7/12/2020

Siapa Takut Jadi Wartawan

Apero Fublic.- Menjadi seorang wartawan harus memiliki dedikasi yang tinggi. Dapat bergerak 24 jam dalam memburu berita, lalu mengabarkan pada masyarakat. Suara kebenaran dan informasi adalah kunci peradaban zaman moderen.

Wartawan adalah pribadi yang sigap dan kuat, bergerak cepat dengan menjalankan nalar kejujuran serta integritas yang tinggi. Selain itu, seorang wartawan haruslah memiliki intelektual yang tinggi. Wartawan dituntut untuk belajar dari waktu ke waktu.

Dalam hal menyusun berita, seorang wartawan atau jurnalis tidak dapat semabarangan. Dia harus memiliki beberapa kelebihan yang tidak biasa dari orang lain. Seperti memiliki naluri berita, rasa keingintahuan, daya observasi, kecepatan tinggi, cerdik dan cerdas, kepribadian yang mengagumkan, mencatat, referensi, kemampuan bahasa, dan terus mengikuti perkembangan.

Selain itu, seorang wartawan harus memiliki prinsip-prinsip kebenaran. Pertama harus dijalan kebenaran jurnalistik, setia pada msyarakat, disiplin dan selalu melakukan verifikasi, bebas dari kepentingan kelompok atau kepentingan pihak ketiga, mengikuti suara hati yang jujur, menyediakan forum untuk publik terutama forum kritik, sesuatu yang biasa menjadi menarik dan bermakna, bersikap proporsional dan komprehensif, menjadi pengawas dan pemantau kekuasaan, serta bertaqwa kepada Allah SWT.

Wartawan bukan hanya profesi atau ladang mencari materi. Namun, wartawan adalah agen masyarakat dalam kehidupan untuk menjaga masyarakat dari pembodohan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, orang-orang seraka dan tidak berkeprimanusiaan.

Wartawan, ibarat kata adalah mata dan telinga masyarakat. Bagiku, mejadi wartawan dan terjun di dunia literasi dan kesastraan adalah jalan jiwaku dan kehidupanku. Salam untuk semua wartawan di Indonesia dan dunia. Suara kebenaran harus menggema. From: Jurnalis dan wartawan Apero Fublic.

Oleh. Arip Muhtiar. S.Hum.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang. 13 Juli 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment