6/28/2019

Kursus Musik di Kota Palembang


Apero Fublic.- Kursus adalah konsep belajar luar sekolah. Namun memiliki kedekatan emosional yang kuat. Sebab dalam belajarnya kursus lebih bebas tidak formal seperti di institusi sekolah. Bermacam-macam jenis pengetahuan yang dikursuskan, diantaranya seperti kursus musik. Kursus musik berarti konsep belajar tentang pengetahuan mengoperasikan alat atau pengetahuan seni musik, baik itu alat musik (biolah), atau vocal dari seseorang individu atau kelompok (paduan suara).

Berbicara tentang kursus musik, ternyata di Kota Palembang ada tempat kursus musik yang populer. Kursus musik tersebut bernama “Kursus Musik Ngantoek Neand.” Kenapa dinamakan, Ngantoek Neand. Filosofinya, apabila di artikan dalam bahasa Indonesia, Ngantoek Neand berarti mengantuk sekali.

Pendirinya seorang pemuda energik, dan selalu sibuk, kulia, bekerja dan mengajar. Sehingga dia memiliki sedikit waktu istirahat. Sering dia diserang rasa kantuk namun tetap harus berkerja. Saat bangun pagi-pagi terasa ngantuk karena capek. Namun keharusan tetap bekerja membuat dia melawan rasa kantuk dan kembali beraktivitas. Dari itu, dia terinspisari menamakan tempat kursusnya dengan Ngantoek Neand.


Kursus Musik Ngantoek Neand, berdiri pada tahun 2010 yang lalu. Didirikan oleh seorang sarjanah pendidikan seni, Alimin S.Pd. M.Pd. Kursus Musik tersebut, memiliki konsep private door to door. Dalam pertemuan belajar, dua kali dalam seminggu dengan durasi 45 menit setiap pertemuannya.

Sehingga ada delapan kali pertemuan dalam sebulan. Apabila murid ingin menghemat waktu, maka pertemuan dapat dijadikan satu kali dalam seminggu, dengan durasi belajar satu jam tiga puluh menit (90 menit). Untuk sistem pembayaran honor diawal, saat mendaftar masuk kursus musik.

Biaya kursus musik: apabila guru datang ke rumah murid maka, 500 ribu perbulan. Apabila murid yang datang ke kelas kursus musik maka, 450 perbulan. Untuk penerimaan siswa tidak dibatasi umur, mulai dari usia sekolah dari TK, SD, SMP,SMA, Mahasiswa, dan Umum.

Sistem belajar dan mengajar adalah langsung dengan praktek. Dengan gaya bersahabat dan sopan membuat murid-murid menjadi betah. Praktek langsung membuat murid-murid dalam sekali dua kali belajar mulai dapat memainkan musik.

Konsep belajar dengan cara private adalah diajarkan sampai bisa atau sampai menguasai teori. Berbeda dengan sistem less, dimana siswa bisa tidak bisa materinya, tetap lanjut sesuai jadwal pertemuan. Karena itu, sistem private diterapkan pada metode belajar dan mengajar di Kursus Musik Private Nganteok Neand.

Sistem private akan menguntungkan waktu istirahat, sekalian tidak perlu repot antar jemput anak, karena karyawan Kursus Ngantoek Neand akan datang ke rumah-rumah siswa atau siswi kursus musik. Maka kursus ini, sangat cocok untuk mengembangkan bakat anda atau putra-putri anda dalam menguasai seni musik atau seni vocal. Sampai bisa.


Apabila anda tertarik untuk ikut kursus private musik atau anda ingin memasukkan anak atau keluarga anda, ada baiknya survey tempat terdahulu. Atau hubungi kontak kursus musik secara langsung. Alamat Kursus Musik Private Ngantoek Nean terletak di Jalan Balap Sepeda PS Mall.

Saat memasuki jalan di depan TVRI ada gapura namanya Muhajirin. Lalu cari tempat Muhajirin IV, Gang Buyut I, atas nama Pak Alimin. Apabila sudah masuk gang, tanya saja pada  anak-anak atau warga disekitar itu. Kalau mereka masyarakat di sana maka mereka semua tahu, tinggal tanyakan, "rumah Pak Alimin Guru Seni Budaya SMP Negeri 45 Palembang?.


Kursus Private Ngantoek Neand membuka kelas Private Kursus biolah, Gitar, Drum, Keyboard, Piano, dan Vokal (Vocal). Beberapa, Keunggulan Private Musik Ngantoek Nean, yaitu:

1. Lagu - Lagu yang diajarkan merupakan Lagu terbaru (kekinian), selebihnya bisa Request sesuai keinginan anda.

2. Diajarkan Cara Cepat dalam memahami Materi (Tidak bertele-tele seperti di Buku yang membahas 1 materi sampai berbulan-bulan).

3. Tenaga Pengajar merupakan Lulusan S1 Sarjana Seni atau Penddidikan Kesenian (S.Pd)

yang berkompeten di bidangnya (mahir dalam alat musik)

4. Tenaga Pengajar yg berpengalaman disertai ilmu pengetahuan di bidang nya, ramah, sabar, bersahabat, dekat pada siswa dan mampu mengimbangi siswa

5. Waktu dan jadwal Pertemuannya bisa disesuaikan dengan keinginan anda

dan bersifat Fleksibel atau tidak mengikat.

Berikut ini beberapa contoh materi yang akan dipelajari.


Materi BIOLAH yang akan dipelajari :

- Teknik Gesek (Up/Down, dll)

- Partitur (Not balok)

- Tangga Nada (Melodi)

- Harmoni, Tempo

- Scale, Minuet, Sekwensi

- Lagu - Lagu (Pop, Klasik, Dangdut, dll)

- Serta Ekspresi, Penampilan, dll.


Materi GITAR meliputi :

- Teknik Dasar seperti Penjarian dan Picking, dan lain lain

- Teknik lanjutan Seperti

Hammer On, Legato, Vibra,Tapping, Penggunaan Handle dan suara efect, bending dan masih banyak lagi

- Teknik Pengembangan sperti tangga nada mayor dan minor, arpeggio, dll.

- Teknik apoyando dan tirando, dll (khusus gitar klasik)

- Tangga Nada

- Tabulasi

- Partitur (Not balok)

- Skill Arpeggio, dll.


Materi KEYBOARD / PIANO yang akan dipelajari:

- Teknik Penjarian

- Partitur (Not balok)

- Tangga Nada (Melodi)

- Harmoni, Tempo

- Scale, Chord atau kunci

- Lagu - Lagu ( Pop, Klasik, Dangdut dan lain - lain

- Serta Ekspresi, Penampilan, dll.


Materi VOCAL yang akan dipelajari:

- Teknik Vocal (Teknik Pernapasan)

- Partitur, tangga nada (Not balok)

- Harmoni, Pitch Control, Rall

- Vibra (Getaran suara) & Cengkok

- Ekspresi dan Penghayatan

- Penampilan, dll.


Arah Aliran yg dapat diambil:

- Pop

- Rock

- Keroncong

- Seriosa

- Dangdut

- Jazz, dll.


DRUM meliputi:

- Teknik dasar seperti ketukan 1/1, 1/2, 3/4 sampai 1/32 dan seterusnya

- Teknik penggunan stick

- Teknk dan jenis pukulan ke senar, tom tom dan symbal

- Teknik double pedal

- Partitur atau Not drum, dll.


Arah Aliran yg dapat diambil:

- Pop

- Rock

- Progressif

- Metal

- Dangdut

- Jazz, dll.


Kursus Musik Private Ngantoek Neand sudah meluluskan ratusan murid. Salah satu murid lulusan dari Ngantoek Neand seorang anak bernama Rafif. Sewaktu SD dahulu dia ikut Kursus Musik Private Ngantoek Neand, dengan materi Kursus Biolah. Sekarang dia sudah menguasai dan dapat bermain biolah dengan baik dan indah.

Maka sekarang Rafif selalu mendapat job bermain musik biolah. Tentu baik bagi perkembangan bakat musiknya, juga menjadi pemasukan yang lumayan bagi anak yang masih duduk di SMP. Apabila anda tertarik untuk Kursus Musik langsung hubungi pemilik langsung, Pak Alimin. S.Pd. M.Pd.

Apabila ada orang yang menghubungi anda mengaku dari tim atau mengatasnamakan beliau, kemudian diminta untuk mentransfer atau memberikan uang, mengajak bertemu di suatu tempat, jangan percaya, abaikan.

Karena belajar musik di Kursus Private Musik Ngantoek Neand harus registrasi terlebih dahulu ke tempat kursus musik. Soal pembayaran honor sesuai dengan prosedur nanti setelah mendaftar. Setelah mendaftar mendapat: buku panduan, sticker, nota, kartu pertemuan, dan biodata. Anda dapat mengunjungi instargram Ngantoek Neand: Private_Music_Sumatera_Selatan.
Foto-foto di atas memberi penjelasan suasana belajar dan mengajar dari Kursus Musik Private Ngantoek Neand. Mulai dari usia SD, remaja, dewasa, laki-laki, wanita, sampai orang tua. Kontak: WhatsApp: 08994485881 (Atas nama Alimin. SPd., M.Pd). Instagram: Private_Music_Sumatera_Selatan.

Oleh. Joni Apero.
Palembang, 22 Maret 2019.
Writer and publiser.Sumber dan sumber foto dan video. Alimin. S.Pd. M.Pd.


Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment