Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

10/27/2021

PENTINGNYA AKREDITASI PERPUSTAKAAN BAGI SEKOLAH.

APERO FUBLIC.- Perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar yang membutuhkan pengelolaan yang baik dan profesional, untuk itu pengelola perpustakaan sekolah harus memberikan perhatian yang serius terutama kepala sekolah, guru, dan tenaga pustakawan. Dalam era globalisasi ini, penguasaan ilmu pengetahuan teknologi, dan informasi merupakan tuntutan kebutuhan yang harus terpenuhi.

Penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi merupakan kunci untuk memenangkan tantangan globalisasi. Minimnya penguasaan sumber pengetahuan, teknologi, dan informasi akan berujung pada sebuah kemunduran dan kegagalan dalam persaingan global.

Fenomena saat ini dalam dunia pendidikan yaitu sekolah-sekolah swasta yang mempunyai akreditasi lebih baik sehingga banyak diminati dari pada sekolah negeri. Namun, pada saat ini sekolah negeri masih banyak peminatnya karena memiliki status yang jelas. Akan tetapi tidak menuntut kemungkinan jika sekolah swasta lebih diminati karena memberikan layanan yang lebih baik.

Sehingga sekolah swasta mulai menjadi bahan pertimbangan dalam penerimaan beasiswa untuk melanjutkn ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karenanya, akreditasi dalam sekolah sangat penting dalam menunjang mutu pendidikan.

Jadi dapat disimpulkan pentingnya akreditasi perpustakaan sekolah supaya memiliki status yang jelas dan salah satu bagian penting dalam pendidikan guna memenuhi kebutuhan informasi dan meningkatkan pengetahuan.

Oleh: Karmilawati.
Editor. Melly
Tatafoto. Ahmad Reni Efita.
Palembang, 27 Oktober 2021.
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humniora, Jurusan Ilmu Perpustakaan. Email:Karmil180496@Gmail.Com.

Sy. Apero Fublic.

Penggunaan Online Public Access Catalog (OPAC) Sebagai Sarana Temu Kembali Informasi Pada Perpustakaan.

APERO FUBLIC.- Perkembangan teknologi informasi dizaman saat ini telah berkembang begitu pesat dengan adanya internet sebagai hasil dari perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak perubahan pada manusia dalam pencarian informasi.

Dampak perkembangan teknologi semakin meluas dan tidak dapat di pungkiri bahwa teknologi informasi sangat baik untuk diterapkan di bidang pendidikan seperti perpustakaan.

Secara umum perpustakaan diartikan sebagai tempat yang menghimpun berbagai koleksi buku, berupa tercetak maupun yang terekam dalam berbagai media, seperti: buku, majalah, surat kabar, film, video, kaset dan lain sebagainya.

Perubahan layanan dalam menggunakan Online Public Access Catalog (OPAC) sangat penting bagi pengelolah dan pengguna perpustakaan, Online Public Access Catalog (OPAC) sebagai katalog online yang membantu memudahkan dalam pencarian koleksi bahan pustaka bagi pengguna, Online Public Access Catalog (OPAC) adalah sebuah fitur yang digunakan untuk para penggunjung di perpustakaan dalam mengakses pencarian sehingga dengan mudahnya informasi ditemukan di dalam perpustakaan.

Oleh: Rebbi Tiyara Putri.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 27 Oktober 2021.
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora, Jurusan Ilmu Perpustakaan. Email: rebbitiyaraputri11@gmail.com.

Sy. Apero Fublic

Geliat Pustakawan Di Tengah Pandemi dan Berita Hoaks.

APERO FUBLIC.- Kehadiran virus COVID-19 yang berdampak serius bagi  seluruh masyarakat, menyebabkan banyak informasi yang tersebar dikalangan masyarakat yang belum tentu terbukti kebenarannya. Akibatnya, banyak masyarakat yang dirugikan baik secara langsung, maupun tidak langsung.

Peran pustakawan sebagai penyedia informasi bagi pemustaka dan masyarakat umum bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan informasi yang terpercaya untuk masyarakat.

Pemberlakuan peraturan PSBB, WFH, Social Distancing, hingga lockdown (karantina area) yang menjadi kebijakan pemerintah Indonesia di masa pandemic ini membuat segala aktivitas beralih melalui jaringan media online (daring), tak terkecuali perpustakaan sebagai tempat rujukan utama.

Penanganan dalam pelayanan informasi digital di tengah merebaknya wabah Corona Virus 2019 atau Covid-19 membuat tenaga ahli perpustakaan (pustakawan) harus mengambil langkah besar dalam pengembangan perpustakaan virtual bagi pengguna informasi. Pustakawan menjadi mata tombak literasi Indonesia dalam membagikan virtual information for peoples.

Dengan banyaknya berita yang beredar mendorong pustakawan untuk lebih meningkatkan pelayanan kebutuhan informasi yang terpercaya, salah satunya dengan memberikan pelayanan referensi virtual yang diharapkan mampu memberikan informasi yang akurat serta menekan peredaran berita hoaks yang beredar.

Oleh: Adesti Putri Anesia.
Editor. Desti, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 27 Oktober 2021.
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora, Jurusan Ilmu Perpustakaan.Email : adestianesia11@gmail.com.

Sy. Apero Fublic