8/12/2020

Mengenal Sayur Kisik: Luffiah Acutangula

Apero Fublic.- Kisik adalah jenis sayuran buah yang masih dalam keluarga labu-labuan. Kisik tumbuh merambat dengan warna bunga kuning cerah. Buah sayur kisik bersirif memanjang disekitaran buahnya. Warna kulit buah hijau, dengan daging buah putih dan lembut. Berkembang biak dengan biji dan sudah tersediah bibit kisik herbisidah.

Buah sayur kisik rasanya tawar segar. Sehingga dapat diolah menjadi berbagai masakan sayur. Seperti di rebus untuk ulam, ditumis, atau digulai bening atau santan. Kisik juga dapat direndang atau dimasak santan.

Kisik mengandung vitamin sama seperti hal buah-buahan atau sayur-sayuran lainnya. Seperti mengandung mineral, vitamin, dan serat. Mengkonsumsi kisik sangat nyaman di perut dan lambung.

Kisik memiliki nama ilmiah luffiah acutangula dari kelurga cucurbitaceae. Tumbuh subur di kawasan iklim tropis dan sub tropis. Sayur kisik masuk dalam salah satu sayur-sayuran masyarakat. Konsumsi sayur mulai dari kalangan atas sampai kalangan paling bawah. Sehingga sayuran ini sangat laku dipasaran. Sangat menjanjikan apabila dibudidayakan.

Menjadi petani kisik sangat menjanjikan. Sebab hampir semua orang menyukai kisik. Sangat baik masuk dalam program diet dan pengurangan gulah darah Anda. Buah kisik yang direbus atau dikukus rasanya manis berair. Mengandung serat dan gizi yang banyak. Sehingga program diet dan pengurangan gula darah sangat terbantu dengan memperbanyak makan sayur kisik.  

Oleh. Sujarnik.
Editor. Selita. S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Sekayu. 13 Agustus 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment