6/24/2020

Mengenal Tanaman Sayuran Terung.

Apero Fublic.- Terung adalah tanaman sayur-sayuran yang sangat dekat dengan masyarakat. Terung sangat banyak jenis dan warna. Terung dengan buah bundar, panjang, semi panjang dan kecil. Dari warnah putih, unguh, hijau, atau gabungan dari warna-warna tersebut. Buah terung dapat dijadikan bermacam-macam masakan dan makanan olahan.

Terung memiliki nama ilmiah solanum melongena dalam keluarga solanaceae. Tanaman terung sudah dikenal dan dibudidayakan sejak prasejarah di Asia Timur terutama di Nusantara Indonesia. Terung sudah masuk dalam catatan kuno Tiongkok dalam daftar tanaman pertanian tahun 544 Masehi. Dunia Barat baru mengenal terung pada tahun 1500 Masehi.

Sekarang terung telah dikembangkan jenis bibit hibridah. Sehingga budidaya moderen terung lebih besar dan cepat. Komoditas terung sudah menjadi kebutuhan pasar sekarang. Dengan berkembangnya jumlah penduduk dan menyempitnya lahan pertanian. Membuat budidaya terung menjadi bisnis yang menjanjikan.

Terung dijadikan makanan olahan dan pengalengan. Namun yang paling sering dijadikan sayuran, ulam. Adapun manfaat terung sama halnya dengan manfaat jenis sayuran lainnya. Seperti mengandung kalori dan vitamin. Terung dapat menekan gejala sakit jantung, membantu menangkal radikal bebas, menurunkan berat badan, dan menekan gejalah penyakit diabetes.

Terung termasuk taman pangan dan sudah menjadi komoditas bisnis. Petani tradisional menanam terung dengan cara menaburkan biji-biji terung di lahan yang sudah di bersihkan dan diolah. Untuk petani ladang berpinda mereka taburkan pada lahan yang sudah dibakar.

Penyimpanan bibit tradisional, penduduk mengeringkan buah yang sudah masak. Lalu menyimpan di tempat yang kering. Terung oleh petani ladang berpindah ditanam bersamaan dengan tanaman lain, seperti jagung, padi, kemangi, selasih dan lainnya.


Oleh. Asdi Merka. S.Hum.
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 25 Juni 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment