8/27/2020

Mengenal Wisata Kawasan Bukit Maras

Apero Fublic.- Bangka Belitung. Gunung Maras atau Bukit Maras terletak di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bukit Maras sangat indah mempesona. Selain keindahan view alam. Di kaki Bukit Maras juga terdapat air terjun yang menawan serta berair jernih, Air Terjun Bukit Maras, yang erletak dalam administratif Desa Dalil, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Air terjun berjarak sekitar tiga setengah kilometer dari kawasan hutan lindung, Rimbe Mambang. Bagi pembawa sepeda motor, pada titik pemberhentian pertama ada tempat penitipan sepeda motor. Bukan penitipan sebesar sepuluh ribu rupiah. Tapi jangan dijadikan patokan sebab kemungkinan biaya dapat berubah setiap waktu.

Dikutif dari forumkeadilanbabel.com, Bukit Maras memiliki ketinggian kurang lebih 699 meter diatas permukaan laut. Terdiri dari deretan perbukitan, diantaranya Bukit Nangka, Bukit Terang, Bukit Tambun Tulang dan Bukit Perayun.

Menurut beberapa sumber, saat berkunjung ke Bukit Maras hendaklah para wisatawan mematuhi aturan-aturan adat setempat. Mengingat Bangka adalah salah satu wilayah yang memiliki banyak mitos dan magis di Indonesia. Apabila berkunjung sebaiknya mencari tahu tata cara dan adat-istiadat disana.

Pertama, jangan membuang sampah sembarangan terutama pada aliran air terjun. Terutama sampah plastik. Kedua, jangan membuat acara bakar-bakar terutama membakar hewan. Jangan bermain api dan usahakan puntung rokok jangan dibuang sembarangan. Ketiga, jangan sekali-kali berbuat mesum atau tidak senonoh. Hal tersebut berakibat langsung atau berakibat dalam waktu lama. Sebelum Anda menyesal sebaiknya berpikir panjang.

Keempat, apabila membawa ibat atau bekal, jangan membuang sampah tulang sembarangan terutama tulang ayam. Bawak turun kembali semua sampah. Kelima, wanita yang sedang haid dilarang masuk atau mandi di air terjun. Sebaiknya menunda kunjungan apabila sedang haid.

Keenam, diharapkan pengunjung memakai isi resam. Semacam gelang tradisional yang terbuat dari tumbuhan merambat liar. Ketujuh, jangan lupa membawa persiapan seperti perban, air minum, dan sebagainya yang dianggap perlu selama pendakian Bukit Maras.

Bukit Maras atau Gunung Maras. Secara administratif terletak di Pulau Bangka, meliputi kawasan Kecamatan Riau Slipi, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bukit Maras atau Gunung Maras berjarak kurang lebih 70 kilometer dari Kota Sungailiat. Berjarak kurang lebih 33 kilometer dari Kota Belinyu. Gunung Maras adalah satu-satunya pegunungan di Pulau Bangka. Sehingga dikenal dengan titi tertinggi di Pulau Bangka.

Sekian informasi wisata kali ini. Bagi Anda yang mempunyai agenda jelajah alam. Gunung Maras atau Bukit Maras juga salah satu tempat yang mesti kamu jelajah. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang wisata alam Indonesia. Salam lestari dan cintai negeri.

Oleh. Rika Julianti.
Editor. Selita. S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Banyuasin, 28 Agustus 2020.

Foto. Doc. Ali Akbar. Bukit Maras Bangka Belitung. Kondisi air terjun saat musim kemarau.

Sy. Apero Fublic.

1 comment:

  1. bagus sekali tempatnya masih alami banget
    https://bit.ly/2QA72Ms

    ReplyDelete