan kata ke menunjukkan pusat atau menyatu. Sedangkan akhiran an menjelaskan yang lebih dari satu.

Menurut Prof. Dr. Slametmulyana dalam buku berjudul Asal Bangsa dan Bahasa Nusantara. Bahwa kata untuk pemimpin berawal dari kata yang sangat sederhana, yaitu kata tu. Kata tu berasal dari rumpun bahasa shan, berarti kata ganti diri atau badan. Kata tu mewakili orang yang terhormat. Kemudian kata tu di semenanjung Malaysia berkembang menjadi Tun. Kemudian masuk ke Sumatera menjadi Tuan, lalu masuk ke Pulau Jawa menjadi Ratu.[3]

Apabila kata tu berkembang menjadi kata-kata untuk orang terhormat. Lalu teori tersebut mendekati kebenaran, maka kata tu dapat juga berkembang menjadi kata Datu. Yang kemudian tersebar di seluruh Asia Tenggara. Kemungkinan perkembangan kata Datu lebih tua dari kata tun dan tuan.

Selain itu, kata Datu juga berkembang menjadi kata Datuk dan Dato. Kata Datu juga berkembang di setiap daerah dengan pengertian masing-masing masyarakatnya. Namun yang jelas, kata Datu bermakna orang yang terhormat.

Oleh. Joni Apero.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra
Palembang, 16 Januari 2020.

Sumber:
Slametmuljana. Asal Bangsa dan Bahasa Nusantara. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
M. Arief Mattalitti. Meompalo Karelea. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990.
Shale Saidi, dkk. Sastra Lisan Sasak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1987.
Internet: wikipedia:Datu.

[1]Shale Saidi, dkk. Sastra Lisan Sasak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1987. h. 9.
            [2]M. Arief Mattalitti. Meompalo Karelea. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990.
            [3]Slametmuljana. Asal Bangsa dan Bahasa Nusantara. Jakarta: Balai Pustaka, 1995. h. 43.

Sy. Apero Fublic

Terjadinya Keseimbangan Pasar Dalam Ekonomi Makro

Apero Fublic.- Keseimbangan adalah menggambarkan suatu situasi dimana semua kekuatan yang ada dalam pasar, permintaan dan penawaran, berada pada dalam seimbang sehingga setiap variabel yang terbentuk dipasar dan kuantitas yang dimina akan sama dengan yang ditawarkan sehingga terjadilah transaksi.

A. Proses Tercapainya Keseimbangan.

Proses terjadinya keseimbangan dalam pasar dapat berawal dari sisi mana saja baik pemerintaan ataupun penawaran, semisal kita anggap proses awal beasal dari sisi permintaan, permintaan tinggi yang tidak bisa dipenuhi oleh pasokan akan menyebabkan adanya kelangkaan, padahal menurut hukum kelangkaan suatu barang yang langka maka akan menyebabkan harga barang tersebut akan meningkat.

B. Perubahan Keseimbangan.

Keseimbangan yang telah tercapai dalam pasar sebagaimana disebut diatas akan tetap bertahan sampai pada akhirnya terjadi perubahan yang bersifat kejutan pada salah satu atau bahkan kedua kekuatan yang ada dalam pasar. Jika terjadi kenaikan pendapatan, maka hal ini akan meningkatkan jumlah permintaan, hal ini bisa direpresentasikan sebagai bergesernya kurva permintaan ke kanan.

C. Perubahan Berasal Dari Sisi Penawaran.

Pada keseimbangan pasar jika terjadi perubahan pada fakto-faktor yang berada pada sisi penawaran, sebagai contoh di sini akan diambil penurunan yang terjadi pada harga input produksi, penurunan tersebut akan meningkatkan jumlah keuntungan per unit, karena adanya produksi turun sementara harga pasar tetap.

D. Perubahan Berasal Dari Sisi Penawaran dan Permintaan.

Pada pemaparan di depan perubahan yang terjadi hanya terdapat pada satu sisi saja, sisi penawaran atau sisi permintaan saja, pada dunia nyata perubahan yang ada bisa terjadi pada kedua belah sisi, sebagai contoh misalnya terjadi kenaikan pendapatan di sisi permintaan dan terdapat perubahan teknologi di sisi penawaran.

E. Bagaimana Proses Yang Terjadi Pada Keseimbangan Pasar.

Beberapa hal tentu mempengaruhi terjadinya proses dalam membentuk keseimbangan pada pasar. Keseimbangan tersebut akan terjadi dikarenakan beberapa hal yang menjadi pengaruh pada market. Berikut ini hal-hal yang bisa mempengaruhi terjadinya sebuah keseimbangan.

1. Penjualan Menyediakan Barang Sesuai Permintaan.

Tugas penjual adalah menyediakan barang disesuaikan dengan permintaan yang ada pada pembeli. Jika barang yang disediakan terlalu banyak. Sementara itu tingkat pembelian buyer menurun maka akan terjadi ketidakseimbangan. Bahkan berpengaruh pada harga pasar yang ada. Oleh karena itu, untuk menciptakan keseimbangan pada pasar dibutuhkan barang yang sesuai dengan permintaan pembeli. Ditandai dengan jumlah yang sama pada satu waktu. Sehingga harga pun tetap normal, tidak mengalami lonjakan harga atau penurunan harga.

2. Stok Barang Sesuai Penawaran Pembeli.

Dalam mendapatkan kesepakatan harga, maka pembeli akan melakukan penawaran kepada penjualan. Pembeli pun akan membeli stok barang dari penjualan sesuai yang dibutuhkan. Jika kedua belah pihak menyetujui adanya kesepakatan harga yang ditentukan maka harga tersebutlah yang disebut dengan harga keseimbangan. Selain itu, stok barang yang tersedia akan konstan saat itu juga, sesuai dengan yang dibutuhkan  pembeli  dan tersedia pada penjual. Jika stok barang kurang, bahkan langka, maka pembeli akan kesulitan mendapatkan barang, hal ini juga akan berpengaruh pada harga.

3. Keseimbangan Permintaan dan Tingkat Ketersediaan.

Kebutuhan pembeli akan barang yang ada pada pasar menjadikan penjual harus memastikan stok barang dagangannya terus tersedia dalam periode tertentu, dan tidak menambahkan jumlah ketersediaan barang yang berlebihan. Maka saat pembeli melakukan permintaan terhadap barang tersebut dengan tidak merubah jumlah permintaan, terjadilah keseimbangan.

Hal ini juga berpengaruh pada harga barang yang ada di pasaran. Harga barang akan disesuaikan dengan permintaan pembeli dan kesepakatan dari penjual. Dengan memperhatikan harga yang sama dan jumlah yang sama pula maka keseimbangan pada pasar terjadi dengan baik.

4. Adanya Kesamaan Jumlah Antara Stok Produsen dan Permintaan Konsumen.

Pada tingkat pemasaran yang efektif, produsen akan menjual barangnya dengan stok yang ada. Setiap harinya produsen tidak akan menambah jumlah stok barang. Sementara itu konsumen pun melakukan permintaan barang sesuai dengan jumlah seperti biasanya.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus artinya keseimbangan pada pasar sedang berlangsung. Hal ini terjadi dan berpengaruh kepada harga pasar. Tidak ada alasan bagi produsen untuk menaikkan atau menurunkan harga. Karena sudah terjadi keseimbangan dan harga tetap konstan seperti biasanya.

Penentuan Harga Antara Penjual dan Pembeli.
Dalam bentuknya yang paling sederhana, interaksi konstan antara pembeli dan penjual memungkinkan harga muncul seiring waktu. Seringkali sulit untuk menghargai proses ini karena harga sebagian besar barang yang diproduksi ditentukan oleh penjual. Pembeli bisa menerima harga atau tidak melakukan pembelian. Sementara banyak konsumen yang mungkin melakukan tawar-menawar soal harga dan mereka tidak memiliki pengaruh terhadap harga.

Namun, jika semua pembeli potensial melakukan tawar-menawar, dan tidak ada yang menerima harga yang ditentukan, maka penjual akan cepat mengurangi harga. Dengan cara ini, secara kolektif, pembeli memiliki pengaruh terhadap harga pasar. Akhirnya harga ditemukan yang memungkinkan pertukaran terjadi.

Penjual yang rasional akan mengambil langkah ini lebih jauh, dan mengumpulkan informasi pasar sebanyak mungkin dalam upaya untuk menetapkan harga yang mencapai jumlah penjualan tertentu pada awalnya. Agar pasar berfungsi, arus informasi yang efektif antara pembeli dan penjual sangat penting.

Oleh: Nurul Prastio.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Jambi, 16 Januari 2021.
Mahasiswa Universitas Islam Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Nim: 50290056. Kelas Perbankan Syariah 3 B.


Sy. Apero Fublic.

Tahukah Anda Apa Yang Dimaksud Dengan Perekonomian Tertutup?

Apero Fublic.- Apa itu perekonomian tertutup atau closed economy. Perekonomian tertutup adalah sebuah perekonomian tanpa transaksi dengan negara lain. Untuk menumbuhkan perekonomian, sebuah negara mengandalkan konsumsi rumah tangga, investasi bisnis dan belanja pemerintah. Perekonomian tertutup ini  perekonomian yang dimana hanya ada masyarakat atau ibu rumah tangga (konsumen) dan perusahaan yang bertindak sebagai produsen.

Perekonomian tertutup ini tidak ada sama sekali campur tangan dengan negara lain dan bersangkutan dengan pemerintah baik berupa pemungutan pajak maupun pembiayaan transfer pemerintah yang berbentuk konsumsi. dan tidak termasuk jaringan Internasional baik eksport maupun Impor.

Karena kegiatan ekonomi yang serba menutup diri ini, mereka tidak mengenal dunia luar negeri. Hubungan lintas negara pun tidak akan terjalin sehingga menyebabkan tidak adanya kegiatan ekspor, impor maupun hubungan politik luar negeri. Sehingga tidak terjadi arus modal. Negara tersebut juga mudah tertinggal oleh negara lain dalam hal perkembangan dan kemajuan. Meski demikian, terdapat beberapa keuntungan atas sistem ekonomi tertutup ini, yaitu:

1.  Perekonomian negara tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi global.

2.  Tahan terhadap krisis moneter karena tidak tergantung pada sistem pasar bebas.

3.  Menjadi negara dengan sistem perekonomian yang mandiri.

Jika terdapat keuntungan maka terdapat pula kerugian atau kelemahan dari Ekonomi Tertutup ini, berikut beberapa Kerugian perekonomian tertutup:

  • Pertumbuhan terbatas. Kurangnya sumber daya domestik (faktor produksi dan modal modal keuangan) membatasi perekonomian untuk berkembang.
  • Lebih sedikit variasi produk. Pasokan hanya berasal dari produksi domestik.
  • Dikucilkan dari pergaulan internasional. Perdagangan internasional muncul karena negara-negara saling membutuhkan. Jika itu tidak ada, negara tersebut dianggap tidak membutuhkan negara lain.

Bisakah Ekonomi Tertutup Tetap Tumbuh?.

Ekonomi tertutup adalah swasembada, yang berarti tidak ada impor masuk ke negara itu dan tidak ada ekspor meninggalkan negara itu. Tujuan dari ekonomi tertutup adalah untuk menyediakan semua kebutuhan melalui produksi dalam negeri. Negara dengan perekonomian tertutup dapat tumbuh, tapi tidak sebesar ketika di bawah perekonomian terbuka.

Untuk menumbuhkan perekonomian domestik, negara tersebut bergantung pada konsumsi rumah tangga, investasi bisnis dan pengeluaran pemerintah. Semua input produksi berasal dari dalam negeri. Begitu juga, investasi di dalam perekonomian hanya mengandalkan tabungan nasional tanpa aliran masuk modal asing.

Mempertahankan ekonomi tertutup adalah sulit dalam masyarakat modern. Misalnya, tidak semua negara memiliki bahan baku untuk produksi. Banyak negara miskin sumber daya alam dan terpaksa mengimpornya dari luar negeri.

Oleh. Nurzilawati
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Jambi, 16 Januari 2021.
Mahasiswi: Universitas Islam Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Email: nurzilawati175@gmail.com

Sy. Apero Fublic

1/15/2021

Kebijakan Moneter Sebagai Penyelamat Pemulihan Ekonomi Nasional

Peran Pemerintah Dalam Menerapkan Kebijakan Moneter Sebagai Penyelamat Pemulihan Ekonomi Nasional Serta Majunya Perekonomian Syariah Dikala Pandemi Covid-19.

Apero Fublic.- Perekonomian Indonesia pada awal tahun 2020 tepatnya di bulan maret mengalami penurunan persentase pendapatan secara signifikan sejak  adanya Coronavirus Disease 2019 (covid 19) telah memasuki negara indonesia pada awal bulan tersebut. Virus yang awal mulanya berasal dari ibu dan anaknya yang selepas melakukan perjalanan keluar kota namun ia tepapar virus tersebut.

Lalu ditularkan lagi ke pembantu nya hingga menyebar secara perlahan virus tersebut di tiap kawasan daerah indonesia dari sabang sampai merauke, yang mana kini penyebaran nya cukup merata dengan adanya angka penambahan virus tersebut terutama di daerah pulau jawa seperti DKI Jakarta , Jawa Barat , Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan jumlah angka kumulatif virus aktif perharinya mencapai 1000an kasus.

Bicara sektor perekonomian memanglah hal yang sepatutnya menjadi sorotan utama oleh pemerintah dimasa pandemi. Apalagi seiring dengan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi covid 19, yang membuat pemerintah mengambil ahli membuat kebijakan yang serius guna untuk memperkecil penyebaran virus dengan menerapkan PSBB (Pembatasan sosial berskala besar) ditiap daerah.

Maka dari itu, semenjak berlakunya PSBB ini , banyak sekali di berbagai sektor perekonomian mulai perlahan terhenti hingga melesu. Dimulai dari adanya pembatasan kegiatan jual beli yang membuat pendapatan usaha umkm menurun secara signifikan, lalu pendapatan di pariwisata yang menurun dikarenakan beberapa wisata terpaksa di tutup guna untuk mencegah melebarnya penyebaran virus covid-19  hingga terjadinya PHK (Pemberhentian Hak Kerja) Massal diperusahaan perusahaan besar yang mengalami penurunan hingga failed.

Selain menerapkan kebijakan dengan perbatasan sosial pemerintah juga diharuskan untuk bersigap cepat dalam membuat kebijakan disektor ekonomi guna mencegah terhentinya aktivitas ekonomi di masyarakat pada saat pandemi, apalagi kini pendapatan ekonomi masyarakat mulai menurun sejak berlakunya PSBB tersebut.

Salah satu peran pemerintah yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan aktivitas ekonomi umat ialah dengan menerapkan kebijakan moneter. Bersama Bank Indonesia , bank sentral yang paling banyak mengambil peran dalam menentukan kebijakan moneter.

Bank Indonesia pada 16-17 Desember 2020 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,75%, suku bunga Deposit Facility sebesar 3,00%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,50%. Keputusan ini konsisten dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah dan stabilitas eksternal yang terjaga, serta upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi. Bank Indonesia memperkuat sinergi kebijakan dan mendukung berbagai kebijakan lanjutan untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi nasional, melalui pembukaan sektor-sektor ekonomi produktif dan aman Covid-19, akselerasi stimulus fiskal, penyaluran kredit perbankan dari sisi permintaan dan penawaran, melanjutkan stimulus moneter dan makroprudensial, serta mengakselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan.

Di samping kebijakan tersebut, Bank Indonesia menempuh pula langkah-langkah sebagai berikut:

1.Melanjutkan kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah agar sejalan dengan fundamental dan mekanisme pasar.

2.Memperkuat strategi operasi moneter untuk mendukung stance kebijakan moneter akomodatif.

3.Memperkuat kebijakan makro prudensial akomodatif untuk mendorong peningkatan kredit/pembiayaan kepada sektor-sektor prioritas dalam rangka pemulihan ekonomi nasional di tengah terjaganya ketahanan sistem keuangan.

4.Mendorong penurunan suku bunga kredit melalui pengawasan dan komunikasi publik atas transparansi suku bunga perbankan dengan koordinasi bersama OJK.

5.Memperkuat pendalaman pasar uang melalui perluasan underlying DNDF guna meningkatkan likuiditas dan penguatan JISDOR sebagai acuan dalam mekanisme penentuan nilai tukar di pasar valas.

6.Memperkuat koordinasi pengawasan perbankan secara terpadu antara Bank Indonesia, OJK dan LPS dalam rangka mendukung stabilitas sistem keuangan.

Mempercepat transformasi digital dan sinergi untuk memperkuat momentum pemulihan ekonomi melalui penguatan kebijakan sistem pembayaran dan percepatan implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025.

Memperpanjang kebijakan Merchant Discount Rate QRIS sebesar 0 persen untuk merchant Usaha Mikro sampai dengan 31 Maret 2021.

7.Memperkuat dan memperluas implementasi elektronifikasi dan digitalisasi, baik di pusat maupun di daerah, bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Daerah serta otoritas terkait melalui pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah.

8.Mendorong inovasi dan pemanfaatan teknologi serta kolaborasi perbankan dengan fintech melalui percepatan implementasi Sandbox 2.0, antara lain meliputi regulatory sandbox, industrial test, innovation lab dan start up.

Dengan ini tentu kita sangat berharap kedepannya, Bank Indonesia terus mengarahkan seluruh instrumen kebijakannya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, dengan tetap menjaga terkendalinya inflasi dan memelihara stabilitas nilai tukar Rupiah, serta mendukung stabilitas sistem keuangan.

Koordinasi kebijakan yang erat dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) terus diperkuat juga untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional untuk mengatasi permasalahan sisi permintaan dan penawaran dalam penyaluran kredit/pembiayaan dari perbankan kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas yang mendukung pertumbuhan ekonomi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Dilihat sisi Ekonomi Syariah dalam menanggapi kebijakan pemerintah bersama Bank Indonesia di sektor keuangan dan perbankan pada point ke empat yaitu "Mendorong penurunan suku bunga kredit melalui pengawasan dan komunikasi publik atas transparansi suku bunga perbankan dengan koordinasi bersama OJK."

Tentu di point tersebut sangatlah membantu sekali khususnya para umkm yang melakukan peminjaman dana di perbankan syariah. Apalagi menurut  kementerian keuangan Ibu Srimulyani lalu ketika bicara tentang Ekonomi Syariah beliau mengatakan bahwa aset sektor keuangan dan perbankan syariah dikala pandemi terus meningkat dikala perbankan nasional (konvesional) yang sedang terdampak.

Menurutnya aset perbankan syariah hingga september 2020 tumbuh sebesar 10,97 % sedangkan perbankan konvesional tumbuh 7,77 %. Lalu menurutnya penyaluran pembiayaan atau kredit perbankan syariah juga tumbuh 9,42%. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit di perbankan konvesional yang terdampak pandemi dengan angka penurunan atau hanya tumbuh 0,55 %.

Selain itu menurut menteri keuangan sri mulyani mengatakan bahwa " Keuangan syariah kini berkembang cukup mengesankan" dengan total aset keuangan syariah RI sejak didirikan pada tahun 1992 hingga september 2020 lalu telah mencapai Rp.1.710,16 Trilliun. Artinya bahwa industri terutama perbankan syariah memang memiliki posisi yang cukup stabil dan memiliki loyalitas dari keseluruhan ekosistemnya.

Kinerja perbankan syariah yang baik ini tentu merupakan salah satu jembatan sekaligus modal untuk mengembangkan perekonomian syariah khusunya di perbankan dan keuangan syariah. Maka dari itu merupakan awal bagi kita untuk terus memajukan serta memajukan sebuah ekosistem syariah dan keuangan syariah yang berkualitas baik.

Maka Kebijakan moneter ini memanglah berpengaruh dalam menekan laju inflasi serta dapat mencapai kestabilan perekonomian, namun hal yang lebih nyata pada saat ini pemerintah dan seperangkat kebijakannya sudah dengan sangat cepat dalam menanggapi dampak-dampak yang timbul akibat pandemic Covid-19 yang telah merusak perekonomian global dengan stimulus- stimulus kebijakan yang telah disusun demi melawan pandemic.

Dari sudut pandang syariah, kebijakan yang diambil oleh pemerintah sudah memiliki tujuan yang sangat baik, yaitu pemenuhan kebutuhan rakyat sudah adil dan mashlahah. Karena didalam Konsep Ekonomi Syariah untuk mencapai kemashalahatan umat merupakan salah satu menjadi tujuan utama yang diterapkan dalam sistem Ekonomi Syariah, Dan pada intinya kebijakan yang dilakukan pemerintah secara konseptual dan dilihat dari sisi syariah sudah sangat baik dan menjunjung tinggi kesejahteraan rakyat.

Oleh. Sintia Delvianti.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Jambi, 16 Januari 2021.

Artikel Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Sy. Apero Fublic

Peran Perempuan di Era Digital Masa Kini

Apero Fublic.- Perempuan secara etimologis berasal dari kata empu yang berarti "tuan", yaitu orang yang mahir atau berkuasa, kepala , hulu , yang paling besar. Namun disisi lain menurut Zaitunah Subhan (2004:19) bahwa kata perempuan berasal dari kata empu yang artinya dihargai. Makna dalam arti orang yang mahir atau berkuasa, maka dari itu perempuan haruslah mampu mengambil peran dalam segala bidang.

Perempuan merupakan makhluk yang penuh kelembutan , kasih sayang dan sangat memiliki peran penting dalam kehidupan berkeluarga ,masyarakat dan negara..Berperan diartikan serba bisa mengambil peran dibidang apapun. Namun ia juga merupakan makhluk yang memiliki kelemahan , maka dari itu segala bentuk usaha dalam mengambil peran kita harus menghargai perjuangannya.

Melihat peran perempuan di era digital masa kini bahwa perempuan dituntut harus bisa menyesuaikan diri seiring berkembangnya zaman. Era digital adalah suatu masa ketika kita bias mendaptkan informasi mudah dan cepat serta disebarluaskan dengan menggunakan teknologi digital. Teknologi digital adalah teknologi yang menggunakan sistem komputerisasi yang terhubung internet.

Menurut data dari We Are Social in 2019, Indonesia mengalami peningkatan 13 persen dalam hal jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun. Kaum perempuan menempati porsi 48.57 persen dari keseluruhan pengguna internet, berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Sayangnya, survei yang dilakukan oleh Google memperlihatkan bahwa 53 persen wanita tidak menerima informasi yang benar-benar mereka butuhkan di internet.

Di tengah banyaknya informasi yang beredar di internet saat ini, kita dituntut lebih berhati-hati dalam memilih apa yang perlu dibaca dan apa yang bisa dipercaya. Tips yang paling mendasar adalah mencari tahu sumber informasi tersebut, dan pastikan bahwa sumber tersebut kredibel serta tepercaya, Kita juga perlu lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Perlindungan Hak Perempuan Dalam Situasi Darurat dan Kondisi Khusus, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, juga menyoroti bagaimana peran perempuan dapat mengambil bagian dalam sektor ekonomi yang lebih mudah sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan riset dari The Mc Kinsey Global Institute (MGI) yang memperkirakan peningkatan kesetaraan gender dapat menambah nilai 12 triliun dolar AS per tahun ke perekonomian dunia di tahun 2025 nanti. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, perempuan akan mampu meningkatkan kapasitas mereka dan berpartisipasi dalam banyak sektor, termasuk ekonomi dan pembangunan.

1. Peran Perempuan Untuk Semakin Berdaya di Era Digital.

Berbagai informasi dan pengetahuan yang dapat diakses dengan kemajuan teknologi ini dapat digunakan untuk memberdayakan mereka dengan kemampuan dan pengetahuan baru, yang dapat menjadi pilihan karir yang baru atau sumber pendapatan. Perempuan yang berdaya ini akan mendapatkan hal-hal bermanfaat dan signifikan di setiap rumah tangga, sehingga dapat memperkaya keluarganya dengan lebih banyak mengandung nilai-nilai positif.

2.Peran Perempuan Untuk Saling Berbagi Demi Kemajuan Bersama.

Untuk memberikan akses ke lebih banyak informasi dan kesempatan yang dapat memberdayakan kaum perempuan. Saling berbagi sesama untuk kemajuan bersama dalam hal sektor ekonomi kita harus bisa berbagi antar sesama terhadap informasi apa yang telah kita dapatkan. Misalkan dalam hal berbisnis, dimana kita harus memberikan informasi tersebut supaya mengingatkan bahwa kaum perempuan berhak untuk berkarir dibidang apa pun agar bisa meringankan beban keluarga dan membantu suaminya dalam mencari nafkah nanti.

Apalagi seperti saat ini kondisi ekonomi indonesia telah memasuki masa masa resesi, dimana kebutuhan serta peluang mencari pundi pundi uang pun semakin sulit. Maka dari itu peran perempuan di era digital ini sangatlah penting jika kita melek menggunakan teknologi tentu saja banyak peluang mencari pundi - pundi uang tersebut.

Tantangan bagi perempuan dalam menjalankan peran dan fungsinya di era digital ini tentu tidak mudah. Perlu adanya ketelitian serta kehati-hatian dalam memperoleh  informasi di media apapun. Dan perempuan juga dituntut untuk perbanyak belajar supaya mahir dibidang teknologi dan informasi , mengingat perkembangan digital ini sudah berkembang sangat pesat di era saat ini agar kita tidak ketinggalan informasi dan teknologi dalam menjalankan peran kita sebagai perempuan nantinya.

Oleh: Sintia Delvianti.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Jambi, 16 Januari 2021.

Artikel Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Sy. Apero Fublic.

KEBIJAKAN MONETER: Dalam Penyetabilan Perekonomian di Tengah Pandemi Covid-19

Apero Fublic.- Jambi. Telah berlangsung satu tahun dunia dan Indonesia dilanda pandemi virus corona atau covid-19. Sehingga sangat berdampak pada perkembangan ekonomi Indoneia dan dunia. Ekonomi Indonesia terdampak, sehingga pada kuartal satu dan dua perekonomian Indonesia tercatat menurun. Karena terganggunya proses produksi dan distribusi.

Dampak tersebut, tidak hanya berdampak pada perusaan besar atau kecil. Tapi juga pada sektor UKM (Usaha Kecil dan Menengah), dan bidang usaha kecil lainnya. Semua kalangan masyarakat, atas dan bawah mengalami dampak dari perlambatan ekonomi tersebut.

Terhentinya aktivitas perekonomian karena Pemerintah menerapkan kebijakan pencegahan dan penularan covid-19. Yaitu, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menunda keramaian yang berpotensi menyebarnya virus. Menghentikan aktivitas pasar dimana tempat pusat ekonomi. Sebagai contoh, seperti terhentinya aktivitas pelaku seni. Yang membuat pemasukan mereka juga terhenti. Selain itu, anggaran belanaja negara dialihkan ke sektor penangganan pemulihan ekonomi yang dikenal dengan, Bantuan Langsung Tunai (BLT). Menyebabkan terhentinya sektor belanja negara, lalu keuangan dialihkan ke dana  penangganan covid-19.

Masyarakat secara umum, mengurangi aktivitas di luar rumah. Para pekerja swasta, BUMN, Pemerintah, diterapkan pembatasan tenaga kerja dalam satu hari. Yaitu, setengah dari tenaga kerja yang masuk, secara bergantian.

Begitu juga dunia belajar dan mengajar dilaksanakan secara daring. Dari dua sektor itu saja, mobilisasi sosial telah banyak berdampak pada sektor usaha kecil. Seperti pedagang makanan, sayuran, angkutan umum, dan lainnya.

Di sisi lain, Indonesia yang menjadi negara dengan komoditas ekspor bahan baku hasil pertanian juga turun drastis. Menyebabkan harga hasil pertanian di tingkat petani menjadi rendah. Sangat memukul ekonomi Indonesia yang sebagian besar agraris. Secara otomatis tingkat kemiskinan naik.

Selain itu, akibat dari PSBB dan kebijakan pencegahan dan penularan membuat daya beli masyarakat menurun. Diikuti banyak karyawan-karyawan di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) oleh pihak perusahaan. Sehingga, bertambah lagi beban pemerintah dalam mengatasi anjloknya perekonomian bangsa.

Untuk mengatasi hancurnya perekonomian rakyat, Pemerintah memberikan BLT pada masyarakat yang terdampak covid-19. Mulai dari karyawan swasta rendah, masyarakat miskin, ASN, BUMN, lansia dan lainnnya. Selain uang tunia, juga pada bidang energi, subsidi listrik. Subsidi kuota internet, pemberian Sembako, keringanan keredit kecil, dan bantuan Uang Tunai pada UKM.

Tindakan cepat pemerintah sudah cukup membuat ekonomi rakyat bertahan. Dari hancurnya ekonomi yang diakibatkan oleh virus corona atau covid-19 ini. Dalam pandangan masyarakat yang saya himpun. Kebijakan pemerintah tersebut sudah cukup dan masyarakat merasa terbantu dengan adanya bantuan-bantuan tersebut.

Pemerintah sudah melakukan yang terbaik membantu kebutuhan pokok mayarakat. Cukup adil dan merata dalam pandang masyarkat luas. Walau masih ada sedikit kekurangan, semisal masih ada masyarakat yang tidak terdata padahal mereka berhak. Masih ada penyimpangan-penyimpangan. Tapi semua itu, bukan hal yang dipermasalahkan. Sebab kadang rencana tidak selalu sesuai teknis. Kebijakan pemerintah adalah menjunjung tinggi kesejateraan masyarkat sesuai. Tinggal hukum yang mengawasi. Semoga bencana virus covid-19 cepat berlalu. Keadaan Indonesia dan dunia menjadi baik kembali.

Oleh. Selbi.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Jambi, 15 Januari 2020.
Artikel: Mahasiswa UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankkan Syariah.


Sy. Apero Fublic.