Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

5/08/2021

Disporapar dan KONI OKU Timur Kagumi Kemajuan Olahraga Kabupaten Musi Banyuasin

Apero Fublic. Musi Banyuasin. Terkait dengan pelaksanaan Porprov ke XIII tahun 2021 di wilayah OKU Raya termasuk Kabupaten OKU Timur yang terpilih sebagai tuan rumah kegiatan tersebut, maka untuk mematangkan kegiatan dimaksud Pemkab Oku Timur mengadakan audiensi koordinasi ke Kabupaten Musi Banyuasin.

Dalam kesempatan ini, Rabu, 21/04/2021, Pemkab Oku Timur melalui Disporapar dan KONI Oku Timur melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Musi Banyuasin.

Setelah menggelar audiensi yang diterima secara langsung oleh Kadispopar Muba, Muhammad Fariz, SSTP, MM beserta jajaran, rombongan perwakilan Pemkab. OKU Timur langsung meninjau venue-venue olahraga unggulan di Kabupaten Musi Banyuasin dan merasa kagum dengan kemajuan dunia olahraga Kabupaten Muba dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Dr. H. Dodi Reza Alex Noerdin.

"Tidak diragukan lagi bahwa Musi Banyuasin adalah kota olahraga segudang prestasi. Oleh karena itu kami yakin konsultasi ke Muba karena sudah berpengalaman dalam melaksanakan event skala Nasional dan Internasional. Hal-hal yang kami pelajari di sini, akan menjadi bahan bagi kami dalam memaksimalkan persiapan sebagai tuan rumah Porprov ke XIII di Oku Timur tahun 2021," ujar H. Onasis Arfa, S.E selaku Ketum KONI Oku Timur.

Adapun yang hadir dari Pemkab. Oku Timur yaitu  H. Onasis Arfa, S.E (Ketum KONI Oku Timur), Aswadi dan Andi Chandra Wijaya , S.E (Pengurus KONI Oku Timur), Isdaryono, M.Pd (Kabid Kepemudaan Disporapar Oku Timur), Rendi Firnando, A.Md (Staf Keuangan Disporapar Oku Timur),dan Dedi Fuad Tutorial Sanofa, S.Pd (Ketua Pengkab PRSI OKU TIMUR). (HS).

Sy. Apero Fublic

ISSI Sum Sel: Tunjuk Musi Banyuasin Jadi Tuan Rumah Balap Sepeda Tingkat Nasional Open 2021.

Apero Fublic.- Palembang. Ikatan Sport Sepeda Indonesia  (ISSI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  optimis kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mampu menjadi tuan rumah balap sepeda tingkat nasional yang akan diikuti ribuan pecinta olahraga bersepeda ini.

Ketua ISSI Sumsel Leonardi Sohe, SH melalui Binpres ISSI Sumsel, Asnawi mengatakan,  pihaknya tengah melakukan penjajakan dengan pemerintah Kabupaten Muba khususnya Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Dispopar) Muba untuk pelaksanaan event balap sepeda ini.

“Balap sepeda akan berlangsung 2 kategori, yaitu Cycling for all dan race (balapan). Untuk cycling for all akan dilaksanakan Bike Adventure dan untuk race akan digelar nomor criterium,” katanya, Jumat (12/3). Untuk kelas adventure sendiri menurutnya, sudah bisa dipastikan akan dilaksanakan di Kota Sekayu.

“Kelas adventure ini akan mengeksplore potensi-potensi  wisata dan petualangan di Bumi Serasan Sekate, dan untuk kreteria kami masih mempelajari semua persiapan agar kelas ini dapat terselenggara di Sirkuit Skyland nantinya,” katanya.

Sedangkan, untuk kualitas lintasan dan tikungan sirkuit yang memiliki julukan mini catalunya ini menurutnya tidak perlu diragukan lagi.

“Kalau selama ini balap motor dan mobil kini giliran sepeda yang akan menjajalnya,” katanya.

Ketua Pengcab ISSI Muba, Djonny Aking ,  menambahkan sangat optimis jika pelaksanaan event ini akan berjalan sukses dan meriah terkhusus untuk dikelas adventure yang ia targetkan akan diikuti sekitar 1000 peserta dari seluruh wilayah Sumsel saja.

Sedangkan Bupati Muba H Dodi Reza Alex yang diwakili Kadispopar Muba M. Fariz SSTP. MM menyambut baik gagasan dari ISSI Sumsel untuk penyelenggaraan even balap sepeda di kabupaten Musi Banyuasin ini 

Pihaknya akan terus berkoordinasi tuk mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan baik penyelenggara maupun peserta agar bisa berjalan dengan baik.

“Rencananya event ini akan kita laksanakan dibulan Oktober bertepatan dengan peringatan Hut TNI agar kemeriahan event semakin terasa,” harapnya. HS.

Sy. Apero Fublic

MUSI BANYUASIN: Buka Penerimaan CPNS dan PPPK Formasi 2021.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Kabar gembira bagi pejuang NIP (nomor induk pegawai) alias masyarakat yang berminat mengabdikan diri sebagai CPNS atau PPPK di Musi Banyuasin (Muba) Formasi 2021. Kepastian pembukaan seleksi penerimaan CPNS dan PPPK Muba 2021 ditegaskan oleh Bupati Muba H Dodi Reza Alex melalui Plt. Kepala BKPSDM Muba, Sunaryo, SSTP. MM.

"Kita sudah mendapatkan hasil usulan formasi dengan jumlah formasi PPPK Guru sebanyak  2.955, lalu PPPK non Guru 105 terdiri dari 103 Tenaga Kesehatan dan 2 formasi Tenaga Teknis. Sedangkan formasi CPNS  sejumlah 46 dengan rincian 27 tenaga kesehatan dan 19 Tenaga Teknis," terang Sunaryo, Jumat, (7/5).

Jumlah formasi untuk Muba menurut Sunaryo didasarkan pada Keputusan Menteri PAN dan RB RI Nomor 572 Tahun 2021 tanggal 21 April 2021 Tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

Terkait pelaksanaan ujian seleksi akan dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku yakni khusus untuk seleksi PPPK Guru dilaksanakan melalui UNBK Kemendikbud.

"Sedangkan seleksi CPNS Dan PPPK Non Guru dilaksanakan dengan CAT BKN.  Muba secara mandiri menggelar ujian seleksi di Gedung Dharma Wanita Sekayu dgn 100 PC. Seperti pelaksanaan seleksi tahun lalu di Muba, kali ini tetap akan dierapkan protokol kesehatan  secara ketat," ujar dia.

Meski sudah pasti seleksi penerimaan CPNS dan PPPK segera dibuka, Sunaryo belum bisa menyebutkan tanggal pastinya namun diperkirakan akhir Mei 2021 ini.

"Rincian formasi dan waktu pelaksanaan secara umum yakni rentang waktu bulannya sudah kita peroleh. Namun tanggal pasti mulai seleksinya masih tentatif. Kita akan terus koordinasikan lagi dengan BKN," tutupnya.

Terpisah, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menghimbau kepada semua calon peserta seleksi CPNS dan PPPK agar mempersiapkan diri dengan baik.

"Ini kabar gembira buat masyarakat Muba dan Indonesia umumnya. Di tengah wabah pandemi COVID- 19, pemerintah tetap hadir dengan berbagai upaya pencegahan sekaligus membuka kesempatan lapangan kerja. Silahkan, putra-putri terbaik kita untuk memanfaatkan kesempatan ini. Pesan saya jangan percaya calo. Belajar serius dan berdoa kepada Tuhan," ujar Kepala Daerah Inovatif ini.

Lanjutnya, terkait teknis pelaksanaan tes nantinya tentu Pemkab Muba akan berkoordinasi dengan BKN dan stakeholder lainnya agar tetap selalu mengedepankan prokes.

"Tahun lalu kita berhasil melaksanakan tes seleksi ditengah pandemi, Alhamdulillah dengan sarpras prokes yang kita miliki semua peserta dapat mengikuti pelaksanaan tes dengan aman, prinsipnya Muba siap," tandasnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 8 April 2021.

Sy. Apero Fublic 

5/06/2021

Info: Musibah Kebakaran di Desa Lebung Gajah, OKI.

Apero Fublic.- OKI-Tulung Selapan. Musibah datang tanpa kita kehendaki, mendadak juga tidak memberikan peringatan. Oleh sebab itu, kehati-hatianlah yang menjadi pilihan. Kita harus awas dengan sumber api, seperti obat nyamuk bakar, tungku api, lampu minyak, kompor masak, dan arus listrik. Arus listrik dapat kita kontrol penggunaan kabal dan sumber kontak (colokan).

Begitu juga dengan musibah kebakaran di, RT. II, Kampung II, Desa Lebung Gajah, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Kejadian musibah kebakaran pada waktu menjelang subuh, pukul 04:37 WIB (24 April 2021). Kemungkinan kebakaran juga dari kelalaian sumber api.

Dalam musibah tersebut beruntung tidak memakan korban jiwa. Hanya menghanguskan rumah yang berbentuk panggung tersebut. Warga desa berdatangan membantu, berupaya memadamkan api.

Namun apa daya, tenaga manusia yang hanya mengandalkan alat seadanya tidak dapat memadamkan api. Sehingga rumah pun hangus terbakar api. Semoga warga yang tertimpa musibah diberikan Allah rezeki dan ganti rumah yang lebih baik. Serta dilimpahkan kesabaran dan tawakal dalam menerima cobaan dari Tuhan.

Oleh. Asdi Merkah, S.Hum.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra. (foto hanya ilustrasi).
OKI, 24 April 2021.

Sy. Apero Fublic.

COVID-19: Tidak Menyurutkan Semangat Tadarusan Bersama di Bulan Ramadhan.

Apero Fublic.- OKU TIMUR. Tridadi merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Madang Suku I, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan. Sebagaimana biasanya, setiap bulan Ramadhan umat Islam melaksanakan ibadah puasa, malam dilanjutkan shalat Tarawih, dan dilanjutkan dengan membaca kitab suci Al-Quran (Tadarus). Begitu juga dengan masyarakat Islam di Desa Tridadi.

Akan tetapi, di bulan Ramadhan (1442) masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Membuat kegiatan ibadah di musholla atau masjid agak berbeda. Dimana masyarakat Desa Tridadi mengharuskan warganya mematuhi 3 M (menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker). Kemudian menerapkan sistem rotasi atau bergantian untuk yang akan beribadah di musholla. Sehingga sebagian dari jamaah tidak beribadah di dalam masjid atau musholla.

Begitulah kesepakatan yang diterapkan pada jamaah musholla Nurul Huda, Dusun III, Desa Tridadi. Setelah shalat Tarawih dilanjutkan, kegiatan Tadarusan. Tadarusan itu sendiri, yaitu sebuah kegiatan membaca Al-qur'an secara bergantian dan teman-teman yang lainnya menyimak, biasanya menggunakan pengeras suara. Seiring penghujung bulan Ramadhan, jamaah shalat tarawih mulai berkurang. Namun, kegiatan tadarusan tetap berlanjut seperti biasa. Karena anggota tadarus selalu konsisten melaksanakan kegiatannya. Tampak selalu semarak di musholla kecil itu.

Tadarusan di desa Tridadi dilakukan oleh anak-anak, ibu-ibu dan bapak-bapak yang diatur sesuai waktunya. Tadarusan dilaksanakan pada waktu siang dan malam. Untuk malam hari biasanya dari selesai shalat tarawih sampai pukul 22:00. Selanjtnya, dimulai setelah shalat subuh sampai pukul 06:00 WIB. Sedangkan di sore hari dilaksanakan setelah shalat ashar, sampai pukul 17:30 WIB.

Anak-anak yang sangat antusias untuk ikut tadarus. Sebab, selain mendapatkan pahala, kegiatan tadarusan juga dihidangkan makanan dan minuman oleh masyarakat yang diatur secara bergiliran memberikannya. Jadi, selalu ada makanan (malam), dan saat menjelang berbuka. Hal ini membuat anak-anak semakin antusias dan bergembira. Manfaatnya, anak-anak terus belajar dan semakin bagus lagi dalam membaca Alqur'an. Mereka pun dapat bersilahtuhrahmi dengan teman-temannya dalam kegiatan yang baik.

Oleh. Eka Apriyani
Editor. Selita, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
OKU Timur, 7 Mei 2021.
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora, Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic

Musnahkan BB Narkoba, Bupati DRA : Paling Penting Bentengi Warga Musi Banyuasin.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Polres Musi Banyuasin beserta jajarannya dalam memberantas narkotika di wilayah Muba.

"Terlebih lagi hari ini Polres Muba telah berhasil mengungkap narkotika jenis sabu dengan berat 10 Kg. Ini merupakan suatu keberhasilan, kerja keras yang telah dilakukan oleh Polres Muba beserta jajaran ini bisa di meminimalisir dan mencegah peredaran narkotika,"ungkap Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin saat melakukan Pemusnahan Barang Bukti Narkotika JenisSabu, Rabu (5/5/2021) di Polres Muba.

Orang nomor satu di Muba ini mengatakan, adanya 10 Kg sabu yang akan disebarkan pada  masyarakat apalagi di masa sekarang sangatlah memprihatinkan.

"Kalau narkobanya yang di musnahkan itu bagus, tapi yang lebih penting adalah bagaimana kita membentengi masyarakat ini dengan peredaran narkoba di tengah masyarakat, agar tidak terpengaruh dengan hal-hal seperti ini,"ujarnya.

Adapun keinginan untuk pendirian Badan Narkotika Nasional (BNN) di Kabupaten Muba, sudah diusulkan sejak 3 tahun yang lalu dan sekarang masih dalam proses. Untuk sarana prasarana dan personel juga sudah siapkan, kapanpun bisa disetujui tentunya akan segera membangun institusi tersebut. Selain itu, juga diharapkan peran aktif masyarakat dari atas sampai bawah untuk bisa melindungi.

"Saya ingatkan kembali yang paling penting adalah membuat  kesadaran dari masyarakat dan juga aparat yang dalam hal ini tentu dari Polri, TNI, Satpol PP, Jajaran Pemkab Muba sampai Camat dan Kepala Desa untuk terus memantau apa yang terjadi di lapangan. jika terjadi sesuatu yang berujung pada kecurigaan adanya peredaran narkoba di wilayah masing-masing itu harus segera dilaporkan, "bebernya.

Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SIK dalam sambutannya menyampaikan, dengan terus dilakukan pengungkapan terhadap kasus-kasus narkotika, ini sebagai bentuk untuk menjaga generasi muda bahaya narkoba. Di tahun mendatang generasi muda sangat diharapkan bisa membawa bangsa Indonesia menjadi generasi yang lebih maju lagi.

Untuk mencapai keinginan tersebut, diharapkan kepada semua lapisan masyarakat bisa memiliki komitmen yang kuat dalam melakukan pemberantasan narkotika di wilayah Kabupaten Muba. Dengan terus memberikan edukasi. Saling bahu-membahu dengan memberi informasi tentang keberadaan narkoba di wilayah masing-masing semoga kerjasama ini terus dilakukan.

"Terima kasih atas apresiasi yang telah di berikan oleh Pemkab Muba. Keberhasilan ini merupakan kekompakan dan juga kerja keras dari semua pihak. Adapun narkotika jenis sabu seberat kurang lebih 10 Kg ini didapatkan dari 2 kecamatan yang ada di Muba,"tutupnya. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 7 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

Dengan Berat Hati: Bupati Dodi Reza Batasi Operasional Rumah Makan di Muba.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Angka penularan COVID-19 yang naik signifikan di Sumatera Selatan membuat Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA terus melakukan antisipasi agar tidak terjadi lonjakan penularan wabah COVID-19 di Muba.

Selain memaksimalkan edukasi protokol kesehatan, Kepala Daerah Inovatif tersebut mengaku, meski dengan berat hati ia terpaksa harus membatasi jam operasional pelaku usaha termasuk Rumah Makan (RM) di Bumi Serasan Sekate.

"Dengan berat hati, kita memberlakukan pembatasan jam operasional bagi Pelaku Usaha mulai dibuka pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 19.00 WiB, kecuali yang buka 24 jam dengan ketentuan melayani membungkus atau take away," ungkap Dodi Reza.

Selain itu, pelaku usaha juga wajib melaksanakan Protokol Kesehatan yaitu menyediakan tempat mencuci tangan dan sabun, memakai masker, serta menjaga jarak.

"Lalu, pemilik usaha Restoran, Rumah Makan, warung makan/makanan, Kafe dan sebagainya agar tidak menyediakan meja/kursi untuk makan di tempat, dan hanya melayani untuk membungkus/take away," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Azizah SSos MT menyebutkan, pihaknya juga menindaklanjuti hal tersebut dengan mengeluarkan Surat Edaran ke tiap pelaku usaha di Muba.

Surat Edaran Nomor : 440/ 186 /DAGPERIND/V/2021 Tentang Pembatasan Operasional Bagi Pemilik Usaha Restoran, Rumah Makan, Warung Makan, Usaha Makanan Dan Kafe Dalam Kabupaten Musi Banyuasin.

"Aturan ini kita berlakukan dalam rangka mengantisipasi terjadinya peningkatan penyebaran kasus COVID-19 khususnya dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin dan demi kebaikan kita semua warga Muba khususnya pelaku usaha," tandasnya.

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 6 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

5/05/2021

Bupati Dodi Reza Imbau OPD Percepat Penyerapan Anggaran dan Realisasi Fisik

DRA Atensi Khusus DAK TA 2021.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin memimpin Rapat koordinasi evaluasi dan pengendalian pelaksanaan kegiatan pembangunan Kabupaten Musi Banyuasin Triwulan I Tahun Anggaran 2021, bersama seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Muba, di Auditorium Pemkab Muba, Selasa (4/5/2021).

Sebelumnya Bupati Dodi  telah mengikuti Musrenbangnas yang dipimpin RI dan menerima instruksi  agar pemerintah daerah segera membellanjakan anggaran yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Instruksi lain  yakni segera menyelesaikan kegiatan pembangunan tahun 2021.

"Kaitannya bukan hanya untuk mepercepat pertumubuhan ekonomi. Khusus untuk Kabupaten Musi Banyuasin kita ingin agar target yang sudah ditetapkan didalam RPJMD Kabupaten Muba bisa tercapai," kata Bupati Muba.

Lanjutnya RPJMD bisa tercapai apabila pembangunan fisik dan penyerapan anggaran direalisasikan tepat waktu sehingga menghasilkan output yang menjadi parameter dari indikator yang sudah ditetapkan bagi kemajuan pembangunan di Muba.

"Tolong diperhatikan khususnya OPD-OPD yang mempunyai kegiatan dalam DAK fisik untuk segera mulai melakukan upaya emergency. Harus masuk dalam aplikasi OMSPAN sebagai salah satu syarat penyaluran DAK," ujarnya.

Dikatakan. Dodi Menteri Dalam Negeri akan mengusulkan daerah yang lambat penyerapan anggarannya agar tidak dilakukan transfer ke daerah, sesuai dengan progres presentase penyerahan.

"Artinya kita harus tepat waktu, segera menyerap, segera belanjakan sehingga transfer kedaerah tidak ditahan oleh pemerintah pusat," imbuhnya.

Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini meminta DAK harus jadi perhatian bersama, bukan hanya BPKAD saja, tapi seluruh OPD.

"Jadi saya minta baik OPD yang mempunyai kegiatan fisik dan OPD yang mempunyai kegiatan-kegiatan tapi belum ditenderkan harus segera dilaksanakan jangan ditunda-tunda. Tahun lalu 2020 disaat COVID-19 melanda kita masih bisa melakukan kegiatan-kegiatan, seharusnya tahun ini lebih baik lagi. Oleh karena itu saya minta kita melakukan percepatan-percepatan,"

Lebih lanjut ia mengatakan kalau terjadinya keterlambatan dalam belanja, penyerapan anggaran, realisasi kegiatan fisik, akan berpengaruh dengan target indikator tahun yang ditetapkan pada tahun 2021.

"Kalau saya masih 3-4 tahun lagi tidak masalah masih bisa dikejar tapi masa jabatan hanya sampai tahun 2022 jadi target indikator harus tercapai semaksimal mungkin di tahun ini, untuk periode pertama," tandasnya.

Selain dari masalah evaluasi pengendalian pembangunan Bupati Muba juga menyampaikan terkait apa yang menjadi konsen pemerintah mengenai COVID-19.

"Rapat menindaklanjuti perintah presiden sudah kita lakukan dengan Sekda dilanjutkan dengan rapat teknis.

Karena ini darurat, OPD terkait dan satuan tugas COVID-19 untuk segera menindaklanjuti  yang menjadi instruksi kepala daerah sejalan dengan instruksi pemerintah pusat," pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Bappeda Muba Drs Iskandar Syahrianto memaparkan APBD Kabupaten Muba tahun 2021 sebesar Rp 4.019.297.524.422.

"Penyerapan keuangan APBD sampai dengan Triwulan I TA 2021, fisik 14,16%, dan keuangan 9,03%," ungkapnya.

Selanjutnya terkait DAK Fisik Kabupaten Muba TA 2021 total PAGU senilai Rp. 135.637.614.000, terdiri dari DAK Fisik Reguler dibidang kesehatan, pendidikan, dan bidang jalan, dan DAK Fisik Penugasan ada enam bidang yang mencakup bidang kesehatan, pertanian, sanitasi, air minum, kelautan perikanan, dan bidang irigasi.

"Perlu diperhatikan, apabila sampai dengan tanggal 21 Juli 2021 OPD belum melakukan penginputan seluruh kontrak, penyaluran DAK fisik hanya disalurkan sebesar nilai kontrak yang terekam di OMSPAN," pungkasnya.

Dalam rakor ini dilakukan pula penyerahan secara simbolis buku daftar kegiatan konstruksi tahun 2021 kepada Camat Lawang Wetan, Sungai Keruh, Plakat Tinggi, Lais, dan Camat Sekayu. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 5 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

Camat: Forkopimcam Hingga Perangkat Desa di Muba Perketat Pengawasan Larangan Mudik.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang dikomandoi Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA - Wabup Beni Hernedi SIP dengan jelas menyatakan mudik lebaran tahun tahun ini dilarang demi mencegah penyebaran COVID-19.

Guna memastikan larangan mudik berjalan baik, Pemkab Muba melalui Sekretaris Daerah Drs H Apriyadi MSi kembali mengingatkan dengan tegas camat dan perangkat desa untuk melakukan pengetatan dan penegakan Disiplin.

Protokol Kesehatan COVID-19 di wilayahnya masing-masing. "Camat dan Pemerintah Desa agar menjaga wilayah masing-masing terutama di jalan lintas. Camat harus bekerjasama mengaktifkan kembali satuan tugas penanganan COVID-19 hingga tingkat desa," tegasnya.

Imbauan Sekda disampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Tindaklanjut Penegakan Disiplin. Protokol Kesehatan dan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Muba bersama Kepala Perangkat Daerah dan Camat di Ruang Rapat Randik Pemkab Muba, Selasa (04/05/2021).

Pesan utamanya yakni pengetatan terhadap tiga kecamatan yakni Kecamatan Sungai Lilin,  Lawang Wetan dan  Sekayu yang saat ini sudah ditetapkan sebagai merah dan orange. Juga untuk seluruh kecamatan di Kabupaten Muba.

"Kita harus benar-benar maksimal melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan COVID-19, terutama di pasar, tempat beribadah, restoran, rumah makan dan tempat lainnya yang mengundang kerumunan orang. Apalagi saat menjelang Hari Raya Idul Fitri ini," ungkap Sekda.

Pemkab Muba juga akan segera membatasi rumah makan dan tempat kuliner lainnya buka hanya sampai jam 7 malam. Jika pembatasan tersebut dilanggar, Pemkab Muba akan memberikan sangsi tegas bagi pelanggar tersebut demi menjaga dan melindungi masyarakat dari kasus penyebaran COVID-19.

"Segera buatkan surat edaran terkait pelaksanaan Sholat Tarawih dan Idul Fitri bagi daerah yang dinyatakan zona merah untuk lebih mengutamakan sholat di rumah masing-masing. Begitupula bagi zona hijau atau orange untuk mengedepankan dan mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, kita juga akan berlakukan bagi OPD kalau ada lonjakan akan kita lakukan lokalisir atau karantina," terangnya.

Sementara, Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan SIP MSi mendukung dan siap pelaksanaan pengetatan wilayah dalam rangka menekan penyebaran COVID-19 di wilayah kecamatan.

"Kami siap menindaklanjuti melakukan pengetatan di wilayah yang kami pimpinan dan gencar melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan segera mengaktifkan kembali posko penanganan COVID-19," tandasnya.

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 4 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

Warga Senang Pengajian Bareng Thia Yufada.

Thia Berharap Makin Istiqamah 10 Hari Terakhir Ramadhan.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Tidak hanya kondang  perempuan inspiratif, ketua TP PKK Kabupaten Musi Banyuasin Hj Thia Yufada Dodi Reza juga dikenal sebagai  perempuan yang sangat agamis.

Thia membuat masyarakat Muba bisa  pengajian rutin satu kali sepekan melalui Pengajian An-Nurdin Serasan Sekate. Ini  menjadi agenda rutin Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Thia Yufada bersama ibu-ibu pengajian Musi Banyuasin.

"Pelaksanaan pengajian yang kita laksanakan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan. Memasuki 10 Ramadhan terakhir semoga kita selalu mendapatkan kesehatan,"ucap Thia Yufada yang juga Ketua Pengajian An-Nurdin Serasan Sekate Kabupaten Musi Banyuasin saat acara pengajian berlangsung, Selasa (4/5/2021) di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate Sekayu.

Lanjutnya, dia berharap minggu-minggu terakhir puasa dapat tetap Istiqomah dan dapat dipertemukan lagi pada bulan puasa di tahun berikutnya.

"Semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir, sehingga tidak ada lagi rasa khawatir saat melakukan perkumpulan bersama dengan ibu-ibu pengajian,"harapnya.

Kali ini, ceramah agama oleh Drs H Thamrin Nawawi M Pd I yang pada kesempatan ini memberikan tausiyah tentang zakat fitrah, merupakan zakat yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Hukum mengeluarkan zakat fitrah adalah wajib bagi setiap muslim baik yang masih kecil ataupun dewasa.

Zakat fitrah dilakukan di bulan ramadhan sebagai upaya menyucikan diri dari perbuatan dan ucapan yang tidak berguna. Sehingga, ketika hari raya Idhul Fitri tiba, umat muslim dapat kembali suci atau fitrah.

Zakat memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan dunia maupun akhirat, yaitu sebagai bentuk membersihkan harta dari yang bukan haknya kita. Dengan melakukan zakat kita juga telah menolong kepada sesama umat Islam dengan memberikan sebagian harta kita, agar para penerima zakat dapat menjalankan ibadah dengan baik tanpa perlu kesulitan lagi.

"Dengan melaksanakan zakat, maka kita telah menggugurkan kewajiban yang merupakan bagian dari rukun Islam tersebut. Selain itu, kita juga telah berupaya untuk berbagi rezeki kepada orang-orang yang membutuhkan. Semoga Allah menerima amalan zakat fitrah kita di tahun ini," tandasnya.

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 5 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic.

5/03/2021

Musi Banyuasin: Bupati Dodi Reza Pertegas Larangan Mudik dan Perketat PPKM.

Apero Fublic.-
Musi Banyuasin. Meski angka penderita COVID-19 di Sumsel secara umum meningkat drastis mencapai angka 65 persen, namun penanganan dan identifikasi penderita COVID-19 di Kabupaten Musi Banyuasin dapat berjalan baik.

Hal ini pula diperkuat dengan pengetatan larangan pulang kampung serta Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA.

"Memang bulan Ramadan dan Idul Fitri ada tradisi pulang ke kampung untuk berkumpul dengan keluaraga. Namun, dengan sangat menyesal untuk tahun ini belum dapat dilakukan, ini demi kebaikan kita semua warga Muba akan terhindar dari lonjakan penularan wabah COVID-19," tegas Dodi Reza.

Jika disiplin dan protokol kesehatan ditegakkan dengan baik. Maka, kata Dodi, penyebaran Covid-19 dapat dicegah. "Apabila disiplin ini dilakukan, Insyaallah mudik lebaran tahun depan dapat dilakukan dengan normal," ujar Kepala Daerah Inovatif 2020 ini.

Lanjut Dodi, dirinya juga memperketat pengawasan wilayah Muba serta memaksimalkan vaksinasi dan penerapan 3 T (Testing, Tracing, dan Treatment) dan 3 M (Memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari keramaian).

"Selain itu, saya juga menginstruksi semua Camat di Muba wajib berada ditempat dan turun tangan dengan baik dalam melakukan pengetatan wilayah dan prokes COVID-19," tegasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan melakukan kunjungan ke Sumatera Selatan beberapa waktu lalu, Mendagri Prof Tito Karnavian PhD mengaku kaget dengan kelonggaran PPKM di Sumsel dan peningkatan penderita COVID-19 yang mencapai 65 persen.

"Sumsel ini sudah lampu kuning, kenaikan penderita COVID-nya sangat tinggi. Saya minta betul peran Kepala Daerah harus maksimal dalam upaya pengetatan penerapan PPKM," tegasnya.

Saat ini, lanjut Mantan Kapolri RI ini menambahkan Sumsel ada di urutan pertama dengan penambahan penderita COVID-19. "Saya lihat kerumunan masih terjadi serta masyarakat masih cuek dengan kewajiban untuk memakai masker," bebernya.

Tito menambahkan, dirinya mengapresiasi upaya Kepala Daerah yang sangat maksimal dalam upaya pengetatan wilayah guna mencegah penularan wabah COVID-19. "Saya apresiasi daerah yang All out melakukan pengetatan wilayah serta menggencarkan penerapan PPKM, pertahankan dan selalu edukasi masyarakat," ungkap Tito.

Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS menyebutkan, saat ini pelaksanaan pencegahan dan penanganan wabah COVID-19 terus digencarkan. "Meski warga yang sadar akan prokes di Muba sangat berjalan baik, tetapi sosialisasi serta edukasi prokes terus kita gencarkan," ucap Azmi.

Azmi menambahkan, warga Muba di perantauan untuk terlebih dahulu menahan rindu dengan tidak pulang kampung agar juga upaya ini melindungi keluarga terhindar dari penularan wabah COVID-19.

"Saya yakin warga Muba di perantauan sangat mengerti dengan kondisi saat ini, mari kita patuhi bersama imbauan pak Bupati ini demi kebaikan kita bersama," pungkasnya. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 3 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic