3/30/2020

Mengenal Pohon Buah Pepaya

Apero Fublic.- Mengenal pohon buah pepaya. Pepaya adalah sebuah tanaman yang sangat akrab dalam kehidupan manusia sekarang. Hampir di setiap sudut pasar ada penjual buah pepaya. Berikut sedikit tentang tanaman pepaya.

Batang pohon pepaya dapat tumbuh tinggi mencapai sepuluh meter. Tergantung dari kesuburan tanah dan jenis pepayanya. Istilah lokal di Indonesia pepaya disebut gedang di wilayah Sumatera Selatan. Bahasa daerah lainnya ada juga menanamkan dengan, kates. Kata pepaya diserap dari bahasa Inggris, yaitu papaya dan bahasa Belanda papaja.

Nama ilmia pepaya adalah carica papaya. Pepaya terdiri dari dua jenis biologi. Pepaya betina yang menghasilkan buah dan pepaya jantan yang menghasilkan bunga. Masyarakat pada umumnya, menjadikan buah pepaya muda sebagai sayur dan bahan pelengkap pembuat mpek-mpek di Palembang.

Daun pepaya muda dan bunga pepaya jantan dijadikan lalap oleh penduduk. Penduduk banyak yang percaya daun pepaya banyak khasiat sebagai obat penyakit. Walau tidak berdasarkan penelitian ilmia.

Buah pepaya rasanya manis, dengan daging buah kuning kemerahan saat buahnya masak. Saat muda bua pepaya berwarna hijau mudah dan berangsur-angsur berubah hijau tua. Buah pepaya mengandung banyak getah. Getah buah pepaya  akan terasa gatal apa bila mengenai tubuh.

Pepaya berasal dari Amerika Tengah dan dapat tumbuh di ketinggian 500-1000 Meter Dari Permukaan Laut (MDPL). Pepaya sangat cocok dibudidayakan di daerah tropis seperti di Indonesia. Biasanya pepaya mulai berbuah diumur tiga bulan ke atas tergantung kesuburan tanah.

Mulai produktif berbuah saat memasuki umur 10 bulan sampai menurun diumur empat tahun. Namun jenis pohon pepaya rakyat biasanya dapat terus produkti sampai sepuluh tahun. Terutama apa bilah rumpun pohon pepaya terletak disisi pembuangan limbah rumah tangga berair yang bermineral di pedesaan (tanah lemban).

Di kutip dari halodoc menjelaskan bahwa pepaya mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, mengandung vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, serat, kalsium, folat, potasium, dan magnesium. Tentu dengan kandungan vitamin yang melimpah, dengan rasa manis dan segar.

Membuat pepaya bukan hanya enak, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Buah pepaya masak dapat diolah menjadi es bua, jus pepaya, atau disantap langsung. Demikian sedikit informasi tentang dunia pepaya. Semoga memberikan informasi dan menginspirasi.

Oleh. Ahmad Reni Efita.
Editor. Desti. S. Sos.
Palembang, 30 Maret 2020.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment