5/19/2022

Nama-Nama Pejabat Menteri dan Gubernur Dalam Kabinet Pertama Indonesia (29 Agustus 1945)

Foto Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohamad Hatta beserta para pemimpin lainnya sedang berjalan memasuki tempat sidang. Hasil sidang terbentuknya kabinet pertama Indonesia berbentuk Kabinet Presidensil. Sidang dipimpin langsung oleh presiden di Jakarta pada 19 Agustus 1945, tepatnya sehari setelah Proklamasi Kemerdekaan.


APERO FUBLIC.- Kita sebagai penerus bangsa Indonesia tentulah penasaran  siapa-siapa saja yang menjadi menteri dan gubernur yang pertama saat pertama kali negara kita didirikan oleh pendahulu kita. Tentu mereka orang-orang yang memiliki keberuntungan besar karena menjadi pemain sejarah bangsa kita.

Kita sebagai pewaris dan penikmat alam kemerdekaan tentulah harus bersyukur atas rahmat Allah telah mengkaruniakan kemerdekaan. Kabinet pertama disusun dan disepakati kurang dari dua minggu setelah proklamasi kemerdekaan. Semua diangkat oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohamad Hatta.

1. R. A.A. Wiranatakusumah sebagai Menteri Dalam Negeri.
2. Akhmad Subarjo sebagai Menteri Luar Negeri.
3. Profesor Supomo sebagai Menteri Kehakiman.
4. R.P. Surakhman sebagai Menteri Kemakmuran atau dikenal zaman kita sekarang Menteri Kordinator Kesejahteraan Rakyat (MENKOKESRA).
5. Samsi sebagai menteri Menteri Keuangan.
6. R. Buntaran sebagai Menteri Kesehatan.
7. Ki Hajar Dewantara sebagai Menteri Pengajaran kalau kita sekarang Menteri Pendidikan.
8. Iwa Kusumasumantri sebagai Menteri Pengajaran. Dalam buku referensi  tidak dapat dipahami mengapa ada dua menteri yang sama.
9. Mr. Amir Syarifuddin sebagai Menteri Penerangan dapat kita samakan dengan kementrian Komunikasi dan Informasi di zaman sekarang.
10. R. Abikusno Cokrosujoso sebagai Menteri Perhubungan.
11. R. Otto Iskandardinata sebagai Menteri Negara.       
12. Dr. Mohammad Amir sebagai Menteri Negara.
13. Mr. Maramis sebagai Menteri Negara.
14. Mr. Sartono sebagai Menteri Negara.
15. Wahid Hasyim sebagai Menteri Negara.
16. Gatot sebagai Jaksa Agung.
17. A.G. Pringgodigdo sebagai Sekretaris Negara.
18. Sukarjo Wiryopranoto sebagai Pembicara. Kalau di zaman kita mungkin sama dengan Juru Bicara Presiden.
19. Kusumaatmaja sebagai Ketua Mahkama Agung.
20. Sukamto sebagai Kepala Polisi. Kalau di zaman sekarang sama dengan KAPOLRI.

Setelah nama-nama tersebut disusun. Setelah diamati masih ada kekurangan bagian dari Pemerintahan Pusat. Dimana tidak ada kementrian yang mengkomandoi tentang keamanan secara menyeluruh. Maka menyusul setelah semua itu diangkatlah menteri keamanan.

21. Sulyohadikusumo sebagai Menteri Keamanan. Kalau sekarang kita kenal dengan nama Menteri Pertahanan dan Keamanan (MENHANKAM). Lalu diangkat juga Mayor Urip Sumohardjo sebagai Kepala Stap Umum.

Untuk pejabat Menteri Negara kemungkinan waktu penyusunan kabinet masih belum maksimal. Sehingga dibuat sebagai Menteri Negara terlebih dahulu. Di saat keadaan telah baik mereka akan ditugaskan pada bidang yang berbeda. Mereka juga dijadikan sebagai menteri-menteri cadangan dalam kabinet. Dalam keadaan yang ingin serba cepat dan sulit tentu akan sulit menyusun secara maksimal.

Selain membentuk kabinet dan mengangkat menteri, Pemerintah Pertama juga mengangkat dan menetapkan pejabat Gubernur untuk meneruskan pemerintahan di tingkat daerah di seluruh Indonesia. Nantinya para gubernur akan membentuk pemerintahan di daerah dan meneruskan proklamsi kemerdekaan. Karena zaman tersebut belum ada sistem teknologi komunikasi dan informasi sehingga penyampaian berita harus secara langsung. Hanya radio yang ada, itupun terbatas hanya di perkotaan saja. Saangat sedikit desa-desa dan pedalaman yang memiliki radio.

1. Suwiryo diangkat sebagai Walikota kota Jakarta.
2. Teuku T.M. Hasan sebagai Gubernur Sumatera.
3. Sutarjo Kartahadikusumo sebagai Gubernur Jawa Barat.
4. Suroso sebagai Gubernur Jawa Tengah.
5. Suryo sebagai Gubernur Jawa Timur.
6. Pangeran Muhamad Noor sebagai Gubernur Kalimantan.
7. Dr. Samratulangi sebagai Gubernur Sulawesi.
8. I Gusti Ktut Puja sebagai Gubernur Nusa Tenggara.
9. J. Latuharhary sebagai Gubernur Maluku.

Begitulah susunan Kabinet Pertama sekali Negara Indonesia yang disusun sesaat setelah Proklamasi Kemerdekaan dan nama-nama Gubernur yang pertama kali diangkat di Indonesia. Masa itu, pembagian provinsi belum berjalan. Para gubernur menjabat untuk mewakili daerah-daerah terlebih dahulu.

Baru kemudian akan diadakan penyusunan dan penyelidikan untuk membentuk provinsi-provinsi baru. Seiring berjalan setelah melalui perjuangan yang panjang dan menumpahkan air mata dan darah. Negara kita merdeka penuh pada tahun 1949 setelah Kolonial Belanda menyerah dan pergi dari Indonesia.

Rewrite: Tim Apero Fublic.
Editor. Melly.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 20 Mei 2022.
Sumber: Wisnu Subagyo. Dr. Mohamad Amir: Karya dan Pengabdiannya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta, 1986. Dikutip dari naskah Persiapan Undang-Undang Dasar 1945 Jilid I halaman 399.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment