5/10/2021

Flora: Mengenal Tanaman Panamusang

Apero Fublic.- Panamusang adalah nama lain dari pandan wangi dalam bahasa Melayu di Sumatera Selatan. Panamusang atau pandan wangi memiliki nama ilmiah pandanus amaryllifolius dari keluarga pandanaceae serta dari divisi magnoliophyta.

Panamusang termasuk golongan tumbuhan monokotil. Ciri khas duannya beraroma wangi semerbak. Daun panjang menegak dan melengkung layaknya lembaran-lembaran. Pangkal daun tersusun pada batangnya secara langsung, sebab panamusang tidak berdahan.

Panamusang atau pandan wangi berkembang biak dengan tunasnya. Tunas kecil-kecil dipindahkan ke tempat lain dan ditanam. Daun panamusang berwarna hijau cerah dan lembut halus, tidak berduri. Sehingga membedakannya dari daun pandan hutan (bengkuang) dan umbai.

Umbai berbeda dengan bengkuang dari bentuk daun, lebih kecil. Daun umbai dan bengkuang agak keras dan berduri. Daun umbai dan bengkuang inilah yang sering dijadikan masyarakat tikar, atau topi tradisional.

Panamusang atau pandan wangi tumbuh subur di tanah-tanah lembab. Apabilah sudah besar batang pohon ditopang akar tunggangnya. Panamusang biasanya ditanam masyarakat di sekitar rumah, kebun dan tumbuh liar ditepi hutan atau pemukiman penduduk. Yang dimanfaatkan dari panamusang adalah daunnya yang memiliki bauh wangi. Biasanya daun digunakan sebagai pewangi makanan kue tradisional.

Diantaranya daun panamusang dijadikan pewangi air minum, bungkus kue tradisional, pewarna alami kue tradisonal, pembuatan aroma minyak rambut zaman dulu, pewangi memasak bubur dan ikat makanan. Daun panamusang pada masa lalu menjadi sangat berguna bagi masyarakat. Seiring waktu, penggunaan daun panamusang mulai ditinggalkan masyarakat.

Oleh sebab itu, mari kita lestarikan tanaman panamusang atau pandan wangi ini untuk mendapatkan manfaat yang alami darinya sebagai pelengkap masakan kita. Karena yang alami lebih baik dari yang tidak alami. Alami tidak akan memberikan efek samping yaitu gangguan kesehatan sebab bersih dari zat-zat kimiah makanan industri.

Untuk kesehatan dikutif dari Kontan menerangkan. Daun panamusang dapat digunakan untuk obat sakit kepala, insomnia dan rasa cemas. Rebus daun panamusang, lalu campurkan satu sendok makan madu pada air rebusan. Kemudian diminumkan pada penderita. Namun, jangan berlebihan sebab hal yang dijelaskan belum kami temukan sertifikasi kesehatan yang legal.

Oleh. Asdi Merkah, S.Hum.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 10 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment