5/17/2021

Mengenal Seledri (Apium Qraveolens)

Apero Fublic.- Flora. Seledri memiliki nama ilmiah apium qraveolens, dari keluarga apiaceae, genus apium. Seledri adalah jenis tanaman terna kecil, masuk golongan tanaman sayur-sayuran. Ada tiga jenis seledri, yaitu seledri daun digunakan daunnya untuk bumbu masak.

Perbanyak seledri dengan memisahkan tunas-tunas kecilnya. Lalu disemai di media tanam yang gembur dan sejuk. Siram cukup air dan jangan terkena sinar matahari langsung. Setelah bibit tumbuh baik, baru disinari cukup matahari.

Seledri gagang yang digunakan gagangnya. Sedangkan seledri umbi, yang digunakan umbinya sebagai bumbu sup. Di Indonesia seledri yang paling dikenal adalah seledri daun. Hampir setiap penduduk mengenal, terkadang mereka menanam di dalam pot atau volibek disekitar rumah.

Seledri di Indonesia diperkenalkan oleh penjajah Kolonial Belanda. Memang pemanfaatan seledri sudah sejak ribuan tahun lalu. Di Eropa seledri digunakan dari daunnya, gagang, dan umbi. Linnaeus mendeskripsikan dalam edisi pertama species plantarum. Dia memasukkan seledri dalam suku apiaceae (suku adas-adasan).

Daun seledri dijadikan bumbu masakan yang berkuah. Seperti gulai pindang, sup, kuah bakso, kuah model, kuah bubur ayam, soto dan masakan kue asin. Bumbu daun seledri bukan hanya penyedap, tapi juga memberikan aroma wangi. Seledri tanaman serba guna, selain sayuran juga masuk dalam klasipikasi tanaman obat.

Sekarang seledri sudah dibudidayakan petani secara luas. Banyak daun seledri dijual di pasar. Boleh disebut kalau seledri sudah menjadi komoditas sayuran yang tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat banyak. Seledri juga mengandung minyak atsiri. Ada juga orang yang alergi seledri, untuk penderita radang ka’al tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi seledri.

Oleh. Eka Apriyani.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
OKU Timur, 18 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment