8/30/2020

Mengenal Wisata Danau Shuji. Lembak-Muara Enim

Apero Fublic.- Lembak-Muara Enim. Kabar wisata kali ini membahas kawasan wisata alam, Danau Shuji Lembak. Sebuah kawasan wisata yang mengelolah keindahan sebuah danau. Secara administratif Danau Shuji Lembak terletak di Desa Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Pengunjung Danau Shuji hampir setiap hari ada yang datang. Pengunjung akan lebih banyak di hari-hari libur. Pengunjung akan membludak apabila memasuki masa liburan panjang misalnya hari raya idul fitri atau idul adha dan libur akhir tahun. Yang datang berkunjung terdiri dari berbagai kalangan masyarakat.

Danau Shuji yang berair jernih dan sangat indah. Gazebo tepian yang unik, jembatan kayu yang menarik. Membuat perpaduan konsep tradisional-alam menjadi natural. Terdapat jasa penyewaan perahu dan bebek-bebekan yang akan memanjakan pengunjung. Panganan tradisional juga tersedia disekitar tempat wisata Danau Shuji Lembak.

Bagi pengunjung yang datang harap menjaga adab dan adat istiadat. Jangan berbuat tidak sopan dan tidak layak. Jangan membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik.

Pada awalnya Danau Shuji hanyalah kawasan penampungan air alami biasa. Yang tidak terawat dan dipenuhi semak dan sampah alam.

Begitu juga dari sisi kiri dan kanan juga ditumbuhi semak-semak dan pepohonan liar. Kemudian para pemuda Desa Lembak yang kreatif dan berpikir maju. Mengubah Danau Shuji menjadi kawasan wisata alam yang indah.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar. Nama Shuji diambil dari nama seorang perwira Jepang pada masa pendudukan Militer Jepang di Indonesia. Perwira bernama Shuji membangun tempat tinggal di tepian danau tersebut.

Mungkin sang perwira ingin mendapati suasana yang damai dan tenang. Seandainya Jepang berkuasa terus kemungkinan disana menjadi milik Jepang. Beruntung Indonesia merdeka dan Danau Shuji menjadi milik rakyat.

Oleh. Padli. S.Pd.
Editor. Selita. S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Sekayu, 31 Agustus 2020.


Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment