8/07/2020

Mengenal Tanaman Makanan Pokok Padi.

Apero Fublic.- Mengenal padi sebagai tanaman pangan nomor satu di dunia. Padi menjadi bahan makanan pokok diseluruh dunia, setelah gandum. Gandum sesungguhnya juga masih keluarga padi-padian.

Terdapat puluhan jenis tanaman satu marga dengan padi. Namun padi penghasil beraslah yang paling diperhitungkan. Tanaman pangan yang sudah dibudidayakan sejak ribuan tahun lalu. Terdiri dari dua kategori, padi sawa dan padi ladang. Pada ladang juga disebut dengan padi kering.

Padi sawa dapat dipanen tiga sampai empat kali dalam setahun, tergantung dari irigasi sawa. Apabila wilayah persawahan memiliki sumber air yang cukup sepanjang tahun di kawasan iklim tropis. Penanggalan dan masa tanan tepat waktu. Maka para petani padi sawa dapat memanen empat kali setahun.

Sedangkan padi ladang biasanya hanya setahun satu kali panen. Sebab pola petani ladang berpindah mengikuti polah tahunan peladang. Para petani ladang membuka hutan dimusim kemarau. Kemudian diakhir musim kemarau mereka menanam padi. Biasanya sekali panen cukup untuk mereka makan dalam setahun.

Padi secara umum memiliki nama ilmia oryza sativa. Dari famili poaceae dalam kerajaan plantae. Padi berbunga dan berbuah dengan cara berisi dari dalam kulit buah. Pada awalnya buah padi membentuk kulit. Kemudian perlahan berisi daging buah.

Pada awalnya daging bua berupa cairan putih. Perlahan seiring bertambah umur, cairan semakin mengeras. Sehingga menjadi butiran beras. Pertanda masak dimulai dari warna yang menguning. Pola menguning dari ujung buah yang menunduk tanda biji padi bernas.

Padi sudah sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Dongeng dewi sri sebagai penjelmaan padi hadir ditengah masyarakat. Dongeng yang menceritakan pada awalnya buah padi seperti buah kelapa.

Tapi karena selalu ditumbuk oleh manusia. Akhirnya buah padi menjadi kecil-kecil. Ada juga pepatah yang memberi nasihat kehidupan agar jangan sombong. Berbunyi, “pakailah ilmu padi, kian merunduk kian berisi.”

Beras sebagai bulir padi mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Sehingga menjadi makanan pokok untuk manusia. Sumber energi tubuh dan makanan. Beras juga dapat di oleh menjadi tepung dan makanan lainnya. Tapi manusia lebih suka mengkonsumsi nasi untuk penghilang rasa lapar. Padi apabila dikonsumsi memberikan rasa nyaman di lambung dan tubuh menjadi sehat.

Padi terdiri dari beberapa jenis biji. Diantara padi biasa yang dikonsumsi sebagai makanan poko, berwarna putih. Padi pulut atau padi ketan yang lengket. Padi arang atau padi merah yang enak serta dapat dijadikan banyak olahan makanan. Padi atau beras mengandung serat, karbohidrat, mineral dan vitamin sama dengan buah dan sayur lainnya.

Padi termasuk tumbuhan berumpun sama seperti golongan tebu dan bambu. Tunas padi (anak padi) yang tumbuh membentuk rumpun berbuah bersamaan dengan induk padi. Bentuk batang padi beruas sama halnya tebu dan bambu.

Tapi teksturnya lebih lembut dan mudah patah. Daunya membelah kesamping, berbentuk lebar tengah dan meruncing pada ujung daun. Sisi daun tajam dan dapat membuat kulit tergores dan gatal.

Oleh. Rita Puspita Sari.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Sekayu. 7 Agustus 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment