6/20/2019

Dari Kebudayaan Menjadi Bisnis


Apero Fublic.- Sahabat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Bisnis, sekarang kita akan membahas tentang produksi dari inovasi keterampilan membangunan rumah. UKM tersebut melayani pemesanan dan pembuatan rumah panggung, minihome, dan gazebo. Berikut pembahasannya.

Kebudayaan selalu mencerminkan kehidupan suatu bangsa. Geografis Indonesia yang beriklim tropis dengan curah hujan tinggi, tetapi matahari bersinar disepanjang tahun. Maka tanah di Indonesia subur, dengan tingkat pertumbuhan vegetasi terbesar di dunia. Lingkungan alam yang dingin dan panas, berbukit dan dataran rendah, memunculkan sistem budaya tropis.

Salah satu bentuk sistem budaya yang muncul adalah perkembangan pembangunan rumah dengan arsitektur asli Indonesia. Masyarakatnya Melayu yang pada awalnya hidup nomaden, kemudian menetap dan membangun rumah dan pemukiman. Untuk menghindari banjir, air hujan, dan hewan berbisa dan ganas maka terbentuklah sistem rumah panggung.

Sistem rumah panggung tersebut terus berkembang sampai sekarang. Di Sumatra Selatan ada dua tipologi rumah panggung. Pertama rumah limas undak, yaitu rumah limas dengan lantai naik turun seperti polah anak tangga. Rumah limas ini adalah bentuk rumah limas awal perkembangan, atau bentuk awal rumah panggung sekarang.

Untuk melihat rumah limas ini, dapat dilihat di uang kertas sepuluh ribu yang lama. Selain itu masih banyak terdapat di Kabupaten Musi Banyuasin, dan terdapat di museum Balaputradewa di Kota Palembang.

Kedua, rumah limas cara gudang. Istila ini untuk merujuk pada bangunan rumah panggung yang mirip bangunan gudang. Rumah panggung ini berlantai datar lurus. Sedangkan istilah rumah panggung, Karena rumah berdiri di atas tiang-tiang seakan-akan sebuah panggung.


Dalam perkembang tipologinya, bentuk rumah panggung cara gudanglah yang pesat. Di seluruh Sumatra Selatan menyebar sistem rumah panggung cara gudang. Karena dalam hal pembangunan rumah panggung cara gudang lebih praktis. Kemudian di bagian bawah rumah dapat dibangun kembali.

Kelebihan rumah panggung dari kayu, bagi wilayah tropis adalah kondisi suhu di dalam rumah stabil. Saat musim hujan suhu tidak terlalu dingin atau tetap sejuk normal. Begitupun saat musim kemarau, tetap sejuk dan dingin. Untuk penderita asma, asam urat, dan penyakit alergi dingin lainnya, menghuni rumah panggung sangat cocok.

Begitupun dengan keluarga-keluarga yang menginginkan kehidupan sehat, rumah panggung adalah salah satu cara dalam mejaga kesehatan di wilayah tropis. Pada masa sekarang rumah panggung dianggap rumah tradisional.

Bukan rumah yang tradisional, tetapi pola pikir kita yang tidak mencintai kebudayaan kita, dan tidak mengerti tentang konsep arsitektur tropis. Sekarang hambatan pembangunan rumah panggung bukan sebab kemajuan zaman, tetapi sebab keterbatasan sumberdaya kayu.

Menggunakan rumah panggung sangat cocok di kawasan banjir, rawa-rawa, atau pada kondisi tanah yang lembab. Sebab setiap pembangunan rumah atau gedung dengan menimbun sungai, rawa-rawa, atau tempat genangan air, maka saat itu manusia sudah merusak ekosistem lingkungan sekitar.
Berbicara tentang rumah panggung ada satu kawasan indutri masyarakat dalam pembuatan rumah panggung. Inovasi dalam sistem pembangunan adalah dengan cara bongkar pasang. Rumah yang sudah di rancang dapat di pindahkan dan di rakit kembali setelah sampai tujuan.

Disini para pelaku industri rumah panggung menawarkan jasa pemesanan rumah, dan menjual rumah siap huni. Ide kreatif masyarakat di Kabupaten Ogan Ilir ini, membuat keberadaan rumah panggung kembali populer.

Dalam hal atap, pembeli harus menyediakan sendiri atap yang mereka inginkan. Para penjual rumah hanya melayani bentuk utuh kerangkah rumah, dinding dan lantai. Mengapa para penjual tidak menyediakan atap, sebab akan sangat merepotkan apabila harus membongkar atap saat pemindahan.

Untuk atap dan tiang pembeli dapat berkonsultasi dengan para tukang dalam penempatan dan penggunaan atap. Sistem harga sangat terjangkau sekali, cocok untuk semua lapisan masyarakat.
Ada beberapa tipe produk dari produksi industri masyarakat ini. Pertama rumah panggung biasa, dengan tinggi ukuran tiang menyesuaikan (lihat foto). Kedua bentuk rumah minihome dengan tiang rendah, sedang, dan berpondasi.

Kemudian beberapa bentuk gazebo, untuk bersantai, untuk perlengkapan rumah makan, tempat pariwisata, dan perkantoran. Material pembuatan para produsen menggunakan kayu-kayu berkualitas, dan di dapat dari hutan milik masyarakat tanpa merusak lingkungan.

Bagi anda yang tertari dengan produksi dan ingin membeli rumah bongkar pasang, seperti rumah panggung, minihome, dan gazebo dapat menghubungi langsung kontak berikut. Handpone dan whatsApp. 081377553225.

Oleh. Joni Apero
Palembang, 2018.
Sumber dan sumber foto. Desmiana.

Catatan: Yang mau belajar menulis: mari belajar bersama-sama: Bagi teman-teman yang ingin mengirim atau menyumbangkan karya tulis seperti puisi, pantun, cerpen, cerita pengalaman hidup seperti cerita cinta, catatan mantera, biografi diri sendiri, resep obat tradisional,  quote, artikel, kata-kata mutiara dan sebagainya.

Kirim saja ke Apero Fublic. Dengan syarat karya kirimannya hasil tulisan sendiri, dan belum di publikasi di media lain. Seandainya sudah dipublikasikan diharapkan menyebut sumber. Jangan khawatir hak cipta akan ditulis sesuai nama pengirim. Sertakan nama lengkap, tempat menulis, tanggal dan waktu penulisan, alamat penulis.

Jumlah karya tulis tidak terbatas, bebas. Kirimkan lewat email: joni_apero@yahoo.com. idline: Apero FublicwhatsApp: 081367739872. Messenger. Apero fublic. Karya kiriman tanggung jawab sepenuhnya dari pengirim.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment