5/19/2022

Mengenal Pelaku Sejarah Yang Hadir Saat Penyusunan-Penandatanganan Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (1945).

APERO FUBLIC.- Selama ini, kita hanya akrab dengan pembaca teks proklamasi saja yang kita kenal Dwi Tunggal, yaitu Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohamad Hatta. Bahkan kita tidak banyak tahu kalau yang mengetik naskah seorang pemuda bernama Sayuti Melik. Dalam benak kita hanya sosok presiden dan wakilnya saja yang terbayang.

Namun, dibalik semua itu ada orang-orang yang hadir dan turut berperan serta langsung atau tidak langsung. Berikut nama-nama pejuang yang hadir dalam peristiwa itu. Naskah Proklamasi Kemerdekaan disusun oleh Presiden Soekarno, Mohamad Hatta dan Achmad Subardjo.

Berikut nama-nama yang hadir saat itu, Ir. Soekarno, Drs. Mohamad Hatta, Achmad Subardjo, Dr. Rajiman Wadyodiningrat, M. Sutardjo Kartohadikusumo, Mr. Iwa Kusuma Sumantri, Abikusno Cokro Suyoso, Dr. Buntaran Martoarmodjo, Oto Iskandar Dinata, Profesor. Dr. Mr. Supomo, Ki Hajar Dewantara, Sukarjo Wirjopranoto, Ki Bagus Hadikusumo, Dr. Sam Ratulangi, Mr. Johanes Lahahary, Mr. I Gusti Ratutripujo, Dr. Samsi, Dr. Mohamad Amir, Mr. Teuku Mohamad Hasan, Mr. A. Abas, Hamidhan, A.A. Rivai, Andi Pangeran, Andi Sultan Daeng Radha, Sudiro, Harsono Cokroaminoto, Sukarni, Chaerul Saleh, B.M. Diah, Sayuti Melik, Semaun Bakry.

Sumber dikutip dari Departemen Pertahanan dan Keamanan, Lembaga Penelitian dan Pengembangan HANKAM, Kejelasan Mengenai Pancasila dan Proklamasi, Jakarta Tahun 1968 pada halaman 76.

Rewrite: Tim Apero Fublic.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 20 Mei 2022.
Sumber: Wisnu Subagyo. Dr. Mohamad Amir: Karya dan Pengabdiannya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta, 1986.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment