6/24/2020

Mengenal Tanaman Lengkuas.

Apero Fublic.- Lengkuas termasuk rempah-rempah sebagai bumbu masakan. Lengkuas ditanam oleh penduduk disetiap tempat mereka tinggal, dikebun, dipekarangan rumah, di ladang. Zaman sekarang lengkuas sudah dibudidaya sebagai komoditas perdagangan.

Penduduk menjadikan bahan dagangan di pasar-pasar sayuran. Hampir setiap hari penduduk membeli lengkuas untuk bumbu masakan. Kalau kita perhatikan demikian berarti lengkuas sudah menjadi kebutuhan masyarakat dan masuk dalam kategori tanaman pangan.

Lengkuas tumbuh subur hampir di setiap tempat di kawasan tropis dan dapat dibudidayakan di media tanam seperti pot bunga dan sejenisnya. Lengkuas diperbanyak dengan tunas atau umbinya yang dipotong sepanjang sepuluh centimeter atau lebih. Kemudian di tanam pada tempat yang berbeda.

Lengkuas digunakan untuk bumbu masakan jenis gulai atau makanan berkuah dengan rasa asin. Yang dimanfaatkan dari lengkuas adalah umbinya. Selain itu, tunas muda lengkus juga dapat dijadikan sayur atau ulam.

Untuk menjadikan ulam tunas muda lengkuas dengan cara dikupas dan diambil umbut yang lembut. Kemudian umbut direbus atau dikukus. Umbut lengkuas juga sangat enak apabila dibumbukan pada gulai pindang.
Lengkuas memiliki nama latin alpinia galanga dari keluara zingiberaceae dalam kelompok liliopsida. Lengkuas dikenal dengan nama laos dan kelawas di daerah Karo. Lengkuas juga termasuk tumbuhan terna. Atau tumbuhan berbatang lembut sama dengan pisang. Lengkuas juga berbunga dan ada buah bulat hijau dan kecoklatan saat masak.

Oleh. Asdi Merka. S.Hum.
Editor. Selita. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 25 Juni 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment