Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

6/26/2021

NGAMURAU: Perempuan Yang di Jauhi.

APERO FUBLIC.- Ngamurau atau penyakit jiwa gila cemburu dalam bahasa Melayu Selapan dikenal dengan Kembuan. Selain cemburu yang tidak wajar, pengidap penyakit jiwa ngamurau juga selalu menaru curiga pada orang-orang. Sedikit-sedikit saja ada perempuan dan laki-laki berinteraksi dia sudah berpikir kalau mereka akan berhubungan intim.

Orang ngamurau menganggap rendah wanita, dia berpikir kalau wanita begitu mudahnya digauli lelaki lain. Atau laki-laki yang dia nilai selalu ingin menyetubuhi wanita setiap berinteraksi. Berikut ini, wanita atau orang-orang yang harus dijauhi apabila ada hubungan dengan orang ngamurau.

1.Istrinya.

Jauhi istri orang ngamurau atau gila cemburu, baik itu secara langsung dan tidak langsung. Tidak perlu Anda merasa tidak enak karena tidak menegur atau tidak membantu hal-hal kecil di sekitar rumahnya atau di jalanan. Misalnya istrinya rusak sepeda motor di jalan, tidak perlu di bantu.

Sebab Anda akan dicurigai sekali, mungkin katanya itu hanya sandiwara sebab Anda sudah berjanji bertemu dengan istrinya. Jangan mengantar istrinya dalam keadaan apapun. Jangan tersenyum apalagi sampai bercanda dengan istrinya. Karena itu akan mengundang kecurigaan pada Anda. Walau dia itu dari keluarga dekat Anda sendiri.

Apabila terpaksa bertamu kerumah orang ngamurau, jangan pergi kedapurnya dan usahakan cepat pulang. Kalau orang ngamurau tidak dirumah, jangan Anda mendekati rumahnya apa lagi sampai bertamu. Apa pun itu, jauhi sebisa mungkin Istrinya. Walau pun istrinya sudah tua dan tidak menarik lagi.

2. Pacar atau Kekasih.

Apa bilah kamu mengenal seorang wanita kekasihnya memiliki kecemburuan yang tidak wajar, jauhi saja. Pacar atau kekasih orang ngamurau juga tidak kalah penting untuk jauhi. Sama halnya dengan istri orang ngamurau.

Karena tingkat cemburu dan curiga sangat tinggi. Kalau kamu membaca berita, tentang seorang laki-laki membunuh seorang laki-laki lain. Karena dia berteman atau berjalan berdua di jalanan.

Mungkin indikasi faktor membunuh bukan karena cemburu buta, tapi disebabkan orang tersebut mengidap penyakit ngamurau atau penyakit jiwa gila cembur dan gila curiga tentang mesum. Ada kasus dimana orang ngamurau ini, masih menaruh rasa benci pada mantan pacar kekasihnya atau mantan pacar istrinya.

3.Anak

Kalau orang pengidap penyakit jiwa ngamurau sudah memiliki anak perempuan. Ada baiknya kamu juga menjauhi dan tidak perlu berlaku baik dan ramah. Tidak perlu tampak peduli dan hindari komunikasi langsung atau jangan sampai Anda berdua.

Misalnya mengantar anaknya ke suatu tempat, atau berjalan di suatu tempat walau kebetulan. Hal demikian akan timbul kecurigaan kalau-kalau Anda telah berbuat mesum dengan anak perempuannya.

4.Ibu

Jauhi ibu orang yang mengidap penyakit ngamurau atau gila cemburu. Walau ibunya sudah tua atau sudah nenek-nenek sekali pun. Walau Anda keluarganya sekali pun. Misalnya Anda cucu dari pihak wanita, jangan bertandang ke rumah nenek Anda ketika dia seorang diri. Sebap paman Anda yang mengidap ngamurau akan curiga.

Dia berpikir saat Anda bertamu, Anda melakukan hubungan intim dnegan ibunya. Padahal menurut akan sehat Anda itu biasa saja, mana mungkin. Sebab nenek Anda sudah tua dan berakal sehat. Nenek adalah orang dilarang digauli dalam Islam baik nenek pihak ibu atau pihak ayah. Siapa pun Anda, tetangga, ipar, cucu, harap menjauhi ibu orang ngamurau.

5.Saudari Perempuan

Pada tingkatan lebih rendah adalah saudari perempuan dari orang ngamurau. Dia juga akan menaruh curiga pada Anda. Walau anda masih berkeluarga usahakan juga menjauhi saudari perempuan orang yang mengidap penyakit jiwa ngamurau ini. Pola kecurigaan juga sama sebagaimana dia curiga pada yang lainnya.

Namun anehnya, orang ngamurau ini juga sangat suka mengganggu wanita lain. Dia berpikir bagaimana menikah lagi, memikat wanita lain dan mendapatkan wanita lain. Dia menganggap tidak mengapa kalau dia mempermainkan anak gadis orang, janda atau wanita lain. Walau disisi lain dia tidak dapat menerima apa bila wanita dalam keluarganya diganggu lelaki lain.

Apabilah tetangga kamu, saudara, teman, Anda adalah orang yang mengidap penyakit ngamurau. Lima wanita dalam kategori tersebut wajib kamu jauhi. Jangan sampai Anda terlalu sering berinteraksi atau sampai bercanda dan ramah. Kamu harus menjauh dan bersifat acuh serta tidak perlu memperdulikan wanita-wanita yang ada hubungan dengan orang ngamurau.

Karena orang ngamurau selalu mencurigai dan mudah mengambil kesimpulan kalau Anda akan berzina dengan wanita-wanita dalam keluarganya. Salah satu pikirannya yang selalu didorongnya adalah ingin membunuh istrinya atau membunuh orang yang dijadikan target ngamurau. Sangat ngeri dengan orang ngamurau ini, karena sifatnya demikian. Menuduh dan curiga tanpa bukti kalau wanitanya sudah gauli orang.

Pepatah Masyarakat Melayu: “Cemburu yang wajar adalah bagian dari akal yang sehat. Namun apabilah ngamurau (gila cemburu), jangan sampai.”

Oleh. Joni Apero.
Editor. Selita, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 27 Juni 2021.

Sumber: Observasi penulis dan cerita-cerita di tengah masyarakat di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Anda yang tertarik meriset atau meneliti lebih lanjut dengan penyakit jiwa ngamurau ini dapat melakukan studi di Kecamatan Sungai Keruh, atau dimana pun di Sumaetra Selatan asal pada penduduk Melayunya. Sebab penyakit jiwa ini belum terdeteksi dan belum ada laporan ilmiah. Sebab penyakit ini tersembunyi rapat, tapi dapat dilacak pada keluarga terdekat pengidapnya.

Artikel Terkait:

Sy. Apero Fublic

6/25/2021

GARDASOS: Bakti Sosial di SD Empat Tunggal

APERO FUBLIC.- PALEMBANG. Bakti Sosial sekaligus silaturahim bersama SD EMPAT TUNGGAL Palembang, hari Kamis (24 Juni 2021), komunitas GARDASOS datang berkunjung di SD EMPAT TUNGGAL Palembang untuk berbagi keceriaan bersama adik-adik disana.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu agenda yang dimiliki oleh GARDASOS,sesuai dengan slogan yang dimiliki yaitu Pemuda Tangguh, Peduli Sosial.

Tepat pada tanggal 22 Juni 2021 kami melakukan survei lapangan terlebih dahulu setelah mendapatkan informasi mengenai keberadaaan sekolah ini. Para anggota disambut dengan hangat oleh para guru disana.

Melihat kondisi gedung yang masih belum mencukupi untuk dijadikan tempat dan wadah dalam menutut ilmu, kami selaku pemuda pemudi indonesia merasa terenyuh, kondisi gedung yang hanya memiliki 4 lokak kelas, bealaskan dinding kayu yang terlihat sudah cukup rapu. Terlihat jelas sarang laba-laba  di hampir setiap sudut ruangan, butiran debu yang diatas meja dan kursih serta peralatan penunjang pelajaran yang seadanya.

Diketahui jumlah siswa yang bersekolah di SD EMPAT TUNGGAL Palembang berjumlah ± 50 siswa yang terdiri dari kelas 1 sampai 6. Melihat semangat siswa untuk bersekolah dengan kondisi gedung seperti itu menimbulkan rasa empati untuk berbagi ilmu dan keceriaan bersama mereka, sebelum libur panjang semester dimulai.

Adapun kegiatan yang dilalukan selama bakti sosial yaitu bercerita dan berbagi ilmu pengetahuan yang diisi langsung oleh para anggota GARDASOS, dilanjutkan dengan kegiatan mewarnai yang mana mewarnai merupakan salah satu bentuk kegiatan yang bisa mengembangkan kreatifitas anak dan media dalam mengepresikan diri, serta meningkatkan fokus anak.

Harapan GARDASOS semoga semangat dari adik-adik SD EMPAT TUNGGAL terus berkobar layaknya api abadi.  Masih terbekas dalam ingatan,ada salah satu siswa bernama Marsel yang memiliki cita-cita mulai yaitu berkeingin menjadi dokter hewan begitu dewasa nanti. Dengan wajah polosnya namun tetap telihat ketulusan hati pada saat mengucapkan keinginannya untuk membantu hewan-hewan sakit.

Terimakasih SD EMPAT TUNGGAL atas pengalaman untuk hari ini serta mau berbagi dan membagi  ilmu serta rasa suka kepada GARDASOS.

Oleh. Lidya Dwi Febrianti.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 25 Juni 2021.
Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora, Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic

Pemkab Musi Banyuasin Perjuangkan Bantuan Perahu untuk Nelayan

Komisi II DPRD Sumatera Selatan Serap Aspirasi Pemkab dan Warga Musi Banyuasin.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan reses di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Reses digelar guna menyerap aspirasi warga dan Pemkab Muba untuk dimasukan dalam anggaran pembangunan tahun 2022.

Kedatangan Ketua, Wakil dan anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumsel beserta rombongan disambut langsung oleh Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, di Rumah Dinas Wakil Bupati Muba, Jum'at (25/6/2021).

"Selamat datang di Bumi Serasan Sekate kami ucapkan kepada rombongan Komisi II DPRD Provinsi Sumsel. Terima kasih telah memilih Kabupaten Muba untuk dikunjungi, kami berharap kiranya nanti ada dorongan anggaran untuk membantu Pemkab Muba dalam membangun Kabupaten Muba," ucap Beni.

Dikatakan Beni, dalam sektor perikanan, Kabupaten Muba memiliki alur sungai hampir 1500 km, sangat luas bentang alur sungai Musi yang melewati daerah Muba. Belum lagi anak sungai Musi, hampir 900 anak sungai yang sekarang jadi objek lelang lebak lebung.

Sementara itu, Komisi II DPRD Provinsi Sumsel, Asgianto ST, menyebutkan dirinya bersama wakil dan anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumsel kali ini akan fokus pada sektor perikanan di Kabupaten Muba.

"Silahkan disampaikan dan diusulkan apa sekiranya yang dibutuhkan masyarakat Kabupaten Muba dari sektor perikanan, kami akan memperjuangkan usulan-usulan prioitas, agar nantinya bisa di realisasikan untuk kesejahteraan masyarakat Muba,"ucapnya.

"Sengaja kami memilih Kabupaten Muba untuk dikunjungi, karena dalam Komisi II DPRD Sumsel ini ada putra dan putri terbaik asal Kabupaten Muba, tentunya mereka mengemban amanah dari masyarakat sehingga bisa duduk di kursi legislatif, maka dari itu sudah sewajarnya mereka membawa buah tangan untuk warga Muba,"ujar Ketua saat melakukan Kunker ke Kabupaten Muba.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Muba, Hendra Tris Tomy SSTP McDev mengatakan, untuk sektor perikanan Pemkab Muba mengusulkan ada lima hal yang perlu bantuan dari Pemprov.

"Pertama di bidang budidaya, Kabupaten Muba lebih banyak nelayan tangkap dari pada nelayan budidaya karena terkendala pakan, oleh karena itu kami minta kepada Komisi II DPRD Sumsel  dapat mendirikan pabrik pakan skala kecil saja untuk nelayan kami," paparnya.

Kedua, lanjut dia,  yaitu usulan bantuan perahu bagi nelayan tangkap, karena disini para nelayan masih secara konvensional maka perlu penambahan perahu atau revitalisasi perahu.

"Selanjutnya yang ketiga kami mengharapkan bantuan penyuluh perikanan, karena kami kekurangan penyuluh sehingga tidak cukup mencover 15 kecamatan di Kabupaten Muba. Usulan keempat kami butuh bantuan Sarana prasana, yaitu bantuan mesin pendingin bagi kelompok hasil pengolah ikan, tujuannya bisa menyimpan stok ikan saat ikan sungai sedang susah. Usulan kelima, kami Dinas perikan tidak punya kewenangan penangkapan terhadap pelaku illegal fishing (penyentrum ikan)," jelasnya.

Reses juga dihadiri Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sumsel Abusari SH MSi, Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumsel Firdaus SH, dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumsel Susi Imelda Beni, Lindawati Syarofi SH MM, Yeny Elita SPd MM, Heru Prayogo SH, H. A Syarnubi ST MM, Marzuki SE, Azmi Shofix SR SIP, Hj Susilawati SH, dan DRA Hj Nurhilyah. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 25 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic

6/24/2021

Rendahnya Kebiasaan Membaca di Tengah Masyarakat Indonesia

APERO FUBLIC.- Pada saat ini di indonesia budaya membaca sangatlah rendah dibandingkan negara-negara lain. Orang-orang di indonesia cenderung menghabiskan waktunya untuk bermain gadget dalam bersosial media dan bermain game online. Berbeda halnya dengan budaya membaca orang jepang yang menghabiskan waktunya untuk membaca bahkan dalam berjalanan sekalipun.

Menurut Riset yang bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada maret 2016, indonesia dinyatakan peringkat kedua dari bawah yaitu peringkat 60 dari 61 negara. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat indonesia sangat memprihatinkan hanya 0,001 % yang artinya dari 1,000 orang indonesia, hanya 1 yang rajin membaca. Faktanya orang indonesia yaitu mengutip dari data wearesocial per januari 2021 jumlah pengguna internet di indonesia naik 73,7%  dari populasi di indonesia 274,9 juta atau menembus 202,6 juta pengguna dan selama satu tahun terakhir terjadi penambahan 27 juta pengguna.

Peningkatan waktu yang digunakan yaitu untuk mengakses internet yaitu dari 7 jam 59 menit menjadi 8 jam 52 menit. Dengan penggunaan untuk jejaring sosial 96,3%, shopping 78,2%, chat 96,5%, entertaiment 86,2% dan lain sebagainya. Beberapa operator telekomunikasi menyampaikan kenaikan dalam segi trafik sebagai dampak pandemi Covid-19  yang mencapai 40 persen. Hal ini menjadikan merosotnya budaya membaca pada masyarakakt di Indonesia.        

Sangat disayangkan sekali jika dampak pandemi covid-19 masyarakat di indonesia tidak dimanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin. Seharusnya peningkatan waktu dalam penggunakan akses internet ini digunakan  untuk mencari  informasi yang dibutuhkkan untuk meningkatkan minat baca.

Dengan memperkaya ilmu pengeetahuan dengan melakukan hal yang produktif seperti membaca buku dan memanfaatkan literasi digital dengan penggunaan media digital untuk menambah ilmu pengetahuan agar memperkaya literasi informasi. Pentingnya budaya membaca tidak hanya untuk anak-anak saja melainkan untuk semua orang jika ingin maju seperti orang-orang di negara maju.

Dapat disimpulkan bahwa budaya membaca sangat penting dalam kehidupan bangsa. Rendahnya minat baca akan berpengaruh dengan kualitas bangsa. Sebab tanpa adanya budaya membaca negara ini tidak akan pernah menjadi maju. Karna membaca adalah jendela dunia. Jika minat membaca di indonesia sangat rendah maka bangsa indonesia akan sulit bersaing. Untuk itu budaya membaca sangat dibutuhkan tanpa adanya budaya membaca akan sulit untuk menuju gerbang kesuksesan. Maka dari itu mulailah membaca dengan sesuatu yang kita sukai, agar tumbuhnya motivasi minat  membaca, menyisihkan waktu yang tepat unutk membaca, menumbuhkan rasa ingin tahu minat baca.

Dengan seringnya membaca, akan menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan memperkaya kosakata yang kita miliki. Maka tanpa disadari pula menjadikan minat membaca menjadi budaya membaca.

Oleh: Samha Meristin.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 24 Juni 2021.
Mahasiswi Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Raden Fatah Palembang.

Sy. Apero Fublic

Komunitas GARDASOS: Menyerahan Dana Donasi Kepada ACT Palembang

APERO FUBLIC.- PALEMBANG. Open Donasi #savepalestine merupakan bentuk peduli para pemuda Palembang terhadap penjajahan yang terjadi di Paletina. Tepat pada hari Senin (21 Juni 2021), komunitas GARDASOS (Gerakan Pemuda Peduli Sosial) datang kekantor ACT Palembang untuk menyerahkan dana hasil open donasi.

Jerry selaku ketua dari komunitas GARDASOS mengatakan, kekerasaan terhadap masyarakat Palestina telah merenggut Hak Asasi masyarakat disana, hak mereka dibatasi oleh zionis Israel.

Anak-anak disana harus terus menerus mendengar ledakan demi ledakan. Terpisah dari orang tua mereka akibat serangan yang bertubi-tubi dilancarkan oleh tentara Israel.

Melihat itu kami khusus para pemuda yang tergabung dalam komunitas GARDASOS (Gerakan Pemuda Peduli Sosial) membuka penggalangan dana untuk sedikit membantu beban saudara kita yang berada di Palestina.

Open donasi #savePalestina dengan tema “Aksi Nayta, Bantu Saudara Kita” Mari salurkan donasi terbaik anda untuk saudara kita di Palestina. Kegiatan ini bekerjasam dengan komunitas ACT Palembang. Kegiatan merupakan salah satu agenda GARDASOS (Gerakan Pemuda Peduli Sosial) dalam membantu masyarakat Palestina.

Gerakan open donasi ini sudah dimulai sejak tanggal 23 Mei 2021 sampai tanggal 10 Juni 2021, GARDASOS (Gerakan Pemuda Peduli Sosial) sendiri membuka open donasi menggunakan 2 jalur, yaitu melalui online ataupun datang langsung.  Ada pun hasil dana yang terkumpul sebesar 350.000 Rupiah. Penyerahan dana donasi dihantarkan langsung oleh ketua GARDASOS (Gerakan Pemuda Peduli Sosial) yaitu saudara Jerry beserta anggota lain di kantor ACT Palembang yang berada di Jl. Jend. Sudirman Km 3,5 Palembang.

Oleh. Lidya.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 24 Juni 2021.
Mahasiswi Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Raden Fatah Palembang.

Sy. Apero Fublic

6/22/2021

Gelar Khitan Massal Gratis, DWP Musi Banyuasin Terapkan Protokol Kesehatan

APERO FUBLIC.- MUBA-SEKAYU. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar sunatan (khitan) massal sebagai bagian dari implementasi program organisasi DWP.

Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dan Puskesmas Balai Agung kegiatan dipusatkan di Gedung Dharmawanita Sekayu dan diikuti 30 anak perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah di  lingkungan Pemkab Muba, Selasa (22/6/2021).

Menurut Ketua DWP Kabupaten Muba, Hj Asna Aini Apriyadi, sunatan massal merupakan bagian program kerja organisasi bidang sosial budaya sekaligus bentuk aksi sosial pengurus bersama anggota dan dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Kegiatan sunatan massal ini selain implementasi program kerja organisasi, juga syiar agama utamanya melaksanakan syariat Islam bagi kaum muslim,” katanya.

Sunatan massal dikhususkan bagi anak-anak pegawai di masing-masing OPD maupun keluarga dan tetangga sekitar yang dinilai memiliki keterbatasan dan ketidakmampuan ekonomi.

"Awalnya kita batasi 25 anak yang mengikuti sunat masal, tenyata antusias anak-anak banyak yang mau ikut di sunat maka dari itu kita tambah lagi. Melihat antusias warga yang banyak, nanti selanjutnya program ini akan kami laksanakan lagi," ucap Istri Sekda Muba ini

Lanjutnya, "Kegiatan bhakti sosial ini diharapkan mampu mempererat silaturahmi sesama anggota DWP dan masyarakat serta menguatkan kinerja organisasi sebagai mitra pemerintah,” harapnya.

Dedi (45) orang tua dari Raditya Zahran berusia 7 tahun, salah satu anak yang mengikuti khitanan massal, menyambut dengan senang kegiatan tersebut.

"Saya ucapkan terimakasih kepada segenap DWP Kabupaten Muba sudah mengadakan khitanan massal untuk kami. Semoga dengan telah dilakukan sunat ini, anak kami jadi lebih sehat lagi," ucapnya.

Terpisah, Pembina DWP Kabupaten Muba Hj Thia Yufada mengapresiasi atas inisiasi DWP Kabupaten Muba, telah melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa khitanan massal bagi anak-anak.

"Harapan kami, melalui kegiatan ini dapat mampu menumbuhkan rasa solidaritas sosial terhadap sesama, dan juga mampu membangun kekerabatan serta kebersamaan kita dalam satu kekeluargaan DWP Kabupaten Muba," pungkasnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 22 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic

6/21/2021

Wakil Bupati Sampaikan Tiga Raperda Usulan Pemkab Musi Banyuasin ke DPRD

APERO FUBLIC.- MUBA-SEKAYU. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) gelar Rapat Paripurna usulan rancangan peraturan daerah. Agenda kali ini penyampaian oleh Bupati Muba terhadap Penjelasan Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Muba.

Rapat paripurna DPRD Masa Persidangan III Rapat ke-10 ini dipimpin oleh Ketua DPRD Muba, Sugondo SH dan dihadiri para wakil ketua dan anggota DPRD Muba, Kalolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SIk, Dandim 0401 Muba Letkol Arh Faris Kurniawan SST MT, Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi, para Asisten, serta para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Muba, Senin (21/6/2021).

Mewakili Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin, Wakil Bupati Muba Beni Hernedi menyampaikan tiga Raperda yaitu Raperda Tentang Perubahan Bentuk Badan Hukum Perusahaan Daerah Minyak dan Gas Bumi menjadi PT Petro Muba (Perseroda), Raperda kedua tentang Perubahan Bentuk Badan Hukum Perusahaan Daerah Air Minun Kabupaten Muba menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Randik dan Rapeda tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Kami sangat berharap tiga Raperda tersebut dapat segera dibahas dan kemudian dapat disetujui untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah Kabupaten Muba," ucap Beni.

Dikatakan Beni Raperda pertama tentang Badan Hukum Perusahaan Daerah Minyak dan Gas Bumi menjadi PT Petro Muba (Perseroda) ini disusun dalam rangka melaksanakan ketentuan pasal 331 ayat (3) dan pasal 402 ayat (2) Undang-undang RI nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Status hukum Perusahaan Daerah Minyak dan Gas Bumi yang didirikan dengan Perda nomor 24 tahun 2000 telah diubah dengan Perda nomor 11 tahun 2005, diubah menjadi BUMD berbentuk perusahaan perseroan daerah.

"Maksud perubahan tersebut yaitu meningkatkan peran dan fungsi BUMD, memberdayakan sumber daya milik pemerintah kabupaten lebih efisien, efektif dan produktif, mendorong pertumbuhan perekonomian dan pemerataan pembangunan kabupaten dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Wabup Muba ini juga menyebutkan, Raperda kedua tentang Perubahan Bentuk Badan Hukum Perusahaan Daerah Air Minun Kabupaten Muba menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Randik. Tujuannya, agar terwujudnya penyelenggaraan usaha pengelolaan dan pelayanan air minum untuk pemenuhan hajat hidup orang banyak secara adil, merata dan terus menerus, terwujudnya pengelolaan dan pelayanan air minum yang berkualitas, turut serta melaksanakan pembangunan daerah dan peningkatan perekonomian daerah, serta meningkatkan pendapatan asli daerah.

Rapeda ketiga tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, pemerintah daerah diharapkan mampu menciptakan sistem pengelolaan keuangan daerah yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan setempat, dengan tetap menaati peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi serta meninjau sistem tersebut secara terus-menerus dengan tujuan mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efesien dan transparan. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 21 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic

6/20/2021

PUISI: SI BIRU LAUT

APERO FUBLIC.- Sedikit tentang puisi akan menceritakan banyaknya kisah tersembunyi namun hanya dapat dipahami oleh mereka-mereka yang berhati. Biru warna yang abadi dan lautan kisah perjuangan. Akankah diantara itu, hadir suatu jalan yang benderang.

SI BIRU LAUT
Warnaku merah redup,
Dan warnamu biru laut,
Karena ketidak sengajaan kita bertemu,
Diawali basa-basi dan senyum tipisku yang dapat memukaumu,
Akhirnya kuberanikan mendekatimu dan kau berani untuk maju,
Dan mulai dapat bercengkrama hinga larut dengan mu,
Menghabiskan waktu setiap malam bersamaku,
Kemudian kita mulai intens dan mulai kau antar jemput diriku,
Sesekali ketempat antah berantah dan tak lupa kita berselfie sambil berpelukan untuk mengabadikan sebuah moment waktu,
Lalu ingin rasa nya aku terisak dan mengadu,
Hingga ku sediakan secangkir kopi untukmu,
Dan ku lontarkan saat itu semua perasaan ku dan kenyamananku terhadapmu.
Dan disinilah kita mulai bersatu,
Menciptakan warna-warna serta kisah kasih kehidupan yang baru.

Oleh. Dwi Vici Elisti
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Sindang Marga, 21 Juni 2021.
Buat sahabat semua, kirimkan karya tulis kamu seperti puisi, artikel, opini dan informasi-informasi lainnya ke Apero Fublic, jadilah inspirasi untuk semua.

Sy. Apero Fublic