12/31/2020

Mengenal: Sepuluh Destinasi Wisata di Kabupaten Musi Banyuasin.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Liburan adalah hal penting bagi manusia. Sebagai obat setres dan menghilangkan tekanan batin karena rutinitas setiap hari. Dengan liburan manusia dapat merelaksasi kejiwaannya sehingga menjadi santai. Liburan termasuk kebutuhan manusia untuk menjadi sehat secara mental.

Selain itu, liburan bersama-sama keluarga dan teman-teman dapat membuat ikatan kekeluargaan dan persahabatan semakin erat. Untuk itu, ada sepuluh tempat yang wajib Anda kunjungi di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, dalam menyambut libur tahun baru, berikut ulasannya.

1. Danau Ulak Lia
Danau Ulak Lia terletak di Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, tepatnya terletak diseberang Kota Sekayu dan berjarak kurang lebih 2,5 Km, dengan luas kurang lebih 75 Ha. Untuk mencapai lokasi danau tersebut transportasi bagus dan lancar, dapat ditempuh melalui jalan darat dengan waktu kurang lebih 20 menit.

Paranoma Danau ini nyaman dan indah dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang dan suasana yang masih alami. Pada musim hujan danau ini akan tampak lebih indah karena air Sungai Musi yang menggenangi seluruh permukaan danau ini.

Menjelang akhir tahun 2020, Danau Ulak Lia semakin indah karena terus dibenahi oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Musi Banyuasin. Cocok sebagai tempat rekreasi keluarga maupun wahana berfoto yang instagramable.

2. Danau Kongar
Danau Kongar adalah danau yang terletak di pinggiran Desa Sungai Dua Kecamatan Sungai Keruh yang jaraknya ke Kota Sekayu kurang lebih 45 Km. Untuk mencapai lokasi ditempuh menuju jalan darat. Sebutan Danau Kongar diambil dari nama seorang Warga Negara Amerika bernama Mr. Congger, seorang pengusaha pengeboran minyak yang pada tahun 1949 melakukan pendalaman jalan yang dibuat melintasi sungai tersebut.

Secara umum Danau Kongar berbentuk bundar dan mempunyai cabang-cabang dengan luas diperkirakan kurang lebih 100.000 M2 (10 Ha ) dengan lebar kurang lebih 130 M2 dan panjang kurang lebih 1000 M2 dan kedalamannya kurang lebih 10 M, serta airnya sepanjang tahun tidak pernah kering. Danau Kongar pada hari libur sering dikunjungi masyarakat untuk berekreasi ataupun memancing.

3. Bukit Pendape
Bukit Pendape atau dikenal juga dengan nama Puncak Tertinggi Muba terletak di wilayah Desa Kramat Jaya, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin.

Bukit Pendape dengan ketinggian kurang-lebih 170 MDPL, menawarkan nuansa wisata petualangan dan suasana tradisional khas pedesaan dengai nilai kearifan lokal masyarakat serta pula habitat beberapa tumbuhan langka.

Setiap bulannya hampir ratusan orang mengunjungi Wisata Bukit Pendape Lestari tak terkecuali baik pengunjung dari luar daerah maupun masyarakat Muba sendiri apa lagi pada saat hari libur.

4. Embung Senja
Embung senja merupakan destinasi wisata yang dibuat Tahun 2019 ini merupakan Destinasi Wisata Alam buatan yang baru di Kabupaten Musi Banyuasin, tepatnya berada di Desa Gajah Mati, Kecamatan Babat Supat. Jarak tempuh dari Kota Sekayu Sekitar 1 Jam melalui akses jalan Betung Sungai Lilin.

Embung Senja dikelola oleh Karang Taruna Desa Gajah Mati Kecamatan Babat Supat. Sampai saat ini Embung Senja sudah semakin populer dan dikenal masyarakat sekitar untuk dijadikan pilihan tempat wisata rekreasi bersama keluarga ataupun pasangan.

5. Taman Toga Mangun Jaya
Taman Toga merupakan taman wisata buatan yang dibangun oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Rezeki Jaya Bersama di Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Babat Toman. Taman Toga pada tahun 2019 menjadi salah satu tempat wisata yang dikunjungi oleh peserta Pekan Daerah (PEDA) KTNA tingkat Prov. Sumsel dimana Kabupaten Musi Banyuasin menjadi tuan rumah. Cocok sebagai sarana rekreasi dalam mengisi libur akhir tahun 2020 ini.

6. Rawa Hijau, Sungai Lilin
Jenuh dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari? Atau bosan nongkrong di wilayah perkotaan?.

Objek Wisata Alam Tradisional Rawa Hijau, Kecamatan Sungai Lilin menawarkan sensasi tempat santai yang berbeda. Di lahan seluas 2.5 hektar ini, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan alam yang asri dan alami, duduk di kapal atau saung atas air, melihat berbagai jenis tanaman endemik di hutan wisata rawa hijau, rumah pohon yang asik untuk bersantai, serta kapal raksasa yang terdampar seperti film Titanic. Berada di Desa Pinang Banjar, Kecamatan Sungai Lilin, Musi Banyuasin, dengan biaya terjangkau kita bisa menikmati semua fasilitas dan keindahan alam di sana.

7. Taman Kampung Selarai Indah
Taman Kampung Selarai Indah adalah objek wisata rekreasi keluarga yang merupakan wisata alam buatan karena dikelilingi oleh hutan dan terdapat danau, selain itu dilengkapi dengan wahana permainan anak-anak (Semi Outbond) yang dilengkapi sarana wisata air.

Tanpa menghilangkan elemen asli sebagai hutan wisata sehingga taman ini menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung untuk terus datang pada setiap akhir pekan, baik dari dalam muba maupun masyarakat luas.

Taman Selarai Indah berlokasi di jalan Selarai Kelurahan Balai Agung kecamatan Sekayu. Jarak tempuh untuk menempuh lokasi tersebut kurang lebih 20 menit dari kota sekayu menggunakan akses jalan darat.

Taman ini sering dikunjungi wisatawan untuk melihat keindahan alam serta menunggu moment saat sunrise atapun sunset, taman Kampung Selarai Indah juga dapat digunakan sebagai tempat acara pernikahan atau standing party.

8. Danau Ulak Libok
Asri dan air yang bersih serta dikelilingi pepohonan hijau, beginilah suasana Danau Ulak Libok yang menjadi destinasi wisata baru bagi warga Musi Banyuasin yang berada di Desa Kemang Kecamatan Sanga Desa.

Destinasi wisata ini diresmikan secara langsung oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin pada tanggal 29 bulan Oktober tahun 2019. Untuk mengunjungi lokasi Danau ini, bisa ditempuh dengan akses jalur darat yang  bagus sekitar 1,5 jam dari Kota Sekayu.

Moto Danau Ulak Libok adalah 'Qyena', dimana mengandung filosofi ada sesuatu yang ingin ditunjukkan masyarakat Kemang, sesuatu keindahan yang belum dinikmati masyarakat. Disini sudah disiapkan lahan untuk pengembangan, seperti parkir, UMKM, wisata, dan juga untuk olahraga.

9. Taman Terbuka Hijau
Taman yang terletak di depan rumah Dinas Bupati ini merupakan objek wisata yang juga cukup baru di kabupaten Musi Banyuasin. Letaknya dijalan Kol. Wahid Udin, tepatnya berada di Depan Rumah Dinas Bupati Muba. Di taman ini pengunjung bisa berjalan di atas air dengan melintasi jembatan serta bisa swafoto dengan spot-spot yang instagramable.

Taman ini juga mempunyai jembatan berbentuk love yang terdapat banyak payung bergelantungan sehingga menambah keindahan suasana taman dan payung juga bisa berfungsi mengurangi panasnya sinar matahari bagi yang melalui jembatan tersebut. Selain itu, bila sore hari pengunjung bisa menikmati suasana berfoto ketika senja tiba yang tentu sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

10. Manau Kuning
Wisata Manau Kuning terletak di pinggir danau tanah Manau Kuning Kecamatan Jirak Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Berwisata bersama keluarga di sini pengunjung dapat memanjakan mata sembari menikmati kuliner di saung-saung yang telah disiapkan pengelola sedangkan anak-anak bisa asik bermain berenang di kolam yang tersedia.

Di Wisata Manau Kuning juga terdapat beberapa tempat berburu foto dan berselfi ria sebagai kenang-kenangan untuk diunggah di sosial media. Wisata Manau Kuning ini ramai dikunjungi pada saat hari libur dan menjadi objek wisata unggulan bagi masyarakat Kecamatan Jirak Jaya dan sekitarnya. Objek wisata Manau Kuning juga menyediakan Villa bagi pengunjung yang ingin bermalam di sini.

Demikianlah informasi destinasi wisata di Musi Banyuasin yang wajib Anda kunjungi mengisi liburan akhir tahun atau liburan-liburan lainnya. Semoga menginspirasi. Apabila Anda ingin mempublikasikan destinasi wisata daerah Anda. Kirimkan data ke Apero Fublic melalui email redaksi fublicapero@gmail.com.(HS)

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra
Musi Banyuasin, 31 Desember 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment