Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

6/05/2021

Pandemi Covid-19 tidak Menyurutkan Semangat Mahasiswa Semester Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan Untuk Menyelesaikan Skripsi.

APERO FUBLIC.- Semester akhir bagi mahasiswa merupakan titik jenuh dalam melakukan aktivitas perkulihan. Ditambah lagi kedatangan tamu tak di undang wabah covid- 19 yang mengharuskan kita mengurangi aktivitas di luar.   Beberapa upaya yang di lakukan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19.

Mulai dari bekerja dari rumah, beribadah dari rumah termasuk belajar dari rumah. Situasi ini tentu menyulitkan mahasiswa tingkat akhir untuk menyelesaikan skripsinya. Tidak mudah merubah kebiasaan yang biasa dilakukan bertatapan muka langsung atau offline menjadi online. Sehingga mahasiswa harus banyak bersabar bahkan memutar strategi 180° untuk menyelesaikan skripsinya.

Sama halnya dengan anak ilmu perpustakaan UIN Raden Fatah Palrmbang. Dimana sebelum datangnya wabah civid-19 mahasiswa tingkat akhir lebih mudah menemui dosen pembimbing. Sekarang karena kebijakan work from home atau lebih di kenal WFH tentunya membuat dosen jarang datang kekampus. Hal tersebut yang membuat mahasiswa tingkat akhir susah menemui dosen pembimbingnya.

Memang ada kebijakan dari kampus bimbingan secara online tapi mungkin banyaknya mahasiswa yang bimbingan secara online membuat slow respon dari dosen pembimbing. Sehingga lebih mudah bimbingan secara offline dibandingakan bimbingan secara online, selain itu bisa berkeluh kesah langsung dengan pembimbing.

Akan tetapi dengan banyaknya kendala tersebut tidak menyurutkan semangat mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang untuk tetap menyelesaikan skripsinya. Banyak mahasiswa harus bolak balik kampus agar bisa ketemu dosen pembimbing. Mahasiswa tetap antusias dan semangat buat bimbingan offline bahkan rela mengantri dari pagi demi ketemu dosen pembimbing. Dengan harapan cepat menyelesaikan skripsi dengan baik.

Oleh. Ruri Rahma Dhanti.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 6 Juni 2021.

Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniorah, Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic.

6/04/2021

MUSI BANYUASIN-BANYUASIN: Disaksikan Kemendagri Sepakati Batas Wilayah.

APERO FUBLIC.- JAKARTA. Tuntas sudah penetapan batas wilayah antara Kabupaten Musi Banyuasin-Kabupaten Banyuasin. Tuntasnya batas dua kabupaten ditandai penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Batas Daerah Kabupaten / Kota di Provinsi Sumatera Selatan di Hotel Ibis Styles, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Rangkaian kesepakatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Muba Drs Apriyadi MSi mewakili Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dan Wakil Bupati Banyuasin Slamet SH serta Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Selatan Ir SA Supriono. Kesepakatan dua kabupaten ini disaksikan  Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Kementerian Dalam Negeri Dr Drs Akbar Ali MSi.

"Ini sebagai tindak lanjut kesepakatan rapat 19 Oktober 2018 yang tertuang dalam Berita Acara Nomor 02/BAD I/X/2018 tanggal 19 Oktober 2018 lalu," ungkap Sekda Muba, Drs Apriyadi MSi didampingi Kabag Tapem Setda Muba H Irwan Syazili SSos MSi.

Adapun kesepakatan dimaksud yakni Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sepakat dengan batas daerah yang telah ditetapkan meliputi  Kecamatan Lais, Kecamatan Babat Supat, Kecamatan Sungai Lilin, Kecamatan Tungkal Jaya, dan Kecamatan Bayung Lencir.

"Atas kesepakatan tersebut Pemkab Muba dan Pemkab Banyuasin setuju untuk ditetapkan menjadi Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Batas Daerah Kabupaten Banyuasin dengan Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan," jelas Apriyadi.

Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Kementerian Dalam Negeri Dr Drs Akbar Ali MSi menyebutkan,  Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Batas Daerah  Pemkab Muba dan Banyuasin telah menyepakati batas wilayah masing-masing.

"Ini juga berkat kegetolan masing-masing Kepala Daerah untuk menetapkan kejelasan batas wilayah," pungkasnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 5 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic.

Pandemi: Bukan Alasan Berhenti Berkarya

APERO FUBLIC.- Di pengujung tahun 2019, dunia digemparkan dengan munculnya fenomena Covid-19. Covid-19 adalah singkatan dari Corona Virus Desiase 19 merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan manusia, yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-Co-V-2)[1]. Covid-19 ini muncul pertama kali di Cina, tepatnya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei pada bulan Desember 2019.

Virus ini dapat dengan mudah menular melalui percikan dari cairan droplet atau hanya menyentuh permukaan yang telah terkena percikan droplet dari orang yang telah terinveksi Covid-19. Tanda-tanda terinveksi oleh virus ini seperti, mulai dari gejala seperti flu, demam, batuk, sakit tenggorokan, sesak nafas, hilang kemampuan mengecap rasa & mencium bau, atau bahkan ada yang tidak memiliki gejala tertular.

Untuk dapat meminimalis penularan Covid-19 secara cepat, pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tertulis jelas pada Peraturan Pemeritah Nomor 21 Tahun 2020.  Kebijakan PSBB ini adalah seperti pembatasan kegiatan keagamaan maupun fasilitas umum yang melibatkan banyak orang, perkantoran melakukan Work From Home (WFH) serta sekolah melakukan Pembelajaran dari rumah secara Daring (Online).  

Akibat PSBB ini, banyak orang yang kehilangan mata pencaharian mereka sehari-hari. Namun kehidupan harus terus berjalan walau dimasa sulit seperti saat ini. Bangkit dari keterpurukan dan tidak menyerah, serta selalu berusaha dan berdoa merupakan langkah yang bisa diambil dibalik adanya Covid-19 ini.

Inovasi dan kreatifitas merupakan langkah pendorong yang harus ditumbuhkan dalam usaha tetap produktif dimasa pandemi. Memanfaatkan barang bekas yang tersedia disekitar juga dapat menjadi modal awalnya. Adapun beberapa barang-barang disekitar mu yang bisa dengan mudah kamu jumpai diantaranya seperti kepingan CD tak terpakai, kardus tak terpakai, atau bahkan ilalang dan rumput liar sekalipun.

Berikut merupakan tips sederhana untuk membuat ketiga contoh barang tidak terpakai tadi menjadi barang yang dapat bernilai dan bisa menghasilkan rupiah. Yang pertama ialah kepingan CD tidak terpakai.

Pasti dirumah, kamu menemukan beberapa CD tidak terpakai yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa membuatnya menjadi kerajinan baru yang bernilai dengan cara melukisnya dengan Cat lukis akrilik dan kamu kreasikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Sebelum dilukis, usahakan beri lapisan cat dasar berwarna putih agar cat terihat jelas, warna nya terang dan tidak mudah luntur oleh lapisan CD yang licin. Kamu juga bisa memberikan sentuhan akhir berupa vernish untuk mengkilatkan cat atau glitter agar lukisanmu terlihat lebih bersinar. Hanya dengan modal sedikit, kamu bisa membuat CD tidak terpakai dirumahmu lebih bernilai dan dijual sebagai karya seni unik buatan tanganmu sendiri.

Yang kedua ialah kardus tak terpakai. Dengan kardus ini, bisa kamu kreasikan menjadi barang-barang bermanfaat yang bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Adapun kardus tidak terpakai ini, bisa dikreasikan sebagai box hampers, rak kosmetik, rak file dokumen, atau bahkan menjadi scrapbox atau scrapbook yang cantik dan unik. Kamu hanya perlu mengkreasikan kardus sesuai kebutuhan dan keinginan, dilengkapi berbagai macam aksesoris pelengkap seperti kertas kado untuk membungkus, lem perekat, pita dan sebagainya.

Yang ketiga ialah ilalang dan rumput liar. Kamu bisa menjumpai ini dihalaman sekitar tempat tinggalmu. Ilalang dan rumput-rumput liar ini kemudian dibersihkan dan dikeringkan sebelum dapat dijadikan sebagai isian buket kekinian atau Bouqet Dry Flower yang lagi trending saat ini. setelah ilalang kering, kemudian dirangkai satu persatu sesuai keinginan , dan diberi tambahan lapisan seperti kertas Cellophane, kertas kain goni Burlap, kertas samson,  kertas tissue ataupun kertas Spunbond.

Isi buket nya bisa kita tambahkan kreasi seperti foto polaroid, snacks atau uang untuk membuat buket terlihat semakin menarik. Kemudian pada sentuhan akhir, buket diberikan pita sesuai dengan keinginan. Ilalang atau rerumputan ini juga bisa dikreasian dengan yang lain tidak hanya buket, seperti semisal untuk isian mahar atau seserahan, properti foto, isian frame 2/3 dimensi, dan masih banyak lagi.

Untuk pemasaran barang-barang ini sendiri, bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter, Pinterest, Whatsapp, dan masih banyak lagi. dengan pemanfaataan sosial media, jangkauan pemasaran bisa jauh lebih luas, praktis dan tidak membutuhkan modal yang cukup besar.

Kunci nya terletak pada kesabaran, konsistensi dan juga iklan yang menarik. Untuk iklan sendiri, kita dapat menghemat budget dengan membuat sendiri iklan bermodalkan hp dan aplikasi yang telah tersedia di Playstore. Produk kita tadi, kita promosikan ke sosial media semenarik mungkin, agar dapat menarik perhatian pembeli.

Setelah semua usaha dilakukan, kuncinya adalah terus berusaha dan konsisten, mau terus belajar dan berusaha, optimis dan tidak pantang menyerah agar segala yang kita lakukan dapat memberikan hasil yang memuaskan. Setelah ini, semoga muncul ide lain dan kreatifitas kalian agar terus berinovasi menghasilkan karya baru. Pandemi bukan alasan berhenti berkarya. Jadi teruslah berinovasi dan menghasilkan karya. Fighting!.

Oleh. Adel Dwi Putri Cahyani.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 4 Juni 2021.
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniorah, Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic.



[1]World Health Organization, Naming the coronavirus disease (covid-19) and the virus that causes it, Geneva : World Health Organization; 2020 , https://www.who.int/emergencies/diseases/novelcoronavirus-2019/technical-guidance/naming-the-coronavirus-disease-(covid-2019)-and-the-virus-that-causes-it.

SMSI: Jalin Hubungan Baik dengan Insan Pers Bupati Dodi Reza dianugerahi Sahabat Pers.

APERO FUBLIC.- LUBUKLINGGAU. Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin bersama sejumlah Walikota atau Bupati dan tokoh di Sumatera Selatan mendapat penghargaan sebagai "Anugerah Sahabat Pers" dari Serikat Media Siber Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (SMSI-Sumsel).

Penghargaan tersebut diterima Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba Heryandi Sinulingga AP yang diserahkan Ketua SMSI Provinsi Sumsel Jon Heri dalam acara Malam Anugerah Sahabat Pers, di Smart Hotel Lubuk Linggau, Rabu (2/5/2021).

Ketua SMSI Provinsi Sumatera Selatan Jon Heri SSos mengatakan Silaturahmi Media Online se Sumsel dan Malam Anugerah Sahabat Pers diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dan HUT SMSI ke-IV.

Dikatakannya program penghargaan anugerah sahabat pers dilakukan karena ia menilai banyak pemimpin daerah di Sumsel selama ini dengan ikhlas telah membantu insan pers yang mengalami musibah ataupun kesusahan.

"Sekarang kalau ada informasi kawan-kawan pers kesusahan banyak kepala daerah sigap membantu, kami fikir hubungan yang baik ini sangat bagus," ujarnya.

Selain itu Ketua SMSI Sumsel ini mengajak para media sama-sama bersinergi mensosialisasikan program pembangunan pemerintah di daerah masing-masing.

"Kami berharap setelah menerima penghargaan ini, SMSI mempunyai sahabat di seluruh Sumsel," imbuhnya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengucapkan Terima kasih kepada insan pers di Sumatera Selatan, Dodi juga mengaku kinerja yang maksimal selalu dilakukannya tidak terlepas dari peran serta insan pers.

"Insan pers menjadi mitra Pemkab Muba untuk selalu mencapai tujuan baik demi kepentingan masyarakat, Terima kasih atas anugerah yang telah diberikan," ucapnya.

Disela acara Kepala Dinas Kominfo Muba Heryandi Sinulingga AP mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan oleh SMSI Provinsi Sumatera Selatan. Ia juga mengapresiasi kegiatan silaturahmi ini untuk meningkatkan hubungan agar lebih baik lagi dengan harapan sinergitas antara pemerintah dan insan pers semakin meningkat.

"Terimakasih kepada SMSI Sumatera Selatan yang telah mempercayakan kita mendapatkan Anugerah Sahabat Pers, untuk di Muba sendiri hubungan kita pemerintah dengan insan pers sangat baik dan saling membantu," ungkapnya.

Pemberian penghargaan anugerah sahabat pers disamping Bupati Muba  juga diberikan kepada beberapa kepala daerah lain diantaranya Gubernur Sumsel, Walikota Lubuk Linggau, Bupati Musi Rawas, Bupati Empat Lawang, Bupati Muratara Muratara, Bupati OKI, Bupati Ogan Komering Ilir, Bupati OKU, Bupati Banyuasin, Bupati Ogan Ilir, Bupati Lahat, OKU Selatan, Walikota Palembang, Bupati OKU Timur, dan Bupati Pali. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 3 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic.

6/03/2021

Upaya Dalam Meningkatkan Literasi Informasi Anak-Anak TPA Al-Baiti ditengah Wabah Covid-19 Kelurahan Kalidoni Palembang.

APERO FUBLIC.- Indonesia dan negara lainya saat ini kedatangan tamu yang tak diundang yaitu wabah Covid-19. Wabah Covid-19 mempunyai dampak yang besar dalam semua aspek kehidupan. Banyak aktivitas-aktivitas yang mesti kita batasi untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19. Mulai dari belajar dari rumah, bekerjah dari rumah, ibadah pun dari rumah. Dengan pembatasan aktivitas mempunyai dampak kurangnya literasi informasi terutama pada anak-anak yang selalu suka bermain.

Maka dari itu, untuk meningkatkan literasi informasi pada anak-anak mahasiswa KKN Relawan Wilayah angkatan 73 UIN Raden Fatah mengadakan sosialisasi seputar protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

Kegiatan sosialisasi upaya dalam meningkatkan literasi informasi anak-anak TPA Al-Baiti di tengah wabah Covid-19 Kelurahan Kalidoni tetap mengikuti protokol kesehatan. Setiap anak yang datang wajib menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Oleh. Ruri Rahma Dhanti.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 03 Juni 2021.

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora, Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic.

BUPATI: Dodi Reza Imbau Pegawai Beli dan Konsumsi Beras Petani Muba

APERO FUBLIC.- MUBA-LALAN. Guna memaksimalkan serapan beras petani di Bumi Serasan Sekate, Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA ajak pegawi beli dan konsumsi beras petani. Ajakan ini diserukan lewat Surat Edaran berisi himbauan kepada semua warga Muba  terutama pegawai lingkungan Kabupaten Musi Banyuasin membeli dan mengkonsumsi beras petani Muba.

Dodi percayaembeli dan mengkonsumsi beras petani Muba  membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani  tanaman Padi.

"Produk beras Muba di tahun 2020  surplus 207.052 ton beras. Hasil ini berkat keinginan yang tinggi dari para petani Muba. Tentu ini harus kita support terus," tegas Kepala Daerah Inovatif itu.

Upaya kongkrit membeli dan mengkonsumsi beras hasil petani Muba bagi seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin  dibandrol  hargaRp. 10 000/kg ,(sepuluh ribu rupiah) untuk kelas beras medium.

"Kemudian, untuk memudahkan dan sekaligus mengkoordinir masalah pembayaran, akan dipertanggungjawabkan oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD masing-masing," ucapnya.

Kepala Dinas PTPH Muba, Ir A Thamrin menyebutkan, stok beras setiap bulannya ada di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Musi Banyuasin.

"Dan akan didistribusikan langsung ke Dinas dan BUMD masing-masing oleh Petugas Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Musi Banyuasin setiap akhir bulan berjalan sesuai  permintaan," tuturnya.

Ia menambahkan, kebijakan Bupati Muba tersebut sebagai bukti pembelaan dan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat khususnya petani. Pembelian diyakini bisa meningkatkan pendapatan dan mensejahterakan petani sawah di Kabupaten Musi Banyuasin  mendapatkan harga jual yang tinggi. "Kita bekerja sama dengan pabrik penggilingan padi dengan membeli langsung gabah petani seharga Rp 4.000 lebih mahal dari harga pasaran di Lalan yang Rp 3.700," imbuhnya.

"Kita bertanggung jawab membeli dan menjual kembali beras tersebut. Terpenting program ini adalah untuk memutus mata rantai tengkulak sehingga dapat dinikmati petani langsung," tambahnya.

Thamrin melanjutkan, untuk pelaksanaannya akan dimulai pada bulan Juni. Penjualan perdana ditujukan ke OPD dan BUMD PDAM dan Jika masih memungkinkan selanjutnya akan di sebar ke RSUD, Petro Muba, Muba Link.

"Kemudian, Jika masih memungkinkan ke para camat dan ke perusahaan di Muba," tandasnya. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 4 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic

6/02/2021

Jangan Ragu Pilih Jurusan Ilmu Perpustakaan

APERO FUBLIC.- Memasuki tahun ajaran baru tentunya akan menentukan langkah selanjutnya bagi lulusan siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas untuk menduduki bangku perkuliahan dan memilih program studi sesuai dengan minatnya.

Semua orang pasti akan membanggakan jurusan yang ia geluti, apalagi jika jurusannya yang paling diminati semua orang. Tetapi perlu diketahui bahwa ada jurusan ilmu perpustakaan yang harus kalian masukkan pada daftar jurusan yang akan kalian pilih, “loh kenapa harus pilih jurusan ilmu perpustakaan, lama-lama kuliah setelah wisuda cuma jaga perpustakaan doang”, hal ini pasti yang akan di katakan pertama kali jika harus masuk ke jurusan ilmu perpustakaan dan first impression orang-orang yang mendengar kata jurusan ilmu perpustakaan.

Ternyata peluang di dunia kerja nya juga besar dan sangat luas, bahkan nantinya setiap daerah yang memiliki perpustakaan haruslah dikelola oleh pustakawan yang lulusan dari ilmu perpustakaan. Dan sebagai mahasiswa haruslah mengembangkan potensi diri dan meningkatkan value diri agar memiliki skill saat memasuki dunia kerja.

Perlu diketahui juga jurusan ilmu perpustakaan ini semua mata kuliahnya yang menyenangkan dan membuat wawasan kita terus bertambah. Jurusan ilmu perpustakaan itu tidak hanya bekerja nungguin perpustakaan saja, menyusun buku dan pustakawannya tidak ramah tetapi kalian bisa bekerja dimana saja bahkan perusahaan-perusahaan besar pun kalian bisa bekerja disana. Dengan kemampuan yang kita miliki pastilah akan menambah nilai plus saat kita bekerja, jika kalian lulusan dari suatu jurusan yang paling diminati tetapi skill kalian nol pasti tidak akan mudah untuk memasuki dunia kerja.

Jurusan ilmu perpustakaan ini menawarkan ilmu-ilmu yang sangat bermanfaat dan akan menambah wawasan untuk mengelola informasi serta teknologi yang telah berkembang pesat saat ini. Nah, maka dari itu jangan ragu ya buat pilih dan masuk jurusan ilmu perpustakaan di UIN Raden Fatah Palembang. Salam literasi.

Oleh. Anna Martina.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 2 Juni 2021.
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniorah, Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic.

Pentingnya Literasi Digital di Tengah Pandemi Covid-19.

APERO FUBLIC.- Pada saat ini seluruh dunia dihebohkan dengan adanya pandemi virus corona termasuk negara indonesia. Penyebaran covid-19 di indonesia sampai hingga saat ini terus meningkat. Banyak dampak terjadinya pandemi covid-19 bagi masyarakat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Dimana mengubah pola hidup masyarakat yang diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan ketika berada diluar rumah serta membatasi interaksi dengan orang lain.

Literasi informasi adalah kemampuan seseorang untuk memperoleh informasi yang di butuhkan dengan cara mengenali kebutuhan informasi, mencari informasi, mengetahui bagaimana cara memperoleh informasi, mengevaluasi informasi, mengorganisasikan informasi dan menggunakan informasi dalam proses belajar, pemecahan masalah, membuat suatu keputusan formal dan informal dalam konteks belajar, pekerjaan, rumah maupun dalam pendidikan.

Menurut arga, keterampilan literasi informasi diperoleh dengan langkah-langkah tahapan berikut ini:

1.Mendefinisikan kebutuhan informasi, yaitu kemampuan seseorang dalam mengetahui bahwa pengetahuan yang dimilikinya tentang sesuatu subjek tertentu adalah tidak mencukupi. Namun, dia sadar bahwa di sekelilingnya ada banyak sumber-sumber yang tersedia dan dapat dimanfaatkan untuk memecahkan berbagai masalahnya.

2.Menetapkan strategi pencarian, yaitu sebuah proses sebelum pencarian yang dengan seseorang mampu mengorganisir data yang disaat ini telah diketahui ke dalam beberapa kategori atau subjek, mengidentifikasi sumber-sumber yang berpotensi tentang bahan tambahan ke dalam kategori-kategori atau subjek dan menentukan kriteria untuk sumber-sumber yang potensial, kemuktahiran, bentuk/format, dan sebagainya.

3.Mengumpulkan sumber-sumber, yaitu kemampuan seseorang, dalam melakukan proses pengumpulan berbagai sumber yang diperlukan baik dalam bentuk tercetak dan non tercetak, online dan komputerisasi, interview antar pakar, permohoman dokumen-dokumen pemerintah yang cocok, konsultasi dengan para pustakawan dan para pakar lainnya untuk saran-saran tentang sumber-sumber tambahan yang diperlukan.

4.Menilai dan memahami informasi, yaitu proses mengorganisir dan menyaring dan meneliti kata kunci dan topik-topik terkait, mengevaluasi otoritas dari sumber-sumber, mengidentifikasi kesalahan-kesalahan, pandangan-pandangan beberapa keberpihakan, dan kemudian kalau perlu, memperjelas kembali pertanyaan untuk pencarian informasi yang dibutuhkannya.

5.Menerjemahkan informasi, proses yang melibatkan analisa, sintesa, evaluasi dan pengorganisasian data terseleksi untuk pengguna dan kemudian menarik sebuah kesimpulan dari semua yang terkait dengan penelitian tersebut.

6.Mengkomunikasi informasi, yaitu berbagai informasi dengan cara memberikan manfaat kepada orang lain dari pertanyaan riset, dalam bentuk laporan, poster, grafik atau yang lainnya.

7.Mengevaluasi produk prosesnya, yaitu melakukan evaluasi terhadap produk dan proses penelitian yang dilakukannya. Keterampilan dalam mengevaluasi tersebut akan dapat menentukan sejauh mana baiknya data yang diperoleh memenuhi apa yang menjadi tujuan dari pada suatu penelitian yang dikerjakannya.

Pentingnya literasi digital merupakan cara memahami dan menggunakan informasi yang berbentuk luas dari berbagai informasi yang ada diinternet. Setiap orang harus menguasai literasi digital dengan membaca, menulis dan pembelajaran ilmu lainnya. Dengan demikian dapat mengantisipasi penyebaran informasi yang tidak benar di masa  pandemi covid-19 ini. Tantangan yang sangat besar bagi masyarakat sekarang ini, dengan banyaknya informasi di internet dan tidak semua informasi itu bernilai positif bahkan banyak terjadinya berita hoax diinternet, diperlukan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan kritis kreatif dalam penggunaan literasi digital. Meskipun terjadinya ledakan informasi yang sangat banyak dengan menimbulkan berita palsu maka pentingnya bagi masyarakat untuk memfilter informasi yang ada diinternet.

Sehingga, dapat disimpulkan literasi digital sangat penting untuk masyarakat menambah pengetahuan dalam menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, serta jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkan secara bijak, cerdas, cermat, dan tepat. Literasi digital memiliki peran penting dalam memperoleh pengetahuan secara daring selama masa pandemi covid-19. Dengan demikian dapat membuat masyarakat memiliki kebiasaan baru dalam proses kehidupan yang akan mendatang.

Oleh: Siti Hotijah.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 2 Juni 2021.
Mahasiswi Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab Dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Sy. Apero Fublic

MUSI BANYUASIN: Resmi Menjadi Tuan Rumah Anugerah Pesona Indonesia 2021.

Sinyal Positif Memaksimalkan Pemulihan Ekonomi di Musi Banyuasin Pasca Pandemi.

APERO FUBLIC.- MUBA-SEKAYU. Kabupaten Musi Banyuasin dibawah kepemimpinan Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA resmi ditunjuk Tim Panitia Anugerah Pesona Indonesia (API) untuk menjadi tuan rumah pada ajang API Tahun 2021.

Hal ini juga merujuk dengan kesiapan Muba yang dinilai panitia sangat siap untuk menjadi suksesi pelaksanaan API 2021, terlebih pada ajang API 2020 Kabupaten Muba melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Muba berhasil menyabet dua sekaligus penghargaan yakni juara 1 Ajang Supermoto dan juara 1 ajang Bekarang untuk kategori makanan tradisional.

"Dengan ini kami Panitia penyelenggara telah menetapkan bahwa Kabupaten Musi Banyuasin sebagai Tuan Rumah Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021," ungkap Tim Panitia Anugerah Pesona Indonesia, Muhammad Syafaat.

Dikatakan, pihak panitia akan memaksimalkan koordinasi bersama Pemkab Muba terkait persiapan pelaksanaan API 2021 nantinya yang digelar di Muba. "Semoga nantinya Muba bisa menjadi tuan rumah yang baik dan maksimal dalam kesuksesan acara API 2021," harapnya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengucapkan terima kasih atas kepercayaan panitia yang telah mempercayakan Muba untuk menjadi tuan rumah API 2021.

"Prinsipnya Muba sangat siap dan akan menjadi tuan rumah yang baik," ujar Pembina dan Penggerak Olahraga Terbaik Indonesia tersebut.

Kadispopar Muba, Muhammad Fariz SSTP MM menyebutkan, Kabupaten Musi Banyuasin akan fokus mengembangkan konsep pariwisata olahraga atau sport otomotif tourism

"Musi Banyuasin punya konsep sendiri dengan mengusung konsep sport otomotif tourism," katanya.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memajukan pariwisata daerah, tidak harus wisata alam, seperti halnya di Musi Banyuasin yang sangat dikenal dengan kelengkapan fasilitas olahraga dan wisata alam yang sarat dengan spot kegiatan olahraga.

"Jadi, olahraga dan pariwisata bisa dipadukan, konsep seperti ini sangat bagus dan tentu tidak hanya mencuri perhatian wisatawan lokal tapi juga mancanegara," ungkapnya.

Dikatakan, Pada ajang API 2021 pihaknya akan semaksimal mungkin menjadi tuan rumah yang baik. "Muba sangat siap dan tentunya pelaksanaan API 2021 di Muba akan selalu mengedepankan protokol kesehatan COVID-19," tandasnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 2 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic.

6/01/2021

INFO COVID-19 Musi Banyuasin: Bertambah 14 Kasus Sembuh, 9 Positif.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Selasa (1/7/2021) mengkonfirmasi penambahan 14 kasus sembuh dan 9 terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ada penambahan 14 kasus sembuh dan 9 terkonfirmasi positif per 1 Juni 2021," ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Seftiani Peratita SS MKes.

Sefti merinci, adapun penambahan kasus positif yakni diantaranya kasus 1502 Laki-laki 55 tahun asal Sekayu, kasus 1503 perempuan 22 tahun asal Sekayu, kasus 1504 Laki-laki 71 tahun Sekayu, kasus 1505 perempuan 57 tahun Lais.

"Kemudian, kasus 1506 perempuan 46 tahun Babat Supat, kasus 1507 Laki-laki 46 tahun Kayuara, kasus 1508 perempuan 32 tahun Tungkal Jaya, kasus 1509 perempuan 57 tahun Bayung Lencir, dan kasus 1510 Laki-laki 59 tahun Bayung Lencir," urainya.

Diketahui, hingga 1 Juni 2021 ada sebanyak 1510 kasus diantaranya 1390 kasus sembuh, 50 masih dirawat, dan 70 kasus meninggal dunia," urainya.

Sementara itu, berdasarkan data update Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba 1 Juni 2021 tercatat ada sebanyak 429 ODP 429 selesai pemantauan 0 masih dipantau, 1.199 kontak erat 1.199 kontak selesai pemantauan 0 kontak erat yang masih dipantau, 191 PDP 1 proses pengawasan 190 selesai pengawasan. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 1 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic

5/31/2021

Sekda Apriyadi: Pastikan Pegawai Tidak Bolos, Pantau dan Keliling Kantor Dinas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Sidak ASN yang Manfaatkan Harpitnas.

APERO FUBLIC.- MUBA-SEKAYU. Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi didampingi Asisten Administrasi Umum Sunaryo SSTP MSi, Kasat Pol PP Muba Haryadi Karim SE MSi serta tim Inspektorat dan BKPSDM melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa dinas dan badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba.

Sekda Apriyadi ingin memastikan, aparatur sipil negara (ASN) maupun tenaga non ASN tidak ada yang bolos kerja atau memanfaatkan 'hari kejepit nasional' (harpitnas).

"Kemarin Sabtu dan Minggu libur dan besok tanggal merah bertepatan hari lahir Pancasila, tak sedikit biasanya ASN dan non ASN yang menganggap hari ini harpitnas  makanya kita lakukan sidak. Tidak ada alasan bagi ASN maupun non ASN tidak masuk kerja," tegasnya saat melakukan sidak ke Dinas Perpustakaan Kearsipan dan beberapa dinas lain di Kabupaten Muba, Senin (31/5/2021).

Diterangkannya kesadaran disiplin dan tanggungjawab sebagai abdi masyarakat terus harus ditingkatkan.

Makanya, harus dilakukan pengawasan secara berkesinambungan. Menurutnya, disiplin merupakan modal utama suksesnya pembangunan dan pelayanan masyarakat di Kabupaten Muba

"Jadi jangan mentang-mentang besok tanggal merah ASN tak masuk kerja. Sudah ada aturan ASN kapan masuk dan kapan libur jadi tak bisa semaunya saja," tandasnya.

Sementara itu Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs Yusuf Amilin didampingi tim sidak dari Inspektorat, BKPSDM, dan Pol PP secara terpisah juga turut melakukan sidak ke badan dan dinas lainnya di lingkungan Pemkab Muba. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 31 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.