5/17/2021

Mengenal Ketepeng (Cassia Alata): Obat Kurap

Apero Fublic.- Flora. Ketepeng adalah tumbuhan jenis tanaman obat, golongan perdu-perduan. Perdu kelompok tumbuhan yang tidak memiliki batang tinggi (tegak), banyak cabang, dan tumbuh rendah di atas permukaan tanah. Tinggi di bawah enam meter.

Ketepeng memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Seperti kupang, daun kurap, ura’kap, gelenggang, kupang-kupang, haya mara (Halmahera Utara), gelinggar (Paser) dan lainnya. Itu membuktikan kalau ketepeng tumbuh merata di di Indonesia. Ketepeng tumbuhan tropis yang berkembang dan menyebar di gari tropis bumi, seperti di Asia Tenggara, Tropis Amerika, dan lainnya. Di Sumatera Selatan ketepeng banyak tumbuh alami di sisi jalan raya.

Ketepeng sangat mudah dikenali, dari bentuk bunganya yang khas berwarna kuning cerah menonjol diatas pokoknya. Bunga ketepeng menempel pada tangkai bunga yang memanjang tegak. Panjang tangkai bunga antara 15 cm sampai 30 cm. Kelopak bunga berbentuk bulat yang menempel pada batang tangkai. Di dalam kelopak terdapat mahkota bunga yang akan menjadi buah. Seiring waktu bunga semakin sedikit dan digantikan oleh buah pada tangkainya.

Buah ketepeng berbentuk persegi empat memanjang seukuran jari kelingking manusia. Panjang buah antara 10 sampai 20 cm. Namun kesuburan ketepeng juga menentukan ukuran buahnya. Di dalam buah terdapat biji, dimana saat masak buah memecah dan biji jatuh kesekitar pohonnya. Biji akan tumbuh dan membentuk pohon baru.

Daun ketepeng berbentuk bulat lonjong, menempel pada gagang daun yang memanjang. Gagang daun juga menempel pada batang atau dahan-dahannya. Daun menempel disisi kiri dan sisi kanan gagang. Tulang daun poros membelah tengah daun. Lalu tulang rusuk daun melengkung ke ujung daun. Saat daun tua berwarna kuning akan lepas dari gagang, gugur. Begitu juga gagang melepas dari batang, dan daun juga melepas dari batang. Tampak pada batang bekas gagang menempel.

Perbanyak ketepeng menggunakan biji (benih), yang pertama disemaikan dan seteleh cukup umur di tanam pada lahan. Ketepeng tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran dengan ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut. Ketepeng banyak tumbuh liar disekitar pemukiman penduduk, di sisi jalan-jalan raya.

Ketepeng secara tradisional sudah digunakan masyarakat sejak dulu sebagai obat jamur; seperti kurap, panu, kidas, luka dan obat malaria alami. Untuk obat kidas tumbuk hancur daun ketepeng, kemudian tempel pada permukaan kudis, luka dan diikat kain bersih.

Untuk kurap tumbuk secukupnya daun ketepeng dan tepelkan pada panu. Sebelum menempelkan garuk atau gosok sedikit kurap atau panu sampai permukaan agak terbuka. Lalu tempelkan daun ketepeng, awas rasanya pedih. Begitu juga kalau ingin mengobati panu (hanya obat luar).

Oleh. Joni Apero.
Editor. Desti. S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Linggau, 16 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment