8/16/2020

Lahat: Wisata Bukit Besak

Apero Fublic.- Lahat. Kabar wisata datang dari Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Kawasan wisata Bukit Besak tepatnya terletak di Lubuk Pedara Merapi Selatan, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat dengan kode pos 31471. Sebuah tempat wisata yang sangat populer di Sumatera Selatan.

Nama Bukit Besak diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti Bukit Besar. Besar juga meliputi bentuk dan ketinggiannya. Mendaki bukit besak adalah tujuan wisata yang sangat keren. Berharap cuaca cerah sehingga dapat melihat puncak bukit telunjuk dengan sangat indah diantara awan-awan.

Dari bukit besak pemandangan sangat indah. Berbukitan yang tinggi seperti lekuk dan timbul yang seperti kue-kue raksasa. Menikmati indahnya bukit telunjuk yang seperti memberi harapan untuk pengujung kalau kehidupan itu indah dan haus berjuang. Seakan dia berkata, “Lihatlah aku, yang terus berdiri disepanjang zaman. Aku telah memayungi nenek moyang kalian dahulu. Begitu juga kebesaran Sriwijaya dahulu yang gagah. Jadi, bangkit selalu wahai anak-anak Melayu. Jangan pernah menyerah, terus berjuang seperti nenek moyang kalian.”

Apabila berkunjung, jangan lupa mejaga alam. Jangan membuang sampah plastik sembarangan. Jangan melanggar hukum adat, hukum Islam. Ingat kita orang Melayu yang sangat menjunjung tinggi norma-norma susilah dan agama. Kita dapat memajukan wisata lokal Sumatera Selatan dengan beradab.

Buat semuanya, marilah berkunjung ke Bukit Besak. Jangan buang masa muda hanya bermalas dan waktu dihabiskan bermain hanpone. Buat kenangan terindah dan moment yang tidak terlupakan bersama sahabat-sahabat. Semoga pariwisata Bukit Besak semakin ramai. Jangan lupa bawa bekal dan power bank.

Ada hal yang disesalkan atau memang belum mengerti. Para pendaki pemulah atau pendaki wisata biasa, non komunitas. Sering tidak sadar kebersihan lingkungan dan membuang sampah sembarangan. Tentu untuk hal demikian, perlu adanya edukasi bagi para pendaki Bukit Besak. 

Oleh. Rili Astuti.
Editor. Desti. S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
OKU Selatan, 16 Agustus 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment