7/03/2019

KKN. Pengabdian Mahasiswa di Tengah Masyarakat

Apero Fublic.- Kulia Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk pengembangan kepribadian dan kreatifitas akademisi bagi para mahasiswa. Saat KKN mereka akan terjun langsung di tengah kehidupan masyarakat. Berbagai upaya mereka dalam memberikan sumbangsi pada pembangunan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

Mahasiswa yang memang dituntut terampil maju dalam memimpin bangsa ini di kemudian hari, harus berlati sekuat tenaga dalam mengembankan potensi kecakapan diri. Ilmu tanpa aplikasi sama saja bohong. Sebab hanya dengan mengaplikasilkan akan membentuk dasar keilmuan yang tertanam di dalam jiwa masing-masing.


Seperti para mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 7 dari Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Fakultas Usuluddin dan Pemikiran Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, mereka mengadakan les privat membaca Al-Quran di posko mereka, untuk anak-anak di sekitar lokasi mereka KKN.

Selain itu, mereka juga ikut membantu mengajar di TPA Al-Fatah di Masjid Al-fatah, Perumnas Talang Kelapa, RT. 69, RW. 07, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.
Selain membantu mengajar membaca Al-Quran, mereka juga memandu anak-anak TPA Al-Fatah belajar shalat. Keakraban mereka dengan anak-anak telah menjadi motivasi anak-anak dalam belajar. Mereka seakan-akan menjadi kakak-kakak bagi semua anak-anak TPA. Memang motivasi tidak mendatangkan uang, tetapi motivasi akan membangun kekuatan pada diri seseorang.

Pengaruh motivasi mampu membentuk karakter. Motivasi lebih berharga dari materi apapun jenisnya. Kelak anak-anak itu akan mengingat semuanya, dan mereka akan meniru kebaikan itu saat mereka nanti menjadi mahasiswa-mahasiswa juga. Semoga Allah SWT merahmati kita semua, dan jalan yang baik akan selalu ada di hadapan kita.
Foto suasana belajar anak-anak TPA Al-Fatah, shalat berjamaah, dan belajar membaca Al-Quran dalam bimbingan kakak mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang.

Laporan. Julia Anggraini.
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 18 Januari 2019.
Sumber foto. Julia Anggraini.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment