6/17/2020

KKN Bersejarah Pada Masa Pandemi Virus Corona.

APERO FUBLIC.- OKU TIMUR. Pandemi virus corona menyebar diawal tahun 2020 lalu. Menurut informasi dari media-media virus corona bermula dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Bermacam-macam spekulasi tentang virus itu, entahlah. Yang pasti Indonesia salah satu negara yang terpapar virus corona.

Pemerintah Indonesia mengambil tindakan perlu, serta mempersiapkan cara-cara menanggulangi penyebaran virus. Seperti melaksakan social distancing, gerakan tetap di rumah saja, memakai masker keluar rumah, menerapkan hidup bersih, rajin cuci tangan, meliburkan mobilitas sosial yang menyebabkan kerumunan, lalu menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskalah Besar).

Dengan demikian, Perguruan Tinggi salah satu mobilitas sosial yang diliburkan secara fisik. Sedangkan proses belajar-mengajar dilaksanakan secara daring (online). Telah tiga bulan berlalu penerapan social distancing. Beberapa daerah juga telah melakukan PSBB. Sekarang berangsur-angsur memasuki new normal.

Sehingga ada sedikit pelonggaran dari pemerintah dalam bersosial-masyarakat walau dibayangi perasaan khawatir. Asalkan masyarakat mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan dimana saja mereka beraktivitas. Seperti tetap memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, menjaga kesehatan. Mudah-mudahan virus corona tidak menyebar terus.

Protokol kesehatan dari pemerintah untuk kegiatan sosial. Juga menjadi rujukan bagi Perguruan Tinggi Negeri dalam rangka melaksanakan KKN para mahasiswanya. Seperti, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang yang melaksanakan program Mata Kulia KKN angkatan 73 Tahun 2020, dimulai tanggal 15 Juni sampai tanggal 24 Juli.

Adapun standar kesehatan diterapkan, seperti anggota kelompok KKN sesama daerah, memakai masker, menjaga jarak, rajin mencucui tangan dan waktu yang dipersingkat saat kegiatan. KKN angkatan 73 akan menjadi KKN hebat dan bersejarah. Walau tidak dapat beraktivitas seperti kakak-kakak tingkat sebelumnya.

Pagi ini, Selasa 17 Juni 2020 kami melaksanakan kegiatan KKN di Posyandu Desa Kotanegara, Kecamatan Madang Suku II, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan. Namaku Eka Apriyani, Novita Apriliani, Rani Hartati, Nurmala Sari, Mayyul Roslini. Di sini kami menjadi relawan posyandu dan belajar tentang kesehatan pada Ibu Bidan Rosita Dewi, AM.KEB. Selain itu kami juga dibimbing oleh kader posyandu Kakak Toibah, Kakak Maryani, dan Kakak Ida Nurlailah.

Selama kegiatan kami akan mempelajari tentang kesehatan. Mempelajari hubungan sosial kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Relawan pelayanan terpadu ibu-ibu hamil, imunisasi. Ikut berpartisifasi dalam kegiatan pemantauan dan pencegahan penyebaran virus corona di Desa Kotanegara. Semoga KKN (Kulia Kerja Nyata) kami sukses dan bermanfaat masyarakat kami dan menambah wawasan kami. Terima kasih buat posyandu desa Kotanegara yang sudah menerima kami dengan baik.

Oleh. Eka Apriyani.
Editor. Desti. S.Sos.
OKU Timur, 17 Juni 2020.
Sumber foto. Eka Apriyani. Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakutas Adab dan Humaniora.
Buat teman-teman mahasiswa dan mahasiswi yang ingin berbagi informasi tentang KKN. Atau informasi tentang kegiatan dunia kampus dan kuliah. Dapat mengirim artikel ke Apero Fublic pada laman Info Kampus. Kirim melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau whatsApp 081367739872.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment