Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

2/22/2020

Cerita Asal Usul Terbentuknya Danau Ulak Lia. Musi Banyuasin

Apero Fublic.- Pedatuan Dataran Negeri Bukit Pendape sebelumnya hanya satu kepemimpinan. Kemudian terpecah menjadi dua wilayah pedatuan. Pecahnya wilayah berawal pada peristiwa seratus tahun sebelumnya. Depati Dataran Negeri Bukit Pendape bernama Puyang Depati Sansiku. Dia  menikahi dua orang gadis perawan secara bersamaan. Sehingga tidak ada istilah istri muda dan istri tua, sejajar. Dari kedua istrinya tentu mendapat anak-anak. Istri satunya memiliki lima orang anak. Anak pertama laki-laki dan empat perempuan. Istri yang satunya lagi mendapat enam orang anak. Anak tertua juga anak laki-laki.

Pada saat Puyang Depati Sansiku meninggal. Kedua anak laki-laki tersebut berebut kepemimpinan pedatuan. Sehingga terjadi perang saudara berlarut-larut. Banyak korban dari pendukung masing-masing. Oleh para Datu, Para  Puyang, dan para tetua (Jurai tue), kedua putra depati didamaikan. Dengan membentuk dua pemerintahan Pedatuan di wilayah Dataran Negeri Bukit Pendape. Yaitu, Marga Pendape Hulu dan Marga Pendape Hilir. Dengan demikian terciptalah perdamaian beberapa waktu.

Seratus tahun setelah pembagian wilayah pedatuan, dua pedatuan dipimpin generasi keempat keluarga masing-masing.Pedatuan Pendape Hulu di pimpin Depati Galaga. Pusat pemerintahannya di Talang Lebung Bulan. Dinamakan Talang Lebung Bulan, karena air lebung sangat jernih, berpasir putih di dasarnya. Pada malam hari saat bulan bersinar terang, bayangan bulan di langit sangat jelas terlihat di permukaan lebung. Maka masyarakat menamakan talang mereka dengan nama Talang Lebung Bulan.

Sedangkan Pedatuan Pendape Hilir dipimpin Depati Kanta atau Depati Pibang Sakti. Depati Kanta memiliki sebuah Pibang yang sakti sehingga dia dijuluki demikian. Pusat pemerintahan Marga Pendape Hilir di Talang Benca Saribu. Karena wilayah Marga Pendape Hilir terletak di kawasan tanah renah yang terdapat banyak benca. Sehingga dinamakan Talang Benca Saribu.

Depati Pedatuan Pendape Hulu tidak memiliki anak. Sudah dua puluh limah tahun menikah. Sehingga membuat dia resah, tidak ada keturunan untuk melanjutkan kepemimpinan pedatuan. Maka diumurnya yang sudah lanjut itu, dia selalu berdoa pada tuhan agar memberikannya seorang anak. Anak laki-laki atau anak perempuan akan dia terimah dengan senang hati. Usaha dan doa telah dilakukan. Namun sang istri tidak unjung hamil.

Suatu hari, Depati Galaga ditemani sepuluh orang Prajuritnya pergi berburu kijang ke hutan belantara di sekitar Bukit Kulim. Seperti biasa mereka pergi mencari pohon berbuah kesukaan kijang, pohon Marabungan. Di bawah pohon itu, mereka mencari jejak kaki kijang. Akhirnya mereka menemukan, lalu mulai mengikuti jejak kaki kijang. Setengah hari berlalu, mereka menemukan seekor kijang di bawah sebatang pohon rindang.

Kijang itu tampak kesakitan, berdiri sambil bernafas menekan perut. Ternyata si Kijang sedang melahirkan. Depati Galaga dan sepuluh prajuritnya bersiap menembakkan anak panah. Depati menarik busur panah, lima orang prajurit siap melempar tombak. Lima lagi juga siap memanah. Apa bila mata panah depati melesat, maka yang lain akan menyusul menembak anak panah. Saat depati ingin melepas anak panahnya. Anak kijang menyembul dari rahim kijang. Melihat itu, depati memberi isyarat agar jangan menembak sang kijang. Si kijang tampak melahirnkan dua anak.

“Sudah, jangan kita ganggu induk kijang itu.” Kata Depati.

“Mengapa Depati, kita sudah setengah hari berjalan mencari kijang itu.” Tanya seorang prajuritnya.

“Kita sebagai manusia harus memiliki rasa belas kasihan. Kalau kita tidak memiliki rasa belas kasihan. Berarti kita bukan manusia. Kita memang berburu, tapi jangan melampaui batas. Kita harus memikirkan anak-anak kijang yang baru lahir itu. Keduanya memerlukan induknya untuk menyusui dan merawat mereka. Kalau induknya kita buru, kedua anak kijang itu akan mati. Kita cari yang lain saja.” Jawab Depati Gelaga.

Akhirnya mereka pergi dan berburu ke wilayah lain, di sekitar Bukit Pendape. Karena usaha yang keras mereka mendapatkan juga hewan buruan. Dua ekor rusa dan satu kerbau liar. Mereka sangat bergembira dan pulang membawa banyak daging. Pada malam harinya, Depati Galaga bermimpi. Dia bertemu dengan kijang yang tidak jadi dia buru siang tadi.

Dalam mimpi dia melihat anak kijang sudah cukup besar, lincah. Depati melihat istrinya sedang mengambil dedaunan. Lalu memberikan daun itu pada kijang-kijang itu. Tapi anehnya, Depati Galaga melihat istrinya sedang hamil. Padahal dia tahu kalau istrinya sudah mustahil hamil. Mengingat sudah berumur lima puluh tahunan. Tiba-tiba datang seorang lelaki tua. Lelaki itu memanggil kijang itu, dan kijang mematuhi si kakek tua. Depati menghampiri istrinya dan berdiri di hadapan orang tua misterius itu.

“Siapakah kakek? dari bumi mana?.” Tanya Depati Galaga.

“Aku dari tempat yang sangat jauh dan tinggi dari bumi. Aku seorang malaikat penyampai pesan dari pencipta alam semesta ini. Suatu saat aku akan sering turun ke bumi menemui manusia-manusia baik dan menyampaikan kabar gembira." Kata si kakek mantap.

“Kapan kakek akan menyampaikan pesan-pesan itu." Tanya depati Galaga.

“Masih sangat lama dari sekarang. Jauh dari masa kehidupanmu. Sesuai takdir yang ditulis sang pencipta alam semesta.

“Oh. begitu.” Ujar Depati mengerti. Si kakek misterius berkata.
“Orang baik, akan dikabulkan pemintaannya. Orang baik akan dibalas kebaikan juga.” Ujar si kakek misterius. Setelah menepuk pundak Depati Galaga. Si kakek melangka pergi diiringi kijang dan dua anaknya. Anak kijang tampak melompat-lompat bergembira. Lalu menghilang dibalik semak-semak. Depati Galaga terbangun dari mimpinya. Dia melihat ke samping istrinya tidur nyenyak. Jangkrik dan burung hantu berbunyi nyaring dimalam itu. Depati Galaga kemudian membangunkan istrinya dan menceritakan semunya.

Tiga bulan kemudian, istri Depati Galaga merasa ada yang aneh diperutnya. Kemudian dia meminta diurut pada Puyang Nasanti. Puyang Nasanti seorang  kinta. Kinta istilah penyebutan untuk bidan Talang pada masa lalu. Setelah diurut, istri Depati galaga dinyatakan hamil dua bulan. Kabar gembira, tujuh bulan kemudian lahirlah seorang anak perempuan. Depati Galaga memberi nama, Naralia. Tujuh belas tahun kemudian, Naralia tumbuh menjadi seorang gadis yang sangat cantik. Depati Galaga dan Istrinya sangat bahagia.

****

Sementara itu, di Marga Pendape Hilir tepatnya di Talang Seribu Benca. Kehidupan tenang dan damai. Di halaman istanah Depati Kanta atau Depati Pibang Sakti ada puluhan prajurit sedang berlati ilmu silat, kuntau pendape. Diantara mereka ada seorang anak muda berumur delapan belas tahunan yang tampak tangkas dan gagah berani.

Di pinggang sebelah depan setiap prajurit berlatih terselip Pibang kidau dan ditangan kanan terpegang pibang kanan. Masing-masing mengenakan Ikat kepala tanjak dari tenun songket, baju kurung, celana panjang, dan ada  kain songket dililitkan di pinggang.

Seorang laki-laki berumur empat puluhan tahun, berbadan tegap dan berjambang lebat berdiri paling depan. Satu demi satu prajurit muda maju bertanding silat menghadapi lelaki itu. Kemudian tiba giliran si anak muda yang maju. Dia melompat menyerang dengan tinju dan tendangan. Maka terjadilah pergulatan tanding latih.

“Cukup, Marulak. Gunakan pibang kanan.” Ujar hulubalang pelatih.

“Baik Paman Hulubalang.” Marulak mencabut pibang kanan. Pibang kanan adalah nama pibang yang digunakan tangan kanan. Pibang kanan bentuknya sama seperti pedang. Mata pibang Marulak beradu dengan mata pibang hulubalang. Latihan cukup lama, seru. Marulak sudah mampu mengimbangi kehebatan silat hulubalang.

“Pibang kidau.” Teriak Hulubalang. Hulubalang menyabut pibang kidau di pinggang kanan. Lalu menusuk berbarengan dengan menangkis serangan pibang kanan Marulak. Marulak mencabut pibang kidau miliknya. Menangkis serangan pibang kidau hulubalang. Tepat dan serangan berhasil ditangkis dengan baik oleh Marulak.

Latihan berakhir dan hulubalang berkata. Marulak sudah sangat tangkas memainkan dua senjata asli masyarakat Dataran Negeri Bukit Pendape, pibang kidau dan pibang kanan. Pibang kidau bentuknya sama dengan pibang kanan. Tapi ukurannya seukuran dengan pisau, berbeda dengan pibang kanan seukuran pedang. Depati Pibang sakti merasa puas putra yang akan mewarisi kepemimpinan sudah hebat ilmu beladiri.

*****

Marulak putra Depati Pibang Sakti adalah pemuda yang keratif dan tangkas. Dia suka bertualang dan berburu di hutan. Selalu ingin tahu dengan kehidupan diluar wilayahnya. Suatu hari, Marulak ditemani dua orang prajurut Pedatuan Pendape Hilir menyusup ke wilayah Pedatuan Pendape Hulu.

Mereka menyamar menjadi masyarakat biasa dan berbaur. Sehingga tidak ada yang mengenali mereka. Kadang mereka berdagang di pasar, dan yang paling sering berkeliling di wilayah Pedatuan Pendape Hulu mencari pengalaman hidup. Suatu hari, Marulak dan dua pengawalnya kembali ke pasar. Mereka membawa madu dan ikan kering hasil mereka dari hutan, berjualan.

“Kanda, berapa satu kendi madunya?.” Suara lembut dan anggun. Berkerudung songket dan berbaju kurung. Seorang gadis yang sangat cantik berdiri di hadapan lapak dagangan mereka. Ada lima orang gadis berdiri di belakang si gadis cantik sebagai pengiringnya. Marulak dan kedua pengawalnya tertegun melihat kecantikan si gadis.

“Koyong, Putri Naralia mau membeli madunya.” Kata seorang teman pengiring Putri Naralia. Malurak dan kedua pengawalnya sadar dan buru-buru menjawab.

“Murah Kopek, lima keping tima. Untuk ukuran satu kendi Kayuagung.” Ujar Marulak tergagap. Seorang gadis penggiring membuka kantung kain dan menyerahkan lima keping uang tima.

“Ya, ampun cantinya gadis perawan.” Ujar Marulak dengan mata melotot. Marulak melihat rombongan Putri Naralia berjalan menyusuri jalan pasar lalu menghilang dibalik keramaian pasar. Pasar itu seminggu sekali buka, sehingga Marulak selalu tidak sabar menunggu hari adanya pasar. Dia ingin bertemu si cantik pembeli madu. Hitungan hari masyarakat waktu itu adalah malam-siang. Pasar akan diadakan setelah melewati tujuh siang.

Puyang Marulak akhirnya dapat mengenal Putri Naralia. Melalui surat menyurat mereka berkomunikasi. Kadang mereka bermain di sebuah taman berkumpul bersama-sama teman-teman. Sehingga tidak ada masyarakat curiga. Sebab tidak melanggar aturan adat. Cinta bersemi dan bersemi. Hati Marulak dan hati Putri Naralia telah menyatu. Mereka tidak dapat lagi dipisahkan oleh apa pun.

Akhirnya, Puyang Marulak jujur kalau dia adalah putra Depati Pibang Sakti Depati Pedatuan Pendape Hilir. Awalnya Putri Naralia tidak percaya namun dia pun percaya sebab cintanya. Kesepakatan keduanya adalah jujur dengan kedua orang tua mereka. Putri Naralia menceritakan hubungannya dengan Puyang Marulak. Dia menyatakan ingin menikah dengan Marulak. Begitu pun Puyang Marulak menceritakan pada Depati Pibang Sakti. Kalau dia ingin meminang Putri Naralia anak Depati Galaga dari Marga Pendape Hulu.

****

“Kau boleh menikah dengan laki-laki manapun yang kau suka. Tak masalah walau bujang tersebut hanya orang biasa dan miskin. Asal dia bujang yang baik. Tapi aku tidak dapat merestui kau menikah dengan anak Depati Pibang Sakti. Sebab PedatuanPendape Hilir adalah musuh pedatuan kita. Sudah seratus tahun kita berperang. Mana mungkin kau berkeluarga dengan musuh pedatuan, musuh perang kita. Musuh tetaplah musuh, dan entah apa yang dia rencanakan. Mungkin mereka ingin menguasai wilayah kita dan menumpas keluarga kita. Kau harus sadar itu, Nak. Kau masih muda, belum tahu banyak tentang politik dan kepemimpinan. Jangan hanya mementingkan perasaan kau saja, yang dapat membuat celaka seluruh pedatuan.” Jelas Depati Galaga pada Putri Naralia.

Istri depati Galaga juga memberikan nasihat agar Putri Naralia tidak mencintai Puyang Marulak putra Depati Pibang Sakti dari Marga Pendape Hilir. Namun cinta tak dapat memilih pada siapa untuk berlabuh. Putri Naralia hanya diam dan mengurung diri di kamarnya.

Sementara itu di istanah Depati Pibang Sakti sedang melakukan rapat besar. Semua hadir, para datu pemimpin talang, para puyang tokoh masyarakat, hulubalang dan dewan Pedatuan Pendape Hilir sedang rapat. Dari rapat itu memutuskan kalau Marulak tidak diizinkan menikah dengan Putri Naralia anak Depati Marga Pendape Hulu. Karena akan meletus perang dan akan menjadi alasan peperangan. Marulak yang mendengar langsung keputusan itu tidak dapat menerimah. Tapi dia tidak berkata apa pun. Dia sudah terlanjur mencintai putri Naralia. Satu minggu berlalu keadaan tenang. Hanya prajurit dikedua belah pihak berjaga-jaga di perbatasan marga.

Diam-diam Puyang Marulak merencanakan sesuatu. Tapi dia tidak menunjukkan gelagat apa-apa. Awalnya dia hanya mengasa pibang kidau dan pibang kanannya. Kemudian membuat puluhan anak panah. Lalu dia juga mempersiapkan batu api, garam, beras. Alat masak yang terbuat dari gerabah. Marulak membeli gerabah dari pedagang orang Kayuagung yang sering datang menggunakan perahu kajang.

Orang Marga Kayuagung terkenal dalam membuat gerabah. Mereka berjualan menggunakan perahu kajang melalui Sungai Musi, lalu masuk ke Pedatuan Pendape melalui Sungai Keruh.

Satu keranjang besar peralatan dia sembunyikan di hutan. Kemudian Marulak sering izin berburu ke hutan, mengecoh pemikiran orang tua dan masyarakatnya. Tapi sambil berburu itu, dia terus membawa peralatan yang dia sembunyikan. Marulak menemukan sebuah tempat yang jauh di kawasan yang berawa-rawa Sungai Musi. Lalu dia membangun sebuah pondok cukup besar. Lengkap dengan peralatan rumah tangga. Tidak ada satupun orang yang tahu dengan yang dia lakukan.

*****

Sebulan berlalu, suatu malam menjelang subuh. Sesosok bayangan hitam menyusup kedalam Talang Lebung Bulan. Berlari diantara tiang-tiang rumah penduduk. Mengendap-endap dan menghindari para prajurit jaga. Bayangan hitam itu naik ke istanah Depati Galaga. Lalu berjalan perlahan di serambih rumah bagian depan. Serambih ini mendekati sebuah kamar yang besar. Kamar itu adalah kamar Putri Naralia. Tangannya mengetuk halus jendela.

“Siapa.?” Tanya Putri Naralia.

Tidak ada jawaban, saat daun jendela terbuka, sosok bayangan hitam menyodorkan sebuah lembaran terbuat dari kulit pohon (kagas atau karas). Kulit pohon kagas atau karas adalah media menulis masyarakat Melayu Sumatera Selatan dengan aksara paku, masa lampau. Putri Naralia terkejut, tapi dia mengambil lembaran itu. Setelah itu, sosok serba hitam melompat dan menghilang dikegelapan malam menjelang subuh itu. Di lembaran itu tertulis aksara kaganga. Akasara kaganga adalah aksara kuno milik masyarakat melayu masa lalu.

Dinda Naralia. Aku tidak dapat melupakan adinda, sebab cinta kakanda sudah sangat besar. Aku tahu, kedua orang tua kakanda dan kedua orang tua adinda tidak merestui hubungan kita. Adinda, kakanda lebih baik mati daripada hidup tanpa adinda.  Maukah adinda menjadi istri kakanda?. Seandainya adinda menerima lamaran kakanda ini. Maka, besok pagi temui kakanda di seberang Sungai Keruh tepatnya di tanjung rengas di hilir Talang. Bawaklah perbekalan baju yang dimasukkan kedalam keranjang cucian. Dengan alasan adinda akan mencuci baju di sungai. Kakanda menunggu sampai adinda datang. Kalau adinda tak datang, kakanda menunggu sampai kakanda mati. Kalau adinda sudah membaca surat ini, bakarlah agar tidak ada yang tahu.”

Dari. Puyang Marulak.

*****

Putri Naralia yang juga sangat mencintai Puyang Marulak. Keesokan harinya menemui Puyang Marulak, serta membawa perbekalan pakaiannya. Keduanya kemudian melarikan diri ke hutan. Mereka menyamar menjadi masyakata biasa dan sampai di sebuah talang kecil, Talang Ambai. Dinamakan demikian karena terdapat pohon buah buah rambai.

Keduanya mengaku kalau sama-sama anak yatim piatu. Mereka ingin menikah tapi tidak memiliki biayah. Sebab di Talang Mereka pengantin laki-laki harus menyediakan banyak biayah untuk menikah. Terutama untuk membayar upah wali yang akan menjadi wali dari wanita yatim piatu.  Oleh karena itulah keduanya meminta dinikahkan dan diizinkan tinggal, pada datu talang, Puyang Jakaru. Datu Talang Ambai tidak sadar karena keduanya menyamar layaknya warga biasa yang miskin.

Puyang Jakaru dan warga Talang Ambai menikahkan keduanya. Sehingga Marulak dan Putri Naralia resmi menjadi suami istri. Karena khawatir keberadaan mereka terlacak oleh prajurit Marga Pendape Hulu atau pasukan Marga Pendape Hilir. Maka malam ketiga setelah pernikahan Puyang Marulak dan Putri Naralia menghilang. Puyang Marulak meninggalkan sebuah surat pada Datu Talang.

Datu, terimahkasi sudah menikahkan kami berdua. Jasa kalian tidak akan kami lupakan. Untuk berjaga-jaga atas keselamatan kalian. Apabila nanti ada prajurit Pendape Hulu dan Pendape Hilir datang bertanya tentang dua orang melarikan diri. Agar kalian merahasiakannya, karena kalian akan dihukum mati sebab telah menikahkan kami. Kalian akan dituduh bersekongkol dengan kami. Maka rahasiakan semua ini sampai kapan pun. Setelah membaca surat ini, bakarlah agar tidak ada jejak.”

Dari: Puyang Marulak dan Puyang Naralia.

Puyang Jakaru terkejut bukan kepalang. Mereka tidak menyakah telah disinggahi Pangeran dan Putri dari dua pemimpin wilayah yang bermusuhan. Maka mereka bermusyawarah, sepakat untuk merahasiakan semunya. Mereka akan dalam bahaya atau terjadi perang antar dua pedatuan.

Benar saja, satu minggu kemudian ratusan prajurit dari Marga Pendape Hilir dan Marga Pendape Hulu datang bergantian mencari Marulak dan Putri Naralia. Sejak saat itu, tidak terdengar lagi cerita tentang keduanya. Sementara Depati Pibang Sakti dan Depati Galaga mulai panas dan perang terjadi diperbatasan. Banyak korban berjatuhan dan perang terus berkobar bertahun-tahun.

Hari demi hari berlalu. Bulan berganti dan tahun terlewati. Puyang Marulak dan Putri Naralia tidak pernah bertemu dan tidak tahu rimbanya, apalagi kabarnya. Ayah dan ibu keduanya merasa menyesal dan juga merasa kesal. Depati Galaga yang hanya memiliki satu orang anak sangat bersedih. Begitupun Depati Pibang Sakti, dia hanya memiliki satu anak laki-laki. Kesedihan berkepanjangan pada kehidupan dua pemimpin itu.

*****

Sementara itu, Puyang Marulak dan Puyang Naralia hidup bahagia di sebuah pondok terpencil di sebuah hutan yang dikelilingi rawa-rawa Sungai Musi. Ternyata itu adalah rencana Marulak sebelumnya. Mengapa dia membeli perlengkapan rumah tangga dan membuat pondok di hutan jauh waktu itu.

Untuk sampai ke hutan itu harus melewati rawa-rawa luas dan banyak rumpun rotan berduri. Sehingga sangat jarang, bahkan mustahil manusia datang ke hutan itu. Putri Naralia sering bercerita tentang jernihnya air Lebung Bulan di Talang tempat kediamannya. Dia juga bilang kalau sering merindukan ayah dan ibunya. Hal itu membuat hati Marulak tergugah dan berpikir bagaimana membahagiakan istrinya.

Untuk mengurangi kerinduan Putri Naralia pada kedua orang tua dan kampung halamannya. Puyang Marulak menggali tanah membuat sejenis kolam yang lebar. Mencontoh lebung di Talang Lebung Bulan. Marulak ingin keadaan pondok kediaman mereka mirip dengan suasana Talang Lebung Bulan. Setiap pulang dari ladang, atau tidak bekerja di ladang. Marulak selalu menggali dan melebarkan kolam di depan pondoknya. Marulak juga membuat tepian madi untuk Putri Naralia.

Delapan tahun berlalu, hasil galian kolam Puyang Marulak semakin lebar. Karena di gali terus menerus sepanjang tahun, bertahun-tahun. Sehingga kolam sudah seluas sebuah danau. Puyang Marulak membuat perahu dan rakit. Sehingga dia sering berakit atau berperahu bersama Putri Naralia dan anak-anaknya. Sehingga kebahagiaan mereka semakin besar. Anak pertama laki-laki bernama Paniti Rimbe, umur tujuh tahun. Anak kedua bernama Marila dan anak ke tiga Marili.

*****

Tahun ke sembilan dari pelarian Marulak dan Putri Naralia terjadi kemarau panjang. Sehingga penduduk sering mencari air bersih atau mencari ikan ke daerah rawa-rawa Sungai Musi. Suatu hari terjadi kebakaran hutan rawa, sehingga ada sebagian rawa-rawa terbakar. Yang terbakar, hutan rawa-rawa menjadi bersih. Penduduk berdatangan mencari ikan dan sampai di sekitar hutan tempat tinggal Marulak dan Putri Naralia. Saat mereka mendekati sekitar pondok Marulak, terdengar suara anak-anak berteriak bermain-main.

Dua orang penduduk mengintip dan mereka merasa aneh dengan orang yang tinggal di tengah hutan yang dikelilingi rawa-rawa. Penduduk yang sudah tidak mengenali Marulak dan Naralia hanya bercerita dari mulut ke mulut tentang manusia tinggal terasing.

Bermacam-macam pendapat masyarkat, ada yang bilang kalau yang mereka lihat adalah jelmaan suban. Ada juga yang berpendapat kalau keluarga hantu. Ada yang berpendapat itu makhluk Iyau. Mata-mata Pedatuan Pendape Hulu dan Pedatuan Pendape Hilir akhirnya mengetahui tentang kabar burung itu. Untuk memastikan hal tersebut satu regu pasukanPedatuan Pendape Hulu yang dipimpin seorang hulubalang mendatangi hutan tempat tinggal Puyang Marulak dan Putri Naralia. Saat sampai mereka berhadapan dengan pasukan Pedatuan Pendape Hilir yang juga sudah mengetahui.

*****

“Kami akan menangkap Marulak, tukang larikan anak perawan orang. Lalu membawa Putri Naralia dan anak-anaknya ke Hulu. Sungguh tidak tahu malu kalian membelah seorang buruk tabiatnya, seperti Marulak.” Ujar Hulubalang Pedatuan Pendape Hulu.

“Puyang Marulak dan Putri Naralia menjadi milik kami. Begitupun anak-anaknya dan akan kami bawa kembali ke Hilir. Kalau kalian masih berkeras, maka tahu sendiri akibatnya.” Sanggah Hulubalang Wurugi, salah satu hulubalang Marga Pendape Hilir.

Saling bentak dan saling mengklaim berakhir dengan terikan lantang peperangan. Mata-mata pibang beradu ganas dengan percikan bunga api. Semua pandai bermain silat sehingga sulit untuk saling menjatuhkan. Marulak sadar kalau persembunyian mereka telah diketahui. Mereka berusaha melarikan diri lagi. Namun terlambat, Depati Galaga setelah tahu, dan pasti tidak menunggu lama. Segera bergerak bersama pasukannya, lalu mengepung tempat tinggal Marulak.

Hutan sekarang telah dikepung oleh pasukan dari kedua belah pihak. Marulak tidak dapat kemana-mana. Dia lemah sebab telah ada anak-anak yang masih kecil. Membuat Marulak menjadi mengalah. Dia ingin melindungi ketiga anaknya. Depati Pibang Sakti dan Depati Galaga datang membawa pasukan masing-masing merapat ke dekat pondok Marulak, tegang. Tangan masing-masing menggenggam hulu Pibang masing-masing.

Depati Galaga melihat suasana kediaman Marulak. Dia memperhatikan Marulak, Naralia dan anak-anaknya dari sebelah barat danau galian Marulak. Sedangkan Depati Pibang Sakti melihat dari seberang arah timur. Di belakang mereka masing-masing berbaris ratusan pasukan pengawal. Marulak sadar akan ada perang dan pertumpahan darah hari ini. Marulak beridiri di halaman pondok dan Naralia memeluk tiga anaknya. Depati Pibang Sakti mendekati dan Depati Galaga mendekat.

“Naralia pulanglah, Nak. Ibumu menunggu, dia sakit?. Bujuk Depati Galaga.

“Bak, aku tak mau pulang kalau seorang diri.” Jawab Naralia.

“Tidak bisa Naralia, kau harus pulang sendiri.” Kata Depati Galaga.

“Aku tidak mau, walau Bak memaksa.” Jawab putri Naralia.

“Baikalah, maka peperangan yang akan mengembalikan semuanya. Kau Marulak, telah menginjak harga diriku sebagai orang tua. Kau akan mendapat balasan setimpal.” Depati Galaga berkata berapi-api. Sambil menunjuk ke arah Marulak. "Srinngg. Pibang kanan Depati Galaga dia cabut.

“Sebelum kau berbuat, maka kau berhadapan dengan aku.” Ujar Depati Pibang Sakti.

Dua pasukan berlari berhampiran tambah dekat hanya satu meter lagi, siap duel. Tinggal perintah masing-masing hulubalang dan Depati. Depati Galaga dan Depati Pibang sakti telah mencabut pibang kanan dan pibang kiri mereka. Terhunus dan siap saling serang.

Depati Pibang Sakti dan Depati Galaga yang sudah bermusuhan sejak mereka saling mengenal. Kini tidak dapat lagi menahan emosi dan saling serang dengan pibang masing-masing. Marulak merasa sangat bingung dan lelah dengan semua itu. Sebab telah banyak korban jiwa yang melayang. Maka dia harus berbuat sesuatu untuk mengakhiri pertikaian ini. Saat Depati Pibang Sakti dan Depati Galaga saling serang dia melompat kedepan di hadapan keduanya.

Gerakan Marulak yang tidak terduga itu membuat tidak bisa dielakkan lagi. Dua mata pibang menancap, satu di dada dan di perut Marulak. Perlahan tubuh marulak lemah dan darah mengalir deras. Ketiga anaknya menjerit menangis. Begitu pun Naralia tak kalah histerinya. Dia menghambur memeluk tubuh Marulak. Depati Pibang Sakti juga berlutut di hadapan Marulak. Marulah memegang tangan ayahnya dan melambaikan tangan pada Depati Gelaga. Depati Gelaga juga merasa sedih, sebab dia juga sadar kalau Marulak tidak melawannya dan bukan orang jahat. Depati Galaga duduk disebelah kiri, lalu Marulak juga memegang tangan mertuanya.

“Bak mertuaku, telah menusuk jantungku. Sebentar lagi aku akan bertanggung jawab atas perbuatanku yang telah melarikan Naralia. Jujur aku sangat mencintai Naralia. Sebentar lagi aku akan menemui pencipta alam ini.” Kata Marulak dengan terbata-bata. Lalu dia melanjutkan dan berkata pada Depati Pibang Sakti. “ Bak, janganlah bak menuntut balas atas kematianku. Sebab pibang Bak juga mengenai  perutku. Hentikan perang dan berdamailah. Aku titip anak-anakku pada Bak berdua.” Ujar Marulak pada Sang Ayah. “ Naralia, istriku tercinta. Pulanglah bersama Bak ke Hulu. Rasa Cinta dan kasih sayang tidak harus bersama. Cinta ada di hati kita. Aku selalu mencintaimu, istriku sayang.” Kata terakhir Marulak. Marulak akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

“Sringgg. Craattt.” Pibang Kidau milik Naralia tercabut dari warangkanya. Lalu Naralia hujamkan di jantungnya. Darah mengalir deras dan diapun terjatuh dengan berlinang air mata. Anak-anaknya menjerit menangis pilu. “Bak, jangan berperang lagi. Damailah, kita sama-sama orang Melayu, satu keluarga. Bak,  maafkan Naralia. Maafkan kanda Marulak. Lia, sangat mencintai Kakanda Marulak. Hidup kami bersama dan matimu bersama. Tolong jaga anak-anak kami, dan jangan berperang lagi. Bilang sama ibu, aku pergi lebih dahulu. Aku selalu rindu ibu. Bak, aku titip pesan pada anak cucu. Jangan pernah berbuat maksiat apa lagi berzinah di dekat danau ini. Sebab danau ini digali oleh Kakanda Marulak atas rasa cinta pada diriku. Jangan kotori disekitar danau ini, dengan perbuatan dosa atau dengan sampah. Barang siapa yang datang kesini berbuat dosa, berbuat maksiat, mesum dan mengotori lingkungannya. Maka saya sumpahi hidup dia takkan selamat dunia akhirat. Sepanjang hidup dia akan penuh masalah dan penderitaan.” Itulah sumpah Putri Naralia.

Putri Naralia menyumpahi anak cucunya atau siapa pun yang datang ke dekat danau tersebut, lalu berbuat dosa, mencemari lingkungan, merusak alamnya atau mengotori lingkungan dengan sampah (seperti bekas makan-miunum, dll). Maka orang tersebut akan mendapat celaka seumur hidupnya. Lalu Putri Naralia menghembuskan nafas yang terakhir. Sekarang, hanya kesedihan di kedua belah pihak. Akibat kekerasan kepala dua pemimpin dan permusuhan telah menyebabkan penderitaan dua insan manusia yang baik.

Setelah peristiwa itu, kedua belah pihak bersepakat untuk berdamai. Mereka mengakhiri perselisihan yang tidak kunjung henti. Sebelum musyawarah diawali dengan makan sirih. Sebagai ciri khas adat orang Nusantara sebelum bermusyawara. Budaya makan siri pinang ini adalah budaya tertua orang-orang di Nusantara. Hal kedua setelah kesepakatan damai, berbicara tentang pewarisan kepemimpinan pedatuan. Keputusan kedua belah pihak adalah kembali menyatukan pedatuan dengan mengangkat anak Puyang Marulak dan Putri Naralia menjadi Depati Pedatuan Dataran Negeri Bukit Pendape.

Kelak semasa kekuasaan Kedatuan Sriwijaya. Puyang Dapunta Hyang dari Minanga datang dan bermusyawara dengan Paniti Rimbebersatu menjadi sebuah negeri yang lebih besar, dinamakan Kedatuan. Selain itu Puyang Dapunta Hyang juga mendirikan banyak pedatuan dibeberapa tempat. Barulah Puyang Dapunta Hyang pergi ke Bukit Siguntang (Palembang) dan membangun sebuah pusat pemerintahan. Yang diabadikan dengan sebuah prasasti.

Nama Kedatuan bermakna bersatunya Pedatuan-pedatuan di bawah satu bendera sehingga menjadi, Kedatuan Sriwijaya. Sriwijaya kelak menjadi kekaisaran Asia Tenggara yang berdiri selama 600 tahun.

Waktu berlalu danau yang digali oleh Marulak bertahun-tahun lamanya itu. Waktu demi waktu menjadi danau yang luas. Karena perubahan alam dan pengikisan tanah. Penduduk Pedatuan Dataran Negeri Bukit Pendape menamakan dengan Danau Marulak dan Naralia.

Seiring waktu ribuan tahun lamanya. Penduduk menyebut nama Danau Marulak dan Naralia mulai berubah. Kebiasaan orang Melayu adalah ingin cepat dalam menyebut sesuatu. Sehingga mereka menyingkat nama Marulak, menjadi Ulak dan Naralia menjadi Lia. Sehingga kemudian sampai sekarang nama danau berubah menjadi Danau Ulak Lia.

Sekarang Danau Ulak Lia terletak di Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatere Selatan. Kawasan Danau Ulak Lia menurut informasi akan dijadikan kawasan Kebun Raya di Musi Banyuasin.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos
Palembang, 23 Februari 2020.

Arti Kata:
Kedatuan: Kerajaan. Pedatuan: Pemerintahan tradisional yang terdiri dari beberapa marga. Ketika bersatu dengan pemerintahan yang besar sama halnya dengan Kabupaten/Kotamadia. Marga: Pemerintahan tradisional asli masyarakat Melayu yang mendiami Pulau Sumatera bagian Timur meliputi, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung. Terdiri dari beberpa Talang-Talang (Desa).

Datu: Pemimpin Talang atau Jurai Tue atau Kepala Desa. Depati: Gelar pemimimpin marga/pedatuan. Puyang: Gelar kehormatan apabila untuk seorang pemimpin. Dataran Negeri Bukit Pendape: Kawasan tradisional masyarakat yang mendiami disepanjang aliran Sungai keruh sampai ke Bukit Pendape (Marga Sungai Keruh).

Pibang: Senjata tradisional masyarakat di Kawasan Dataran Negeri Bukit Pendape. Pibang Kidau: Pibang yang seukuran pisau di selipkan di pinggang kanan dan dicabut dengan tangan kiri saat penggunaan sewaktu bertarung.

Pibang Kanan: Pibang yang seukuran pedang yang dilekatkan di pinggang kiri dan dicabut tangan kanan saat penggunaan (bertarung). Benca. Tempat penampungan air alami yang berbentuk seperti sungai kecil. Lebung: Jenis penampungan air alami, tapi ukuran lebih kecil dari danau.

Catatan:
Dongeng ini versi masyarakat Sungai Keruh (Dataran Negeri Bukit Pendape). Kemungkinan ada cerita yang berbeda adalah wajar sebab dunia kesusastraan berkembang dan milik semua orang. Perbedaan bukan masalah namun ajaran dan hikmanya yang kita ambil dalam membangun masyarakat.

Sy. Apero Fublic

2/16/2020

Jawaban Mengapa Hijab Muslimah Dibenci

Apero Fublic.- Dunia begitu memusihi Islam. Bukan hanya kelompok-kelompok di luar Islam saja. Terkadang ada juga kelompok orang Islam sendiri yang memusuhi kelompok Islam itu sendiri. Seperti kita ketahui sejarah diawan abad ke 20 Masehi. Bagaimana orang Arab Islam membantu Inggris untuk menghancurkan pasukan Kesultanan Turki Usmani di Palestina. Orang Arab begitu bahagia saat mereka melihat pasukan Turki Usmani tertembak, hancur dan kalah.

Sebelum mati pasukan penjaga Palestina mengucapkan dua kalimat syahadat. Sedangkan orang-orang Arab tersenyum puas. Di Indonesia ada prilaku terorganisir dari kelompok tertentu memunculkan isu cross hijaber dan isu penculikan dengan memakai hijab besar. Hijab selalu terus digunakan untuk menyerang muslimah di dunia.

Pada zaman sekarang kebencian kaum diluar Islam terus ditunjukkan. Masalah yang paling krusial adalah masalah hijab. Kalau di Indonesia kelompok hijab lebar dan bercadar yang paling dibenci. Kalau di luar seluruh bentuk hijab muslimah dibenci. Baik hijab sederhana atau hijab cadar (niqab). Muslimah yang paling diserang adalah muslimah yang tampil di acara-acara yang dilihat public secara luas, misalnya event olah raga.

Yang menjadi pertanyaan mengapa hijab selalu diserang dan tidak disukai. Jawabnya adalah karena apabilah muslimah menjadi wanita yang baik-baik semua. Apa lagi di negara Indonesia yang besar. Maka Indonesia akan menjadi negara yang hebat dan jaya. Industri kondom, industri miras, industri club malam, industri hotel dan pelacuran akan hancur di Indonesia.

Kemudian akhlak dan moral bangsa Indonesia atau bangsa orang Islam akan menjadi baik dan maju. Hal demikian sangat ditakuti oleh kelompok tersebut. Karena hegemoni Islam sangat kuat. Yang terkecil dari dampak baiknya moral muslimah adalah laki-laki mata keranjang, laki-laki hidung belang, laki-laki kanji (kanji istilah laki-laki yang selalu berpikir mesum dan berupaya mudah merendahkan wanita), dan berotak kotor kesulitan mencari korban dan kesulitan mencari teman wanita untuk berbuat tidak senono.

Kaum muslimah harus kuat dan sabar. Sebab hijab mereka sangat efektif melindungi diri. Laki-laki mesum dan berotak kotor benar-benar mati kutu apabila berhadapan dengan muslimah yang berhijab dengan baik dan berakhlak baik. Di media-media memang hujatan dan kebencian pada muslimah shalehah memang digembor-gemborkan.

Tapi secara kenyataan masyarakat Islam tahu kalau itu hanyalah sandiwara palsu. Adanya hari free hijab day di Indonesia jangan diperdulikan. Maksud mereka yang memunculkan kontroversial seperti itu. Supaya Islam di Indonesia tidak menguat. Ideologi negara Islam tidak menguat. Sesungguhnya tidak begitu cara mempertahankan negara-bangsa dan ideologi Pancasila. Berikan pengertian yang baik dan benar. Apa dan mengapa harus berpancasilah. Bukan mengecam dan menyerang hijab muslimah, teriak radikal. Cara yang sangat ketinggalan zaman dan tidak bermutu. Penyerangan keyakinan orang seperti itu. Seharusnya pemerintah mengambil langkah hukum. Sebab pemerintah harus melindungi hak beragama rakyatnya.

Kaum muslimah harus memperjuangkan hak untuk bebas berhijab. Memiliki perlindungan dari perlakuan rasis, intimidasi dan sabotase dari kelompok tertentu tentang hijab. Memiliki hak berhijab saat ikut kompetisi olah raga atau event apapun. Hak menutup aurat ditempat bekerja walaupun perusahaan milik non muslim. Baik itu, di negara muslim atau di negara non muslim. Di tingkat nasional dan internasional. Hak menutupi aurat adalah HAM untuk muslimah. Kaum muslimah harus memperjuangankan hak menutup aurat di tempat umum. Baik itu ditingkat nasional, atau ke tingkat dunia, PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Pada foto scinsut (wolipop), di atas menjelaskan atlet muslimah berhijab di diskualifikasi karena tidak mau melepas hijab. Kaum tersebut berusaha menghancurkan keimanan muslimah. Tapi alhamdulillah, Adik Miftahul Jannah (Asian Para Game, 2018), dan beberapa atlet muslimah tetap istiqomah dan tidak kalah oleh dunia. Seandainya mereka melepas hijabnya. Maka mereka akan sangat bahagia karena hijab bukan suatu yang berarti bagi muslimah. Hijab akan dilecehkan oleh dunia mereka. Mereka menilai hijab adalah lelucon dan permainan saja. Yang menjadi pertanyaan mengapa banyak atlet muslimah berhijab di diskualifikasi pada event olah raga internasional?.

Pertama, mereka ingin memberi pemahaman bahwah hijab menghalangi karir wanita. Kedua, mereka tidak ingin dakwah Islam kuat dan jangan sampai Islam dikenal baik, dikenal toleran, dikenal menyatu dengan apa pun. Mereka ingin Islam dikenal dengan sesuatu yang tidak baik saja, yaitu teroris, ISIS, radikal dan lainnya. Ketiga, mereka hendak menghancurkan muslimah beriman. Sebab muslimah beriman adalah tonggak kebangkitan Islam. Keempat, mereka memang membenci Islam. Kelima, mereka ingin memberi kesan kalau muslimah berhijab bukan karena keyakian, bukan karena keinginan sendiri, bukan karena Allah. Tapi muslimah didoktrin atau di paksa dalam memakai hijab.

Dalam permasalahan atlet judo. Mereka beralasan keselamatan atlet. Dimana dalam beladiri judo ada teknik choke yang menyerang leher untuk mencekik. Sehingga dalam pertandingan atlit berhijab bisa meninggal dunia.

Benarkah demikian??? Apakah dalam sebuah pertandingan harus mencekik sampai mati??? Apakah dalam pertandingan olah raga serangan harus mematikan??? Apakah tidak punya standar pada olah raga judo. Misalnya pada olah raga tinju, dimana atlet tidak boleh memukul kepala bagian belakang dan kemaluan. Tidak boleh menyerang menggunakan kaki. Hanya memukul bagian depan dengan tangan. Bukankah standar keamanan itu perlu diterapkan. Wasit yang siap siaga agar pertandingan tidak boleh melampaui batas. Dengan demikian apa bilah menilik hal-hal seperti ini. Maka kaum muslimah harus bangkit dan memperjuangkan Hak menutup aurat dimanapun dan kapanpun di dunia ini.

#Menjadi salehah bukan berarti anti pancasila, anti demokrasi. Bercadar bukan berarti radikal. Sebab moral dan akhlak nomor satu dalam pembangunan sebuah bangsa. Islam yes khilafah no, slogan yang baik. Muslim sejatai, memperjuangkan agamanya dan menjaga bangsanya.


Oleh. Tim Apero Fublic.
Palembang, 16 Februari 2020.

Sy. Apero Fublic

2/15/2020

MaskerTradisional Herbal di Produksi Dari Arang Bambu, Kaktus dan Lumpur Jeju

Apero Fublic.- Kami perkenalkan produk masker wajah sedang populer di Indonesia. Masker yang terbuat dari bahan-bahan alami ini sangat cocok dalam perawatan wajah untuk semua jenis kulit. Masker praktis ini tidak perlu menunggu lama perawatannya. Cukup membutuhkan waktu sepuluh sampai lima belas menit saja sudah memberikan hasil yang sangat luar biasa.

Lacoco "Amazonian Charcoal Glow Mask" adalah produk ini dipormulasikan dengan arang bambu, kaktus, dan juga lumpur pulau jeju. Masker ini membantu membersihkan kulit dan pori-pori dengan efektif dan menyerap minyak berlebih tanpa membuat kulit jadi kering. Dilengkapi dengan butiran scrub aprikot yang dapat mengangkat sel kulit matiserta mencegah penyumbatan pori, sehingga kulit terlihat lebih cerah. Dapatkan sensasi kulit yang lembut dan halus setelah pemakaian. Cocok untuk kulit normal dan berminyak.

Manfaat, membantu membersihkan kulit dan pori-pori. Membantu menyerap minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering. Membantu mencegah penyumbatan pori sehinngga kulit terlihat cerah. Memberikan sensasi lembut dan halus pada kulit.

Kandungan-kandungan alaminya seperti arang bambu aktif dapat menyerap bakteri, kotoran, dan minyak berlebih pada kulit wajah. Untuk lumpur Jeju dapat mengangkat sebum dan sel kulit mati, melembutkan serta menyegarkan kulit wajah. Apricot Scrub mencegah penyumbatan pori dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan teh hijau sebagai anti oksidan dan juga dapat melembabkan kulit wajah. Kegunaan buah kaktus sebagai suplemen vitamin C yang berfungsi melembabkan dan mencerahkan wajah.

Cara pemakaian, cukup aplikasikan pada kulit wajah dan leher yang bersih dan kering. Hindari daerah dekat mata. Setelah itu tunggu 10 sampai 15 menit hingga masker mengering dan warna berubah menjadi lebih terang. Kemudian bilas wajah anda dengan air hingga bersih.

Netto. 50 ml.
Badan POM NA 18180200427.
Tertarik dengan produk unggulan ini. Hp/Wa: 089607544565.

Oleh. Ramadhani. S.Hum.
Editor. Desti. S.Sos
Palembang, 16 Februari 2020.
Sumber. Katalog produk PT. Natural Nusantara.

Sy. Apero Fublic

Muslimah. Selamatkanlah Peradaban dan Umat Ini.

Apero Fublic.- Membela Islam bukan berarti radikal atau anti Pancasila. Muslim membela Islam berarti kita membela moral, memperjuangkan kebaikan di tengah masyarakat. Kita memperjuangkan kehidupan yang islamis untuk membantu manusia hidup dalam kebahagiaan. Kaum muslimin harus kuat dan tetap berjuang menegakkan ajaran Islam.

Jangan pernah goyang hanyak karena cercaan radikal, ejekan kadrun, atau lainnya oleh kelompok tertentu atau aliran paham tertentu. Hal pertama untuk menjaga kebaikan moral dan akhlak ditengah kalangan umat Islam adalah perbaikan dan penjagaan akhlak muslimah-muslimah. Muslimah harus kuat dalam mengikuti tuntunan ajaran Islam. Terutama dalam hal menutup aurat dan menjaga kehormatan diri.

Rusaknya kaum wanita di Indonesia. Pertama, disebabkan pacaran yang tidak lagi memakai norma-norma. Kalau sebelumnya pacaran ditolelir karena hanya sebatas berteman saja. Tapi ketika pacaran sudah melampaui batas maka pacaran harus ditinggalkan. Kedua, pengaruh materi gaya hidup yang ingin dilihat gaul, keren dan moderen. Ketiga, sebab pengaruh kesusastraan. Seperti film forno, novel forno, forno grafi dan sebagainya.

Masa awal pacaran hanyalah suatu interaksi persahabatan biasa antara laki-laki (bujang) dan perempuan (gadis). Namun seiring waktu, sistem pacaran yang sebatas saling mengenal tadi, berubah. Dari hanya persahabatan biasa menjadi perzinahan. Pemikiran orang pacaran saat ini.

Para gadis menjadi milik pacar seakan seperti suami istri. Melayani nafsu sang pacar. Mereka memang merasa hal itu harus dilakukan keduanya sebagai tanda pacaran atau bukti cinta. Dari itulah, sekarang pacaran identik dengan perzinahan dan mesum. Namun sedikit bersyukur, wanita di daerah-daerah masih menjaga kehormatan mereka.

Sesungguhnya pacaran disertai zinah dan mesum tidak ada pada budaya asli Indonesia. Sistem pacaran seperti itu meniru dari kebudayaan Barat. Sebab orang barat atau non muslim tidak memiliki sistem kehormatan pada wanita mereka. Mereka tidak mempunyai malu dalam hal urusan perempuan. Kebudayaan destructif ini masuk kedalam kesusastraan Indonesia. Dibawa oleh kelompok mereka dengan kepentingan bisnis. Celaka, yang ditiru kemudian oleh orang Indonesia kebanyakan tidak terkecuali oleh orang muslim adalah hal buruknya.

Kaum muslimah segerahlah kembali ke Islam. Selamatkan umat dan selamatkan kami kaum laki-laki dari fitnah akhir zaman ini. Peradaban sesungguhnya bukan berpusat pada laki-laki, tapi berpusat pada kaum wanita. Oleh karena itu, bersegerahlah kalian memperbaiki diri. Didik anak-anak kalian dengan akhlak agama. Jangan sampai rusak umat kita, Islam. Jangalah pulah kaum muslimah mengikuti kehendak kelompok jahat. Tetaplah terus berhijab dan beristiqomah dalam akidah Islam. Jihadlah dengan memakai hijab dengan istiqomah.

Hal pertama, yang merusak kaum muslimah adalah pacaran. Usahakan agar tidak lagi membudayakan pacaran. Banyak muslimah menjadi menderita sebab pacaran, hamil di luar nikah. Kadang ada yang dibunuh pacar karena tidak mau bertanggung jawab karena hamil. Gadis muslimah hilang kehormatannya. Kaum muslimah mari, kita bangun dunia Islam. Biarlah dunia mereka yang memuja kebebasan, memuja materi dan memuja maksiat tetap mereka anut. Jangan sampai kita kaum muslim mengikuti.

Hendaklah kita sebagai kaum muslim tetap berada di dalam lingkar Islam. Sedangkan dunia mereka biarlah tetap dunia mereka. Mereka mau berzinah, mereka mau maksiat atau mereka berbuat makar pada Allah, biarkan saja urusan mereka. Kita buktikan saja, dunia mana yang lebih baik. Satu pesan lagi, kaum muslimah kembalilah pada Islam dan adat istiadat bangsa kita yang menjunjung tinggi norma-norma susilah. Jangan kalian mengikuti seseorang. Tapi ikuti Al-Quran dan sunah Rasulullah SAW. Musuh Islam sangat banyak, bahkan sesama orang Islam saja kadang saling memusuhi.

Jangan sampai kehancuran terjadi. Saat kalian menjaga diri kalian berarti kalian menjaga semuanya. Menjaga pancasila, menjaga keluarga, mejaga masyarakat, menjaga laki-laki, mejaga orang tua, menjaga suami-suami kalian dari perzinahan, menjaga bangsa ini, menjaga agama ini, menjaga akidah manusia, menjaga iman para pemuda dan yang paling utama adalah menjaga kaum kalian sendiri. Semuanya tergantung pada kalian, muslimah.

Apabila orang berkata alasan pacaran supaya rumah tangga dapat bertahan lama adalah bohong. Lihat saja berita dari iNews.id di atas. Angka perceraian itu, dalam beberapa waktu saja di satu kota, belum kota-kota lainnya. Sepanjang tahun 2018 ada setengah juta pasangan bercerai di Indonesia. Benarkah sistem pencarian jodoh dengan pacaran membuat keluarga bertahan lama?.

Pertentangan dunia adat dalam pernikahan di Indonesia pada masa lalu; yang dijodohkan atau lamaran. Ketika munculnya novel Siti Nurbaya. Sastra itu, lahir di zaman Belanda. Dan Belanda berkepentingan merusak norma-norma susilah di Indonesia. Belanda ingin kebiasaan atau budaya orang Barat (Belanda) juga diikuti oleh orang Indonesia.

Misalnya berzinah hal biasa saja, sama seperti budaya mereka. Dengan maksud agar norma adat dan budaya asli orang Indonesia rusak. Tapi yang paling diserang adalah Islam, agar rusak. Kita semua tahu, bagaimana perzianahan, kumpul kebo, dan bersentuhan laki-laki dan wanita bukan mahrom tidak mengapa bagi dunia Barat.

Bertahannya rumah tangga bukan diukur pacaran atau tidaknya saat mereka menikah. Tapi diukur dari kedewasaan berpikir dan akhlak masing-masing pasangan.

Praktek aborsi yang baru beberapa bulan dibuka. Para pembunuh anak sudah antri sebanyak 1632 wanita. Mengapa mereka mau membunuh anak di dalam rahim mereka. Karena anak tidak berdasarkan ikatan sah, hasil berzinah yang dari unsur pacaran dan pelacuran.

Kalau seorang wanita hamil secara baik-baik tidak akan mungkin dia mau membunuh anaknya. Kecuali aborsi yang berdasarkan ketentuan hukum, misalnya untuk menyelamatkan si wanita. Terkadang wanita baik dia lebih baik mati daripada mengorbankan kandungan mereka.

Tapi ada wanita yang mau membunuh anak di dalam rahim mereka. Buruknya kaum wanita sebab diri berdosa. Sekejam itu mereka membunuh anak mereka. Kalau sudah demikian, kaum wanita sudah lebih buas dari harimau. Harimau memakan manusia, tapi tidak membunuh anak-anak mereka.

Namun bagi orang jahat (pembenci Islam) hal demikian bukan menjadi kritik bagi mereka. Tapi mereka merasa gembira sebab mereka ingin Islam hancur. Mereka ingin dunia menjadi seperti kemauan mereka, liar seperti hewan-hewan. Tanpa aturan dan norma-norma. Muslimahlah, harapan umat satu-satunya.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S. Sos.
Palembang, 16 Januari 2020.
Sumber dan sumber foto. Kompas TV. dan Inews.id.

By. Apero Fublic

2/14/2020

Latar Belakang Pendirian Israel Oleh Zionis dan Sekutu

Apero Fublic.- Mungkin kita merasa bingung dengan keadaan dunia sekarang. Dimana Amerika Serikat yang mengaku polisi dunia?. Begitupun dengan masyarakat Inggris secara tidak resmi mendukung separatis Papua (KKB). Lalu diikuti masyarakat Australia dan Belanda. Mereka berteriak HAM dan mendukung kelompok separatis tersebut. Padahal mereka tahu dengan akal sehat kalau Indonesia adalah pewaris Pemerintahan Kolonial Belanda yang sudah diakui mereka berabad-abad lamanya. Tapi mereka bersemangat mendukung.

Tapi ketika diarahkan ke Palestina mereka acu tak acu. Pura-pura tuli dan pura-pura buta. Tidak ada tuntutan sidang HAM di Belanda untuk orang Yahudi-Israel. Mereka seakan tidak tahu dan seolah buta terhadap HAM dan pelanggaran HAM di Palestina. Berbeda kalau itu terjadi di Indonesia. Suara mereka sangat keras dan lantang. Teriakan mereka pada Muslim Xinjiang begitu digembar gemborkan mereka. Sebab mereka berkepentingan untuk menjatuhkan Cina.

Mungkin diantara kita bertanya-tanya. Mengapa di Ameriak Serikat selalu ada Presidennya yang keras untuk mendukung Yahudi-Israel?. Padahal sangat jelas kalau orang Yahudi itu datang dari luar Palestina. Mengapa mereka tidak pernah berbuat banyak pada Palestina. Amerika Serikat dan Sekutu diam-diam saja, mendukung. Padahal di Palestina pembunuhan dan perampasan tanah secara biadap terjadi tapi mereka diam saja. Tidak ada sangsi-sangsi dan tekanan pada Israel. Berikut ulasannya.

Tahun 1896 Dr. Theodor Herzl penduduk asli Budapest dan koresponden Paris untuk Neue Freie Presse di Wina memberikan pembukaan politik bagi Zionisme. Dia menulis “karakter bangsa kami dalam sejarah sangat terkenal, dan meskipun ada penurunan. Penurunan itu terlalu halus untuk menginginkan pelenyapannya. Nasionlitas Yahudi yang sangat jelas, tidak mau, dan tidak boleh dihancurkan.” Pada tahun 1897 Herzl menerbitkan majalah mingguan Die Welt sebagai sarana resmi bagi polemik Yahudi-Zionisme. Tahun 1904 Herzl meninggal dunia, namun idenya terus berkembang.

Tahun pembukaan Konferensi Perdamaian di Paris, delegasi Zionis yang kuat hadir, baik dari Inggris maupun dari Amerika Serikat. Mereka berhasil menarik perhatian delegasi lainnya. Pada 25 April 1920 Dewan Tertinggi  Sekutu memberikan mandat atas Palestina kepada Inggris. Pada 22 Juli 1922 Inggris secara formal dinyatakan sebagai penguasa mandat yang disahkan oleh LBB (Liga Bangsa-Bangsa).

Mandat itu dengan tugas menyediakan bagi bangsa Yahudi tempat tinggal nasionalnya di Palestina, yang memasukkan ke dalam teksnya (Deklarasi Balfour). Pemerintahan mandat ini bertanggung jawab atas atas pengembangan kelembagaan pemerintahan sendiri. Ada pengakuan suatu Agen Yahudi dan bekerjasama dengan pemerintahan mandat.


Sir Herbert Samuel, tokoh terkemuka Inggris-Yahudi, bukan Zionis diangkat sebagai komisaris tinggi pertama bagi Palestina. Politik kamuplase sekutu yang sangat jitu dalam mendukung Zionis-Yahudi dalam pendirian Israel sekarang. Saat itu orang Yahudi hanya berjumlah 55.000 orang saja (1920).

Zionis Yahudi menggunakan tameng sekutu untuk masuk ke Palestina. Kemudian berlindung di belakang Pemerintahan Mandat Inggris di Palestina. Selama Inggris berkuasa di Palestina. Inggris menjadi perisai orang-orang Yahudi untuk menguasai Palestina. Semasa Yahudi belum kuat di Palestina. Inggris selalu menjadi penengah dan berpura-pura netral. Sehingga orang-orang Yahudi terus terlindungi sampai mereka memiliki kekuatan penuh.

Orang-orang Palestina tidak menyadari manuver Ingris yang menyokong Yahudi. Mengapa di katakan demikian. Karena pemerintahan Inggris dan LBB tahu dan merestui pendirian negara Nasional Yahudi di Palestina. Inggris menjalankan politik menentramkan untuk mencegah pemberontakan Arab. Karena waktu itu masyrakat Arab masih sangat terbelakang. Sehingga mereka menjadi bulan-bulanan politik moderen Inggris. Bahkan sampai sekarang (2020) masyarakat di Timur Tengah menjadi bulan-bulanan politik sekutu.

Menjelang pecahnya perang Dunia II. Melalui Dr. Weizmann, dengan alasan untuk siap berdampingan dengan demokrasi dan Inggris. Mereka menuntuk agar diciptakan militer Yahudi merdeka bagian dari tentara sekutu. Tapi Inggris masih mengumumkan secara umum, menerima dari kalangan Yahudi dan Arab.


Baru pada tahun 1944 inggris menyetujui pembentukan brigade Yahudi. Pasukan sukarela, dan pasukan yang dibentuk Inggris inilah kemudian akan menjadi cikal bakal tentara Yahudi. Politik ini dilakukan Yahudi untuk mendukung kemenangan sekutu terhadap Nazi-Jerman. Karena orang Yahudi masih memerlukan tenaga dan manfaat bersama Inggris dan Sekutu.

Pada 11 Mei 1942 Organisasi Zionis Amerika yang dilakukan oleh Zinonis Amerika bersidang di New York dan menghasilkan Program Biltmore yang diajukan oleh David Ben Gurion, ketua Komisi Eksekutif Agen Yahudi. Program Biltmore yang diajukan berisi tiga poin.
1. Pendirian negara Yahudi yang mencakup seluruh Palestina.

2. Pembentukan militer Yahudi.

3. Penolakan naskah putih 1939 dan diteruskannya imigrasi tak terbatas ke Palestina yang tidak hanya diawasi oleh Inggris tapi juga diawasi oleh Agen Yahudi.


Pada bulan Oktober 1946 Presiden Truman menegaskan kembali menghimbaunya bagi izin 100.000 Yahudi terlantar. Organisasi Yahudi Dunia yang menyokong politik “keras kepala” terhadap Inggris. Para pemimpin Zionis Amerika Serikat didukung kaum revisionis, dalam Kongres Zionis Dunia di Basel (Desember 1946) mengecam politik “menentramkan” dan menganggap kekuasaan Inggris di Palestina ilegal. Zionis Amerika Serikat tetap bersikeras untuk mendirikan negara Yahudi di seluruh wilayah Palestina.

Kalau kita perhatikan dizaman sekarang. Ketika pembantaian warga Palestina oleh orang-orang Yahudi-Israel tetapi dunia tidak dapat berbuat apa-apa. Dunia cenderung membiarkan Israel merampas tanah-tanah orang Palestina. Tapi dunia barat terutama Amerika Serikat seakan tidak peduli. Tanah Palestina semakain kecil dan kecil diambil paksa dijadikan pemukiman Yahudi-Israel. Karena memang pada awalnya kemunculan Yahudi di Palestina di dukung oleh dunia Barat.

Apabila kita menyaksikan Presiden Amerika Serikat sekarang, Donald Trum dengan sesuka hatinya memutuskan apa-apa mengenai Yerusalem dan Palestina secara umum. Apabila kita mengetahui betapa berambisinya Zionis Yahudi di Amerika Serikat sejak dahulu sampai sekarang adalah hal yang wajar.


Patut diakui kehebatan Zionis Yahudi, mereka mampu menggunakan tenaga-tenaga kuat negara-negara barat. Pertama kekuatan Inggris, kemudian kekuatan Amerika Serikat sampai sekarang. Masyarakat dunia tidak mempermasalahakan orang Yahudi. Tapi mempermasalahkan dan mengecam Amerika Serikat dan Inggris.

Dunia selalu menyerukan pembentukan dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Namun selalu ditolak oleh Israel yang berhaluan keras. Andai Naskah Putih diajukan Inggris, dijalankan. Maka di tanah Palestina sekarang telah tumbuh sebuah negara demokrasi yang didiami tiga pemeluk agama dengan rukun; Islam, Kristen dan Yahudi.

Menjawab pertanyaan diatas adalah, karena memang semua yang terjadi di Palestina memang program mereka jangka panjang. Bukan orang barat kalau tidak berbuat sesuka hatinya. Coba kalau kita bandingkan dengan kasus Timor-Timur atau Timur Leste. Belum sampai dua tahun sudah lepas dari Indonesia akibat tekanan mereka (Sekutu).


Bahkan tentara Australia yang bertugas sebagai pasukan perdamaian. Sangat berani dan kurang ajar menembak prajurit TNI yang sedang beristirahat dan saat sedang mengambil kayu untuk membuat tenda pengungsi. Luka ini tidak akan pernah terlupakan oleh rakyat Indonesia.

Tim. Apero Fublic.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 14 Februari 2020.

Sumber. George Lenczowski. Timur Tengah Di Tengah Kancah Dunia. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1993.

Sy. Apero Fublic

2/13/2020

Masker Herbal Pelindung dan Perawatan Wajah

Apero Fublic.- Lacoco "water melon glow mask" adalah masker dengan ekstrak semangka dan pisang untuk membantu merawat wajah saat tidur. Kandungan vitamin A dan kadar air yang tinggi dari semangka memberikan kelembaban di pagi hari sekaligus mencegah penuaan dini pada wajah. Potasium pada pisang akan memberikan efek cerah alami pada wajah. Dapatkan kulit cerah bercahaya setiap pagi. cocok untuk semua jenis kulit.

Manfaat: Membantu perawatan wajah saat tidur. Memberikan kelembaban pada wajah. Membantu peremajaan kulit dan penuaan dini pada wajah. Memberikan efek cerah alami pada wajah. Mengencangkan kulit serta mengurangi warna kemerahan pada kulit. Membantu menyeimbangkan pH pada kulit wajah. Cara pakai sangat praktis sekali. Gunakan masker setelah rangkaian perawatan wajah dan biarkan semalaman. Pagi hari baru dibilas dengan air bersih.

Netto: 50 ml
Badan POM NA 18180200239.
Kontak. Hp/Wa: 089607544565.

Oleh. Alvin A.T. S.Hum.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 13 Februari 2020.
Sumber. Katalog produk PT. Natural Nusantara.

Sy. Apero Fublic

Rencong. Senjata Tradisional Masyarakat Aceh

Apero Fublic.- Rencong sebagai benda pusaka yang bernilai dalam masyarakat Aceh. Rencong senjata tradisional yang dipergunakan oleh seluruh masyarakat Aceh. Baik yang tinggal di daerah Aceh atau yang sudah merantau. Rencong adalah sahabat masyarakat Aceh. Ada tiga fungsi rencong dalam kehidupan masyarakat Aceh. Pertama, rencong sebagai senjata.

Baik untuk senjata mempertahankan diri atau senjata perang. Kedua, senjata rencong sebagai senjata adat atau senjata perhiasan dan perlengkapan budaya. Seperti saat menari (saudati dan ratoh) dan kegiatan kebudayaan lainnya. Ketiga, rencong sebagai alat perkakas pengganti pelobang suatu benda. Misalnya kalau zaman rumah orang aceh berdinding pelepah daun rumbia. Maka rencong digunakan untuk melobangi bagian tertentu.

Senjata tradisional rencong dianggap senjata yang khusus bagi masyarakat Aceh. Rencong tidak digunakan untuk alat memotong sesuatu layaknya seperti pisau atau benda tajam lainnya. Rencong baru digunakan apabila sudah sangat diperlukan. Pada dasarnya setiap orang Aceh memiliki sebilah rencong sebagai senjata pendamping hidup.

Sejak mereka berumur delapan belas tahun memiliki rencong. Walau rencong tidak dibawa bepergian kemana-kemana seperti zaman dahulu. Rencong menjadi simbol perlawanan masyarakat Aceh saat masa penjajahan. Rencong juga dianggap sebagai senjata sakti. Karena kentalnya budaya rencong  membuat Aceh dijuluki tanah rencong.

Pada awalnya rencong hanyalah senjata sederhana dengan bentuk sederhana. Kemudian masuk agama Islam sekitar abad ke delapan Masehi. Memberikan pengaruh terhadap perkembangan senjata tradisonal rencong. Masa perkembangan Islam rencong berevolusi menjadi senjata yang sempurnah, semasa Kesultanan Pasai. Rencong menjadi populer ketika digunakan sebagai senjata perang oleh Sultan Ali Mugayat Syah (1514-1528).

Pengaruh Islam yang sudah sangat kuat pada masyarakat Aceh. Membuat pengaruh khas pada rencong. Rencongpun kemudian didesain sesuai dengan kebudayaan Islam. Filosofis rencong diambil dari kalimat basmallah. Gagang rencong membentuk setengah hurup Ba. Bujuran gagang tempat genggaman peniruan hurup sin.

Bentuk lancip yang menurun kebawah pada pangkal besi dekat gagang merupakan bentuk hurup Mim. Lajur-lajur yang runcing dari pangkal gagang hingga dekat ujungnya merupakan aksara Lam. Ujung-ujung yang runcing dengan datar sebelah atas mendatar dan bahagian bawah yang sedikit melekuk keatas merupakan aksara Ha. Rangkaian dari aksara Arab, Ba-Mim-Lam-dan Ha adalah wujud dari kata Basmallah.

Senjata tradisional rencong dikenal lima jenis. Rencong pertama adalah jenis rencong secara umum. Jenis rencong kedua Rencong Meupucok, Rencong Meocugek, Rencong meukuree, Rencong Pudoi. Pada masa lampau pembuatan rencong sangat indah. Ada rencong yang berhulu dan bergagang berlapis emas, berukir kalimat dua kalimat syahadat
Foto Rencong Meupucok koleksi Museum Negeri Aceh. 1981.
Foto Rencong Pudoi. Koleksi Museum Negeri Aceh. 1981.
Foto Rencong Meucugek. Koleksi Museum Negeri Aceh. 1981.


Pada gambar paling atas sepasang pengantin dengan busana tradisional Aceh. Saat itu pengantin laki-laki menyelipkan rencong di pinggangnya sebagai simbol adat dan penggunaan fungsi dari rencong.

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Sos
Palembang, 13 Februari 2020.
Sumber. T. Syamsudin dan M. Nur Abbas. Seri Penerbitan Museum Negeri Aceh. Reuncong. Banda Aceh, 1981.


Sy. Apero Fublic