Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

9/09/2022

Nubuat Kenabian Rasulullah di Dalam Kitab Mazmur.

APERO FUBLIC.- Allah berfirman bahwasanya orang-orang Yahudi dan Nasrani mengenal Nabi Muhammad seperti mereka mengenali anak mereka sendiri (Albaqara 146). Hal demikian karena banyaknya ayat-ayat yang menjelaskan kedatangan Nabi akhir zaman. Namun karena mereka mengidap penyakit di hati mereka. Maka mereka menentang dan menutupi kebenaran tersebut. Berikut keterangan kenabian Muhammad SAW di dalam kitab Mazmur.

Mazmur menurut wikipedia adalah nyanyian atau syair puji-pujian kepada Tuhan. Dahulunya biasa dilantunkan dalam ibadat-ibadat di Bait Suci dan upacara-upacara kerajaan pada masa Israel kuno. Mazmur-mazmur yang masih bertahan hingga saat ini dikumpulkan dalam bentuk kitab, yaitu Kitab Mazmur. Kemudian digunakan dalam ritual keagamaan kaum Yahudi dan Kristen kemudian.

Terlepas dari benar atau salahnya bunyi-bunyi ayat dalam kitab Mazmur. Namun dijelaskan oleh Said Nursi dalam bukunya, Risalah Annur adanya berita tentang kenabian Rasulullah SAW. Berikut ayat-ayat yang beliau kutif dalam kitab Mazmur. Namun sepanjang jalan sejarah telah adanya perubahan-perubahan oleh mereka untuk mengaburkan kabar tersebut. Baik mengedit kata-kata atau merubah maknanya yang sesuai kepentingan mereka.

Dalam Mazmur Daud, ada ayat sebagai berikut:

“Ya Allah, turunkan pada kami zaman peralihan (setelah yang terakhir dari beberapa nabi berturut-turut), nabi yang akan mengadakan jalan-Mu.”

Dalam bunyi Mazmur tersebut nabi yang akan mengadakan jalan-Mu, merujuk pada Nabi Muhammad SAW. Walau hal demikian tidak persisi tertulis seperti itu di dalam Injil versi sekarang. Tetapi direkam dalam Hujjat Allah lil al-alamin fi Mu’jizat al-Sayyid at-mursalin dari Yusuf Nahbani (104).

“Hai Daud, seorang Nabi akan datang setelah kamu, bernama Ahmad (Muhammad), yang jujur dan pemimpin, dan kaumnya akan diampuni. (Ibnu Kathir, al-Bidaya wa i-Nihaya, 2:326; Sharh al-Shifa, 1:739).

Itulah sedikit berita kerasulan Nabi Muhammad SAW di dalam Mazmur. Yang dijelaskan oleh Syaik Said Nursi dalam bukunya Risalah-An-Nur. Beliau adalah seorang pemikir dan sufi besar pada abad ke 20.

 

Disusun: Tim Apero Fublic
Sumber: Sugeng Hariyanto. Mohammad Rudi Atmoko. Umi Rohima. Risalah-An-Nur: Said Nursi Pemikir dan Sufi Besar Abad 20. Rajagrafindo Persada: Jakarta, 2003.

Sy. Apero Fublic

9/08/2022

Car Free Night Pengganti Sudirman

APERO FUBLIC.- Kota Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Kota ini dikenal pula dengan Bumi Sriwijaya karena pada zaman dahulu merupakan tempat Kerajaan Sriwijaya berada. Pada tahun 2018, Kota Palembang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN GAMES, selain di Kota Jakarta.

Adanya gelaran ASEAN GAMES di Kota Palembang disambut dengan suka cita oleh penduduk Palembang karena dengan adanya acara tersebut maka Palembang akan menjadi lebih dikenal dan dapat menjadi objek wisata yang nantinya akan menambah pundi-pundi rupiah bagi masyarakatnya.

Kota Palembang dikenal dengan makanan khasnya, yaitu pempek. Selain itu terdapat pula salah destinasi wisata di Palembang, yaitu Jembatan Ampera. Jembatan Ampera merupakan ikon Kota Palembang yang sudah ada sejak akhir 1950-an.

Jembatan tersebut menghubungkan dua daerah yang terpisah dan disebut dengan Daerah Ulu dan Ilir. Jembatan itu dibangun di atas sungai yang sangat terkenal di Sumatera Selatan, yaitu Sungai Musi. Sumatera Selatan memang banyak memiliki sungai-sungai yang mengalir di daerahnya dan menjadi salah satu objek wisata yang terkenal.

Sungai Musi sebagai Sungai terbesar di Palembang banyak menyuguhkan wisata, yaitu dengan adanya jembatan ampera di atasnya, dan terdapat pula kapal-kapal yang bisa dipakai untuk berkeliling menyusuri sungai atau sekadar untuk berjalan-jalan.

Pariwisata adalah salah satu aspek yang dapat menumbuhkan ekonomi untuk masyarakat, terutama kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Adanya penumbuhan ekonomi melalui pariwisata akan meningkatkan taraf hidup kepada masyarakat sehingga dapat menjadi sumber penghasilan yang dapat membuat kehidupan masyarakat menjadi semakin maju.

Kemajuan ekonomi di kalangan masyarakat ini akan membuat negara juga akan memperoleh keuntungan dan juga suatu kebanggaan karena setiap orang memiliki penghasilan yang layak sehingga dapat memajukan negara pada masa kedepannya. Kota Palembang sebagai salah satu kota di Indonesia memiliki berberapa objek wisata yang terkenal seperti Benteng Kuto Besak, Pulau Kemaro, Al-Quran Al-Akbar dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2022 ini, terdapat tempat wisata baru yang belum lama ini diresmikan yaitu Car Free Night yang diadakan setiap Malam Sabtu dan Malam Minggu yang dimulai sejak 2 September 2022 lalu. Acara Car Free Night ini diadakan di Taman Lambodaro, Jalan Radial, Sekanak Lambidaro, Palembang.

Sebelum adanya acara Car Free Night ini, dulu sempat ada gelaran yang sama yang diadakan di Jalan Jendral Sudirman, di Palembang. Namun, semenjak adanya pandemic COVID-19, acara tersebut tak lagi diadakan karena menghindari tersebarnya penyakit yang lebih meluas. Namun, setelah keadaan mereda, acara itu kini ada lagi, namun lokasinya berpindah di Taman Lambidaro.

Taman Lambidaro sendiri merupakan salah satu tempat wisata di Palembang. Taman itu memiliki sungai di sisi sampingnya sehingga menjadi lebih menarik baik bagi masyarakat Palembang maupun para pengunjung.

Tentu saja adanya kegiatan Car Free Night ini diadakan untuk menambah objek wisata di Palembang sekaligus menjadi salah satu sumber ekonomi masyarakat Palembang.

Hal ini dikarenakan pada acara tersebut banyak terdapat aneka makanan minuman khas Palembang. Terdapat hiburan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung dimana para pelaku hiburan tersebut tidak mematok biaya sehingga para pengunjung dapat memberi upah semampu mereka.

Meski terbilang baru, kegiatan Car Free Night ini pada pembukaannya telah terdapat banyak pengunjung yang menghadiri acara tersebut. Adanya objek wisata Car Free Night yang diadakan di Taman Lambidaro diharapkan dapat menjadi salah satu daya tarik ekonomi kreatif masyarakat sehingga menjadi sumber penghasilan yang dapat menumbuhkan perekonomian yang ada di Kota Palembang. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat diharapkan dapat menaikkan taraf hidup masyarakat Kota Palembang.

Oleh. Yuci Yunita
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Fakultas Adab dan Humaniora. Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic

9/04/2022

Evaluasi Sarana Dan Tata Ruang Perpustakaan Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan

APERO FUBLIC.- Badan Pusat Statistik adalah lembaga pemerintah Non-Departemen yang bertanggung jawab langsung kepada presiden.Sebelumnya BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang di bentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Badan Pusat Statistik (BPS) memiliki tugas dan tanggung jawab bukan hanya sebagai penyedia data atau informasi, melainkan juga sebagai koordinator kegiatan perstatistikan di Indonesia.

Badan Pusat Statistik provinsi Sumatera Selatan selaku pihak yang bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaan dasawarsa ini berkewajiban merangkul seluruh elemen baik pemerintah maupun swasta untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan sensus ekonomi 2016.

Tidak hanya itu Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan juga di tuntut mampu mengkomunikasikan pesan menghimbau kepada individu, masyarakat, dan para pelaku ekonomi untuk berperan dalam proses pendataan sensus penduduk dan ekonomi. Pada Badan Pusat Statistik terdapat sebuah ruang perpustakaan.

Tata ruang perpustakaan merupakan hal penting yang harus diperhatikan di setiap perusahaan baik swasta maupun pemerintahan. Jika suatu perpustakaan tidak  memperdulikan penataan ruang maka akan mempengaruhi kinerja pegawai.

Tata ruang perpustakaanjuga sebagai salah satu faktor yang penting dalam menentukan kelancaran pekerjaan. Dapatdilihat diberbagai organisasi atau instansi-instansi tidak sedikit karyawan atau pegawai bekerja dengan berjalan mondarmandir dari meja yang satu ke meja yang lain dengan jarak yang berjauhan.

BPS Sumsel sudah diupayakan oleh kepala dan staf perpustakaan. Sarana prasarana di perpustakaan BPS Sumsel mencakup sarana fisik yaitu gedung atau ruangan, buku-buku dalam keadaan baik dan dalam jumlah yang banyak, rak buku, meja kursi, computer staf dan computer untuk pengunjung mencari buku yang tersedia di perpustakaan, CCTV, muhsollah, kantin, toilet, detok asap dan panas, earphone dan wifi.

Kemudian sarana layanan yang diberikan kepada pengunjung berkaitan dengan sarana fisik yang ada. Penataan ruang  dilakukan dengan memperhatikan beberapa pertimbangan yaitu, penataan rak buku, pencahayaan, sirkulasi udara  ruang bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung perpustakaan BPS Sumsel.

Oleh: Rima Giantari.
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Fakultas Adab dan Humaniora. Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic

Keunggulan Multimedia Dalam Pembelajaran

APERO FUBLIC.- Bates menekankan bahwa diantara media-media lain, interaktivitas multimedia atau media lain yang berbasis komputer adalah yang paling nyata (overt). Interaktivitas nyata di sini adalah interaktivitas yang melibatkan fisik dan mental dari pengguna saat mencoba program multimedia. Sebagai perbandingan media buku atau televisi sebenarnya juga menyediakan interaktivitas, hanya saja interaktivitas ini bersifat samar (covert) karena hanya melibatkan mental pengguna.

Interaktivitas secara fisik dalam multimedia pembelajaran bervariasi dari yang paling sederhana hingga yang kompleks. Interaktivitas sederhana misalnya menekan keyboard atau melakukan klik dengan mouse untuk berpindah halaman (display) atau memasukkan jawaban dari suatu latihan yang diberikan oleh komputer.

Interaktivitas yang komplek misalnya aktivitas di dalam suatu simulasi sederhana di mana pengguna bisa mengubah-ubah suatu variabel tertentu atau di dalam simulasi komplek di mana pengguna menggerakkan suatujoystick untuk menirukan gerakan mengemudikan pesawat terbang.

Keunggulan multimedia di dalam interaktivitas adalah media ini secara inheren mampu memaksa pengguna untuk berinteraksi dengan materi baik secara fisik dan mental. Tentu saja kemampuan memaksa ini tergantung pada seberapa efektif instruksi pembelajaran mampu menarik pengguna untuk mencoba secara aktif pembelajaran yang disajikan. Selanjutnya Fenrich (1997) menyimpulkan keunggulan multimedia pembelajaran antara lain:

þSiswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan , kesiapan dan keinginan mereka. Artinya pengguna sendirilah yang mengontrol proses pembelajaran.

þSiswa belajar dari  tutor yang sabar (komputer) yang menyesuaikan diri dengan kemampuan dari siswa.

þSiswa akan terdorong untuk mengejar pengetahuan dan memperoleh umpan balik yang seketika.

þSiswa menghadapi suatu evaluasi yang obyektif melalui keikutsertaannya dalam latihan/tes yang disediakan.

þSiswa menikmati privasi di mana mereka tak perlu malu saat melakukan kesalahan.

þBelajar saat kebutuhan muncul (“just-in-time” learning).

þBelajar kapan saja mereka mau tanpa terikat suatu waktu yang telah ditentukan.


Oleh: Revi Olvanadia

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Fakultas Adab dan Humaniora. Jurusan Ilmu Perpustakaan.


Sy. Apero Fublic