6/25/2019

Winda Ariska. Sebuah Nama

Apero Fublic.- Syarce. Untuk pertama kalinya kolom syarce kedatangan tamu. Tamu cantik nan jauh dari Kabupaten PALI, Provinsi Sumatra Selatan. Taukan syarce berarti syair cerita. Yaitu bentuk cerita singkat yang tidak lebih dari seribu kosa-kata, dipadukan dengan syair. Fungsi cerita untuk menjelaskan maksud dan makna dari syair. Sebab kata-kata syair selalu menggunakan kata-kata yang berkias, atau kata-kata yang sarat makna.

Maksudnya, agar pembaca memahami apa makna syair tersebut. Si ustazah yang cantik ini bercerita mengenai seseorang yang di kiaskan dengan sebuah nama. Sebuah nama berarti mewakili seseorang yang tentunya orang spesial, entah siapa. Ayo kita ikuti, syarce dari Winda Ariska berikut. Dalam kehidupan kita, selalu akan muncul seseorang yang spesial dan menjadi tumpuan harapan dalam mengarungi samudra kehidupan.

Namun semua itu belum syah dan belum menjadikan kita tenang dan damai sebelum seseorang itu menjadi bagian yang sah dalam hidup kita. Sebuah nama tersebut adalah jodoh kita, nanti. Sebuah nama dapat juga berarti seseorang loh, tapi seorang ini siapa. Dalam jodoh selalu ada kekurangan dari pasangan masing-masing.

Maka kita harus saling menyempurnakan satu sama lain. Sehingga kita perlu berdoa pada Allah, yang mempunyai hati dan yang mempunyai cinta. Agar kita masing-masing memiliki kesadaran diri sendiri dalam memperbaiki. Kadang orang yang kita cintai merasa kurang pantas untuk kita atau sebaliknya dia merasa demikian. Dari itu, mari saling meyakinkan bahwa kita sama-sama dapat menerima kekurangan itu.

Kata terakhir dari syairnya memberi nasihat agar kita senantiasa istiqomah untuk melabuhkan atau menumpahkan kasih sayang kita hanya pada yang halal saja. Jangan sampai kasih sayang kita, perhatian kita, waktu bersama teman-teman, waktu belajar, waktu bermain, kita habiskan sia-sia pada seseorang yang belum tentu jodoh kita.

Maka sebuah nama, harus memberikan komitmen yaitu menikah. Setelah menikah baruhlah semunya kita labuhkan kasih cinta kita dalam bui asmara yang halal. Sehingga melahirkan generasi yang hebat, keluarga sejahtera, dan dekat dengan rhido Allah SWT. Oh, bijaknya ustazah kita, makasi ustazah cantik atas nasihatnya walau hanya sebatas kata-kata, tentu sangat bermanfaat buat kita, adik-adik kita, dan masyarakat kita.

Sebuah Nama

Sebuah nama,
Untuk mu sebuah nama.
Dalam lamunan ku.
Ku renungkan siapa diri mu.

Sebuah nama,
Mungkin aku bukan orang yang tepat.
Untuk sebuah nama itu.
Kusadari diri ini, tak sempurna.
Wahai Robb.

Sebuah nama,
Yang mempunyai hati.
Yang mempunyai cinta.

Sebuah nama,
Luruskan pandangan ini.
Dan labukan cinta ini.
Pada yang halal.

Sekilas tentang penyair, ia Lahir di Tempirai Kabupaten Pali pada tahun 1997. Gadis cantik yang sudah menjadi seorang guru ini, menyukai warna biru dan pink. Dia orangnya cuek apabila belum kenal atau belum mengenal lebih dekat seseorang, tapi kalau sudah kenal ia akan akrab dan humaris, baik, juga ramah.

Buat cowok-cowok ya, jangan salah sangkah dulu kalau si cantik ini ramah, ya,!! memang dari sananya ia ramah dan baik. Kalau jajan ia suka bakso dan merujak pedes, maklumlah cewek. Kalau statusnya, editor enggak di kasih tahu, dia bilang rahasia. Kalau gombal janagan terlalu, entar marah loh.

Dia juga seorang mahasiswi di sebuah universitas, jurusan pendidikan guru. Motonya, banyak jalan menuju Mekkah. Pesanya jangan terlalu berharap pada manusia karena Allah nanti marah. iya juga sih. Kalau mau kepo-kepo lihat saja akun facebooknya @winda.ariska.1911.


Oleh: Winda_Afit
PALI, 26 November 2018.
Kategori: Syarce fiksi.
Editor: Joni Apero.

Catatan: Yang mau belajar menulis: mari belajar bersama-sama: Bagi teman-teman yang ingin mengirim atau menyumbangkan karya tulis seperti puisi, pantun, cerpen, cerita pengalaman hidup seperti cerita cinta, catatan mantera, biografi diri sendiri, resep obat tradisional,  quote, artikel, kata-kata mutiara dan sebagainya.

Kirim saja ke Apero Fublic. Dengan syarat karya kirimannya hasil tulisan sendiri, dan belum di publikasi di media lain. Seandainya sudah dipublikasikan diharapkan menyebut sumber. Jangan khawatir hak cipta akan ditulis sesuai nama pengirim.

Sertakan nama lengkap, tempat menulis, tanggal dan waktu penulisan, alamat penulis. Jumlah karya tulis tidak terbatas, bebas. Kirimkan lewat email: joni_apero@yahoo.com. idline: Apero FublicwhatsApp: 081367739872. Messenger. Apero fublic. Karya kiriman tanggung jawab sepenuhnya dari pengirim.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment