Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

5/22/2021

Bupati Dodi Reza Ingatkan PPI di Belgia Tetap Jaga Tali Kebhinekaan.

Apero Fublic.- Sumatera Selatan. Sebagai mantan Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Belgia 1994-1996 Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengingatkan agar PPI di Belgia untuk selalu menjaga silaturahmi serta tetap merajut Tali Kebhinekaan.

Hal ini disampaikan Kepala Daerah Inovatif tersebut pada kesempatan Silaturahmi Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), Alumni dan Masyarakat Indonesia di Belgia dengan Tema “Merajut Tali Kebhinekaan Pelajar, Alumni dan Masyarakat Indonesia di Belgia” di Kantor Perwakilan Musi Banyuasin di Palembang secara Virtual, Sabtu (22/5/2021).

"Menjaga silaturahmi dan tali kebhinekaan sangat penting. Ini harus dijaga terus," ungkap Dodi Reza yang juga alumni S-2 University Libre De Brussel Belgia.

Peraih Banque Bruxelles Lambert Prize Award sebagai karya skripsi terbaik se-Belgia ini menambahkan, agar para pelajar dan warga Indonesia di Belgia untuk tetap menjaga kesehatan ditengah wabah COVID-19 saat ini.

"Terus jaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19," ucapnya.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Belgia, Andri Hadi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muba Dr Dodi Reza yang juga mantan Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Belgia yang selalu memperhatikan pelajar dan warga Indonesia di Belgia.

"Semoga silaturahmi ini terus terjalin baik, meski silaturahmi secara virtual namun banyak diskusi yang bisa menjadi manfaat untuk kita semua," ungkapnya.

Pada kesempatan Silaturahmi Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), Alumni dan Masyarakat Indonesia di Belgia secara Virtual tersebut juga diikuti Dirjen KemenLHK Bambang Supriyanto, Dosen Universitas Sebelas Maret Dimas Rahadian, NGO Belgium Prima Interpares dan beberapa narasumber berkompeten lainnya. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 25 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

5/21/2021

MUSI BANYUASIN: Sabet Double Winner Anugerah Pesona Indonesia 2020.

Supermoto dan Bekarang Raih Juara Pertama.

Apero Fublic.- NTT-Labuan Bajo. Malam Anugerah Pesona Indonesia (API Award) 2020 yang dilaksanakan di Hotel Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timut. Kamis (20/5/2021) yang dihadiri seluruh Nominasi Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

API Award merupakan ajang penghargaan yang paling bergengsi di sektor Pariwisata. Kabupaten Musi Banyuasin merupakan Kabupaten yang mendapat 2 (dua) kategori Penghargaan yaitu Olahraga dan Petualangan Terpopuler (supermoto) serta Wisata Air Terpopuler (Bekarang) masing-masing menyabet Juara 1 (Satu).

Penyelenggaraan API award 2020 yang berlangsung di hall Hotel Inaya Buy dihadiri Gubernur NTT, Victor Laiscodat dan sejumlah Bupati dan Walikota dari sejumlah Daerah yg masuk Nominasi,

Menteri Pariwisata dan ekonomi  kreatif Sandiaga S Uno secara Virtual  menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para pemenang. Pariwisata Daerah menjadi agenda penting yang harus ditingkatkan, ditengah pandemi ini Pariwisata kita harus bangkit kembali

Bupati Musi Banyuasin yang diwakili Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata M. Fariz, S. STTP., MM. Mengatakan Keberhasilan penghargaan ini tidak lepas dari sosok kepala daerah dalam hal ini pemerintah Kabupaten yang peduli kepada sektor pariwisata yang dapat mengerakan ekonomi lokal serta tak lepas pula dukungan dari rekan-rekan media dan penggiat sosmed di Kabupaten Musi Banyuasin.

"Ini langkah awal bagi kita semua semangat bersama terus inovasi, Adaptasi dan kolaborasi untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Musi Banyuasin, ayo kita sama-sama sukseskan pelaksanaan Anugerah Pesona Indonesia 2021 di Kabupaten Musi Banyuasin," ungkapan.

Ditempat yang sama Chairman API, Hiro Cristianto memberikan apresiasi tertinggi kepada Musi Banyuasin pasalnya selama penyelenggaraan API Award, "Kabupaten Muba berhasil mencetak sejarah API award meraih juara pertama untuk dua katagori," bangganya.

Anugerah pesona Indonesia 2020 mempunyai 18 Kategori yang salah satunya adalah Olahraga dan Petualangan Terpopuler serta Wisata Air Terpopuler.

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 24 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

Polres Musi Banyuasin Dukung Program Unggulan Bedah Jantung RSUD Sekayu.

35 Personil Polres Musi Banyuasin Lakukan Aksi Donor Darah Untuk  bantu Operasi Jantung Terbuka.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Kepemimpinan Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP yang simpatik dan penuh kepedulian juga ditampakkan jajaran Forkopimda Muba. Dukungan rasa  kepedulian ini merebak ke berbagai pihak.

Seperti yang terlihat saat ini Polres Muba tidak hanya mengayomi masyarakat tapi juga punya simpati  luar biasa. Kapolres Musi Banyuasin AKBP Erlin Tangjaya SH SIk bersama dan jajarannya datang memberikan  sapaan dan semangat kepada pasien yang akan melakukan operasi jantung, serta ikut berpartisipasi dalam aksi donor darah.

"Jadi hari ini ada 35 anggota yang mengikuti kegiatan donor darah. Donor darah ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap warga yang akan melaksanakan operasi jantung terbuka," ungkap Kapolres saat berada di Pospam Penyekatan, Jumat (21/05/21).

Lanjutnya, kegiatan ini juga digelar dalam rangka Hari Palang Merah International. Diharapkan dengan adanya aksi donor darah ini dapat membantu meringankan masyarakat yang sedang membutuhkan darah.

"Anggota Pospam juga ikut mendonorkan darah nya, kita mencoba membantu ketersedian stok darah di RSUD. Pihak rumah sakit bekerjasama dengan kita untuk membantu menambah stok darah"ulasnya.

Sebelum dilakukan pendonoran para personil dicek terlebih dahulu kesehatan mulai  suhu tubuh hingga  tensi darah. Jika hasil pengecekan tersebut baik, maka pendonor dapat melanjutkan pengambilan darahnya oleh tim medis.

Direktur RSUD Sekayu dr Makson Parulian Purba MARS menyampaikan, akhir-akhir ini stok darah di UTD RS sangat minim bahkan masing-masing jenis darah dibawah angka 5 untuk stok tersedia.

"Atas aksi yang telah dilakukan oleh pihak Kapolres beserta jajaran yang sudah turut berpartisipasi untuk mendonorkan darah, kami ucapkan terimakasih," ujarnya.

Besok RSUD Sekayu akan kembali melakukan operasi jantung terbuka pada pasien ke 15. Dalam pengoperasian tersebut akan membutuhkan sebanyak 20 kantong darah.

"Dari kegiatan yang telah dilakukan hari ini sangat membantu untuk kegiatan besok. Semoga para pendonor senantiasa diberikan kesehatan dan penerima dinor segera membaik,"kata Makson. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 22 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

Musi Banyuasin: Wamen ATR/BPN Lakukan Tinjauan dan Sosialisasi Program Kegiatan PTPR.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin-Keluang. Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) RI Surya Tjandra melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), tepatnya di Desa Pinang Banjar Kecamatan Sungai Lilin dan Desa Sidorejo (A6) Kecamatan Keluang, Jum'at (21/5/2021).

Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi menyampaikan ucapan selamat datang, dan mengapresiasi telah menjadikan Kabupaten Muba pada tahun ini sebagai pilot project program kegiatan Peta Tematik Pertanahan dan Ruang (PTPR).

"Sudah dua tahun terakhir kami mendapatkan info ini tapi tak kunjung ada kepastian. Alhamdullilah hari ini Wamen ATR/BPN datang di Kabupaten Muba membawa angin segar bagi masyarakat Desa Pinang Banjar dan Sidorejo. Semoga dapat segera direalisasikan, sehingga para petani karet, sawit maupun palawija dapat lebih sejahtera dalam melaksanakan pertanian,"ucap Sekda.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Pertanahan Nasional Dr Surya Tjandra SH LLM mengatakan program perdana di Indonesia ini dalam rangka percepatan redistribusi tanah obyek reforma agraria dari kawasan hutan berbasis tata ruang dan lingkungan tahun 2021.

Dikatakan Surya, pemetaan tematik pertanahan ini akan memiliki efek ikutan. Sehingga, kedepan berbagai titik permasalahan dapat segera diketahui dan cepat diambil kebijakan lebih rapi. 

"Kami sangat butuh dukungan semua pihak. Untuk di Sumsel termasuk Kabupaten Muba akan kita mulai sebanyak 30 ribu hektare lahan untuk tahap awal yang merupakan hutan produksi konversi yang tidak produktif. Dan kehormatan bagi kami bisa kick off program ini di Sumsel," jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, pengelolaan sebanyak 30 ribu hektare lahan tersebut sepenuhnya akan diserahkan ke masing-masing kepala daerah dan masyarakat. Pemerintah siap membantu memfasilitasi. 

"Jika kepala daerah tetap komitmen, kami optimistis bisa memulai kolaborasi dengan apik di sini. Kita harap segera mendapatkan pemetaan yang akurat yang dapat menjawab apa yang menjadi pertanyaan kita selama ini," tambahnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 23 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

5/20/2021

Pemerintah Kabupaten dan PN Musi Banyuasin Berikan Kemudahan Layanan Hukum Bagi Masyarakat.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin-Sekayu. Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan M Yusuf Amilin membuka secara resmi Sosialisasi dan Implementasi Aplikasi Eraterang dan E-Court Pengadilan Negeri Sekayu dan SAJI Muba Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Musi Banyuasin.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Randik, Kamis (20/05/2021) diikuti oleh seluruh Camat atau yang mewakili se- Kabupaten Muba. Dalam arahannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs H M Yusuf Amilin berharap seluruh camat agar mendukung dan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait Aplikasi "PTSP Sinergi Muba" yang diprakarsai oleh Pengadilan Negeri Sekayu dengan berkerjasama dengan DPMPTSP Muba

Sehingga, lanjut Amilin masyarakat lebih paham terkait aplikasi tersebut, menurutnya aplikasi yang dibuat bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengakses semua informasi serta layanan hukum yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Mari kita sama-sama mendukung aplikasi ini. Dan ikuti kegiatan sosialisasi ini dengan serius sehingga kita bisa memberikan pemahaman dan layanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat Muba,"ungkapnya.

Sementara, Kepala DPMPTSP Muba Erdian Syahri S Sos MSi dalam sambutannya menjelaskan bahwa Layanan Aplikasi PTSP SimBa atau PTSP Sinergi Muba, merupakan aplikasi layanan hukum yang diprakarsai oleh Pengadilan Negeri Sekayu, yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengakses semua informasi serta layanan hukum yang dibutuhkan oleh masyarat Muba diantaranya E-Court, Eraterang, SIPP, e-tilang.

"e-Court Adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara online, Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan yang dilakukan secara Elektronik," jelasnya.

Menurutnya ada 4 persidangan dilakukan secara elektronik yaitu 1. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan), 2. e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), 3. e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online), 4. e-Litigation (Persidangan secara online).

Selanjutnya dijelaskan, Kepala Pengadilan Negeri Sekayu Hendra Halomoan SH MH, bahwa aplikasi yang dibuat pihaknya tersebut memberikan kemudahan informasi kepada masyarakat.

Menurutnya, "Dengan menggunakan whatsapp e tilang, masyarakat dapat mengetahui informasi tilangnya secara cepat. Cukup mengirimkan nomor tilang ke nomor layanan asisten tilang Whatsapp di Pengadilan Negeri Sekayu, anda akan mendapatkan panduan tata cara mengakses informasi tilang anda melalui whatsapp," katanya.

Selanjutnya, terkait aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) adalah aplikasi teknologi berbasis web dalam memberikan informasi perkara kepada masyarakat. Selain itu SIPP juga bisa digunakan oleh pimpinan untuk memonitor kinerja hakim di daerah. SIPP dibangun sebagai media kerja yang baik dan efektif bagi internal pengadilan, tertib administrasi, efektif dan efesien, monitoring dan pengawasan dan yang terpenting adalah media yang memudahkan masyarakat pencari informasi perkara untuk mengupdate informasi perkaranya dengan mudah, cepat dan berbiaya murah.

Selain itu, ia juga menerangkan tentang aplikasi eraterang yang merupakan media elektronik dalam memberikan pelayanan permohonan surat keterangan pada Pengadilan Negeri yang secara otomatis terhubung ke Pengadilan Negeri yang dituju.

"Adapun surat keterangan yang dapat dibuat di aplikasi eraterang ini sebagai antara lainnya : Surat Keterangan Tidak Sedang Dinyatakan Pailit. Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana. Surat Keterangan Tidak Sedang Dicabut Hak Pilihnya. Surat Keterangan di Pidana Karena Kealpaan Ringan atau Alasan Politik. Surat Keterangan Tidak memiliki Tanggungan Utang Secara Perorangan dan/atau Secara Badan Hukum yang Menjadi Tanggung Jawabnya yang merugikan keuangan negara,"tandasnya.

Menanggapi hal-hal yang disampaikan tersebut, para camat atau yang mewakili menyatakan siap mendukung dan mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayah tugasnya masing-masing. "Kami siap mendukung suksesnya aplikasi ini dengan segera mensosialisasikannya kepada masyarakat,"pungkas Camat Sungai Keruh Edy Haryanto SH. (HS)

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 21 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

Tandang ke Lalan: Wakil Bupati Beni Hernedi Beri Bantuan Korban Kebakaran

Apero Fublic.- Sekayu-Lalan. Rasa sedih masih tampak dialami empat KK warga di Desa Karang Makmur Kecamatan Lalan yang menjadi korban dari kobaran si jago merah pada 14 Mei lalu. Betapa tidak, empat KK yakni diantaranya Sulaiman, Umar, Armada, dan Srianta harus kehilangan tempat tinggal.

Namun, Kamis (20/5/2021) kesedihan tersebut tampak mulai pudar ketika Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA yang dalam kesempatan tersebut diwakili Wakil Bupati Beni Hernedi SIP bertandang ke tempat empat warga yang menjadi korban kebakaran.

"Mereka harus kehilangan tempat tinggal saat perayaan Idul Fitri, tentu kondisi ini sangat memprihatinkan. Oleh sebab itu, hari ini kita Pemkab Muba bawa sedikit bantuan untuk mengurangi beban mereka," ucap Beni Hernedi yang juga Ketua PMI Muba.

"Kami terkejut dan prihatin setelah mendapat laporan musibah ini, kemudian saya sampaikan ke Pak Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex, beliau meminta kita untuk hadir dan melihat situasi secara langsung. Mohon bersabar, mungkin bantuan yang disampaikan ini nilainya tidak seberapa tapi ini adalah bentuk kepedulian dan kebersamaan kita," tambahnya.

Lanjutnya, melalui peninjauan ini Pemkab Muba perlu menerima masukan untuk menjadi kebijakan terkait terobosan-terobosan penanggulangan bencana kebakaran khususnya di Kecamatan Lalan.

"Karena disini sering terjadi kasus serupa (kebakaran) untuk itu diperlukan sarana dan prasarana pemadam kebakaran yang bisa bekerja cepat dengan mempertimbangkan kondisi medan atau lapangan," kata Wabup Muba.

Sementara itu, Kadinsos Muba Drs H Ahmad Nasuhi SH MM menyebutkan, adapun bantuan Pemerintah Kabupaten Muba mencakupi dari Dinas Sosial Muba berupa sembako dan uang, box perlengkapan makan dan masak dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Muba, dan dari Badan Amil Zakat Nasional Muba uang masing-masing Rp 1 juta dan batuan bupati 5 juta serta uang rehab bangunan untuk Sulaiman Rp 10 juta.

"Selain itu ada bantuan dari Desa Karang Makmur dan Kelurahan Karang Makmur hasil penggalangan dana dan bantuan kelurahan, terkumpul sebanyak Rp 30 juta juga sembako," bebernya.

Dalam kesempatan ini Wabup Muba didampingi Kepala Dinas Sosial Muba H Ahmad Nasuhi, perwakilan BPBD Muba, dan turut dihadiri Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Selatan Susanto dari Fraksi PDIP, dan Anggota DPRD Muba Andi Setiawan.

Sementara itu Camat Lalan Andi Suharto SSTP MSi mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Muba yang telah menyampaikan bantuan untuk warganya yang mengalami musibah kebakaran.

"Terima kasih juga kepada perangkat desa yang telah mengumpulkan dana sebagai bentuk solidaritas," ucapnya.

Dikatakannya bahwa Kecamatan Lalan hampir setiap tahun terjadi kebakaran, oleh karena itu ia sangat mengharapkan adanya solusi terkait dengan penanggulangan bencana tersebut. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 20 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

5/18/2021

Kecamatan di Musi Banyuasin Cepat Turunkan Status Zona Merah

Apresiasi Kecamatan: Sekda Apriyadi Kunjungi Kecamatan Sungai Lilin.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Kecamatan Sungai Lilin mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin atas kerja keras penanganan COVID-19. Kecamatan ini sebelumnya dinyatakan sebagai zona merah COVID-19 pekan lalu dan saat ini sudah memasuki zona kuning.

Hal ini disampaikan Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi saat memimpin Rapat Supervisi Pelaksanaan Penanganan COVID-19 di Kecamatan Sungai Lilin, di Aula Kantor Camat Sungai Lilin, Selasa (18/5/2021).

Sekda mengatakan rapat supervisi dilaksanakan terkait perkembangan kasus COVID-19 di Sungai Lilin yang sebelumnya sangat mengkhawatirkan namun belakangan ini Sungai Lilin dapat menurunkan status dari merah ke orange dan hari ini zona kuning.

"Kami beserta jajaran mengucapkan terima kasih atas kerja keras dengan stakeholder yang ada. Alhamdulillah sungai lilin hari ini sudah zona kuning," ucap Apriyadi.

Sekda Muba juga mengingatkan kepada kepala desa dan lurah untuk satu komando dalam hal penanganan COVID-19. Kepala desa diperbolehkan menggunakan 8% Dana Desa dalam penanganan dan mebantu masyarakat yang terkontaminasi COVID-19.

"Kalau ada terkonfirmasi cepat lapor dinas kesehatan, dan bantu jangan sampai akibat ada pembiaran bisa membuat panik masyarakat. Kita jaga wilayah kita masing-masing, ingatkan masyarakat supaya mematuhi protokol kesehatan," tandasnya.

Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan Saputra SIP MSi mengatakan capaian tersebut tidak lepas dari bantuan dan kerjasama Forkopimcam Sungai Lilin, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas dan RSUD Sungai Lilin.

"Kami hampir tidak tidur 24 jam mengawal penangan kasus ini. Berkat petunjuk dan arahan Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Muba. Alhamdulillah Sungai Lilin sudah zona kuning, sekarang di desa-desa juga telah didirikan posko COVID-19," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS menyampaikan  perkembangan situasi COVID-19 di Kabupaten Muba yang sudah berlangsung sejak Maret 2020 hingga saat ini masih menghadapi wabah COVID-19.

Kondisi COVID-19 di Muba semple yang dilakukan pemeriksaan sudah mencapai 909.760 sample dengan 1387 sample terkonfirmasi positif.

"Semua sample yang terkonfirmasi positif itu berdasarkan hasil laboratorium, yang diambil swab dari tenggorokan," kata dr Azmi.

Lanjutnya, RSUD Sekayu telah memiliki laboratorium sehingga tidak perlu lagi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil tes swab. Selain itu RSUD Sekayu juga telah menambah 30% fasilitas tempat tidur untuk antisipasi lonjakan kasus.

Dikatakannya juga peraturan terbaru dari pemerintah pusat adalah desa diperbolehkan membuat kebijakan sendiri sesuai zona yang disampaikan oleh Dinkes Kabupaten.

"Jadi kita berharap bahwa dari desa bisa fleksibel menggunakan dana desa untuk membantu warga yang membutuhkan untuk isolasi mandiri," pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasat Binmas Polres Muba AKP Noprizal, Danramil Sungai Lilin Kapten Armed Indrajaya, Kapolsek Sungai Lilin, Kepala Dinas Perhubungan Muba H Pathi Ridwan, Kabid PPD Satpol PP Muba Indita Purnama, Direktur RSUD Sungai Lilin, Kepala Puskesmas, serta Para Kepala Desa dan Lurah dalam Kecamatan Sungai Lilin.

Setelah kegiatan itu, Sekda Muba bersama rombongan melakukan peninjauan arus balik di Posko Kecamatan Babat Supat dengan didampingi Camat Babat Supat Rio Aditya SSTP.

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 18 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

5/17/2021

Mengenal Seledri (Apium Qraveolens)

Apero Fublic.- Flora. Seledri memiliki nama ilmiah apium qraveolens, dari keluarga apiaceae, genus apium. Seledri adalah jenis tanaman terna kecil, masuk golongan tanaman sayur-sayuran. Ada tiga jenis seledri, yaitu seledri daun digunakan daunnya untuk bumbu masak.

Perbanyak seledri dengan memisahkan tunas-tunas kecilnya. Lalu disemai di media tanam yang gembur dan sejuk. Siram cukup air dan jangan terkena sinar matahari langsung. Setelah bibit tumbuh baik, baru disinari cukup matahari.

Seledri gagang yang digunakan gagangnya. Sedangkan seledri umbi, yang digunakan umbinya sebagai bumbu sup. Di Indonesia seledri yang paling dikenal adalah seledri daun. Hampir setiap penduduk mengenal, terkadang mereka menanam di dalam pot atau volibek disekitar rumah.

Seledri di Indonesia diperkenalkan oleh penjajah Kolonial Belanda. Memang pemanfaatan seledri sudah sejak ribuan tahun lalu. Di Eropa seledri digunakan dari daunnya, gagang, dan umbi. Linnaeus mendeskripsikan dalam edisi pertama species plantarum. Dia memasukkan seledri dalam suku apiaceae (suku adas-adasan).

Daun seledri dijadikan bumbu masakan yang berkuah. Seperti gulai pindang, sup, kuah bakso, kuah model, kuah bubur ayam, soto dan masakan kue asin. Bumbu daun seledri bukan hanya penyedap, tapi juga memberikan aroma wangi. Seledri tanaman serba guna, selain sayuran juga masuk dalam klasipikasi tanaman obat.

Sekarang seledri sudah dibudidayakan petani secara luas. Banyak daun seledri dijual di pasar. Boleh disebut kalau seledri sudah menjadi komoditas sayuran yang tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat banyak. Seledri juga mengandung minyak atsiri. Ada juga orang yang alergi seledri, untuk penderita radang ka’al tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi seledri.

Oleh. Eka Apriyani.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
OKU Timur, 18 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

Mengenal Ceko (Kaempferia Galanga)

Apero Fublic. Flora. Ceko atau yang dikenal dengan kencur adalah jenis tanaman obat dan rempah-rempah. Memiliki nama ilmiah kaempferia galanga, dari keluarga zingiberales dan genus kaempferia. Ceko yang terbilang unik, memiliki akar dan batang di dalam danah dan hanya daunnya yang menyembul di atas permukaan tanah. Daun ceko menempel di tanah dimana dia tumbuh. Ceko di Malaysia dikenal dengan nama cekur, dan pro hom dalam bahasa Thailand.

Di Indonesia ceko dikenal dengan nama; ceuko (Aceh), cikur (Sunda), cekuh (Bali), kencur (Jawa), cekir (Sumba). Ceko secara tradisional umbi muda dijadikan obat sakit perut dengan cara dikonsumsi langsung. Daun muda yang masih menggulung dan umbi muda dijadikan ulam makan. Daun muda juga dijadikan bumbu gulai pindang sayur, pindang cendawan, campuran sayur lainnya.

Ceko jenis tanaman obat keluarga temu-temuan seperti kunyit, jahe, lantemu, laos dan sejenisnya. Umbi atau rimpang ceko mengandung minyak atsiri dan alkoloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Penduduk percaya umbi ceko dapat membuat nyaman perut. Sehingga suka di konsumsi penduduk. Perna kita mengenal minuman beras kencur yang pernah populer. Salah satu bentuk pengolahan ceko.

Di Sumatera Selatan muncul teka-teki yang menggambarkan ceko. Yaitu, “Rimba apa yang tidak dapat dimasuki, bahkan oleh burung puyuh sekalipun.” Jawabnya, ceko. Ceko dapat tumbuh di dataran rendah dan tinggi di kawasan tropis. Tumbuh subur di tanah yang gembur, dan tanah terbakar. Ceko diperbanyak dengan umbinya, dan dengan cara memecah-mecah rumpunnya.

Ceko terdiri dua jenis, yang berbeda hanya pada bentuk daunnya. Satu jenis berdaun lebar membulat terhampar di permukaan tanah, satu berdaun menyempit panjang tegak. Ceko tumbuh berumpun, dengan tunas-tunas baru sehingga rumpun semakin lebar dan menyebar. Satu rumpun memiliki daun antara tiga sampai enam helai daun.

Daun muda menggulung tegak ke atas. Bunga ceko sangat indah, dengan warna putih dan ungu pada tengah kelopak bunga. Kelopak bunga terdiri dari tiga sampai empat kelopak. Bunga muncul ditenga batang rumpunnya. Ceko dipercaya dapat mengobati masuk angin dan radang lambung.

Oleh. Alvin Aretunang, S.Hum.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Lubuk Linggau, 17 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

Mengenal Ketepeng (Cassia Alata): Obat Kurap

Apero Fublic.- Flora. Ketepeng adalah tumbuhan jenis tanaman obat, golongan perdu-perduan. Perdu kelompok tumbuhan yang tidak memiliki batang tinggi (tegak), banyak cabang, dan tumbuh rendah di atas permukaan tanah. Tinggi di bawah enam meter.

Ketepeng memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Seperti kupang, daun kurap, ura’kap, gelenggang, kupang-kupang, haya mara (Halmahera Utara), gelinggar (Paser) dan lainnya. Itu membuktikan kalau ketepeng tumbuh merata di di Indonesia. Ketepeng tumbuhan tropis yang berkembang dan menyebar di gari tropis bumi, seperti di Asia Tenggara, Tropis Amerika, dan lainnya. Di Sumatera Selatan ketepeng banyak tumbuh alami di sisi jalan raya.

Ketepeng sangat mudah dikenali, dari bentuk bunganya yang khas berwarna kuning cerah menonjol diatas pokoknya. Bunga ketepeng menempel pada tangkai bunga yang memanjang tegak. Panjang tangkai bunga antara 15 cm sampai 30 cm. Kelopak bunga berbentuk bulat yang menempel pada batang tangkai. Di dalam kelopak terdapat mahkota bunga yang akan menjadi buah. Seiring waktu bunga semakin sedikit dan digantikan oleh buah pada tangkainya.

Buah ketepeng berbentuk persegi empat memanjang seukuran jari kelingking manusia. Panjang buah antara 10 sampai 20 cm. Namun kesuburan ketepeng juga menentukan ukuran buahnya. Di dalam buah terdapat biji, dimana saat masak buah memecah dan biji jatuh kesekitar pohonnya. Biji akan tumbuh dan membentuk pohon baru.

Daun ketepeng berbentuk bulat lonjong, menempel pada gagang daun yang memanjang. Gagang daun juga menempel pada batang atau dahan-dahannya. Daun menempel disisi kiri dan sisi kanan gagang. Tulang daun poros membelah tengah daun. Lalu tulang rusuk daun melengkung ke ujung daun. Saat daun tua berwarna kuning akan lepas dari gagang, gugur. Begitu juga gagang melepas dari batang, dan daun juga melepas dari batang. Tampak pada batang bekas gagang menempel.

Perbanyak ketepeng menggunakan biji (benih), yang pertama disemaikan dan seteleh cukup umur di tanam pada lahan. Ketepeng tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran dengan ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut. Ketepeng banyak tumbuh liar disekitar pemukiman penduduk, di sisi jalan-jalan raya.

Ketepeng secara tradisional sudah digunakan masyarakat sejak dulu sebagai obat jamur; seperti kurap, panu, kidas, luka dan obat malaria alami. Untuk obat kidas tumbuk hancur daun ketepeng, kemudian tempel pada permukaan kudis, luka dan diikat kain bersih.

Untuk kurap tumbuk secukupnya daun ketepeng dan tepelkan pada panu. Sebelum menempelkan garuk atau gosok sedikit kurap atau panu sampai permukaan agak terbuka. Lalu tempelkan daun ketepeng, awas rasanya pedih. Begitu juga kalau ingin mengobati panu (hanya obat luar).

Oleh. Joni Apero.
Editor. Desti. S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Linggau, 16 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

MUSI BANYUASIN: Taati Aturan, Patuhi Kebijakan Pemerintah Pusat.

Apero Fublic.- Sekayu. Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dr H Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi beserta jajaran Forkopimda dan Perangkat Daerah Pemkab Muba,  menghadiri acara Pengarahan Presiden RI kepada Kepala Daerah se-Indonesia Tahun 2021 di Istana Negara secara virtual di Ruang Rapat Serasan Sekate, Senin (17/5/2021).

Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengaku siap menjalankan kebijakan pemerintah tersebut.

“Kami tetap siaga, termasuk di rumah sakit, dan juga akan membantu keberlangsungan posko-posko penyekatan sampai waktu yang ditetapkan," ucapnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan pidato, mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri bagi umat muslim dan selamat memperingati hari kenaikan Isa Almasih bagi umat nasrani.

Kemudian, ia memaparkan mengenai kondisi mudik lebaran yang mendapat perhatian khusus. Disebutkannya, ada 1,5 juta orang mudik selama 6 hingga 17 Mei. 

“Awal dulu saya sampaikan ada 33 persen (yang mudik). Kemudian, saya larang sehingga turun jadi 17 persen dan terus turun saat ada penyekatan sekitar 1,1 persen. Meski begitu, saya melihat masih banyak yang datang ke tempat wisata. Diharapkan, kasus aktif bisa turun lagi dimana pada Februari sebagai puncaknya jumlah kasus sebanyak 176 ribu tapi kini turun menjadi 90-an ribu. Ini yang terus kita tekan sehingga membutuhkan konsistensi. Hati-hati karena gelombang kedua dan ketiga sangat berbahaya, seperti halnya di negara-negara tetangga kita yang lockdown hingga Juni,” paparnya.

Disebutkannya, di Pulau Sumatera dan pulau lainnya mulai ada kenaikan kasus Covid-19. Tercatat, ada 15 provinsi yang kasusnya mengalami peningkatan. 

“Ini perkembangan kasus mingguan di Pulau Sumatera seperti di Aceh, Sumut, Sumbar, Babel, Jambi, Sumsel, dan Lampung. Disana, kasusnya tinggi tapi ada penurunan. Yang trennya turun cuma Bengkulu sehingga dapat cap ‘hijau’ tapi bukan zona hijau,” terangnya.

Soal keterisian tempat tidur sekarang 29% secara nasional. Mengenai keterisian hotel juga mendapat sorotan seperti di Provinsi Kepri yang tingkat okupansi hotelnya naik sehingga secara ekonomi baik tapi tetap harus dikendalikan.

“Saya berharap gubernur bisa memahami angka ini,” tegasnya.

Selain soal kasus Covid-19, presiden menyampaikan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal pertama 2020 yakni 2,97%. Kemudian di kuartal kedua, turun menjadi minus 5%. Untuk kuartal pertama 2021, masih minus 0,74%, sedangkan target kuartal kedua sekitar diatas 7%.

“Seluruh gubernur, bupati, dan walikota memiliki tanggungjawab yang sama dalam kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional. Saya meyakini target itu bisa tercapai. Yang penting, tetap harus hati-hati sehingga penanganan Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi bisa sejalan seiring,” harap presiden.

Usai mendengarkan arahan presiden, langsung dilanjutkan silaturahmi dan mendengarkan arahan Gubernur Sumsel secara virtual yang diikuti seluruh Bupati/walikota se-Provinsi Sumatera Selatan. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 17 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

5/16/2021

Wahyuni Widya Ningsi, Novelis Pertama Asal Musi Banyuasin.

Apero Fublic.- Sastra Kotemporer. Dunia literasi Musi Banyuasin, Sumatera Selatan patut berbangga, pasalnya untuk pertama kalinya terbitlah sebuah novel dari tangan seorang dara asal daerahnya.

Wahyuni Widya Ningsih (20), putri pertama dari Ibu Deni Sartika dan Bapak Ali, warga Desa Sukarami, Kecamatan Sekayu, Musi Banyuasin yang telah melahirkan sebuah novel islami berjudul Tentram Ati (Jaksa Media, 2020).

Mahasiswi semester VI jurusan Jurnalistik UIN Raden Fatah Palembang ini menerangkan bahwa sekarang dirinya telah menulis dalam tiga buah buku; dua karya tunggal dan satu antologi bersama. Karya pertama adalah sebuah Novel, lalu buku self improvement, dan terakhir antologi bersama Kumpulan Cerpen.

"Sejak SMA sudah ingin menulis novel, namun belum ada kesempatan menekuninya. Kemudian ketika telah kuliah, tepatnya tahun 2020 saya bermimpi didatangi Najwa Sihab dan dinasehati bahwa bila punya keinginan jangan ditunda dan kebetulan tahun lalu banyak waktu luang karena Covid - 19, sehingga akhirnya menjadi motivasi untuk menyelesaikan novel Tentram Ati yang terbit pada bulan Mei tahun 2020".

"Awal menulis, saya memposting karya di Whatpadd, sebuah platform kepenulisan yang mendunia. Lalu kemudian karya saya yang berjudul Tentram Ati ini dipinang oleh penerbit Jaksa Media, Semarang. Bagi sahabat yang berminat untuk membacanya bisa membeli novel tersebut di aplikasi Shopee dengan akun Jaksa Media berjudul Tentram Ati, " ujar alumni MAN Sekayu tahun 2018 ini.

Sementara itu, Ketua Organisasi Sastra Budaya Arsi Muba, Herdoni Syafriansyah (16/05/2021) menyatakan sangat bahagia dan mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh Wahyuni Widya.

"Sebagai salah satu penggiat literasi di Musi Banyuasin saya merasa bahagia dan bangga, ditengah redupnya aktivitas kepenulisan kita nyatanya masih ada setitik sinar yang muncul memberikan cahayanya. Prestasi generasi muda yang positif seperti ini hendaklah mendapatkan apresiasi dan dukungan dari kita. Teruslah berkarya untuk adik kami Wahyuni Widya, dan semoga karyanya bisa memberikan manfaat baik bagi pribadi maupun masyarakat umumnya, serta juga bagi Kabupaten Musi Banyuasin," tutupnya. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 17 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic