12/10/2020

Milenial Muara Enim: Aksi Yang Luar Biasa?

Apero Fublic.- Muara Enim.- Himpunan Mahasiswa Muara Enim, HKTI Muara Enim, DPD PGK Muara Enim, Forum Milenial Sriwijaya Muara Enim, dan Perwakilan Pemuda Karantaruna Desa Lingga dan Desa Keban Agung melakukan kunjungan Serta Sosialisasi ke tempat Budidaya Tanaman Rosella Binaan CSR PTBA (Bukit Asam), Tbk di SIBA Centre di Jalan Pasar Baru, Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (10/12/2020).

Tanaman Rosella memiliki nama latin hibiscus sabdariffa adalah jenis tanaman obat-obatan. Memiliki banyak kandungan bahan kimia alami yang terdapat di bagian batang, daun dan buahnya. Selain itu, rosella juga dapat diolah menjadi minum seperti teh dan lainnya. Untuk kesehatan dapat mengobati penyakit jantung, memperlambat perkembangan kanker, mengatasi peradangan, meredahkan demam dan banyak lagi. Sehingga tanaman rosella sangat bermanfaat. Di zaman sekarang budidaya rosella adalah peluang bisnis (alodokter).

Dalam kunjungan Ketua Himpunan Mahasiswa Muara Enim Adie Kusuma mengungkapkan. “Bahwasanya, kunjungan ini adalah perpanjangan silahturahmi kami saat kami ketemu pihak CSR PTBA yang membina Budidaya tanaman Rosella dan juga hal ini bagian dari program pembinaan ekonomi kreatif di Organisasi Himpunan Mahasiswa Muara Enim Serasan Sekundang.

perwakilan CSR PTBA, Tbk yang juga merupakan pembina dari Sentral Industri Bukit Asam (SIBA) yaitu ibu Listati yang didampingi oleh Dian Afriana selaku ketua SIBA Rosella menyampaikan. “Kami berharap anak-anak muda milenial ini dapat ikut berperan serta dalam  bidang promosi dan pemasaran produk-produk Sentral Industri Bukit Asam baik Rosella, Kopi, Batik Kujur,  Rajut dan Songket,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua Forum Milenial Sriwijaya Muara Enim, Adi Saputra. Sekaligus yang mengkoordinatori beberapa lembaga dalam kegiatan hari ini. Mengungkapkan harapan dan tujuan dari kegiatan mereka kemarin. “Melalui kegiatan ini, para generasi milenial yang tergabung dalam kunjungan ke tempat budidaya Tanaman Rosella. Didorong untuk mampu mengasah diri tentang Industri Rumahan atau home industry melalui Tanaman Herbal rosela ini. Apalagi impian para kaum milenial itu salahsatunya sukses dalam bisnis, seperti budidaya rosela. Dalam kunjungan ini, kami diedukasi oleh Tim SIBA Rosella tentang pembudidayaan Tanaman Rosella. Kegiatan kemudian dilanjutkan melihat langsung pengolahannya serta dijamu dengan produk olahan yang bahan bakunya dari tanaman Rosella. Diantaranya Kue pai Rosela, seduhan Teh Rosela dan Sirup Herbal Rosella,” tutur Adi.

Foto dokumentasi saat kunjungan.

Oleh. Rama Saputra
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra
Palembang, 11 Desember 2020.


Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment