Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

2/13/2020

Sejarah Kepuyangan dan Pemerintahan Marga di Provinsi Sumatera Selatan

Apero Fublic.- Provinsi Sumatera Selatan, suatu kawasan masyarakat Melayu yang sangat fenomenal. Sejarah masyarakat yang berantai tersambung. Kehidupan manusia di Provinsi Sumatera Selatan sudah terlacak dari kehidupan manusia gua. Sebagaiamana ditemukan oleh pihak Balai Arkeologi Sumatera Selatan.

Begitupun kehidupan masa zaman megalitikum, masuknya pengaruh agama Hindhu dan Budha. Sampai kemudian terbentuknya Kedatuan Sriwijaya atau Kerajaan Sriwijaya yang menganut agama Budha. Menurut penelitian J.W. Van Royen dalam buku De Palembangsche Marga (1927). Mengungkapkan bahwa penduduk di pedalaman (uluan) Sumatera Selatan.

Bermula atau bersumber dari tiga pusat pegunungan. Yaitu disekitar Danau Ranau, dari Dataran Tinggi Pasemah dan daerah Rejang. Tiga pegunungan tersebut kita kenal sekarang, yaitu Pegunungan Seminung, Gunung Dempo dan Gunung Kaba. Bukti kehidupan kuno adalah tersebar dan terdapat tinggalan arkeologi berupa, batu berukir, menhir, lesung batu, kubur batu dan sebagainya.

Dari Pegunungan Suminung atau Danau Ranau, Jelma Daya, masyakat Melayu kala itu turun menyusuri sungai komering sampai Gunung Batu. Sedangkan orang Melayu dari Gunung Dempo dan sekitarnya, orang-orang Pasemah (serawai) mereka menyebar menempati pinggiran Sungai Lematang, Sungai Enim, Kikim, Lingsing. Ada juga yang mendiami pinggiran Sungai Musi bagian tengah, dan Sungai Ogan.

Sedangkan orang Melayu yang mendiami di sekitar Gunung Kaba, masyarakat menyebar menyusuri Sungai Musi ke bagian hulu dan masuk ke Sungai Rawas. Kemudian ada juga yang masuk wilayah Sungai Lematang bagian hilir. Mereka melalui Sungai Keruh di Kabupaten Musi Banyuasin Sekarang. Lalu masuk ke daerah Panukal di Kabupaten PALI sekarang.

Penyebaran dari tiga kelompok orang Melayu inilah yang menjadi sumber-sumber kepuyangan masyarakat di Sumatera Selatan. Anak cucu mereka kemudian terus menyebar dan berkembang sepanjang waktu. Setelah mereka membangun pemukiman. Mereka menamakan tempat tinggal mereka mengikut nama sungai atau nama tempat mereka.

Sehingga anak cucu mereka kemudian dikenal dengan identitas wilayah, misal suku komering, suku Musi, suku Rawas dan laiinya. Sesungguhnya masyarakat Sumatera Selatan hanya satu suku bangsa, Yaitu Melayu. Sedangkan nama-nama identitas sekarang hanyalah nama tempat secara tradisional.

Apabila ditinjau dari sisi kebudayaan. Kebudayaan masyarakat Sumatera Selatan sama, dari sistem sosial, dari adat-istiadat, sistem bangunan tempat tinggal rumah panggung, dan tentunya bahasa. Bahasa-bahasa daerah di Sumatera Selatan sama, hanya sedikit-sedikit berbeda. Misal dari kosa kata atau dialeq.

Masyarakat Melayu Sumatera Selatan yang sudah menyebar tersebut. Kemudian melahirkan sub-sub kepuyangan baru mengikut kekerabatan mereka atau geneologis. Talang lama kemudian membesar dan lapangan perekonomian hutan menyempit. Kemudian anak cucu mereka mereka membangun talang-talang baru.

Maka terciptalah suatu kawasan cukup luas yang terdiri dari beberapa Talang. Mislanya sepuluh Talang atau lebih. Mereka semua masih masuk dalam kepuyangan atau satu keturunan. Dari sinilah kemudian terciptalah sistem pemerintahan marga. Kata Marga diserap dari kata dalam bahasa Sanskerta.[1]

Pemerintahan marga adalah bentuk pemerintahan asli masyarakat Melayu di Sumatera Selatan. Sistem pemerintahan Marga atau Margo di Sumatera Selatan diketahui oleh budayawan dan sejarawan di Sumatera Selatan melalui peninggalan Piagam-Piagam peninggalan Kesultanan Palembang (Ratu Sinuhun dan Sunan Candi Walang).

Kesultanan Palembang adalah kerajaan kota yang berkuasa di Palembang saja. Kemudian perlahan memperluas pengaruh ke pedalaman Sumatera Selatan. Penyebaran pengaruh penguasa di Palembang melalui musyawarah, angkat keluarga (angkan-dangkan).

Dari sini, muncul gelar pangeran-pangeran atau ratu yang diberikan Sultan. Konsesi ekonomi, dan pengukuhan kedudukan sebagai pemimpin Marga (Depati). Sedangkan pemimpin di Palembang mendapatkan pengakuan dan dukungan sebagai penguasa tertinggi. Bentuk saling tunjang dan saling ketergantungan.

Pemberian piagam-piagam oleh para penguasa di Palembang masa itu. Bukan piagam pembentukan Marga. Tapi bentuk pengakuan kedaulatan pemerintahan Marga dalam lingkup wilayah tertentu (raja kecil). Dengan demikian bentuk Pemerintahan Marga sudah ada sejak sebelum adanya kesultanan Palembang.

Seiring waktu ada juga marga-marga yang dibentuk semasa Kesultanan Palembang dan saat Penjajahan Belanda. Seperti Marga Singa Desa di Kabupaten Musi Banyuasin. Marga Singa Desa didirikan oleh Depati Samsudin atau Udin. Setelah melalui serangkaian perang-perang antar dusun atau talang disekitar Talang Rengas Gemuruh tempat kediaman beliau. Depati Udin dapat mempersatukan wilayah-wilayah didaerahnya.

Kemudian barulah mendirikan Marga Singa Desa. Untuk mengambil legalitas dan pengukuhan. Depati Udin pergi ke Palembang dan dikukuhkan sebagai Depati Marga Singa Desa oleh Sultan Mahmud Badaruddin I. Pada zaman kolonial Belanda mengetahui sejarah kepahlawanan Depati Udin yang hebat seperti seekor singa di tengah penduduk.

Belanda khawatir dengan cerita-cerita yang sudah melegenda tersebut. Untuk menghapus sejarah kepahlawanan Depati Samsudin yang melegenda. Agar tidak menjadi inspirasi penduduk untuk berperang dan memberontak. Maka nama Marga Singa Desa dirubah menjadi Marga Sanga Desa. Kata sanga diambil dari kata dalam bahasa Jawa, songo yang berarti sembilan (alasan Belanda).

362. Kemudian ada pula perubahan
Yang Terjadi jaman Belanda
Prabumuli masuk Lakitan
Jud dimasukkan ke Singa Desa

363.Dusun Penggage bertukar pula
Bertukar dengan dusun Sereka
Penggage masuk ke Singa Desa
Sereka masuk ke Punjung Marga.

364.Sehingga Marga SINGA DESA
Mempunyai sembilan buah desa
Sehingga nama Singa Desa
Beobah nama SANGA DESA.[2]

Pemimpin marga pada awalnya bergelar puyang atau depati. Gelar depati bukan hanya digunakan untuk pemimpin marga, tapi juga digunakan oleh pemimpin dusun atau Talang (Marseden, 1983). Selain depati pemimpin marga ada juga digelari Pasirah. Gelar pasirah sepertinya dikukuhkan Belanda.

Sifat kepemimpinan marga berbentuk monarki atau turun temurun seperti sistem pemerintahan kerajaan. Di zaman Penjajahan Belanda kepemimpinan Marga yang turun temurun diganti dengan sistem pemilihan langsung atau demokrasi. 

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 13 Februari 2020.
Latar foto Gunung Dempo, Pagaralam.

Sumber:
M. Arlan Ismail. Marga di Bumi Sriwijaya. Palembang: Unanti Press, 2004.
Yusman Haris. Sanga Desa dari Dahulu Sampai Sekarang. Palembang, 2010.
Mohd. Oedji Anang. Sejarah Marga Sanga Desa. Bandung, 1985.
Edwin M. Loeb. Sumatera Sejarah dan Masyarakatnya. Yogyakarta: Ombak, 2013.
K.H.O. Gadjahnata dan Sri Edi Swasono. Masuk dan Berkembangnya Islam di Sumatera Selatan. Jakarta: UI-Press, 1986.

[1]Edwin M. Loeb, Sumatera Sejarah dan Masyarakatnya, Yogyakarta: Ombak, 2013, h. 21.
[2]Yusman Haris, Sanga Desa dari Dahulu Sampai Sekarang, Palembang, 2010. Ttp.

Sy. Apero Fublic

2/12/2020

Israel dan Politik Masa Depan Dunia Islam

Apero Fublic.- Perang tahun 1917 antara Pasukan Turki Usmani dan Inggris perlahan mengubah Palestina. Inggris dan orang-orang Arab berkerja sama mengalahkan pasukan Turki Usmani. Kemudian wilayah Palestina di serahkan oleh Pemerintahan Mandat Inggris (LBB) ke tangan Zionis Yahudi. Perlahan tapi pasti Zionis Yahudi berhasil menguasai tanah Palestina.

Hal pertama dilakukan dengan migrasi besar-besaran orang Yahudi. Pada awalnya orang Yahudi di Palestina hanya 55.000 jiwa.[1] Selanjutnya orang Yahudi terus berdatangan ke Palestina dari waktu ke waktu. Seiring waktu mereka terus merampas tanah orang Palestina. Sampai sekarang Israel terus berupaya menghapus Palestina dari peta dunia.

Baru-baru ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengajukan proposal damai untuk Israel dan Palestina. Namun banyak isu yang menyebut proposal damai tersebut tidak memuaskan pihak Palestina dan dunia Islam lainnya. Yang perlu diambil dari akibat ketidak puasan tersebut adalah terciptanya api dalam sekam. Atau seperti magma di dalam perut gunung berapi. Sehingga dalam keputusan tersebut haruslah memperhatikan tata keadilan yang sesuai. Agar tidak ada lagi alasan untuk bertengkar.

Israel menantang dunia Islam dengan percaya diri. Dengan berusaha menghapus Palestina dan menguasai Masjidil Aqsha. Paling tidak  Israel ingin membuat Palestina sekecil-kecilnya. Israel merasa begitu kuat untuk menantang umat Islam dunia saat ini. Sebab mereka tahu kalau kaum muslimin dalam keadaan lemah. Lemah persatuan, lemah ekonomi dan lemah secara militer. Ditambah konflik terus-menerus di kawasan Timur Tengah.

Kepercayaan diri yang sangat tinggi. Berbekal teknologi senjata dan dukungan ekonomi besar, militer dan agen intelijen yang hebat, Mosad. Dari pengusaha-pengusaha Yahudi serta dukungan dari negara-negara sekutu lainnya, terutama Amerika Serikat. Tentu saja Israel memiliki senjata nuklir dan senjata propaganda lainnya, media massa kelas dunia.

Terdapat lima puluh negara Muslim di dunia ini. Selain itu Islam terus berkembang disetiap penjuru dunia. Islam berkembang dengan pesat disetiap negara-negara minoritas muslim, seperti di India, Inggris. Namun Israel tetap tidak membaca atau mereka memang meremehkan hal tersebut.

Peta kekuatan politik dunia terus berubah. Kejadian apapun dapat terjadi, semisal serangan virus corona di Cina. Belum sampai satu abad hegemoni barat. Negara-negara dunia ketiga terus bertumbuh dan berkembang mengejar semua ketertinggalan dari negara maju. 

Israel terus menerus bersikeras untuk menghapus Palestina. Mereka tidak memikirkan akibat jangka panjang dari perbuatan mereka. Israel terus ingin berada dibalik tembok-tembok isolasinya. Kelompok Islam moderat sudah memaklumi apabila dibentuk dua negara, Israel dan Palestina.

Sedangkan kelompok Islam garis keras bersikeras juga untuk menghapus Israel. Namun mereka juga tidak dapat berbuat banyak apabila kelompok lain tidak mendukung. Islam moderat akan bersedia menerima Israel di muka bumi ini. Seandainya mereka mau berlaku dewasa membentuk negara Palestina. Bagi muslim penyelamatan masjidil Aqsha adalah hal utama. Keingin itu akan terus menyalah sepanjang zaman.

Aksi Israel yang terus berupaya menghapus Palestina. Akan terus ditentang umat Islam dunia yang terus bertambah. Dunia akan menjadi lautan Islam. Sedangkan Israel akan tetap berada diposisi kecil yang tidak begitu berkembang. Sebab agama Yahudi hanya berkembang dari kelahiran dari kalangan mereka sendiri. Bukan sifat nasionalisme bangsa.

Sedangkan Islam berkembang dari kelahiran semua umat dan gelombang mualaf. Waktu demi waktu dunia terus mengecil oleh Islam. Tentu ini adalah bom waktu untuk Israel. Untuk saat ini yang dihadapi Israel hanyalah Iran. Beruntung Iran menganut mazhab Syiah. Sehingga sedikit dukungan untuk mereka dalam berperang dengan Israel.

Belum muncul kekuatan Islam dunia atau kekuatan Islam dalam satu kawasan. Sekarang negara-negara Islam terus berbenah diri. Terus bergerak maju dalam berbagai bidang. Termasuk dalam membuat senjata-senjata perang seperti yang dimiki Israel.

Muslim tidak akan memaafkan Israel tentang Palestina. Muslim akan terus mengingat Palestina di dalam ingatan. Walau Palestina dihapus oleg google dari peta atau dihapus oleh Israel. Palestina akan tetap ada di dalam ingatan umat Islam. Palestina akan terus menjadi pemantik atau sumbu konflik Islam dan Israel.

Israel yang terus menumpahkan energi untuk menguasai Palestina. Dari energi SDM, juga menumpahkan materi yang sudah tidak terhitung. Begitupun dengan Amerika Serikat yang terus menyokong Israel. Disebabkan minyak bumi masih berguna untuk Amerika Serikat dan Blok Sekutu. Maka dukungan untuk Israel masih ada.

Tapi, apabila minyak bumi kawasan itu mulai menipis atau energi posil itu berganti dengan energi terbarukan. Maka dengan sendirinya dukungan Barat untuk Israel akan mengendor atau mungkin akan dihentikan. Apabila benar Eropa beralih ke dunia Islam nantinya. Tentu kepentingan untuk Yerusalem dan pangkalan mereka di Timur Tengah juga tidak menjadi penting. Dengan begitu suatu saat Israel akan sendirian.

Sudah saatnya Israel menata dunia baru mereka. Sudah saatnya Israel bersahabat dengan bangsa-bangsa muslim. Solusi dua negara adalah solusi yang efektif untuk diterimanya Yahudi oleh umat Islam secara umum. Energi dan biayah yang dimiliki lebih baik digunakan menimbun laut untuk mengganti luas tanah yang menjadi negara Palestina.

Sedangkan dengan permasalahan Tembok Ratapan dan masjidil Aqsha dapat dimusyawarahkan. Sebab Islam diwajibkan oleh Al-Quran untuk tidak menggangu keyakinan manusia di luar Islam. Israel haruslah keluar dari politik masa lampau. Hanya sekedar untuk mempropaganda mempertahankan keberadaan Israel.

Israel ibarat seorang yang terus menumpuk-numpuk jerami kering dan bensin di dalam rumah mereka. Sedangkan disekeliling rumah api terus menyalah dan terus melebar disekeliling rumah. Mungkin saat ini tembok rumah masih dapat membatasi nyalah api. Baru asap yang memedihkan mata pemilik rumah.

Hawa panas terus membuat gerah penghuni rumah. Ingin keluar tapi di luar bara api menyalah-nyalah. Seiring waktu akan ada angin yang berhembus dan membuat api menyalah tinggi. Lalu menyulut jerami dan bensin yang telah ditumpuk-tumpuk. Kemudian api menyambar dan membakar rumah beserta pemiliknya.

Kebakaran itu, akan mengakhiri segalanya dan menyisakan kesedihan. Masih banyak waktu untuk Israel membuang jerami kering dan mengganti bensin dengan air. Agar bumi ini memasuki masa damai dan kita (manusia) akan bersama-sama hidup berdampingan serta menghadapi semua permasalahan di bumi ini. Seperti kekeringan, kelaparan, virus, hancurnya alam, dan semua bencana kemanusiaan lainnya.

Pada dasarnya kebesaran sebuah negara bukan diukur dari luasnya wilayah. Tapi kebesaran sebuah negara diukur dari kemajuan ilmu pengetahuan, kesejahteraan masyarakatnya dan nilai-nilai kemanusiaan yang dimiliki bangsa tersebut. Semoga Israel mulai terbuka dan dewasa dalam politik dunia moderen. Hal yang perlu dunia tahu, Islam telah menghancurkan semua kekuatan besar di muka bumi ini sejak kehadirannya. Bahkan bangsa bar-bar Mongol pun akhirnya menjadi dunia Islam sampai sekarang. 

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S. Pd.
Palembang, 12 Februari 2020.

Sumber. George Lenczowski, Timur Tengah di Tengah Kancah Dunia, Bandung: Algensindo, 1992.


[1]George Lenczowski, Timur Tengah di Tengah Kancah Dunia, Bandung: Algensindo, 1992, h. 237.

Sy. Apero Fublic

2/11/2020

Ayam Geprek Mak Asep. Citarasa Global Dalam Resep Tradisional

Apero Fublic.- Ayam Gaprek Mak Asep adalah nama brand kuliner yang saat ini sudah beroperasi kurang lebih satu tahun juga merupakan home industri yang tidak hanya menyiapkan makanan siap saji. Tapi juga suatu usaha yang selalu menjamin kualitas dan kehigenisan serta rasa dari resep tradisional rahasia keluarga.

Munculnya berbagai mereka makanan berbasis industri telah membuat perubahan konsep sosial kaum milenial Indonesoa. Dari itu, Ayam Gaprek Mak Asep hadir memberikan layanan makanan sehat yang siap antar dan terjamin rasa dan kualitasnya.

Ayam geprek Maks Asep sendiri merupakan menu makanan yang tidak hanya digemari oleh generasi milenial tetapi juga akrad dengan lidah seluruh umur. Ayam geprek sudah menjadi fenomena popular seiring dengan banyaknya gerai yang menyajikan makanan ini di Indonesia pada tahun 2017. Ayam geprek sendiri umumnya hanya disajikan dengan  sambal, nasi putih serta lalapan. Paduan crispy dari ayam yang digeprek selagi hangat dipadu dengan sambal yang gurih menjadi keunggulan dari menu ayam geprek.

Ayam geprek bisa dibilang makanan cepat saji dengan cita rasa nusantara. Awalnya masyarakat Indonesia lebih dahulu mengenal ayam penyet. Daging ayam penyet terlebih dahulu diungkep dengan bumbu kuning dengan api kecil agar tekstur dari ayamnya sendiri lebih lembut, setelah itu barulah ayam digoreng sampai matang dan di sajikan dengan sambal di atasnya.


Berbeda dengan ayam penyet, ayam geprek sendiri merupakan ayam tepung yang terkenal dari Amerika serikan yang kemudian diulek sampai lepas dari tulangnya dan bercampur rata dengan sambal.


Untuk sambalnya sendiri tidak ada aturan antara ayam geprek ataupun ayam penyet. Semua sambal khas Nusantara mulai dari sambal bawang, sambal cabai hijau, sambal mentah, sambel korek, dan sambal terasi semuanya cocok untuk menu ini.


Untuk pemesanan geprek mak asep bisa melalui via WhatsApp: 08984652349 atau melalui ig:@geprekmakasep, dan untuk yang padat dengan jam kerja sekarang geprek mak asep juga bisa dipesan melalui go-food dan grab-food dengan nama gerai warung mak asep, tersedia juga dengan menu-menu lainnya.

#Tak Apero, Tak Populer!!!.

Laporan. Arip Muhtiar

Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 12 Februari 2020.


Catatan: Apero Fublic melayani jasa promosi usaha, produk, provesi, bisnis dan semua usaha. Melayani jasa pemasangan iklan dalam bentuk artikel, banner, reportase, investigasi. Tersebar disemua jaringan internet milik Apero Fublic. www.aperofublic.com. www.jurnalaperofublic.com. www.aperofublicnews.com. www.buletinaperofublic.com. Hubungi HP/WA. 089607544565. Email. fublicapero@gmail.com.

Sy. Apero Fublic

2/04/2020

Sunpro. Obat Herbal Multi Fungsi

Apero Fublic.- Sunpro adalah propolis sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang diolah dengan teknologi dan mesin modern sehingga memiliki ukuran partikel nano. Sunpro telah dimurnikan dari kandungan lilin (Wax) dan alkohol sehingga lebih sehat, aman dan halal dikonsumsi. Kandungan flavonoid sunpro juga lebih tinggi. Sangat bermanfaat membantu memelihara kesehatan.

Flavonoid sangat bermanfaat agar kita terhindar dari penyakit serius. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mencegah penyakit aterosklorosis. Penyakit aterosklorosis merupakan jenis penyakit yang menyerang dinding arteri dimana terdapat pertumbuhan lemak berlebih dibagian tersebut sehingga aliran darah menjadi terlambat dan tidak dapat mengalir sempurna ke jantung dan otak.

Polivenol, pada beberapa penelitian disebutkan bahwa kelompok polifenol memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Karbohidrat Protein, adalah kebutuhan dasar yang diperlukan bagi tubuh yang nantinya akan dicerna dan disimpan di lever dan sel-sel otot dalam bentuk glukosa. Berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel mahluk hidup molekul ini terdiri dari karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen serta sulfur dan fosfor dalam jumlah kecil.

Asam Amino, berguna sebagai penyusun protein, termasuk juga enzim. Asam Amino merupakan kerangka dasar dari sejumlah senyawa dalam proses metabolisme 9vitamin, (hormon dana asam nukleat). Vitamin memiliki peran spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan.

Bila kadar senyawa ini tidak mencukupi. Tubuh dapat mengalami suatu penyakit. Tubuh hanya memerlukan vitamin  dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.

Mineral Dekstrin adalah senyawa mineral yang terkandung dalam madu, terdapat senyawa lain pada madu protein, asam amino, enzim, asam-asam organik, mineral, tepung sari bunga, sukrosa, maltosa, melezitosa dan oligosakarida. Saran konsumsi, teteskan 3 atau 5 tetes sunpro kedalam satu gelas belimbing, aduk hingga rata, kemudian siap untuk diminum. Minum dua atau tiga kali sehari.

Isi. 6 ml
Badan POM TR 173609121.
Tertarik dengan produk unggulan ini. kontak. 089607544565.
Oleh. Ramadhani. S.Hum
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 4 Februari 2020.
Sumber. Katalog produk PT. Natural Nusantara Indonesia.

Sy. Apero Fublic

Novelet. Budiman Anak Yang Jujur. Sastra Pembangun Mental

Apero Fublic.- Novelet atau novel pendek adalah bagian dari jenis karya sastra moderen. Novelet sangat menarik untuk dibaca. Cerita novelet tidak terlalu panjang tapi memuat jalan cerita yang lengkap. Berikut ulasan tentang novelet yang cukup menarik. Buah karya dari A. Setiawan yang berjudul Budiman Anak Yang Jujur. Di terbitkan oleh Titian Ilmu di Bandung, pada 2010. Novelet ini, setebal 116 halaman. Novelet ini, dimulai dari halaman judul, kata pengantar, daftar halaman, dan memulai jalan cerita.

Novelet Budiman Anak Yang Jujur bercerita tentang kehidupan masyarakat di desa, beberapa dekade setelah kemerdekaan. Seperti biasa nuansa kemiskinan dan paham feodal menjadi ide cerita. Novelet ini menceritakan jalan hidup seorang janda miskin dengan tiga anaknya. Si janda bekerja menjadi pembantu di rumah orang kaya di desanya, Pasir Angin. Anak sulung si janda bernama, Budiman. Anak kedua bernama Hendra, dan anak bungsu bernama Asmanah.

Orang kaya di tempat si janda bekerja besifat feodalistik. Dari cara bicara dan cara memperlakukan si janda, dan Budiman saat bekerja di rumah orang kaya, sangat feodalisme. Ketika anak si orang kaya pulang dan berkenalan dengan Budiman si anak janda miskin.

Karena Budiman dan ibunya pembantu. Maka majikan mereka melarang sang anak mereka berteman dengan Budiman. Pemikiran paham feodalisme mencul. Namun karena anak majikan Budiman berpendidikan, dia tidak menjadi seorang feodal seperti kedua orang tuanya.

Tokoh cerita, Budiman adalah seorang anak remaja yang jujur. Walaupun dia tidak berpendidikan. Sekolah Dasar pun dia tidak selesai. Tapi karena didikan sang ibu, Budiman menjadi anak yang baik. Kejujuran kemudian mengakat derajadnya. Selain itu, Budiman juga menjadi anak yang berbakti pada sang ibu yang sudah tua.

Menyekolahkan adik-adiknya dan menjadi tulang punggung keluarga. Budiman, bersama dengan anak sang majikan kemudian menjadi pemuda pembangun desanya. Mereka bekerja sama membangun koperasi dan memajukan bidang pertanian.

Dipenghujung cerita Budiman berjumpa dengan keluarga seorang mantri kesehatan. Budiman meminta Pak Mantri untuk membuka klinik kesehatan untuk masyarakat desanya. Karena keadaan ekonomi terus membaik. Budiman dan ibunya berangkat haji ke Mekah.

Novelet berjudul, Budiman Anak Yang Jujur ini. Sangat baik dibaca oleh anak-anak usia sekolah. Selain bacaannya ringan dan memberikan pendidikan sosial. Novelet ini menyatu dengan kehidupan masyarakat umum yang jujur. Sehingga menjadikan jalan cerita yang menggambarkan kejujuran yang sesungguhnya.

Kemiskinan bukan alasan untuk kita berbuat tidak jujur. Apalagi harus menipu dan berbuat tidak baik. Seharunya buku-buku seperti ini menjadi bacaan-bacaan wajib untuk siswa-siswi di sekolah. Menjadi bahasan saat belajar Bahasa Indonesia.

Pengajaran dengan cara merangkum cerita atau memaparkan pendapat isi cerita setelah mereka membaca. Sangat efektif dalam menggalakkan minat baca di Indonesia. Semoga tingkat baca masyarakat Indonesia terus naik setiap tahun. Agar tercapai kesejahteraan masyarakat yang sesungguhnya.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 4 Februari 2020.

By. Apero Fublic

Novel Pembangun Bangsa. Garis Merah di Rijswijk.

Apero Fublic.- Sebuah novel yang sangat bagus telah hadir ditengah kita. Saya berharap novel tersebut diangkat ke layar lebar. Novel yang terbit pada tahun 2012, dengan judul Garis Merah di Rijswijk hasil buah karya oleh Li Loh. Diterbitkan oleh penerbit ternama Republika di Jakarta. Buku novel setebal 436 halaman. Sampul buku bernuansa Batavia zaman Kolonial Belanda. Isi novel terdiri halaman judul, persembahan dan kata pengantar. Kemudian dilanjutkan jalan cerita yang diakhiri dengan biografi singkat penulis.


Li Loh adalah nama kecil dan sekaligus nama pena Ilham Q. Moehiddin. Jurnalis, cerpenis, novelis, dan essai. Karir jurnalistik penulis putra kelahiran Kabaena, Sulawesi Tenggara 8 Februari. Li Loh pernah bekerja di beberapa media dalam dan luar negeri. Selain menulis essai bersifat umum dia juga menulis essai keislaman.

Selain itu, aktif juga pada teknik gonzo story sebagai genre baru dalam kepenulisan Indonesia. Yakni genre yang menggabungkan teknik gonzo journalism (kubisme jurnalisme sastrawi) dengan teknik penceritaan. Untuk menghapus batas imajiner antara fakta dan fiksi; dan mempromosikan Telisik Literasi sebagai cabang baru forensik sastra.


Karya sastra yang sudah diterbitkan diantaranya; Kitab dan Tafsir Perawan Nemesis (Kumpulan Cerpen dan Puisi, 2000). Khanjar Gading (2001); Unabomber; Gadis Kecil di Elliot House (Novel 2002). Kabin 21 (Novel, 2003). Li Loh mendirikan perhimpunan penulis The Indonesian Freedom Writers untuk mempromosikan genre tersebut. Di Kendari, bersama beberapa novelis, penyair, desain grafis, dan film-maker, ia mendirikan Komunitas Settung, sebuah komunitas penulis di Sulawesi Tenggara. Berikut sinopsis dari novel Garis Merah di Rijswijk:


Banyak intrik terjadi menjelang terbentuknya Republik Indonesia. Kekuatan-kekuatan besar saling bersaing membentuk model dasar republik Indonesia.
Sudah barang tentu Amir Sjarifuddin terkejut mendengar ucapan terakhir Dick  de Hoogs itu. Mendengarnya, Amir tak menyangka bahwa kalangan raja, bangsawan dan penguasa wilayah, begitu bodoh dan mudah diperdayai kesesatan Mason-Zion.
“Politik Zion akan menggerakkan semuanya dengan tetap mengacu pada garis masing-masing. Inilah keteraturan Zion itu. Keteraturan tanpa blok yang memisahkannya. Negara Komunis Hindia akan memperkuat nilai tawar persemakmuran dalam hubungannya dengan dunia internasional kelak.”
“Rencana yang berbahaya,” desis Amir. Dick de Hoog tersenyum puas.

Demikian cuplikan sinopsis novel. Novel Garis Merah di Rijswijk adalah sebuah novel yang sangat bagus. Mengangkat latar sejarah masa pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dimana para bintang adalah tokoh-tokoh pergerakan yang nyata. Gambaran tentang suasana pergerakan kemerdekaan.

Pergulatan ideologi antara islamisme, nasionalisme dan komunisme. Adanya pergolakan kaum bangsawan dan pemimpin wilayah yang didukung Belanda.Adegan jalan cerita konsisten bertema pergerakan dan perjuangan kaum cendekiawan Indonesia pada masanya.


Membaca novel ini akan memberikan pengetahuan sejarah, budaya, dan kondisi sosial masyarakat Indonesia pra-kemerdekaan. Memberikan imejinasi tentang masa lalu. Menambah wawasan kebangsaaan. Membuka akal dan pemikiran betapa pentingnya perjuangan dengan pemikiran dan ideologi.

Perjuangan dengan senjata hanyalah sebatas bentuk tembak menembak. Namun perjuangan dengan paham dan ideologi akan menentukan kemenangan. Dalam novel ini kita akan menemukan kesulitan hidup para pemimpin kita. Menemukan jalan cerita tentang kesulitan dalam bertemu atau rapat para kaum pergerakan.


Novel ini termasuk novel kotemporer Indonesia yang sangat memotivasi dan memberikan pencerahan pada generasi sekarang dan yang akan datang. Penulisnya sangat tekun dan kreatif dalam membawakkan jalan cerita dan dialog-dialognya. Bacalah novel luar biasa ini.


Oleh. Joni Apero

Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 4 Februari 2020.
Sumber. Li Loh. Garis Merah di Rijswik. Jakarta: Republika, 2012.

Sy. Apero Fublic

2/03/2020

Herbagyn. Herbal Alami Penghancur Kolesterol Tubuh Atau Lemak Darah


Apero Fublic.- Herbagyn, secara tradisional digunakan untuk membantu mengurangi lemak darah. Beberapa kandungan yang terdapat didalam herbagyn, yaitu allium sativumrhizoma, gynura procumbens fol, centella assiatica herb.


Allium sativumrhizoma, mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septik. Allium sativumrhizoma mengandung allicin dan aliin yang bermanfaat sebagai daya anti kolesterol untuk mencegah penyakit jantung koroner, tekanan dara tinggi, dan lain-lain. Mengandung senyawa kimia bermanfaat kalsium yang memiliki sifat menenangkan sehingga untuk hypertensi.


Gynura procumbens fol, mengandung senyawa flavonoid, sterol tak jenuh, triterpen, polifenol dan minyak atsiri (Pramono dan Sudarto. 1985). Hasil penelitian lain melaporkan bahwa tumbuhan ini mengandung senyawa flavonoid, tanin, saponin, steroid, triterpenoid, asam klorogenat, asam kafeat, asam vanilat, asam para kumarat, asam p-hidroksi benzoat (Suganda. 1988). Daun gynura procumbens oleh sebagian masyarakat Indonesia digunakan sebagai obat kanker kandungan, payudara, dan kanker darah (Meyanto, 1996).

Tumbuhan ini dilaporkan dapat menyembuhkan penyakit ginjal (Heyne 1987). Selain itu, gynura procumbens juga dimanfaatkan sebagai antikougulan, mencairkan pembekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun, khusus bagian daunnya dapat digunakan untuk mengobati pembengkakan payudara, infeksi kerongkongan, tidak datang haid, luka terpukul, dan melancarkan sirkulasi tubuh (Wijayakusuma. 1992).

Centella Asiatica Herb, memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, medecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, caretonoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan zat besi.

Memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing, penurun panas, menghentikan pendarahan, meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, anti spasma, anti inflamasi, hipotensif, insektisida, anti alergi dan stimulan. Kandungan saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid). Saran konsumsi, dua kapsul sekali minum dan diminum tiga kali sehari.

Isi. 50 kapsul
Badan POM TR 113 324 151.
Kontak: WA/Hp. 089607544565.

Oleh. Arip Muhtiar. S.Hum
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 4 Februari 2019.
Sumber. Katalog produk PT. Natural Nusantara.

Sy. Apero Fublic