8/29/2020

Budaya Mulia Masyarakat Desa Sugihan

Apero Fublic.- OKU Selatan. Gotong Royong atau Kerja Bakti adalah budaya bangsa Indonesia sejak zaman purba dahulu. Sifat kekeluargaan yang tinggi diantara masyarakat telah menumbuhkan kesadaran bersama dalam menggapai kemajuan hidup.

Semoga kelak semangat gotong royong juga masuk dalam sistem perekonomian. Dimana masyarakat bekerjasama dalam membangun ekonomi dan membangun persatuan ekonomi, seumpamanya membentuk koperasi  tani. Yang mengatur modal, distribusi, pelatihan, dan edukasi.

Pagi ini, kegiatan gotong royong dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Sugihan, Kecamatan Muaradua Kisam, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan), Sumatera Selatan. Masyarakat bekerjasama dengan iklas membersihkan dan memperbaiki badan jalan menuju perkebunan mereka.

Di komandoi Kepala Desa, Bapak Zulpidin dan Ketua RT (Rukun Tetangga) setempat, diantara Bapak Amirudin. Sedangkan ketua panitia gotong royong perbaikan jalan dipimpin oleh saudara Miko Repliansah. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 07:00 WIB sampai dengan selesai (30/08/2020).

Jalan akses penting pertanian warga tersebut adalah jalan menuju perkebunan warga. Jalan tersebut digunakan warga untuk mengangkut hasil-hasil pertanian. Seperti hasil panen buah kopi, beragam jenis sayur mayur dan lainnya.

Sehingga menjadi jalan yang sangat penting bagi warga sekitar. Walau dalam keterbatasan warga tidak berpangku tangan. Sekarang mereka perbaiki jalan dengan bergotong royong. Dengan demikian, membuat pekerjaan berat menjadi ringan dan cepat.

Semoga kekompakan warga Desa Sugihan terus terpelihara. Kemudian dari pemerintah juga akan memberikan perhatian yang lebih pada petani. Terkhusus petani di daerah Kecamatan Muaradua kisam. Misalnya Pemerintah membangunkan jalan poros untuk satu kawasan pertanian. Supaya warga mudah mengangkut hasil pertanian dan juga mudah mendistribusikan hasil perkebunan sayur mayur. Maju terus petani, majulah Indonesia.

Oleh. Zulkipli Adi Putra, S.Hum.
Editor. Selita. S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Muaradua Kisam, 30 Agustus 2020.


Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment