6/19/2020

Mengenal Tanaman Buah Jeruk Atau Limau

Apero Fublic.- Siapa yang tidak kenal dengan buah jeruk atau buah limau. Buah-buahan yang sudah menjadi komoditas industri dan bisnis pertanian. Jeruk atau limau juga memiliki banyak jenis varietas atau kerabat jeruk.

Seperti jeruk kunci, jeruk purut, jeruk nipis, jeruk manis, jeruk lemon, orange dan lainnya. Semua jenis jeruk memiliki manfaat maising-masing. Mulai dari bumbu masakan, penyedap kuliner, industri minuman, obat-obatan, minuman segar seperti jus jeruk atau es jeruk.

Secara umum jeruk atau limau memiliki nama ilmiah citrus dalam marga rutaceae atau jenis-jenis jeruk. Jeruk berkembang biak dengan biji dan cangkok. Bauh jeruk memiliki bauh yang khas dan 90 persen buah adalah kandungan air.

Pada umumnya jeruk rasanya asam, dan untuk jenis jeruk tertentu asam-manis. Sekarang jenis jeruk telah dikembangan untuk jenis jeruk hibrida. Jeruk yang dapat berbuah lebih banyak serta tumbuh cepat. Umur tiga tahun jeruk hibrida atau jeruk budidaya telah berbuah dengan baik.

Jeruk termasuk tanaman pangan dan tanaman industri. Budidaya jeruk termasuk jenis usaha yang menjanjikan. Apabila anda dapat berkebun jeruk seribu batang dengan baik. Anda akan mendapat keuangan yang luar biasa.

Jeruk yang dibudidaya akan menghasilkan buah dalam waktu berkelanjutan. Menurut para petani berpengalam, masa berbuah jeruk sepanjang tahun. Tapi ada masa jeruk berbuah puncak dimana buah akan melimpah.

Apabila Anda ingin menjadi petani jeruk. Tentu harus belajar sistem pertanian moderen terlebih dahulu. Mulai dari memilih bibit, cara menanam, cara merawat dan bagaimana menjual hasil panen. Dengan demikian Anda telah menciptakan lapangan kerja mandiri. Tinggal pilih jenis jeruk mana yang ingin anda kembangkan.

Dalam hal kandungan gizi, jeruk banyak mengandung vitamin c sebagaimana jenis buah-buahan lainnya. Baik untuk mencegah panas dalam dan baik untuk metabolisme tubuh. Namun, mengkonsumsi buah jeruh berlebih juga dapat menyebabkan asam lambung naik. Maka untuk Anda penderita sakit maag agar tidak mengkonsumsi jeruk dalam keadaan perut kosong. Jeruk manis yang masih mentah enak juga di jadikan rujak yang pedas.

Oleh. Ramadhani. S.Hum.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 20 Juni 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment