6/21/2019

GetasKukis.


Apero Fublic.- Apa GetasKukis? GetasKukis adalah nama sebuah kue yang enak sekali, dengan rasa manis dan renyah. Nah, ngomong-ngomong tentang getaskukis adalah perkembangan dari kue tradisional masyarakat Melayu Indonesia. Kue ini zaman dahulu dibuat saat menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Kalau di Daerah Musi Banyuasin namanya Kue Satu, karena di masak satu-satu di dalam cetakan kue. Nama getas-kukis diambil dari dua bahasa. Getas adalah kata dalam bahasa Melayu yang berarti renyah. Sedangkan kukis adalah penyerapan dari kata dalam bahasa Ingris, cookies yang berarti kue. Apabila diartikan maka getaskukis berarti kue yang renyah.


Kue getaskukis adalah bentuk produksi home industry yang di rintis oleh seorang sarjana muda, lulusan jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam, Fakultas Adab dan Humaniorah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Setelah selesai studi, sarjana muda ini mulai mengembangkan usahanya.

Jiwa wirausahawan mendorong ia untuk membangun sebuah perusahaan mandiri, sebagai bentuk penciptaan lapangan kerja. Dengan motivasi kecintaan pada kuliner tradisional, sekaligus melestarikan budaya bangsa, ia mengembangkan kue lokal tersebut menjadi kue super lezat, dan renyah.

Walau diproduksi sederhana namun kualitas kue getaskukis tidak kala dengan kue-kue merek lain yang terkenal. Kue lokal tetapi bercitarasa nasional, adalah bentuk kreatifitas dan inovasi kuliner yang di bangun dengan dasar kepekaan terhadap budaya sendiri. Sekarang kue getaskukis sudah dapat ditemukan di gerai-gerai 212 mart.
Getaskukis sudah memiliki beberapa varian rasa. Pertama rasa original dan rasa coklat. Tidak tanggung-tanggung dalam membangun usaha, getaskukis sudah mendapat izin dari Badan POM Republik Indonesia.

Nah, bagi yang rindu dengan suasana lebaran, tidak sempat mudik saat lebaran, untuk hadia oleh-oleh romantis, untuk hadia ulang tahun, untuk kue lebaran, untuk cemilan, untuk membagi kue ke panti asuhan, membagi kue ke kerabat, atau untuk oleh-oleh khas dari Sumatra Selatan, selain mpek-mpek getaskukis adalah dampingannya.

Tunggu apa lagi, yuk pesan getaskukis, kue yang sehat dan halal. Aman dikonsumsi oleh siapa saja. Kalau mau pesan atau ingin menjadi reseler getaskukis tinggal hubungi langsung, atau mau kepo silakan ikuti kontak dan medsosnya berikut di instagram @getaskukis.

Oleh. Tim Apero Fublic
Editor. Desti. S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 1 November 2018.

Catatan: Yang mau belajar menulis: mari belajar bersama-sama: Bagi teman-teman yang ingin mengirim atau menyumbangkan karya tulis seperti puisi, pantun, cerpen, cerita pengalaman hidup seperti cerita cinta, catatan mantera, biografi diri sendiri, resep obat tradisional,  quote, artikel, kata-kata mutiara dan sebagainya.

Kirim saja ke Apero Fublic. Dengan syarat karya kirimannya hasil tulisan sendiri, dan belum di publikasi di media lain. Seandainya sudah dipublikasikan diharapkan menyebut sumber. Jangan khawatir hak cipta akan ditulis sesuai nama pengirim.

Sertakan nama lengkap, tempat menulis, tanggal dan waktu penulisan, alamat penulis. Jumlah karya tulis tidak terbatas, bebas. Kirimkan lewat email: joni_apero@yahoo.com. idline: Apero Fublic. Messenger. Apero fublic. Karya kiriman tanggung jawab sepenuhnya dari pengirim.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment