4/21/2020

Mengenal Danau Ulak Lia. Musi Banyuasin


Apero Fublic.- Mengenal Danau Ranau di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Danau Ranau terletak di Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Musi Banyuasin. Berjarak sekitar 50 meter dari jalan lintas Sekayu-PALI. Sebuah gapura melintang penanda jalan masuk ke lokasi wisata Danau Ulak Lia.

Danau Ulak Lia memiliki luas 115 hektar. Pada Danau Ulak Lia berlaku Peraturan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin No. 14 Tahun 2005 yang melarang menggunakan arus listrik, bahan peledak, dan bahan beracun dalam pengolaan sumber daya danau.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan SEAFDEC/IFRDMD mendukung adanya suaka perikanan yang memungkinkan ikan berkembang biak sehingga mencapai populasi yang berimbang. Sehingga meningkatkan stok benih ikan alami sehingga meningkatkan perikanan di perairan sekitar.

Bagi yang belum tahu tentang IFRDMD singkatan dari Inland Fisheries Resources and Development Management Depatement. Sebuah organisasi pengembangan perikanan berskalah Internasional yaitu ASEAN. Pusat Pengembangan Perikanan Asia Tenggara (SEAFDEC) adalah badan otonom yang dibentuk sebagai organisasi perjanjian regional pada tahun 1967 untuk mempromosikan pengembangan perikanan di Asia Tenggara. Kalau diperhatikan demikian, berarti Danau Ulak Lia dalam pengawasan IFRDMD. Tentu baik untuk keberlanjutan pengembangan perikanan di Musi Banyuasin.

Danau Ulak Lia terletak kurang lebih empat kilometer dari Kota Sekayu. Di tempat ini memang belum memiliki banyak pasilitas waisata. Tapi sudah cukup untuk berfoto-foto dan berselvi-selvi dengan view Danau. Semoga keadaan tempat wisata Danau Ulak Lia segerah diperbaiki dan dilengkapkan agar pengunjung menjadi nyaman. Sehingga menjadi tempat wisata yang menjanjikan di Musi Banyuasin.

Oleh. Totong Mahipal
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 21 April 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment