4/17/2020

Mengenal Buah Nangka


Apero Fublic.- Mengenal buah nangka. Tanaman yang memiliki nama ilmia artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama jackfruit. Banyak yang berpendapat tanaman nangka berasal dari dataran India. Alasan tersebut, dikuatkan karena di sana masih banyak terdapat jenis nangka liar di dalam hutan-hutan hujan di India.

Saat ini tercatat ada beberapa jenis nangka. Pertama nangka biasa yang sering kita konsumsi, umum di tengah masyarakat. Kedua, nangka bubur, dan ketiga nangka cempedak. Nangka cempedak terbentuk karena kawin silang antara nangka dan cempedak.

Kandungan kalori buah buah rendah. Sehingga baik untuk kesehatan tubuh, terutama jantung. Selain itu buah nangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, Niasin, kalsium, kalium, riboflavin, dan kandungan thiamin.

Buah nangka adalah buah-buahan yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Tanaman pangan ini dapat tumbuh subur di kawasan tropis. Nangkah memiliki rasa yang manis dan enak, juga segar. Buah nangka dapat diolah menjadi berbagai makanan.

Seperti, makanan jenis bubur yaitu sarawe, jus, es krim, rimpi, sampai mpek-mpek nangka. Bua nangka muda dapat dijadikan sayuran yang lezat. Mulai dari tumis, rendang, dan gulai. Buah nangka muda menjadi solusi masakan untuk konsumsi banyak orang. Penduduk selalu memasak sayur buah nangka saat ada hajatan, tahlilan.
Begitu pun rumah-rumah makan atau toka makan di Indonesia. Sajian sayur nangka menjadi sayur pendaping makanan lainnya. Sedangkan kulit buah yang masak setelah biji di ambil. Dapat juga dijadikan sayuran atau pakan ternak. Isi biji buah nangka direbus dengan sedikit garam akan menjadi cemilan enak. Bahkan putik buah nangka dapat juga di rujak.

Selain bua, daun nangka dapat dijadikan pakan ternak. Kambing dan sapi sangat menyukai daun nangka. Namun butuh banyak pohon nangka untuk mencukupi sepuluh ekor kambing. Mengingat daun nangka tidak terlalu cepat tumbuh.

Menanam atau membudidayakan pohon nangka. Pohon nangka dapat ditanam ditumpangsarikan dengan tanaman keras lainnya. Misalnya karet, pohon buah-buahan. Atau dibuat kebun khusus nangka. Dan yang paling mudah dihalaman rumah. Hama buah nangka, tupai, jenis hewan primata, jenis musang.

Kalau buahnya tumbuh rendah dan terjangkau oleh sapi, kambing, babi hutan juga akan memakan buah nangka. Pohon nangka memiliki penyakit batang sehingga membutuhkan perawatan dengan pestisida. Biasanya penyakit batang berupa bolongan berair merah. Kadang juga terserang sejenis bakteri, dan cendawan punah.

Nangka juga termasuk tanaman pangan. Karena memiliki manfaat dan mampu memenuhi kebutuhan massal masyarakat, sayur-buah. Membudidayakan tanaman nangka dapat berpeluang membangun bisnis. Pangsa pasar nangka sangat luas di Indonesia.

Apabila Anda menanam di lingkuan rumah. Akan berdampak terpenuhinya kebutuhan sayur dan buah keluarga. Apabila ditanam dihutan, kebun, atau pinggiran ladang. Buah nangka juga akan membantu hewan liar. Seperti tupai, jenis hewan primata, musang.

Tentu Anda akan mendapat manfaat dari tanaman Anda, amal jariyah. Dengan demikian kemanusiaan Anda sudah tersampaikan. Jerih payahnya Anda akan di nilai ibadah oleh Allah SWT. Mari menanam pohon nangka, untuk kita, keluarga kita, ketahanan pangan negara, dan berbuat baik terhadap hewan-hewan.

Oleh. Rama Saputra
Editor. Selita. S. Pd.
Palembang, 17 April 2020.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment